Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Okt 24, 2022 | Analytics, SEO dan Optimasi Website

Bisnis setelah pandemi terlihat akan rebounding dari momentum downturn kemarin. Karena kami sering melihat trend dan analytics dari metrik-metrik digital marketing, saat ini kami sedang melihat adanya momentum pasca downturn dan ada issue hangat di 2023. Seperti hotel, jumlah pencarian YoY meningkat sekian persen, staycation, bahkan jasa digital marketing (naik tajam).  Lantas, bagaimana cara identifikasi momentum bisnis berdasar kata kunci di industri anda? 

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Trend Kata Kunci

Momentum pada bisnis bisa jadi merupakan peningkatan trend permintaan atau sebaliknya.  Di era digital sekarang ini, bisnis dapat lebih cepat mengetahui momentum bisnis melalui trend pencarian kata kunci di mesin pencari.

Ini karena 205 juta pengguna internet di Indonesia selalu melakukan riset sebelum ambil keputusan beli, menghubungi bisnis, dan sebagainya. Pencarian di search engine memiliki data digital yang akurat karena  dihasilkan secara langsung oleh seluruh pengguna internet di Indonesia, jadi lebih valid jika dibandingkan data dari survey.

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengenali berbagai kata kunci yang umum digunakan oleh target pemirsa anda. Pastikan kata kunci tersebut relevan dengan bisnis yang anda tawarkan.

Berikut cara identifikasi momentum bisnis dengan menggunakan riset kata kunci di Google.

  1. Kumpulkan 10 kata kunci pencarian yang digunakan oleh target pemirsa bisnis anda atau sesuai bidang industri. Pastikan kata kunci tersebut memang relevan dengan bisnis anda.
  2. Urutkan tabel berdasar volume pencarian (per bulan). Sampai disini mungkin anda akan menemukan beberapa kata kunci lainnya.
  3. Lihat trend jumlah pencarian di kolom sebelah kanan, dan salin mana yang naik YoY dan tiga bulan, dan jika kata kunci tersebut relevan dengan bisnis anda, artinya sedang ada rebounding dari momentum downturn di bidang bisnis / produk / jasa tersebut.

Dengan demikian perusahaan dapat lebih cepat mengarahkan “layar”, ke arah yang cerah tentunya. Cara ini sangat mudah bukan?.

Akan tetapi sebagai pemilik bisnis atau yang menjalankan bisnis, tentu anda yang lebih memahami kondisi bisnis yang sedang terjadi.

Cara identifikasi momentum secara online tersebut dapat melengkapi pertimbangan anda dalam melakukan validasi terhadap momentum bisnis.

Kenapa mengidentifikasi momentum pada bisnis secara online itu penting?

Terutama untuk rekan-rekan pemberi jasa digital marketing di Indonesia. Memahami bisnis client merupakan hal penting, dan mengidentifikasi momentum pada bisnis Client dapat “menyelamatkan” Client anda selamat dari pemborosan dalam berinvestasi di pemasaran digital.

Era digital setelah pandemi di Indonesia telah mempercepat adopsi layanan digital dengan 205 juta pengguna yang ada di tahun 2022 ini.

Berikut beberapa keuntungan ketika bisnis dapat mengidentifikasi momentum.

  1. Terjaga dari kerugian besar investasi dan pemborosan biaya pemasaran. Berapa biaya pemasaran anda sekarang? dan apakah itu berhasil? bagaimana akan anda arahkan untuk beradaptasi atau melakukan pivot’ sebelum melesat?.
  2. Jika menemukan momentum bisnis yang mulai ‘meroket’, anda dapat segera mendiskusikannya segera pada jajaran manajemen untuk ambil tindakan apa yang paling optimal.
  3. Anda dapat lebih jelas dalam melakukan kampanye digital, mengembangkan pemirsa dan pengunjung website, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan daya saing di pasar

Banyak bisnis yang dapat menyelaraskan dengan permintaan pasar. Akan tetapi mungkin lebih sedikit yang cepat melakukan tindakan untuk tetap dapat menjadi pemimpin pasar.

Era transformasi digital memberikan demokratisasi, peluang bagi bisnis skala menengah untuk menjadi lebih unggul dari para incumbent.

Mengetahui cara identifikasi momentum bisnis melalui riset online semakin menjadi penting bagi para pengambil keputusan. Terutama untuk perusahaan yang mengelola investasi milyaran, dan bahkan triliunan Rupiah.

Jika anda terlambat mengenali momentum, maka akan terlambat berindat. Pada saat yang sama, seberapa yakin Anda bahwa tidak ada pihak lain yang akan bergerak cepat merebut momentum tersebut?.

Issue Hangat 2023

Environmental & Sustainability

Para pebisnis tentu mengetahui bahwa sustainability semakin menjadi faktor yang penting. Tanggung jawab moral pelaku usaha terhadap kerusakan alam tentu juga harus ada.

Pada G20 yang diselenggarakan di Bali, Negara-negara sepakat untuk mengatasi atau melakukan pencegahan kerusakan lingkungan seperti dampak perubahan iklan, pemanasan global, yang secara nyata telah terbukti di seluruh Negara. 

Target penurunan emisi glohal atau Net-Zero Pact menetapkan penurunan emisi karbon sebesar 50% di tahun 2030 dan tercapainya nol karbon emisi pada tahun 2050.

Ini adalah masalh moralitas, sebagai insan manusia warga masyarakat dunia, seluruh bisnis harus berusaha menurunkan jejak emisi karbon mereka.

Energi & Penghematan

Beruntunglah kita di Indonesia, kaya akan cadangan gas alam, geothermal, dan bahkan nuklir yang merupakan sumber energi bersih hinggi 0% emisi.

Akan tetapi tetap saja, mereka bukanlah sumber energi yang dapat terbarukan dengan cepat. Oleh karena itu, Inovasi untuk energi baru terbarukan akan semakin menjadi pembicaraan yang lebih ramai dari sebelumnya.

Perkembangan teknologi digital yang berhasil membuat virtualisasi, keabsahanan transaksi tanpa cacat, juga telah menyumbang penghematan besar di dunia.

Semakin hemat, maka semakin bersaing dan semakin ramah lingkungan.

Oleh karena itu, kami sebagai pemberi jasa digital marketing telah mengantisipasi kemungkinan perkembangan kearah tersebut. 

Jadi Bagaimana Dengan Bisnis Anda Sekarang Ini?

  • Apakah anda akan tetap berdiam diri sembari menunggu jelasnya suatu trend hingga ada hype yang viral di social media? jika ya, maka anda kemungkinan sudah terlambat. 
  • Atau, anda ingin mengetahui lebih cepat agar dapat mengambil keputusan lebih cepat dari para pesaing? 
  • Mungkin anda masih ragu-ragu terhadap suatu trend bisnis atau momentum? 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan selalu teringat dan semakin membebani anda. Oleh karena itu, dengan memahami cara identifikasi momentum bisnis menggunakan data digital akan sangat bermanfaat untuk anda.

Bermitra Bersama KiosMaya

Selama pandemi dan pasca pandemi, team kami telah menganalisa dan menemukan peningkatan yang kemudian dapat kita validasi sebagai momentum atau tidaknya, seperti bisnis:

  • Hospitality (hotel, tour, travel, dan sejenisnya)
  • Otomotif
  • Digital Agency*.
  • Hi-Tech (data center, cloud, IT consultant, dll)

Namun bisa saja untuk industri lainnya, dan kami akan dengan senang hati jika dapat membantu para pebisnis di Indonesia. Feel free to contact us.

*di KiosMaya juga terdapat beberapa client yang merupakan digital agency atau memberikan jasa digital marketing, terutama untuk SEO dan Social Media Creative Feed.

Sekilas mengenai KiosMaya

KiosMaya terdiri dari profesional dari berbagai bidang untuk dapat berikan solusi bagi bisnis, terutama di Indonesia. Kami merupakan team multi-nasional dengan Client di beberapa negara.

Khusus di Indonesia, KiosMaya dapat dikatakan sebagai penyedia jasa digital marketing B2B terbaik, dan sudah mendapat pengakuan dari DesignRush.com, serta memiliki track recoord yang jelas dalam memberikan dampak positif ke para Client.

Team KiosMaya telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam dunia digital marketing, dan telah memiliki sertifikasi yang diakui secara global.

Client kami terutama dari Indonesia, dan beberapa negara lainnya seperti Belanda, Inggris, Amerika Serikat, dan di Jerman. Silahkan hubungi kami untuk memulai diskusi via whatasapp dan virtual meet.

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Secara bisnis, memang jasa digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, jika tidak untuk apa? Ini sangat benar. Akan tetapi dengan persaingan bisnis yang hadir di saluran online, tantangan digital marketing semakin meningkat. Siapapun tidak bisa serta merta...

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Jasa SEO bergaransi memang cukup menarik bagi mereka yang awam terhadap digital marketing terutama SEO atau pemasaran organik. Jaminan muncuk di halaman pertama hasil pencarian tentu akan menarik minat banyak orang. Masalahnya, Google sendiri telah memberitahukan...

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Tahun 2022 ini merupakan momentum untuk data cnter di Indonesia. Untuk memaksimalkan upaya, digital marketing untuk data center sangat perlu dilakukan. Apa Pentingnya Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia? Data center di Indonesia terus bertumbuh pesat,...

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Setiap bisnis berbeda, demikian dengan biaya digital marketing yang dibutuhkan. Apa yang dapat kita jadikan dasar dalam penerapan anggaran digital marketing merupakan faktor terpenting untuk suksesnya upaya digital marketing perusahaan Anda. Dasar Penerapan Biaya...

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Banyak yang menanyakan apa kelebihan SEO jika dibandingkan dengan iklan berbayar dan pemasran melalui media sosial. Sebetulnya, masing-masing saluran pemasaran digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, demikian SEO (optimasi di mesin pencari). Dalam...

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Menampilkan bisnis Anda secara konsisten ke pemirsa tertarget merupakan inti dari digital marketing, dan inilah sebabnya kenapa digital marketing tetap harus memasang iklan seperti Goole Ads dan Facebook Ads. Pada awalnya, mungkin Anda belum percaya dengan pernyataan...

Pin It on Pinterest

Share This