Perusahaan energi dan pertambangan memerlukan pemasaran digital untuk mencapai beberapa tujuan bisnis mereka. Dengan cara pemasaran digital yang efektif, apapun tujuan bisnis Anda dapat lebih mudah tercapai. Berikut beberapa tujuan digital marketing untuk perusahaan minyak dan gas:

  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan.
  • Memperluas penyebaran informasi kepada pemirsa ter-taget.
  • Jika perusahaan Anda merupakan public listed company, maka cara pemasaran digital yang tepat Anda dapat mempengaruhi para investor.
  • Memperluas jaringan bisnis.
  • Mempermudah perusahaan dalam meningkatkan penjualan.
  • Mempermudah mendapatkan investor besar.
  • Mempermudah mendapatkan karyawan dan tenaga ahli.
  • Meningkatkan sentimen positif dan mencegah sentimen negatif.

Perusahaan Minyak dan Gas di Era Digital

Saat ini, persaingan bisnis telah terjadi di ranah digital. Perusahaan yang cepat dalam menjangkau pemirsa tertarget dengan pendekatan yang baik, akan lebih memiliki daya saing. Selain itu, kelangkaan tenaga ahli menjadikan persaingan bisnis semakin sulit untuk beberapa perusahaan yang lambat dalam beradaptasi pada era transformasi digital.

Industri energi telah mengalami masa-masa sulit. Sekarang setelah tampaknya ada pemulihan, banyak perusahaan minyak dan gas berusaha untuk mendefinisikan ulang diri mereka di era pemasaran baru.

Meskipun konferensi dan pameran dagang masih mendominasi anggaran pemasaran minyak dan gas (sekitar 30% -40%), banyak operator yang giat mengarahkan sejumlah besar anggaran yang sebelumnya didedikasikan untuk mencetak, brosur, dan media tradisional.

Konsumsi media telah berubah secara signifikan selama 10 tahun terakhir. Khususnya berlaku untuk pembeli B2B. Pembeli B2B sekarang telah beradaptasi dengan media digital dimana mereka menghabiskan seluruh waktu untuk melakukan penelitian profesional. Mereka dikenal sebagai “Casual Learner” dalam istilah digital marketing.

5 Cara Pemasaran Digital untuk Perusahaan Migas di Indonesia

Pemasaran digital untuk perusahaan minyak dan gas tidak harus rumit. Cara pemasaran digital untuk perusahaan oil & gas dapat seperti dengan meningkatkan kesadaran tentang perusahaan Anda, membangun merek Anda, dan mengarahkan pembeli atau investor untuk melakukan tindakan.

Dengan menggunakan situs web dan media sosial untuk terhubung dengan pembeli B2B dan investor, Anda dapat berbagi cerita dan memberikan informasi teknis kepada orang-orang yang paling menginginkannya.

Berikut adalah 5 cara pemasaran digital yang dapat dilakukan oleh perusahaan pertambangan dan energi untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran online.

Tingkatkan Situs Web Anda

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya situs web Anda untuk meningkatkan citra perusahaan dan proses penjualan. Situs web Anda adalah pengalaman komprehensif pertama yang akan dimiliki calon pembeli dengan perusahaan Anda.

Lebih dari 80% orang mencari perusahaan secara online sebelum menghubungi bisnis atau memutuskan untuk membeli. Ini berlaku untuk industri energi juga. Tidak masalah jika Anda menjual barel minyak mentah atau untuk meningkatkan penjualan saham, bisnis Anda harus dijelaskan dengan cara yang menarik yang dapat mempengaruhi pengunjung sejak mereka tiba di situs Anda.

Jika Anda memiliki situs web yang sama selama beberapa tahun, sekarang saatnya untuk pembaruan. Terutama untuk menerapkan desain mobile responsive. Website merupakan komponen utama dalam pemasaran digital.

Orang-orang di industri migas memahami bahwa ponsel sangat penting untuk pertumbuhan dan mereka sangat berinvestasi di dalamnya. Menurut Oil & Gas IQ, 71% dari pekerja menggunakan perangkat seluler untuk tujuan kerja, terutama yang berada di operasi lapangan, peran teknis, dan pembuat keputusan senior.

Seperti yang Anda lihat, penekanan pada teknologi seluler akan terus tumbuh karena lebih banyak profesional industri mulai menggunakan smartphone dan tablet mereka di lapangan.

Jika Anda ingin situs Anda diakses oleh klien ideal Anda, pastikan website perusahaan Anda dirancang untuk beradaptasi dengan penggunaannya dan memberikan info yang mereka cari. Ini harus dirancang untuk menceritakan kisah perusahaan Anda dan memberikan konten yang bermakna (alias: bahan bacaan yang tersedia secara bebas) sehingga pengunjung Anda tidak langsung menutup dari halaman website Anda.

Jika Anda memudahkan pembeli untuk melihat situs Anda apa pun perangkatnya, dan menemukan informasi yang bermanfaat, mereka akan lebih mungkin mengangkat telepon dan menghubungi Anda.

Investasikan dalam SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Singkatnya, itu adalah tindakan membuat situs web Anda tampil lebih baik untuk membawa lalu lintas berkualitas tinggi ke situs Anda dari mesin pencari. Sudah cukup jelas bahwa para insinyur dan eksekutif C-level membaca banyak riset dan berita pasar. Terlepas dari apakah mereka membaca majalah online atau mencari informasi menggunakan Google atau Bing, perusahaan Anda harus mengklaim peringkat teratas di setiap pencarian.

Sebagai pemilik perusahaan minyak dan gas, Anda mencoba memposisikan diri sebagai pemimpin di bidang Anda. Dalam semangat kepemimpinan, Anda dapat menjangkau klien Anda ketika mereka berusaha menjawab pertanyaan secara online. Untuk mengoptimalkan SEO situs Anda, tujuan Anda adalah mengidentifikasi kata kunci yang paling mungkin dan istilah pencarian jangka panjang yang digunakan pembeli untuk mencari produk dan layanan seperti milik Anda.

Dengan menggunakan kata kunci ini, mitra pemasaran Anda dapat membuat posting blog, kertas putih, atau artikel yang membawa para investor, insinyur dan eksekutif ke situs Anda. Tidak cukup hanya dengan mengoptimalkan di situs web Anda, kegiatan SEO di luar situs Anda harus menginspirasi pembeli Anda untuk menjelajahi situs Anda lebih lanjut. Ini artinya Anda membutuhkan beberapa situs website lainnya.

Iklan Berbayar

Bayar per klik (PPC) mewakili perubahan efektif dalam cara perusahaan B2B menangani periklanan. Alih-alih mengalokasikan anggaran ke iklan cetak, Anda sekarang dapat bersaing untuk siapa yang melihat iklan Anda setelah mereka mencari istilah yang relevan dengan industri Anda.

Ini merupakan model yang lebih efisien untuk menghemat anggaran Anda, karena Anda hanya membayar apa yang Anda hasilkan dari iklan Anda, yaitu, jumlah orang yang mengklik iklan Anda. Cara pe

Misalnya, jika seseorang mencari “saham perusahaan minyak dan gas”, Anda dapat menyajikan iklan yang menyoroti perusahaan Anda dalam melakukan ekspansi bisnis atau meraih suatu pencapaian baru. Setelah diklik, Anda dapat mengarahkan pengunjung langsung ke halaman arahan di situs web Anda untuk mengarahkan mereka lebih jauh ke dalam corong pemasaran.

Tangkap Lebih Banyak Prospek Dengan Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah data atau informasi yang sangat berharga di mana pengunjung ke situs web Anda bersedia untuk memberikan informasi kontak mereka. Sederhananya, Anda dapat memberikan formulir untuk berlangganan konten yang di otomatisasi dengan mail client tertentu. Sehingga, jika Anda memiliki konten baru maka para pelanggan konten dapat menerima pemberitahuan melalui email.

Selain itu, konten Anda harus berkualitas yang artinya dapat dipercaya oleh target pemirsa Anda. Hindari penjelasan terlalu teknis, karena ini akan mempersempit pemirsa Anda. Konten harus diarahkan secara terstruktur agar dapat mendorong pemirsa melakukan tindakan.

Konten seperti whitepaper dan hasil survei, adalah cara ideal untuk mendapatkan informasi tentang calon pelanggan potensial. Tetapi, sebelum Anda mulai meminta semua pengunjung situs untuk mengisi formulir, tumbuhkan kepercayaan. Anda dapat melakukan ini dengan memberikan konten berkualitas tinggi yang dapat diakses langsung oleh pengunjung website. Ini akan seperti:

  • membuat blog yang berorientasi industri,
  • berita pasar yang bermanfaat,
  • atau bahkan pengumuman khusus tentang perusahaan Anda.

Jika pengunjung website melihat bahwa Anda menawarkan konten gratis berkualitas, mereka akan lebih bersedia memberikan detail pribadi mereka.

Media sosial

Banyak perusahaan minyak dan gas mengalami kebingungan apa yang harus dilakukan pada saluran digital seperti media sosial. Media sosial adalah tempat di mana hubungan terjadi.

Sebuah makalah penelitian oleh International Data Corporation menyatakan bahwa 84% C-Level dan VP sebagai pembeli B2B menggunakan media sosial untuk pembelian. Dan, secara keseluruhan, 75% pembeli B2B mencari informasi tambahan melalui media sosial ketika membuat keputusan pembelian.

Kunci menggunakan media sosial untuk perusahaan migas adalah memilih platform yang tepat. Jika Anda adalah CEO, Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mengirim lowongan pekerjaan untuk seorang insinyur rig atau berbagi berita tentang rig pengeboran terbaru Anda.

LinkedIn juga merupakan tempat yang bagus untuk terhubung dengan profesional lain di industri untuk berbagi pengetahuan Anda. Dengan bergabung ke salah satu Grup LinkedIn, Anda dapat menjawab pertanyaan tentang pasar migas dan menjadikan diri Anda, dan perusahaan Anda, sebagai pemimpin pemikiran.

Facebook, di sisi lain, adalah platform yang baik untuk memberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan Anda beroperasi, berbagi berita tentang budaya perusahaan Anda, lowongan pekerjaan, mengumumkan karyawan baru atau foto / video produk Anda.

Selain pembaruan tentang perusahaan Anda, Facebook juga memudahkan untuk berbagi artikel menarik tentang industri migas atau untuk membagikan kembali pos dari klien, mitra, dan vendor Anda. Akhirnya, platform periklanan Facebook sama kuatnya dengan iklan per klik Google.

Untuk mempermudah Anda secara langsung dalam menargetkan calon pembeli dan pembuat keputusan Anda selalu dapat menggunakan jasa konsultan digital marketing yang terpercaya.

Menyatukan Semuanya

Industri Minyak & Gas sangat kompetitif dan bergerak cepat. Untuk menumbuhkan bisnis dan mendapatkan pembeli baru, strategi pemasaran digital harus ditempatkan di garis depan industri. Strategi pemasaran digital yang komprehensif tidak hanya akan menumbuhkan merek Anda secara online, tetapi juga akan membantu Anda menargetkan orang yang tepat untuk berbagai tujuan bisnis Anda.

KiosMaya hadir sebagai mitra pemasaran digital yang dapat Anda andalkan. Kami dapat membantu perusahaan migas dalam menyusun strategi, membuat konten, manajemen iklan dan media sosial sesuai dengan tujuan bisnis Anda dengan biaya yang jauh lebih efisien jika dibandingkan menggunakan tenaga in-house.

Pemasaran Digital Untuk Migas

KiosMaya memberikan solusi terlengkap dalam pemasaran digital untuk perusahan migas. Mulai dari revamp website, content SEO, manajemen media sosial, manajemen iklan hingga monitoring dan analytics.

Pin It on Pinterest

Share This