Mayoritas pelaku bisnis segala usia telah mengetahui pentingnya hadir pada saluran digital. Mungkin Anda tak pernah membayangkan potensi bisnis Anda di era digital. Banyak sudah yang merasakan dampak positif pada bisnis, namun juga tidak sedikit yang belum mendapatkan dampak dari upaya digital. Oleh karena itu, mari kita bahas sedikit bagaimana cara menggali potensi bisnis melalui saluran online.

Biasanya, bisnis yang sudah lama berdiri kebanyakan menganggap bahwa hadir di saluran online hanya sekedar untuk mengikuti perkembangan jaman, bukan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan pergeseran perilaku konsumen.

Saat ini, teknologi digital terus berkembang secara eksponensial, memudahkan dan mempercepat segala urusan. Pada akhirnya, perilaku konsumen dan operasional bisnis juga berubah. Lantas, bagaimana seharusnya sebuah bisnis beroperasi di era digital untuk dapat membuka potensi yang belum pernah terjadi sebelum adanya era digital?

Cara Menggali Potensi Bisnis di Era Digital

Pada era digital sekarang ini, bisnis bukan hanya harus hadir di sosial media atau hanya memiliki website corporate saja. Akan tetapi bisnis harus dapat memperingkas proses, mempercepat transaksi, mempermudah pelanggan dan memperluas jangkauan.

Dengan 4 hal tersebut, Anda mungkin akan teheran-heran sembari tersenyum-senyum ketika melihat dampak yang dihasilkan pada bisnis Anda. Begitulah singkatnya cara menggali potensi di era digital.

Berikut apa yang harus Anda lakukan pada bisnis Anda untuk dapat membuka potensi bisnis Anda di saluran digital:

Memiliki Website yang Layak

Bukan hanya sekedar ada, website tersebut harus memenuhi syarat website yang layak untuk pemasaran digital. Tujuannya adalah untuk membina kredibilitas yang artinya meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pengunjung website. Jika website perusahaan Anda kurang meyakinkan, maka satu hal yang pasti adalah bahwa “Orang yang ragu tidak akan membeli” atau “No Trust No Deal”.

Jadi, website tidak hanya sekedar ada atau hanya sekedar bagus saja, akan tetapi harus berisi informasi yang jelas, cepat dan lancar, serta ada satu set informasi yang dapat mengarahkan pengunjuing untuk menjadi pelanggan.

Jika bisnis Anda memiliki produk yang dapat Anda jual secara online, maka tambahkan sistem e-commerce di website tersebut. Dengan adanya penjualan online, maka ini dapat meringankan beban kerja tenaga penjualan Anda, mereka dapat fokus ke aktivitas yang lebih memberikan kontribusi pada bisnis.

KiosMaya dapat membantu perusahaan Anda dalam membuatkan website perusahaan sekaligus website toko online baik dengan sistem retail maupun untuk agen atau grosiran tanpa harus terlihat harga grosirannya.

Kemudahan yang diberikan dari website toko online adalah, sales Anda tidak perlu susah payah mengetuk dari satu pintu ke pintu lainnya untuk menawarkan produk dalam bentuk gambar-gambar di ponsel.

Setelah memiliki website toko online, Anda dapat mengarahkan pelanggan yang ada untuk melakukan order secara mandiri di website Anda. Ini akan mempersingkat waktu dan proses penjualan.

Hadir Dengan Baik di Media Sosial

Ini artinya Anda harus memilih sosial media apa saja yang tepat. Tidak semua media sosial cocok untuk bisnis, misal Anda merupakan bisnis retail, maka FB dan Instagram merupakan media sosial yang tepat, tapi tidak untuk bisnis yang bergerak pada pasar vertikal atau B2B (Business to Business).

Kemudian, Anda harus memproduksi dan publikasi konten setiap hari di media sosial untuk membangun pemirsa. Ini ada banyak teknik yang dapat digunakan, mulai dari design yang menarik dan unik, narasi teks yang kuat, penggunaan hashtag, hingga memancing interaksi.

Satu hal yang perlu Anda ingat di media sosial adalah, selalu berlaku tulus dan transparan, karena orang bebas bersuara apa saja ketika mereka mengetahui suatu kebohongan. Ini memang tantangannya di media sosial, namun begitu Anda sudah “menguasai lapangan” maka pemirsa loyal akan bertambah dna dapat Anda arahkan untuk menjadi pelanggan.

Konversi atau realisasi penjualan akan terjadi pada website Anda, baik melalui contact form (prospek), WhatsApp, maupun pada orderan di Toko Online Anda.

Promosi Menggunakan Iklan Digital

Setelah website ada, siapa yang akan mengetahui jika informasi keberadaan tersebut tidak kita sebarkan ke masyarakat luas?.

Ada beberapa cara untuk penyebaran informasi kehadiran website yang juga artinya merupakan informasi kehadiran bisnis Anda.

  1. Menggunakan media sosial
  2. Melakukan optimasi website (Search Engine Optimization)
  3. Iklan digital

Media sosial merupakan upaya reguler, sedangkan optimasi website membutuhkan keahlian khusus, waktu dan konsistensi. Sebetulnya semua upaya tersebut harus dilakukan secara terus menerus, jika kita benar-benar ingin menggali potensi bisnis yang sudah ada dengan memanfaatkan saluran digital.

Beriklan merupakan pilihan yang paling cepat dalam mengantarkan informasi bisnis kita kebanyak pemirsa secara tertarget. Jika Anda telah memahami tipikal buyer Anda, maka hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas dalam beriklan yang artinya mendatangkan penjualan.

Mulailah beriklan dari sedikit demi sedikit tapi konsisten, tidak hanya 1 – 2 bulan saja, tapi terus menerus. Jangan khawatir, para pesaing bisnis Anda belum tentu tahan dengan upaya di ranah digital. Kebanyakan bisnis yang hadir secara online, sebelum 1 tahun mereka sudah menyerah dalam upaya digital. Pengalaman kami, Client yang konsisten setidaknya 1.5 tahun ~ 2 tahun dalam melakukan pemasaran digital, melihat dampak positif pada pertumbuhan bisnis mereka.

Gunakan Analitik

Pada ranah digital, semua dapat diukur. Sebelum Anda sukses atau hancur lebur, Anda dapat melihat arahnya melalui Google Analytics.

Misal, Anda mengeluarkan anggaran iklan besar-besaran lantaran yakin akan mendapatkan penjualan yang besar. Namun, Anda dapat melihat arahnya, apakah anggapan Anda benar atau tidak. Anda dapat selalu sesuaikan strategi promosi berdasar data yang tampil dari Google Analytics.

Google analytics merupakan alat standar dalam cara menggali potensi bisnis setiap client. KiosMaya tidak hanya sekedar penyedia jasa website dan pemasaran digital saja, kami selalu berusaha untuk mempelajari potensi apa yang dapat dikembangkan oleh para Client.

Sebagai contoh, salah satu Client kami yang bergerak di bidang produksi dan distribusi produk cairan kimia pembersih di Yogyakarta. Setelah ada beberapa agen yang tersebar di Indonesia, dan berdasar sebaran pengunjung serta prospek yang tampil di Goiogle Analytics, maka kami memberikan saran untuk bisnis mereka agar berikan fasilitas penjualan untuk para agen.

Demikian bisnis Anda, potensi bisnis yang selama ini terpendam dapat Anda gali secara online. Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam menggali potensi bisnis secara online akan memerlukan proses dan langkah-langkah berurutan. Ini memerlukan waktu, strategi yang sesuai dengan bisnis Anda dan juga memerlukan konsistensi.

Contoh KiosMaya dalam menggali potensi bisnis Client

Client KiosMaya yang bergerak pada bidang impor peralatan tekstil, ketika kami buatkan Artikel SEO, pengunjung website Client kami tersebut mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Kami menerima telepon untuk meeting, Client kami menceritakan dampak dari artikel SEO tersebut. Mereka mendapatkan pelanggan dari daerah-daerah yang sebelumnya belum pernah mereka jangkau dan industri yang beda.

Kemudian Client kami tersebut bermaksud unuk membuat toko online agar pelanggan yang sudah ada dapat mudah memesan barang dari mereka.

Setelah kami pelajari, untuk skala bisnis mereka dengan puluhan ribu jenis barang dan cabang yang tersebar, maka bukan sistem e-commerce toko online yang tepat, akan tetapi sistem e-commerce marketplace. Dan ini akan mempermudah mereka dalam pengembangan selanjutnya.

Itu hanya sekedar contoh dari pengalaman yang pernah kami lakukan dalam cara menggali potensi bisnis para Client KiosMaya.

Kami akan senang berdiskusi dengan Anda untuk bersama-sama menggali potensi bisnis Anda di saluran digital, baik untuk UKM maupun Enterprise, silahkan koknsultasikan secara cuma-cuma via WhatsApp bersama team GrowthHacker KiosMaya..

Pin It on Pinterest

Share This