Algoritma Google Terbaru E-A-T Berfokus Pada Kualitas Web

Feb 15, 2022 | Onsite, SEO dan Optimasi Website

Sejak Juni 2021 hingga akhir Desember 2021 terdapat beberapa algoritma Google terbaru yang dikenal dengan E-A-T yang berfokus pada kualitas website, tidak hanya pada kecepatan website saja.

Lantas, apakah E-A-T itu?

Algoritma Google Terbaru E-A-T

Setelah sebelumnya Google menerapkan algoritma Core Web Vital yang berfokus pada kecepatan website, kebergunaan, dan pengalaman pengguna, beberapa bulan setelahnya Google menerapkan algoritma terbarunya yakni E-A-T.

E-A-T adalah singkatan dari Expertise, Authoritative dan Trustworthy. Algoritma Google Terbaru ini menekankan pada banyak faktor kualitas, seperti kualitas website, kualitas halaman, dan kualitas konten.

  • Expertise, atau keahlian berarti memiliki tingkat pengetahuan atau keterampilan yang tinggi dalam bidang tertentu. Ini dievaluasi terutama di tingkat konten, bukan di situs web atau tingkat organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh pakar pada bidang tersebut.
  • Authoritative atau reputasi, Google akan menilai apakah konten tersebut dapat memberikan pengaruh di industri terkait. Sederhananya, ketika orang lain melihat individu atau situs web sebagai sumber informasi utama tentang suatu topik, itu adalah otoritas. Dalam hal ini, Google akan mempelajari siapa pembuat konten di website Anda.
  • Trustworthy atau masalah kepercayaan adalah tentang legitimasi, transparansi, dan keakuratan situs web dan kontennya.

Pemeringkat indeks Google saat ini lebih berpihak untuk website yang memiliki kualitas. Algoritmal Google terbaru ini telah membuat beberapa website besar menjadi tergoncang.

Seperti contoh pada situs berita online yang terlalu banyak iklan dan berat untuk dibuka, peringkat SEO mereka mungkin akan menurun. Jika ini terjadi, maka jumlah pengunjung website portal berita akan turun drastis. Memperbaiki hal ini merupakan pekerjaan yang menantang.

Kenapa Google Kerap Keluarkan Algoritma Terbaru untuk Pemeringkat di Mesin Pencari Mereka?

Mesin pencari hadir untuk membantu orang menemukan apa yang mereka cari. Untuk melakukan itu, mesin pencari harus menyediakan hasil pencarian yang bermanfaat dan berkualitas tinggi, disajikan dalam urutan yang paling membantu.

Jenis penelusuran yang berbeda harus menampilkan hasil penelusuran yang sangat berbeda

  • Hasil pencarian medis harus berkualitas tinggi dan dapat dipercaya. Hasil pencarian untuk “gambar bayi lucu” harus menampikan hasil pencarian gambar dengan foto bayi-bayi yang menggemaskan.
  • Hasil pencarian untuk situs web atau halaman web tertentu harus memiliki hasil yang diinginkan di bagian atas.
  • Penelusuran yang memiliki banyak kemungkinan makna atau melibatkan banyak perspektif memerlukan serangkaian hasil yang beragam yang mencerminkan keragaman makna dan sudut pandang yang alami.

Orang-orang di seluruh dunia menggunakan mesin pencari; oleh karena itu, keragaman dalam hasil penelusuran sangat penting untuk memenuhi keragaman orang yang menggunakan penelusuran.

Misalnya, penelusuran tentang sekelompok orang harus memberikan hasil bermanfaat yang mewakili keragaman latar belakang demografi dan budaya.

Pada akhirnya, hasil pencarian harus dapat membantu orang. Hasil pencarian harus memberikan informasi yang otoritatif dan dapat dipercaya, tidak menyesatkan orang dengan konten yang menyesatkan.

Oleh karena itu, saran kami bagi portal-portal berita di Indonesia agar mulai meninggalkan cara click-bait atau cloacking yang menulis headline provokatif serta berbeda dengan konten berita di dalamnya.

E-A-T Berfokus Pada Kualitas Halaman Website

Algoritma Google terbaru ini akan melihat kualitas halaman website yang dinamakan Page Quality Rating (PQ Rating). Selain mempertimbangkan faktor E-A-T, algoritma terbaru ini juga mempertimbangkan apa tujuan konten tersebut.

Tujuan dari peringkat PQ adalah untuk menentukan seberapa baik halaman mencapai tujuannya. Situs web dan halaman harus bertujuan untuk membantu orang. Jika bukan maka website dan halaman website Anda akan mendapatkan peringkat yang rendah.

Tujuan umum halaman website yang bermanfaat termasuk (namun tidak terbatas pada):

  • Untuk berbagi informasi tentang suatu topik. Seperti halaman artikel ini, yang bertujuan untuk memberikan informasi dan penjelasan mengenai perubahan yang terjadi dengan adanya algoritma Google terbaru ini.
  • Untuk berbagi informasi pribadi atau sosial.
  • Untuk berbagi gambar, video, atau bentuk media lainnya.
  • Untuk mengungkapkan pendapat atau sudut pandang.
  • Untuk menghibur.
  • Untuk menjual produk atau jasa.
  • Untuk mengizinkan pengguna memposting pertanyaan untuk dijawab oleh pengguna lain.
  • Untuk mengizinkan pengguna berbagi file atau mengunduh perangkat lunak.

Setelah melihat daftar tujuan manfaat tersebut, mungkin Anda sekarang sudah dapat membayangkan langkah selanjutnya yang akan Anda terapkan di website Anda atau website perusahaan tempat Anda bekerja sebagai SEO Specialist.

Main Content (Konten Utama) Sebagai Hal Utama Untuk Mencapai Maksud dan Tujuan

Dalam mencapai sebuah tujuan, apakah itu untuk memberikan informasi, menjual rpoduk dan jasa dan sebagainya, konten utama menjadi faktor terpenting dalam hal kualitas halaman.

Main content (MC) dapat berupa text, gambar, video, kebergunaan seperti kalkulator web, game dan sebagainya. Dalam pemeringkat kualitas halaman (PQ Rating), Google akan melihat konteks dari seluruh halaman. Jika Anda masih sukses bermain dengan kata kunci di sebuah artikel maka saat ini Anda dapat lebih kreatif lagi, dengan menyajikan hal-hal menarik dan bermanfaat lainnya.

Periklanan yang tampil di website Anda dapat berpengaruh positif atau sebaliknya. Jika terlalu banyak iklan, atau iklan tersebut membuat website Anda jadi lambat dibuka, maka ini dapat berpengaruh buruk. Penilaian terhadap website Anda dapat menjadi rendah.

Navigasi pada halaman website juga menjadi bagian penting dalam algoritma google terbaru ini. Kita bisa lihat banyak halaman website yang masuk peringkat atas di hasil pencarian dan di dalamnya ada daftar isi yang berisi text link untuk loncat ke bagian-bagian tertentu.

Namun, tampilan website dengan daftar isi seperti itu menurut kami dapat mengurangi kualitas pengalaman pengguna. Akan lebih baik jika menggunakan tabbed content atau toggled content.

Perubahan algoritma google terbaru ini dapat menyebabkan ranking halaman-halaman di website Anda merosot jika:

  • Konten di website Anda berkualitas rendah
  • Konten di website Anda terlalu singkat dan kurang lengkap
  • Konten di website Anda tidak original alias copy paste dari artikel website lain
  • Konten di website Anda sulit untuk dibaca karena terlalu banyak iklan
  • Konten di website Anda terlalu panjang dan sulit dinavigasi.

Inilah pentingnya untuk meningkatkan kualitas website dan konten bagi seluruh bisnis di Indonesia.

Ada Peluang Untuk Anda

Dalam hal SEO dan peringkat di hasil pencarian Google, ada peluang bagus untuk Anda dengan adanya Google E-A-T ini.

Jika website Anda dapat lebih cepat dari marketplace, situs berita, maka ada kesempatan bagi Anda. 

Hasil Analisa Kecepatan Website Situs Berita

Kami telah mengukur kecepatan akses website terhadap beberapa situs berita dan marketplace menggunakan GT Metrix. Rata-rata membutuhkan akses lebih dari 10 detik!.

Ini artinya, ketika Anda memiliki website, baik itu website perusahaan dengan blog artikel maupun website e-commerce, Anda memiliki peluang untuk tampil diatas website-website tersebut pada hasil pencarian google terhadap kata kunci yang relevan dengan halaman webite Anda.

Bagaimana Dengan KiosMaya Sendiri?

Kami telah melakukan penyesuaian untuk beradaptasi pada perubahan algoritma terbaru google ini.

Beberapa client jasa website landing page kami sarankan untuk menambah halaman Tentang dan Contact. Tujuannya adalah agar memenuhi unsur Autthoritative dan Trustworthy.

Demikian untuk para client jasa search engine marketing (dulu namanya jasa SEO), juga kami sarankan untuk membuat konten yang berasal dari expert di dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan.

Kesimpulan:

Para pengguna mesin pencari Google mencari di Internet untuk berbagai tujuan, mulai dari menyelesaikan tugas cepat hingga meneliti topik. Meningkatkan kualitas di hasil pencarian google merupakan bagian dari proyek jangka panjang seluruh bisnis saat ini.

  • Konten Utama (MC) adalah setiap bagian halaman yang secara langsung membantu halaman mencapai tujuannya. Kualitas MC memainkan peran yang sangat besar dalam peringkat Kualitas Halaman dari sebuah halaman web.
  • Konten Tambahan (SC) juga penting. SC dapat membantu halaman mencapai tujuannya dengan lebih baik atau sebalinya dapat mengurangi pengalaman keseluruhan.
  • Banyak halaman memiliki iklan/monetisasi (Iklan). Tanpa iklan dan monetisasi, beberapa halaman web
    tidak dapat eksis karena memerlukan biaya untuk memelihara situs web dan membuat konten berkualitas tinggi. Kehadiran atau tidak adanya Iklan tidak dengan sendirinya menjadi alasan untuk peringkat kualitas Tinggi atau Rendah.
  • Pada beberapa halaman, ulasan dapat dianggap sebagai MC, dan pada halaman lain ulasan dapat dianggap sebagai SC. Gunakan yang penilaian dan berpikir tentang tujuan halaman.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para praktisi SEO dan digital marketing di Indonesia.

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Dominasi Brand SERP harus menjadi prioritas dalam aktivitas online branding bagi para praktisi atau para konsultan digital marketing. Ini karena dalam pencarian Google terkadang hasil penelusuran untuk Brand juga menampilkan hasil untuk "orang lain juga bertanya"...

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi website atau desain ulang situs web adalah proses terperinci untuk memperbarui situs Anda, yang mencakup pembaruan konten, penyegaran tata letak, dan peningkatan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Hampir setiap merek memiliki situs...

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Pengunjung website merupakan awal mula kesuksesan bisnis, oleh karena itu kita harus memahami cara meningkatkan traffic website tanpa perlu membayar sepeserpun untuk iklan. Ahrefs, sebuah situs alat SEO menginformasikan bahwa 91% konten yang ada di website tidak...

Pin It on Pinterest

Share This