Cara Mendapatkan Prospek Secara Online untuk Bisnis Anda

Cara Mendapatkan Prospek Secara Online untuk Bisnis Anda

Salah satu praktisi digital marketing paling populer di dunia, pernah menyatakan kebenaran mendasar tentang taktik cara mendapatkan prospek secara online:

“Ingatlah bahwa setiap kampanye yang berhasil mendatangkan prospek berkualitas didukung oleh pemasaran email.”

Dia benar. Konten website tidak menjadi berkualitas sampai Anda berhasil mendapatkan alamat email mereka. Sampai saat itu, mereka hanyalah pengunjung situs web atau seseorang yang telah menemukan bisnis Anda di media sosial.

Ahli pemasaran online tersebut melanjutkan: “Apapun strategi ampuh yang Anda pilih, Anda akan selalu memerlukan autoresponder email untuk menangkap informasi prospek, memelihara prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan.”

Cara Mendapatkan Prospek Secara Online untuk Bisnis

Ini adalah titik awal yang ingin saya jadikan benar-benar jernih sebelum kita melanjutkan, karena saya tahu dari pengalaman bahwa ada sedikit kebingungan tentang apa keunggulannya.

Definisi Leads (Prospek Bisnis)

Leads, dalam istilah pemasaran, adalah kontak penjualan potensial atau prospek berkualitas. Khususnya, seseorang atau organisasi yang telah menyatakan minat yang jelas terhadap barang atau jasa yang di tawarkan bisnis anda. Agar dapat melakukan kontak dengan orang-orang / organisasi ini, kita harus memiliki informasi kontak mereka. Namun, secara krusial, individu / organisasi harus menyerahkan informasi kontak mereka. Biasanya mereka akan memberikan kontak dalam pertukaran untuk akses ke konten terjaga keamanannya. bila seseorang telah menyatakan minat yang jelas terhadap barang atau jasa kita dan telah menyerahkan informasi kontak mereka ini berarti telah memenuhi syarat sebagai prospek berkualitas (Qualified Leads). Inilah yang menjadi tujuan dari cara mendapatkan prospek secara online untuk bisnis anda.

Sebuah prospek harus berhasil menangkap informasi kontak

Bagi para pemasar online, informasi kontak ini hampir selalu merupakan alamat email. Itulah sebabnya mengapa para ahli pemasaran online (khususnya B2B marketing) mengatakan bahwa semua kampanye pembuat prospek didukung oleh pemasaran email. Oleh karena itu, selain dengan membuat konten berkualitas yang bermanfaat, anda juga perlu mendapatkan e-mail dari para pengunjung website.

Yang penting, meskipun anda telah berhasil mendapatkan prospek dan mendapatkan e-mail kontak anda harus melakukan usaha lanjutan. Ini juga dapat berfungsi untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang barang atau layanan jika tidak tersedia secara bebas di akun media sosial atau situs anda.

Prospek yang telah mengakses informasi di website anda dan memberikan tanggapan ketertarikan, memberi praktisi pemasaran indikasi yang jelas bahwa orang atau organisasi tersebut serius mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu anda dapat mengirimkan kampanye pemasaran email untuk membina mereka melalui saluran penjualan.

Tapi sekarang kita hanyut ke ranah pemeliharaan prospek. Yang ingin saya sampaikan di artikel ini adalah beberapa taktik teratas untuk menghasilkan prospek – yaitu proses yang dapat anda gunakan untuk menangkap alamat email tersebut. Tentunya, dengan teknik yang sama, anda juga dapat gunakan ini sebagai cara untuk mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis anda.

Teknik Mendapatkan Prospek Secara Online

Leads generation adalah tentang memisahkan gabah dari padi. Ini tentang menentukan siapa saja pengunjung situs web pasif tanpa niat untuk membeli, dan siapa yang benar-benar tertarik dengan apa yang ditawarkan bisnis anda.

Cara Mendapatkan Prospek untuk Bisnis

Ingatlah hal ini saat kita menjalani teknik mendapatkan prospek secara online, karena ini akan menentukan sifat konten yang Anda gunakan di setiap contoh.

E-Book, White Paper dan Laporan Penelitian

Blog dan media sosial mengirimkan lalu lintas pengunjung ke situs web Anda, namun untuk mendapatkan leads prospek, anda perlu menawarkan sesuatu yang lebih berharga.

Konten bentuk panjang adalah salah satu cara mendapatkan prospek online yang paling pertama dan paling penting yang dapat digunakan perusahaan. Terutama untuk perusahaan yang berada di dunia B2B atau Pasar Vertikal. Ebook, white-paper, dan laporan penelitian adalah apa yang sedang kita bahas di sini.

Katakanlah Anda adalah perusahaan perbankan yang menawarkan layanan Fintech terbaru dan terhebat. Anda telah menarik sejumlah pengunjung ke situs Anda, tapi saat ini Anda tidak tahu siapa salah satu dari mereka. Jadi, Anda sebaiknya menulis tiga lembar konten yang panjang dalam bentuk:

  • Sebuah ebook – “10 Tips Memilih Pembayaran Non Tunai”
  • Kertas putih – “Mengapa Sistem DevOps dapat Tingkatkan Keamanan Aplikasi Fintech”
  • Sebuah laporan penelitian – “Analisa Perkembangan Bisnis Aplikasi Fintech di Indonesia”

Diatas merupakan beberapa judul yang bagus, untuk mendorong orang menjadi serius mempertimbangkan layanan Anda. Dan ini penting – karena ingat, petunjuknya adalah seseorang yang mengungkapkan minat lebih dalam terhadap barang atau jasa Anda melebihi apa yang Anda berikan di situs Anda merupakan prospek berkualitas.

Dalam pengertian ini, Anda dapat yakin bahwa siapa pun yang mengisi formulir – di mana mereka menyerahkan alamat email mereka untuk mengakses konten – mereka akan mempertimbangkan secara serius layanan Anda. Dan ketika mereka melakukannya – boom! – sebuah prospek berkualitas dihasilkan.

Webinar

Webinar merupakan Konten yang bisa Anda buat untuk menangkap alamat email. Webinar merupakan salah satu cara untuk mendapatkan prospek secara online. Webinars menawarkan partisipasi langsung dari penonton. Selama siaran, peserta diundang untuk meninggalkan komentar dan mengajukan pertanyaan, dan Anda sebagai penyelenggara tentu saja akan melakukan yang terbaik untuk menjawabnya – baik selama acara berlangsung, atau semacam korespondensi tindak lanjut.

Sama seperti ebook, white-paper, dan laporan penelitian yang disebutkan di atas, webinar akan berjanji untuk menjelajahi subjek dengan detail yang jauh lebih besar daripada konten yang sudah tersedia di situs Anda. Anda mungkin, misalnya, menggunakan webinar untuk mendemonstrasikan produk atau solusi Anda dalam tindakan, menyajikan temuan laporan penelitian Anda dalam tayangan slide dengan komentar, atau membimbing orang melalui dasar-dasar (atau fitur lanjutan) layanan Anda.

Apa pun yang Anda putuskan dalam topik webinar Anda, Anda harus ingat bahwa hal itu cukup bermanfaat bagi calon pelanggan Anda. Inilah yang akan mendorong mereka untuk mendaftar ke webinar Anda, dengan demikian ini menunjukkan bahwa mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, dan memberikan alamat email sebagai prospek yang dapat di tindak lanjuti.

Video Eksklusif

Video adalah salah satu format konten yang paling penting di tahun 2017 dan seterusnya. Sebenarnya, pengguna internet terlibat dengan lebih banyak konten video. Cisco memproyeksikan lalu lintas video akan menghasilkan 82% dari semua lalu lintas internet konsumen pada tahun 2020, meningkat dari 70% di tahun 2015.

Jadi, pemasaran video sangat penting. Semua yang perlu dilakukan untuk menghasilkan prospek secara online termasuk email opt-in yang harus diisi pengguna agar dapat mengakses konten video anda.

Hal ini tampaknya bertentangan dengan strategi pemasaran video saat ini – yang mungkin menghasilkan sebanyak mungkin penayangan video dan keterlibatan sebanyak mungkin. Namun, taktik seperti itu semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengarahkan lalu lintas ke situs. Dalam mengerahkan cara mendapatkan prospek secara online, ingatlah bahwa kita memisahkan gandum dari sekam. Apa yang kita cari adalah pengunjung yang sangat ingin menonton video perusahaan Anda sehingga mereka mau mengisi formulir agar memberi indikasi yang jelas bahwa mereka lebih tertarik pada barang atau jasa Anda dari rata-rata pengunjung.

Jadi, buat dua strategi pemasaran video terpisah – yang menghasilkan lalu lintas, dan yang menghasilkan prospek.

Teknik Lainnya Untuk Mendapatkan Prospek Secara Online

Mudah-mudahan Anda mendapatkan ide dan pemahaman tentang cara mendapatkan prospek melalui online. Ini adalah tentang membuat konten superlatif yang dapat menarik minat orang-orang yang benar-benar tertarik pada barang atau jasa Anda. Untuk mengakses konten ini, pengunjung harus mengisi formulir, dengan demikian mengungkapkan minat mereka, menunjukkan bahwa mereka mempertimbangkan untuk membeli, dan tentu saja menyerahkan alamat email mereka dalam prosesnya.

Intinya, leads-generation adalah bentuk pemasaran konten yang lebih tepat sasaran – atau pemasaran konten yang memiliki tujuan untuk menangkap alamat email, berlawanan dengan menghasilkan lalu lintas situs web (seperti yang dipikirkan banyak orang tentang pemasaran konten).

Konten dalam bentuk panjang, webinar, dan video dengan restricted tools sebagai tiga taktik pembuatan prospek teratas bagi pemasar konten, namun masih ada lagi. Pertimbangkan hal berikut:

  • Studi kasus
  • SlideShares
  • Infografis
  • Daftar harga
  • Iklan berbayar
  • Acara live

Anda menggunakan teknik lain dalam mendapatkan prospek online di biro iklan Anda? Beri tahu kami melalui komentar di bawah ini. Terimakasih

SEO enthusiast, Trainer, Praktisi Pemasaran Online, Penulis buku “Strategi Sukses Jualan Online”, Gemstone Investor.

One Comment - Leave a Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *