Kenapa Bisnis Kuliner Online Harus Memiliki Website?

Nov 27, 2021 | Digital Marketing, Offline to Online Marketing

Saat ini perilaku masyarakat semakin serba digital, namun mereka berhati-hati dalam memesan makanan secara online. Bahkan bisnis kuliner online harus memiliki website walaupun mereka tidak ada tempat offline yang dapat dikunjungi alias hanya sekedar ‘ghost-kitchen‘.

Kenapa Bisnis Kuliner Online Wajib Punya Website

Karena Anda berjualan melalui platform daring seperti GoFood dan GrabFood, ini bukan berarti Anda dapat melewatkan peluang dan pentingnya sebuah website begitu saja.

Kenali manfaat website untuk #BisnisKuliner.

Ini karena pengguna internet memiliki perilaku kepo dan kritis. Mereka ingin mengetahui siapa Anda, ada promo apa, apakah halal atau tidak, dan sebagainya sebelum mereka melakukan order. Bisnis kuliner online dapat memiliki website untuk menjawab pertanyaan-pertanayan tersebut agar potensi penjualan dapat terus terjaga.

Selain itu, masih banyak manfaat website untuk bisnis kuliner yang Anda lakukan secara online. Pada artikel ini kami akan paparkan kenapa memiliki sebuah website menjadi semakin penting untuk para pelaku bisnis kuliner online.

Website Sebagai Sarana Branding Bisnis Kuliner Anda

Bisnis kuliner yang sukses rata-rata karena berhasil melakukan branding selain cita rasanya yang unik dan kuat. Website dapat menjadi sarana branding bisnis kuliner online.

Dengan sebuah website yang memenuhi syarat maka bisnis kuliner Anda dapat sering tampil di hasil pencarian yang relevan. Otomatis brand bisnis kuliner Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat. Ingat, di Indonesia terutama setelah adanya pandemi, aktivitas digital menempati urutan pertama pada kegiatan mereka sehari-hari.

Selain hadir di Instagram, visibilitas di hasil pencarian Google juga sangat layak untuk Anda usahakan. Website merupakan sarana yang paling tepat untuk Anda pilih dalam hal ini. Anda dapat juga menautkan website Anda di profil IG dan juga di listing Google Local Business.

Memberikan Informasi Lebih Tentang Bisnis Kuliner Anda

Perlu kita ingat lagi, Indonesia ini mayoritas penduduknya beragama Islam. Mereka sangat memerhatikan unsur halal pada setiap makanan dan minuman. ini sangat penting untuk Anda pahami jika Anda ingin tetap menjaga potensi penjualan Anda.

Mari kita pelajari dulu proses seseorang dalam memesan makanan pada sebuah aplikasi mobile.

Apa yang terjadi ketika seorang Muslim ingin memesan makanan? 

Mereka cari-cari makanan yang lain dari biasanya seperti orang pada umumnya, kemudian lanjut mencari yang ada promo diskon.

Kemudian sebelum order, mereka akan melihat rating bisnis kuliner Anda.

Setelah itu mereka akan berpikir “Eh ini halal atau tidak ya?” dan mereka klik informasi tentang bisnis Anda di aplikasi tersebut namun tidak menemui informasi halal atau tidaknya, otomatis mereka tidak jadi memesan.

Kira-kira itulah yang dapat terjadi ketika di aplikasi tersebut Anda tidak dapat menghadirkan logo Sertifikasi Halal MUI. Kemudian mereka Googling, dan hanya menemukan bisnis Anda di Google Maps, lagi-lagi tidak ada penjelasan halal atau tidaknya.

Di aplikasii GrabFood dan GoFood, jarang sekali kita melihat informasi mengenai sertifikat halal dari suatu restoran, kecuali merkea adalah restoran besar dengan banyak cabang dan sudah dikenal luas di masyarakat.

Memang sertifikasi halal MUI ini masih terasa cukup sulit untuk diraih oleh UMKM. Akan tetapi dengan sebuah website, Anda dapat menjelaskan kehalalan hidangan yang Anda tawarkan.

Anda dapat mencegah cancel order

Anda dapat memberikan informasi mengenai kehalalan makanan atau minuman yang Anda jual. Misal dengan menampilkan keterangan bahwa mulai dari penyiapan bahan hingga proses akhir selalu memenuhi syariat islam (untuk dapat di definisikan halal).

Lengkapi penjelasan proses tersebut dengan foto atau video, berikan jaminan bahwa hal tersebut merupakan standar prosedur di bisnis kuliner Anda. Anda dapat menyampaikan bahwa standar prosedur tersebut selain menjamin kehalalan juga berguna untuk mempertahankan kualitas produk makanan yang Anda jual.

Jadi jangan hanya unsur kehalalannya saja yang perlu Anda sampaikan, sebab bisnis Anda juga tidak menginginkan di cap sebagai “jualan agama” bukan?.

Sampai disini Anda akan berpikir bahwa sebuah website dapat mendukung penjualan makanan dan minuman Anda di aplikasi seluler. Ketika pengguna yang berhati-hari soal kehalalan Googling, mereka menemukan listing bisnis Anda di Google Maps dan ada klik Website. Kemudian mereka mendapatkan informasi mengenai kehalalan tersebut, dan mereka lanjut order di aplikasi pesan antar makanan tersebut.

Website Sebagai Sarana Online Ordering

Ingat, Anda merupakan entitas yang merdeka, tidak terikat hanya pada satu platform saja untuk berjualan online. Website dapat Anda jadikan sebagai sarana online ordering. Anda dapat menerima order melalui website dimana pembayaran dapat melalui sebuah payment gateway.

Anda hanya akan terkena potongan biaya pemrosesan pembayaran melalui payment gateway yang nilainya tidak sampai 1%. Ini akan lebih memberikan daya saing terutama dari segi harga. Para pelanggan yang sudah mengenal dan menyukai produk makanan dan miniman Anda tentu akan memilih untuk order melalui website Anda ketimbang melalui aplikasi yang dapat lebih mahal 20% sampai 30%..

Hal ini tentu dapat menjadi solusi bagi Anda yang sudah penat mengalami persaingan di aplikasi tersebut, dan ingin menggunakan cara lain yang dapat membantu bisnis Anda.

Berguna untuk Mengembangkan Bisnis

Baik Anda ingin mencari investor atau membuat sistem franchise di beberapa kota, ataupun untuk meningkatkan penjualan, website merupakan sarana yang paling tepat bagi bisnis kuliner online Anda.

Melalui pemasaran digital, Anda dapat memperluas jangkauan pemirsa. Bisnis Anda akan semakin dikenal banyak orang. Baik beriklan di Faceboo, Instagram, maupun di Google, Anda hanya perlu membayar apa yang Anda dapatkan, baik itu impresi, klik ke website, dan sebagainya.

Saat ini, re-marketing dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan biaya iklan Anda di Facebook. IG dan Google. Sistem pemasaran ini akan menampilkan bisnis Anda ke orang-orang yang sebelumnya pernah mengunjungi website Anda atau melakukan tindakan di website Anda, seperti memesan makanan secara online, klik tombol ke aplikasi GoFood atau GrabFood Anda, klik tombol hubungi, dan sebagainya.

Jadi, jika Anda berniat mengembangkan bisnis kualiner online Anda sekarang ini, maka Anda harus segera memiliki sebuah website. Biaya bikin website ini mulai dari Rp. 850rb per tahun untuk sebuah website berkualitas dunia, bukan seperti ceker ayam, atau yang lambat dibuka di ponsel.

Kesimpulan

Menyajikan informasi untuk mengatasi keraguan calon konsumen dapat meningkatkan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Branding online merupakan “resep” sukses dari mereka yang sudah berhasil dalam bisnis kuliner online.

Masih banyak kegunaan website untuk mendukung bisnis kuliner Anda. Akan tetapi Anda harus memahami website seperti apa yang bagus, selain dari tampilan atau designnya. Website Anda harus cepat dapat di akses dan memiliki tampilan yang rapih di seluruh perangkat pengakses website Anda.

KiosMaya.Com dapat membantu Anda para pelaku bisnis kuliner online untuk memiliki sebuah website. Setidaknya, Anda dapat mencoba untuk memiliki sebuah website landing page untuk menampilkan informasi bisnis kuliner Anda dan promo yang tersedia, dan kemudian dapat diberikan tombol pesan ke halaman penjualan Anda di aplikasi GrabFood dan GoFood.

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya "struktur iklan yang efektif di era digital." Dalam konteks...

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bagi mereka yang mengerahkan upaya S.E.O untuk meningkatkan metrik organic click umumnya akan panik setelah melihat penurunan grafik di Google Search...

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Hadirnya internet telah memudahkan para trader dalam melakukan aktivitas usaha mereka. Memasarkan produk ke luar negeri sudah sejak lama dilakukan secara online. Artikel ini berikan penjelasan bagi mereka yang memiliki produk layak ekspor untuk memahami cara...

Pin It on Pinterest

Share This