Mengembangkan strategi SEO hari ini tidak mudah. Sudah tidak ada cara instan seperti 10 tahun sebelumnya. Dengan mempelajari cara optimasi website terpenting, setidaknya para digital marketer dapat lebih siap menghadapi era persaingan branding online di search engine.

Dengan antarmuka pencarian yang terus berkembang, pembaruan algoritma Penguin secara real-time, dan juga algoritma Panda sebagai bagian dari algoritma intinya – Google berubah dengan cepat. Sistem kecerdasan buatan RankBrain juga mengguncang segalanya.

Bisnis yang tidak up-to-date dengan SEO bisa kehilangan peringkat Google mereka dalam semalam jika mereka gagal untuk tetap di atas tren SEO baru.

7 cara optimasi website untuk meningkatkan peringkat pencarian di Google

Ketika Anda kehilangan visibilitas di mesin pencari maka ada kemungkina Anda akan kehilangan penjualan dan jika terlalu lama maka kemungkinan Brand Anda akan mulai dilupakan. Ini memang seperti menakut-nakuti kesannya, tapi itulah kenyataannya. Disamping itu, banyak potensi yang belum Anda temukan jika Anda belum berhasil meraih peringkat di tempat pertama hasil pencarian.

Dengan tujuh cara optimasi website terpenting ini, setidaknya dapat lebih ‘memastikan’ Anda mencapai dan mempertahankan peringkat pencarian di halaman pertama Google. Dan ini bisa Anda gunakan sebagai cara untuk meningkatkan peringkat di google search engine.

Ingatlah, untuk branding online kita tidak bisa mengandalkan puluhan keyword saja, harus ratusan bahkan ribuan keyword.

Catatan: Tautan balik masih 1 dari 2 faktor peringkat Google teratas. Ini akan kita bahas secara luas di lain kesempatan pada kategori “Optimasi Website -> Offsite” sehingga kami belum memasukkannya sebagai cara optimasi yang akan dijelaskan di sini.

Kunci untuk meningkatkan peringkat di Google adalah dengan menciptakan konten yang berkualitas dengan mempertimbangkan kata kunci semantik dan terkait.

Pengalaman pengguna yang luar biasa harus menjadi pertimbangan utama. Selain itu, kecepatan dalam membuka seluruh halaman menjadi faktor yang lebih penting lagi sekarang ini.

Berikut ketujuh cara optimasi untuk meningkatkan peringkat pada hasil pencarian google yang paling penting untuk diketahui: 

Inteligensi Buatan Secara Cepat Mengubah Wajah SEO

RankBrain adalah nama Google untuk algoritma kecerdasan buatan yang inovatif yang digunakan untuk membantu memproses hasil pencarian. Tujuannya adalah agar hasil pencarian dapat semakin berkualitas dan akurat.

Ini telah secara resmi dinyatakan sebagai faktor peringkat ketiga terpenting Google. Oleh karena itu, cara optimasi harus mempertimbangkan hal ini.

Algoritma ini menggunakan mesin pembelajaran – kemampuan komputer untuk mengajar dirinya sendiri dan tanpa input manusia. Ini merupakan Artificial intelligent seperti yang kita ketahui… dan meskipun sedikit menakutkan, tetapi juga menarik.

Tujuan Utama Rank Brain

Salah satu tujuan utama RankBrain adalah untuk menyaring apa yang dianggap sebagai hasil pencarian yang relevan ketika pengguna memasukkan permintaan yang tidak pernah dilihat sebelumnya atau yang tidak biasa (dan belajar dari tindakan konsekuen pengguna) – sesuatu yang sulit ditafsirkan oleh Google pada masa lampau.

Tidak hanya itu, para praktisi harus terus-menerus mempelajari cara optimasi terbaik untuk melayani pengunjung website dengan hasil yang paling relevan, otoritatif, dan dapat dipercaya.

Itu berarti Google menjadi semakin sulit untuk game hari ini. Sederhananya: Anda lebih baik fokus pada penerbitan konten yang benar-benar luar biasa yang selaras dengan audiens target Anda (sambil memastikan situs web Anda juga luar biasa untuk dinavigasi) dan mendistribusikan konten ini dengan berat, daripada berusaha menggunakan, misalnya, taktik topi hitam terisolasi.

Ini semua menempatkan nilai luar biasa pada konten unggul – itulah sebabnya Anda harus memproduksi materi kaliber seperti itu di tahun 2017.

Ya, ini telah menjadi kasus selama beberapa tahun sekarang dan kami semua telah mengebor kami, tetapi RankBrain benar-benar berhasil, dan “zaman keemasan” dari seni gelap SEO di Google benar-benar mati.

Optimasi Mesin Pencari di Google berkembang lebih cepat dari sebelumnya dan Anda harus mengubah strategi Anda untuk mengakomodasi kecerdasan mesin pintar secara progresif yang mencari integritas.

Ingatlah untuk:

  • Meneliti topik konten secara menyeluruh dan melayani pain-point target buyer Anda.
  • Terapkan strategi kata kunci semantik.
  • Buatlah konten yang memimpin pemikiran di Industri Anda untuk meningkatkan tingkat keyakinan terhadap produk / bisnis Anda.
  • Sebarkan konten Anda secara luas di media yang paling sesuai untuk bisnis / produk Anda.
  • Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi.

Sebagai salah satu keuntungan memiliki sebuah website landing page adalah website Anda cepat diakses pengguna dan mudah dinavigasi. 

Laman Seluler yang Dipercepat (AMP) Sangat Diperlukan

Menurut penelitian, hingga 60 persen pencarian Google sekarang datang melalui ponsel. Anda tidak lagi dapat mengabaikan pengguna seluler.

Laman Seluler yang Dipercepat atau Accelerated Mobile Page akan menuntut serangkaian kriteria teknis yang harus diikuti situs web untuk menyediakan peningkatan kecepatan ini. Pada tanggal penerbitan, AMP belum menjadi faktor peringkat … tetapi masuk akal untuk diterapkan, karena berbagai alasan.

Google telah mengungkapkan bahwa kecepatan dan pengalaman pemirsa di ponsel adalah metrik pengindeksan primer dan ini akan semakin lazim karena semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler untuk pencarian di google.

Tidak hanya itu; penelitian menunjukkan situs yang lambat untuk diakses akan menghasilkan keterlibatan yang lebih rendah (hingga 40 persen pengunjung akan menutup browser jika situs tidak memuat setelah tiga detik). 

Mengembangkan AMP adalah peluang besar untuk melaju di depan pesaing Anda.

  • Kirim dokumen pengarahan ini ke tim pengembang Anda hari ini.
  • Validasi AMP di Google Search Console (Tampilan Penelusuran> Laman Seluler yang Dipercepat).
  • Aktifkan pelacakan AMP di Google Analytics.
  • Manfaatkan dan menjadi adopter awal.

Tidak hanya itu, ketika Anda menerapkan Data Terstruktur Anda membantu Google memahami makna dan konteks konten Anda yang lebih dalam sehingga dapat mengakomodasi permintaan pencarian yang relevan dengan lebih baik.

Apa bedanya dengan mobile friendly website?

Ini memang agak rancu, namun sepanjang yang kami perhatikan, website non AMP sepanjang dapat beradaptasi di layar smartphone, tetap dapat prioritas untuk tampil di halaman pertama google.

Secara teori, website AMP akan sangat kurang dalam menyajikan konten yang menarik, dan ini artinya pengalaman pengguna juga berkurang. Jika dibandingkan dengan website yang mobile friendly, lebih tinggi pengalaman pengguna dengan cara in.

Situs web dengan AMP, memang masih memiliki pro dan kontra. Salah satu kelebihannya adalah lebih cepat diakses, karena minim grafis dan animasi. Dan hal tersebut juga berlaku sebagai kekurangan pada website dengan AMP. 

Saat ini, kami masih melihat belum cukup urgent menggunakan AMP, kecuali untuk portal berita dan majalah. Untuk website perusahaan dan bisnis, kami masih menyarankan para client tetap untuk non AMP. Hal ini sering dibahas di forum-forum praktisi SEO dan digital markter di seluruh dunia.

 

Algoritma Pencarian Suara

Ketika perangkat lunak pengenalan suara seperti Siri, Cortana, Google Voice, dan Amazon Echo menjadi lebih canggih, lebih banyak dari kita akan mulai menggunakan pencarian suara untuk menemukan informasi.

Bahkan, tingkat kesalahan pengenalan suara telah menurun dari 25 persen menjadi 8 persen dan penggunaan pencarian suara telah meningkat tujuh kali lipat sejak 2010.

Pencarian suara sedang meningkat, khususnya di kalangan millennials.

Dipasangkan dengan RankBrain, sisi paling menarik dari tren ini adalah bahwa Google akan mulai menampilkan hasil lebih berdasarkan pada niat pengguna daripada nilai nominal kata-kata yang dimasukkan ke dalam bilah pencarian. Itu berarti cara optimasi kata kunci akan menjadi lebih banyak percakapan.

Bagaimana cara optimasi terkait hal ini?

  • Prioritaskan kata kunci berekor panjang (karena orang lebih cenderung berbicara pertanyaan pencarian yang panjang daripada tipe satu). Misal anda jual sate kambing: kata kunci umum adalah “Jual sate kambing” sedangkan long tail keyword bisa seperti “sate kambing paling enak di bekasi”. 
  • Gunakan Data Terstruktur untuk memberikan konteks tambahan.
  • Buat FAQ yang menjawab pertanyaan siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa.
  • Terapkan video sebagai bagian dari cara strategi SEO Anda.
  • Teliti pertanyaan percakapan menggunakan pencarian terkait Google dan saran di fitur saran otomatisnya.
  • Dengarkan di media sosial dan luangkan waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda untuk mempelajari apa yang mereka cari secara aktif.

Artikel Akan Menjadi Lebih ‘Epik’ dan ‘Padat’

Baru-baru ini, posting blog “epik” dengan konten yang sangat panjang telah menjadi tujuan untuk mencapai lebih banyak pengunjung organik. Ditemukan bahwa mayoritas artikel dalam 10 hasil teratas Google adalah 2.000 kata atau lebih.

Tetapi sementara konten dengan isi ang panjang terus berkinerja baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Orang-orang menginginkan lebih banyak nilai per kata dan indeks seluler Google secara alami lebih suka pada halaman yang memuat cepat.

Rentang perhatian menjadi lebih pendek dan Google bergeser untuk mengakomodasi. Orang akan lelah membaca 2.000 kata. Di era informasi, pemirsa ingin artikel yang terorganisir dengan baik dan langsung ke intinya. Namun, masih ada ruang untuk konten bentuk panjang.

KiosMaya menggunakan Divi Builder untuk mengatasi hal ini, sehingga seperti artikel ini yang lebih dari 2000 kata, tetap dapat terlihat lebih ringkas dari konten 1000 kata.

Kita akan mulai melihat konten bentuk lebih pendek dengan lebih banyak “kepadatan”; artinya lebih banyak informasi dengan lebih sedikit kata yang terlihat.

Untuk memanfaatkan tren ini, mau tidak mau kita harus menggunakan teknologi website yang terbaru, yang dapat memadatkan halaman. Dengan modul Tab seperti pada artikel ini, atau modul Accordion, konten 3000 kata pun dapat lebih ringkas dilihat.

Gunakan HTTPS Secara Sistematis

Kepercayaan secara online itu penting. Orang-orang suka merasa aman ketika mengunjungi situs baru dan banyak indikasi visual yang dapat mendorong perasaan itu.

Salah satu indikasi visual yang bagus bahwa suatu situs secara umum dianggap aman untuk dikunjungi adalah gembok hijau di bilah URL.

Google mengakui hal ini dan memberikan prioritas pada situs web yang menerapkan SSL atau enkripsi TLS yang lebih baru (alias situs HTTPS). Ini termasuk pada salah satu cara SEO yang paling penting untuk diketahui para digital marketer.

Dan itu belum semuanya. Pada tahun 2017 yang lalu, browser web paling populer di dunia (Google Chrome) akan mulai memberi label pada situs non-HTTP yang mengirimkan kata sandi dan / atau meminta detail kartu kredit sebagai “Tidak Aman.”

Semua tanda dari Google ada di sana dan tidak boleh diabaikan. Saat fokus konstan pada kepercayaan meningkat, HTTPS diharapkan menjadi semakin penting untuk terus maju.

Tips:

  • Rencanakan pengalihan seluruh situs secara menyeluruh dari HTTP ke HTTPS – ini bisa menjadi proses yang sangat kompleks dengan banyak hambatan jika Anda belum biasa.
  • Terapkan pelacakan UTM Google untuk kampanye pemasaran agar data rujukan yang masuk dapat lebih akurat.
  • Menyimpan data rujukan keluar menggunakan tag pengarah meta dalam HTML di situs Anda.

Personal Branding Lebih Dibutuhkan

Last but not least, mari kita bicara tentang praktik branding pribadi yang sangat penting.

Personal branding menyoroti orang sungguhan sebagai wajah perusahaan Anda.

Jika Anda ingin mengalahkan algoritma Google – personal branding adalah cara melakukannya. Berapa banyak orang di industri Anda yang memiliki nama Anda? Dan jika Anda menjadikannya besar, siapa yang akan muncul dalam pencarian Google?

Itu akan menjadi Anda. Setiap saat.

Bukan hanya itu: Orang ingin berbisnis dengan orang, bukan perusahaan! Saya tidak bisa cukup menekankan hal ini. Itu semua kembali ke kepercayaan.

Personal branding sangat kuat dan berperan dalam mengamankan posting tamu, penyebutan merek, tautan, webinar, podcast, kemitraan, dan, tentu saja, pelanggan. Saya dapat 100 persen mengkonfirmasinya dari pengalaman.

Selain itu, platform media sosial seperti Facebook terus memperbaiki algoritma mereka untuk memilih posting profil daripada posting halaman, yang berarti lebih sedikit visibilitas untuk pembaruan sosial yang berasal dari akun merek.

Solusinya?

Pilih CEO Anda (atau banyak karyawan yang bersedia menjadi wajah lama perusahaan Anda) untuk mulai terus mendorong diri mereka sendiri melalui posting blog, media sosial, dan di tempat lain. Anda dapat melakukan press release jika berada pada bisnis vertikal (B2B). Atau Anda dapat menggunakan beberapa website untuk mendorong trust pada mereka produk Anda. Intinya adalah, dominasi kata pencarian potensial.

Orang-orang tersebut harus membangun banyak hubungan industri dan mendedikasikan waktu mereka untuk menciptakan kehadiran yang kuat di mana mereka dipandang sebagai pemimpin pemikiran. Begitu mereka menjadi lebih dikenal dan dicari – begitu juga merek Anda.

Ini adalah no-brainer – personal branding harus menjadi salah satu strategi SEO terbaik Anda untuk tahun ini.

Memanfaatkan Kekuatan Bing

Untuk waktu yang lama, merek telah mengabaikan Bing (dan mesin pencari lainnya) karena Google memegang sebagian besar lalu lintas pencarian.

Nah, zaman berubah – Bing sekarang menyumbang 21 persen dari semua lalu lintas mesin pencari. Yang paling menarik adalah, 25 persen dari semua lalu lintas pencarian Bing adalah berbasis suara. Bahkan Yahoo! naik peringkat dengan pangsa pencarian 12 persen.

Ini cukup sederhana, berita menarik untuk semua. Cengkeraman ketat Google pada industri pencarian berarti kegagalan bagi banyak bisnis yang tidak dapat mengikutinya di masa lalu.

Bing jauh lebih mudah untuk dioptimalkan. Ini condong ke arah analisis metrik tradisional, termasuk:

  • Anchor text
  • Rasio Klik-tayang (RKT)
  • Keterlibatan pengunjung
  • Kata kunci dalam domain
  • Konten dan kepadatan kata kunci
  • Struktur dan kode situs

 Selain itu, Bing lebih peduli tentang berbagi media sosial dalam masalah peringkat daripada Google – jadi mulailah mendapatkan nilai sosial tersebut bersama dengan merek pribadi Anda!

Masih butuh alasan lain untuk fokus pada Bing?

Para ahli telah menemukan bahwa situs web yang dioptimalkan dengan baik memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi ketika dikunjungi melalui Bing atau Yahoo! daripada di Google.

Mulailah hari ini dengan membuat akun Bing Webmaster Tools yang juga mengakomodasi Yahoo! data. Lagi pula, Anda tidak dapat mengabaikan pangsa volume penelusuran gabungan 33 persen.

Persaingan brand di 2019 secara perlahan mulai beralih ke search engine. Online branding di sosial media sudah mulai disadari baik oleh para praktisi pemasaran di Indonesia hanyalah bersifat sebagai awareness dan nurturing saja. Dengan cara meningkatkan peringkat di google maka online branding dapat lebih optimal.

 

Kesimpulan Dalam Cara Optimasi Website

Apakah Anda seorang ahli optimisasi mesin pencari atau penanggung jawab keseluruhan strategi pemasaran digital, mengetahui cara optimasi website atau SEO teratas untuk adalah hal yang sangat penting untuk peningkatan dan pemeliharaan peringkat Google untuk merek Anda sekarang dan di masa depan.

Seperti yang disebutkan di awal, semuanya bermuara pada pembuatan konten yang luar biasa yang berisi kata kunci semantik dan terkait (dalam nada informal, percakapan).

Situs web Anda juga harus memberikan pengalaman pengguna yang sama luar biasa.

Catatan: Selesaikan dengan hal-hal yang mengganggu. Mereka akan berdampak negatif pada peringkat Google Anda.

Dengarkan audiens Anda untuk menemukan poin rasa sakit mereka dan pertanyaan yang mungkin mereka miliki. Kemudian, fokuslah untuk memberikan jawaban yang bermanfaat dengan konten Anda.

Pada akhirnya, seperti biasa, yang paling penting adalah memberikan nilai kepada pengunjung Anda. Nilai menghasilkan perhatian, kepercayaan, pembagian sosial, backlink, dan akhirnya peringkat teratas Google.

Ingat:

  • Tautan balik, konten, dan RankBrain adalah tiga sinyal peringkat teratas Google, fokus pada urutan itu.
  • Sebarkan konten Anda secara luas, dengan menggunakan strategi distribusi yang mutakhir dan memiliki monitoring real-time.
  • Pastikan situs web Anda secara teknis baik dalam hal Data Terstruktur, AMP, dan SSL / TLS.
  • Jangan taruh semua telur Anda dalam satu keranjang – optimalkan untuk Bing dan Yahoo!.

Mengenai KiosMaya

KiosMaya telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan jasa optimasi search engine, baik secara onsite maupun offsite. KiosMaya memiliki 8 owned media untuk mendukung kinerja SEO client. Salah satu spesialisasi KiosMaya adalah mendominasi hasil pencarian di halaman pertama google, baik melalui website client maupun 8 website owned media tersebut.

Pastikan brand Anda hadir di halaman pertama hasil pencarian google. Anda dapat mengandalkan dan mempercayakan KiosMaya untuk melakukan hal tersebut.

Anda dapat menggunakan form di bawah ini untuk mengetahui berapa biaya SEO yang dibutuhkan untuk Brand Anda. Ingat, persaingan branding online selanjutnya akan berada pada search engine, pastikan brand Anda hadir pada ratusan keyword potensial di halaman pertama google. Selamat mencoba .. 

 

Berapa Biaya SEO Untuk Brand Anda?

7 + 3 =

Pin It on Pinterest

Share This