Berapa Lama SEO Dapat Mulai Berpengaruh Pada Hasil Pencarian ?

Berapa Lama SEO Dapat Mulai Berpengaruh Pada Hasil Pencarian ?

Sebagai penyedia jasa pemasaran digital mungkin ada pertanyaan yang diajukan oleh beberapa client kami. Seperti “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan peringkat # 1 untuk kata kunci saya?” Jawabannya mungkin tidak bisa sederhana, karena pertanyaan itu sendiri dari pemahaman tentang SEO pada masa lampau. Ada baiknya mengetahui jawaban “berapa lama SEO mulai berpengaruh di google?” atau bisa juga pertanyaan tersebut berubah dengan pertanyaan lain yang lebih tepat untuk bisnis anda.

Cara Lama SEO vs Cara SEO Terkini

Dulu strategi SEO adalah untuk mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan dengan bisnis Anda. Tujuannya adalah mendapatkan lalu lintas pengunjung yang banyak pada area yang tidak terlalu kompetitif. Dulu Anda akan mengetahui 5-10 “kata kunci emas” dan akan membawa sebagian besar lalu lintas pengunjung ke website Anda. Ketika seseorang datang kepada kami dan mengatakan “saya harus # 1 untuk kata kunci ini dan itu,” kami pikir mereka terjebak dalam paradigma itu.

Cara Lama SEO

Bahwa strategi kata kunci sudah tidak terlalu relevan pada teknik SEO saat ini. Hal tersebut dikarenakan ada pengecualian untuk hal yang unik dan baru, sehingga tidak ada lagi target satu kata kunci ataupun sekelompok kecil kata kunci yang dapat membawa banyak pengunjung ke situs web Anda. Cara SEO terkini lebih mengutamakan “long tail keyword”. Intinya adalah bahwa jika Anda berfokus pada sekelompok kecil kata kunci generik, Anda mungkin tidak ditemukan oleh sebagian besar orang yang mencari Anda. Silahkan baca juga mengenai riset kata kunci dan analisa kelayakannya.

Cara SEO Saat Ini

SEO hari ini semakin dipengaruhi oleh pencarian bahasa alami, yaitu, orang yang melakukan pencarian yang lebih seperti pada pertanyaan biasa dari dua atau tiga kata kunci. Misal kita mencari “jasa sablon kaos jakarta” tentunya hal ini harus dapat lebih  spesifik lagi. Karena secara geografi Google juga meng-“query” hasil pencarian berdasar lokasi terdekat dengan si pencari informasi. Ini hanya salah satu update dari SEO saat ini, ada banyak perubahan lainnya yang semakin canggih.

Hal ini terjadi karena orang yang menggunakan alat-alat seperti Siri dan Google Now untuk mencari melalui berbicara tidak lagi dengan mengetik. Dan karena para pengguna google meng-input lebih detail dalam pencarian mereka karena mereka berusaha untuk menemukan apa yang mereka cari lebih cepat dan tepat. Kata kunci ini jauh lebih mudah untuk menempati peringkat pada hasil pencarian google, karena tidak kompetitif. Mereka jauh lebih relevan karena lebih detail, dan karena itu lalu lintas dari kata kunci tersebut mengkonversi pada tingkat yang lebih tinggi. Dan secara agregat, jumlah pencarian long-tail-keywords sering menambahkan lebih banyak pencarian dari pada menggunakan “kata kunci emas.”

Oleh karena itu saat ini jika kita bicara mengenai peringkat google, ini tidak berlaku untuk peringkat beberapa kata kunci utama yang tetap sama dari waktu ke waktu, tapi harus lebih memusatkan perhatian pada jumlah yang jauh lebih besar dari pencarian bahasa alami yang tumbuh dan berubah dengan cepat. Inilah Cara SEO paling update yang memberikan konversi pengunjung menjadi langganan lebih tinggi dari cara lama SEO.

Peringkat Website Sudah Tidak Berlaku

Peringkat atau page rank memang sudah tidak berlaku, bukan berarti kita tidak harus peduli namun tidak menjadi fokus utama. Jika ada pertanyaan “Berapa lama SEO dapat mulai berpengaruh pada search engine google ?” Mungin maksudnya adalah “Berapa lama lagi sebelum aku mendapatkan peringkat atas?”. Maka Anda jangan heran jka anda dapat terjebak untuk hasil yang salah. Mendapatkan peringkat terkadang menjadi salah satu alasan para penyedia jasa SEO untuk dapat mudah menjual jasa mereka. Secara emosional memang memuaskan, tapi mereka tidak berharga kecuali mereka menghasilkan lead atau hasil penjualan untuk bisnis anda. Itu sebabnya Anda hanya harus memakai konsultan SEO profesional yang berfokus pada hasil rea, bukan output.

Pertanyaan Yang Seharusnya Diajukan

Sekarang Anda tahu bagaimana SEO telah berubah dan bahwa leads dan penjualan yang Anda inginkan dari memakai jasa SEO. Bukan hanya peringkat, pertanyaan yang mungkin anda tanyakan adalah “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk SEO agar mulai menghasilkan lead dan penjualan?”

Kapan SEO Mulai Berpengaruh untuk Bisnis Anda?

Sekarang kita siap untuk menjawab pertanyaan yang tepat “kapan upaya SEO mulai berpengaruh pada hasil bisnis?”. Dan jawabannya adalah … itu tergantung. Frustasi, bukan? Tapi itu kebenaran. Apakah tergantung pada? Hal ini tergantung pada berapa lama website Anda telah berdiri, berapa banyak SEO yang telah dilakukan pada itu sebelumnya, bentuk website apakah mobile friendly, berapa banyak konten yang ada, profil link-nya, dan banyak faktor SEO lainnya (lihat infografik di bawah ini).

cara seo terkini

Dibawah ini adalah skenario yang masuk akal untuk upaya SEO yang mungkin terlihat seperti selama pada bulan-bulan dilakukan pada website anda. SEO mulai berpengaruh tidak pada bulan ke 1 dan ke 2, itu ekspektasi yang tidak realistis.

Bulan 1

Penelitian dan penemuan, audit website, strategi kata kunci, dan perencanaan. Jika penelitian dan penemuan dapat dilakukan dengan cepat, maka perubahan teknis dapat mulai dilakukan untuk situs dalam bulan pertama. Dalam kasus lain penelitian dan penemuan fase menyeluruh dapat memakan waktu lebih dari satu bulan.

Bulan 2

Mulai pekerjaan SEO secara teknis, yaitu, membuat modifikasi ke situs web berdasarkan hasil audit situs. Dalam beberapa kasus website perlu dirombak, dan ini sendiri membutuhkan waktu bulanan. Kegiatan SEO lainnya seperti bekerja pada link profil dan membangun konten dapat dilakukan pada saat perbaikan. Jika Anda menemukan website Anda dalam situasi perbaikan, Anda akan melakukan “SEO” tapi Anda masih tidak akan melihat hasil apapun sama sekali, karena perubahan yang dibuat hanya akan mulai berdampak setelah mereka selesai.

Bulan 3

Mulai berfokus pada pembuatan konten. Blogging, FAQ, whitepaper, artikel, memperluas informasi produk dan perusahaan. Idealnya pembuatan konten berkualitas ini dimulai setelah melakukan strategi dan perencanaan. Pada beberapa kasus sering anggaran membatasi apa yang bisa dilakukan sekaligus, dan perbaikan teknis perlu lebih di fokuskan. Ini menjadi pelajaran bahwa anda mungkin dapat mulai melihat beberapa hasil dari perbaikan di bulan pertama pada peringkat akhir pencarian. Jika peringkat tersebut berpotensi mendatangkan lead atau penjualan tentu akan lebih bagus lagi, tetapi ini tidak selalu dapat diharapkan pada bulan ke 3 SEO.

Bulan 4

Pembuatan konten Lanjutan, optimasi teknis situs, dan pengembangan link profil yang sehat (yang mungkin termasuk membersihkan link yang berkualitas rendah). Di bulan ke-4 ini Anda bisa mengharapkan untuk melihat peningkatan pada hasil pencarian, lalu lintas, dan mendapatkan leads. Meskipun upaya SEO mulai berpengaruh, ini tidak akan bertahan di mana perbaikan SEO harus dilakukan dalam waktu 12 bulan, tetapi hasil tersebut minimal harus ada, sehingga Anda tahu teknik SEO tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

Bulan 5

Di bulan ke-5 ini mungkin awal untuk proses menggabungkan manajemen media sosial ke dalam rencana Anda untuk memperkuat konten dan meningkatkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini dapat memberikan sinyal sosial, link profil alami, dan tentu saja menghasilkan lead baik melalui sosial media itu sendiri, telepon, atau melalui website anda. Anda dapat melanjutkan pembuatan konten dan mungkin terlibat dalam beberapa Press Release atau media outreach. Anda harus melihat lebih banyak dan lebih banyak lagi lalu lintas yang datang dari SEO pada saat ini, dan kemudian lead Anda harus tumbuh sebagai hasilnya.

Bulan 6

Jika lalu lintas website telah mencapai 5.000 pengunjung per bulan atau lebih pada titik ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menambahkan optimasi tingkat konversi untuk usaha Anda sebagai cara untuk meningkatkan konversi lalu lintas menjadi lead dan / atau penjualan. Dari titik ini, aktivitas Anda dapat dilakukan secara konsisten dengan berfokus pada pembuatan konten dan mempromosikan konten tersebut. Atau Anda dapat melakukan hal-hal yang lebih kreatif. Kegiatan tertentu dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis perusahaan dan apa jenis situs web client.

Banyak perusahaan SEO akan memberitahu Anda bahwa dibutuhkan 4 sampai 6 bulan untuk dapat mulai melihat hasilnya. Itu umumnya akurat, tapi ingat ini adalah ketika Anda mulai melihat hasilnya, dan hasil SEO tumbuh dari waktu ke waktu. Apa pun hasil yang di dapatkan pada 6 bulan, harus tumbuh lebih banyak pada bulan ke 12. Pada titik tertentu, Anda mungkin melihat hasil tersebut melambat, dan kemudian upaya yang dapat dilakukan mungkin soal mempertahankan hasil daripada memperbanyak hasil.

Jangan Berhenti Terlalu Cepat

Banyak perusahaan ‘meremehkan’ berapa banyak waktu dan uang yang diperlukan untuk menjadi sukses dengan SEO. Sukses dengan standar apapun jarang datang dalam 3 bulan pertama, bahkan dengan anggaran SEO yang fantastis. Saya pernah melihat perusahaan memulai dengan cara yang benar, tapi berhenti setelah 2 sampai 3 bulan dan berkata “Kami hanya tidak mendapatkan hasil yang kami butuhkan.” Ini memberitahu saya bahwa mungkin pemahaman mereka terhadap SEO membangkitkan harapan yang tidak realistis. Jika Anda tidak dapat menganggarkan untuk 6 sampai 12 bulan dari SEO, Anda mungkin lebih baik menempatkan anggaran di tempat lain. Membayar untuk hanya beberapa bulan dari SEO adalah, dalam banyak kasus, tidak lebih baik dari pada membuang-buang uang.

Kini sudah terjawab “berapa lama SEO mulai berpengaruh positif pada bisnis anda”, sehingga tujuan dalam mengupayakan optimasi website semakin bermanfaat bagi bisnis anda.

SEO adalah strategi pemasaran jangka panjang, dan tidak harus dilihat sebagai cara untuk menghasilkan penjualan cepat. Namun, jika Anda membuat investasi yang tepat, dan berencana untuk berada di dalamnya dalam jangka panjang, SEO adalah taktik pemasaran dengan salah satu ROI terbaik di luar sana.

Kesimpulan:

Sekalipun SEO mulai berpengaruh dengan memberikan anda hasil konversi penjualan, namun ini tidak dapat bertahan selamanya, tidak ada yang abadi dalam hal apapun. Oleh karena itu, dari waktu ke waktu kami terus melakukan improvisasi pada website-website client. Dan seluruh client SEO kiosmaya saat ini memiliki pemahaman mengenai SEO yang setara dengan kami secara garis besarnya. Sehingga sinergi antara kiosmaya dan para client dapat membawa ketajaman dalam upaya yang dilakukan. Penyedia jasa SEO sangat perlu untuk dapat memahami bisnis client, disitu kunci utama keberhasilan SEO.

SEO enthusiast, Trainer, Praktisi Pemasaran Online, Penulis buku “Strategi Sukses Jualan Online”, Gemstone Investor.

Comments (4) - Leave a Comment

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *