Membangun audiens adalah masalah yang dihadapi setiap blogger baru. Terkadang, ini dapat terlihat seakan-akan sulit untuk diatasi. Silahkan siapkan cemilan untuk menemani Anda dalam membaca artikel ini.

7 Cara Membangun Audiens untuk Blog Baru Anda

Bagaimana Anda membangun audiens ketika tidak ada yang tahu mengenai Anda?

Ada banyak saran bagus untuk mengatasinya (sangat banyak sehingga sepertinya sedikit berlebihan). Jadi dalam posting ini kami ingin membagikan tujuh cara efektif untuk mulai membangun audiens untuk blog baru Anda.

Beri tahu Keluarga dan Teman Anda

Saat anda mulai membuat blog mungkin sudah terlihat jelas, tetapi apakah lingkungan Anda saat ini tahu tentang blog Anda?

Jika tidak, posting dan share di Facebook atau kirim email ke seluruh kontak pribadi Anda. Jangan merasa canggung untuk melakukan hal ini. Anda mungkin akan menemukan lebih banyak kesamaan dengan koneksi Anda saat ini setelah menyebarkan informasi tersebut.

Jika Anda tidak yakin harus menulis apa, coba tulislah sesuatu seperti ini:

Halo. Saya baru saja memulai sebuah blog (www.namabloganda.com) tentang [topik]. Saya tidak tahu apakah ini sesuatu yang membuat anda tertarik, tetapi jika anda menyukainya saya mengharapkan feedback dari anda, dan saya akan sangat berterima kasih jika Anda bisa menyebarkan blog ini kepada teman Anda yang mungkin membutuhkannya.

Terima kasih.

[nama Anda]

 

Tips: Ada satu peringatan penting. Jika topik blog Anda cenderung kontroversial dalam pertemanan atau grup keluarga Anda, mungkin Anda harus selektif dalam membagikannya, setidaknya sampai Anda menemukan titik nyaman dan merasa lebih percaya diri untuk menyebar informasi keberadaan blog Anda tersebut.

Mengomentari Blog Orang Lain

Meskipun banyak percakapan di komentar blog merupakan cara lawas, dimana sekarang lebih cenderung terjadi di media sosial, tetapi saat ini mengomentari blog orang lain masih bisa efektif di awal perjalanan untuk membangun audiens blog Anda.

Bahkan, di blog yang masih sepi komentar, sebenarnya dapat membantu Anda karena komentar Anda akan lebih menonjol.

Jika Anda tidak yakin bagaimana komentar dapat membawa pengunjung ke blog Anda, berikut adalah cara kerjanya.

Anda harus mengisi nama, alamat email (yang hanya bisa dilihat oleh blogger) dan URL blog Anda, serta menulis komentar itu sendiri. Nama Anda kemudian menjadi tautan ke blog Anda yang dapat diklik siapa saja untuk mengunjungi situs Anda.

Tips: Meski menggoda, jangan masukkan kata kunci atau frasa sebagai nama Anda (mis. “Tips Mengasuh Anak Terbaik”). Gunakan nama Anda yang sebenarnya, nama samaran atau apa pun yang Anda gunakan untuk blog. Jika tidak, komentar Anda mungkin terhapus sebagai spam. Dan secara default sebagian besar bagian komentar WordPress menerapkan atribut “no follow” untuk semua tautan, jadi tidak ada gunanya berkomentar hanya untuk membuat backlink ke blog Anda.

Bergabunglah dengan Grup Facebook untuk Blogger

Ada banyak grup Facebook hebat di luar sana yang ditujukan untuk para blogger. Dan jika Anda belum menjadi anggota, sekarang saatnya anda bergabung dengan Komunitas Pro Blogger.

Grup adalah cara yang bagus untuk bertemu blogger lain yang juga baru memulai membuat blog, atau yang telah blogging hanya selama beberapa minggu. Anda dapat bertanya kepada mereka untuk mendapatkan arahan. Anda mungkin bertemu dengan beberapa blogger ramah yang bisa menjadi teman baru untuk perjalanan blogging Anda. Jika mereka menulis tentang jenis topik yang sama seperti Anda, mereka bahkan mungkin senang berbagi postingan Anda dengan audiens mereka yang sudah lebih banyak dan besar. Dan jangan lupa untuk membalas budi kepada mereka.

Tips: Berhati-hatilah agar tidak terlihat seperti ingin mementingkan diri sendiri atau spam dalam kelompok. Jangan hanya memposting “Ini blog saya, silakan datang dan kunjungi” atau sejenisnya. tetapi anda juga bisa menanggapi orang lain yang juga mencari bantuan dan dukungan. Pastikan Anda mengetahui aturan apa pun untuk grup (cari posting “sticky” di bagian atas umpan berita grup) sebelum memposting.

Masukkan URL Blog Anda di Bio Media Sosial Anda

Di hampir setiap situs media sosial, Anda akan memiliki opsi untuk mencantumkan tautan situs web. Terkadang (seperti di Twitter) ini cukup menonjol. Tetapi di situs lain (seperti Facebook) kurang begitu menonjol.

Pastikan Anda memasukkan tautan blog Anda di akun media sosial apa pun yang sudah Anda miliki. Hanya butuh satu menit, dan seseorang yang melihat profil Anda mungkin akan melihat blog anda.

Begini cara tautan situs web muncul di Twitter:

link website di profile twitter

Tips: Bergantung pada bagaimana cara Anda menggunakan media sosial, Anda mungkin ingin mengatur akun, profil, atau halaman baru untuk Anda secara pribadi vs Anda sebagai blogger. Di Facebook, misalnya, tentu masuk akal untuk memiliki halaman facebook yang orang-orang dapat “sukai” daripada menggunakan profil pribadi Anda di mana Anda perlu “berteman” dengan semua orang.

Jawab Pertanyaan di Forum

Salah satu cara untuk mendapatkan audiens adalah pergi ke tempat audiens Anda berada. Tempat yang tepat untuk dicoba adalah Quora – situs tempat anggota mengajukan pertanyaan tentang semua jenis topik. Ada banyak pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih untuk membangun audiens blog. Ini dengan menjawab topic yang sama dengan blog anda, secara tidak langsung anda dapat mendorong orang untuk memeriksa blog Anda.

Bukan hanya blogger baru yang menggunakan metode ini. Anda pasti akan menemukan beberapa nama besar di Quora seperti blogger Neil Patel dan novelis Orson Scott Card dan sebagainya.

Tips: jika Anda ingin jawaban Anda “di-upgrade” sebagai yang populer. Jangan hanya memposting “Itu pertanyaan yang bagus, dan Anda dapat membaca pendapat saya tentang hal itu di blog saya”. Anda perlu menjawab pertanyaan aktual yang diajukan seseorang (sebaiknya dengan banyak detail).

Ikut serta dalam Obrolan Twitter

Obrolan Twitter terjadi untuk jangka waktu tertentu (biasanya satu jam) pada tanggal tertentu (biasanya setiap minggu). Anda juga bisa menambahkan tagar yang dipilih obrolan (seperti “#blogchat” atau “#socialbloggers”) ke tweet Anda.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru dengan minat yang sama dengan Anda. Dan kemungkinan Anda bisa mengambil sekelompok pengikut Twitter baru. Tentu saja anda jugab harus memastikan mengikuti siapa pun dalam obrolan yang juga ingin Anda ketahui.

Ada banyak sekali obrolan Twitter di Tweet Reports, yang dapat Anda telusuri berdasarkan topik (mis. “Blogging”).

tips: Seperti halnya metode apa pun untuk menemukan pembaca baru, anda juga tidak boleh menjadi spam. Jika Anda baru mengenal obrolan tertentu, luangkan waktu untuk mendengarkan dan juga tweeting. Dan jangan membagikan tautan lain ke blog Anda atau posting di blog Anda kecuali orang lain melakukannya.

Tulis Posting Tamu untuk Blog Lain

Ini merupakan metode yang sangat efektif untuk mendapatkan pembaca baru, terutama di awal karir blog Anda. Beberapa blogger mungkin merasa mereka terlalu baru untuk memposting di buku tamu blog pihak lain, tetapi kenyataannya adalah bahwa blog host biasanya tidak peduli seberapa besar audiens yang Anda miliki. Mereka hanya ingin melihat postingan yang ditulis dengan baik.

Ketika Anda memposting sebagai tamu, Anda bisa “meminjam” audiens orang lain saat mereka membaca postingan An da di blog host. Dan jika mereka menyukai apa yang Anda tulis, setidaknya beberapa pembaca akan mengklik tautan di bio postingan Anda untuk membaca blog Anda.

Ketika Anda baru memulai (atau ketika Anda kembali ke blog setelah istirahat), dan anda menemukan segelintir pembaca bisa terasa seperti tantangan besar. Cobalah setidaknya salah satu metode yang saya sarankan, dan lihat kemajuan blog Anda.

Tips Tambahan untuk Membangun Audiens Blog

  • Tetaplah menerbitkan setidaknya 1 artikel per minggu untuk terus menjaga audiensy yang sudah ada.
  • Berikanlah konten yang bermanfaat dan enak untuk dibaca.
  • Terus jalankan ke 7 cara di atas secara disiplin.

Blogging untuk korporasi juga merupakan elemen penting dalam pemasaran digital. Hal ini dapat karena semakin banyak orang mengambil keputusan dengan mempelajari perusahaan yang akan mereka undang sebagai vendor. Sebagai penyedia jasa digital marketing, Kiosmaya tidak pernah lepas untuk memberikan jasa content marketing karena manfaatnya sangat banyak.

Semoga penjelasan mengenai 7 Cara Membangun Audiens Blog ini dapat membantu Anda dan bisnis Anda.

 

Pin It on Pinterest

Share This