Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Mar 4, 2022 | Organic Marketing

Pengunjung website merupakan awal mula kesuksesan bisnis, oleh karena itu kita harus memahami cara meningkatkan traffic website tanpa perlu membayar sepeserpun untuk iklan.

Ahrefs, sebuah situs alat SEO menginformasikan bahwa 91% konten yang ada di website tidak mendapatkan pengunjung organik dari pencarian Google.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan pengunjung dan cara meningkatkan traffic website Anda tanpa iklan?

Begini Cara Meningkatkan Traffic Website Anda

KiosMaya telah berpengalaman cukup lama dalam organic marketing atau pemasaran online tanpa iklan berbayar. Salah satu cara meningkatkan traffic website adalah dengan menerapkan SEO sesuai praktik terbaik dan selalu update.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan media sosial dan kampanye email.

Mari kita bahas satu persatu.

Cara Meningkatkan Traffic Website dengan SEO

Setelah Anda memahami cara penerapan SEO, tentunya pengunjung website akan masuk satu per persatu ke wesbite Anda. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung website adalah dengan menganalisa peluang melalui analisa kata kunci dan Google Analytics.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung website secara organik.

Identifikasi Halaman Dengan Impresi Tinggi Tapi CTR Rendah

Identifikasi halaman website yang banyak terlihat di search engine tapi memiliki Click Trough Rate (CTR) sangat rendah. Buatlah tabel untuk halaman yang memiliki impresi tinggi dengan CTR rendah.

Analisa keyword terkait pada halaman tersebut. Jika keyword terkait posisinya berada di peringkat lebih dari 5 maka tingkatkan SEO di halaman tersebut dengan memperbarui konten tersebut.

Untuk meningkatkan CTR, biasanya kami memperbaiki para bagian meta deskripsi dan pada paragraf pertama konten. Tambahkan kata-kata yang mengajak untuk mengambil tindakan.

Misal, konten Anda berupa suatu pertanyaan. Jangan berikan jawaban pada meta deskripsi, akan tetapi ajak orang untuk mengetahui lebih lanjut untuk jawaban tersebut.

Posisi Peringkat Tinggi Tapi Traffic Minim

Jika ini yang terjadi maka sebaiknya Anda lakukan analisa kata kunci lagi. Biasanya hal ini terjadi karena kata kunci yang targetkan tidak banyak yang mencari di Google atau frekuensi pencariannya mengalami penurunan.

Ada kemungkinan lainnya, kata kunci yang anda gunakan tidak mengarah pada user intent atau keinginan terbesar dari para pencari yang menggunakan kata kunci tersebut.

Misal, Anda meargetkan kata kunci “daftar rental mobil di Jakarta”, frekuensi pencarian ada belasan ribu setiap bulannya. Tapi traffic yang Anda dapatkan sangat sedikit, katakan hanya puluhan pengunjung setiap bulan. Padahal, website Anda berada pada posisi ke 1 atau sampai ke 5 pada hasil pencarian tersebut.

Apa yang kurang adalah “harga”. Orang mencari informasi rental mobil tentu bukan hanya daftar perusahaan rental mobil saja, akan tetapi mereka lebih mencari harga dan fitur atau kelebihan yang ditawarkan.

Ketika Anda mencari cara meningkatkan traffic website toko online, teknik ini perlu Anda terapkan.

Posisi di Hasil Pencarian Berada di Halaman ke-2 atau Lebih

Para pakar digital marketing berpendapat bahwa “cara sukses mengubur bisnis adalah dengan membiarkannya muncul di halaman ke-2 Google”. Ini artinya jika website Anda tidak masuk di halaman pertama hasil pencarian Google, maka sudah jelas pengunjung website untuk halaman tersebut akan sedikit.

Untuk mengatasi hal ini Anda dapat membaca mengenai pentingnya kualitas konten di halaman website. Ini akan berkaitan dengan Expertise – Authoritative – Trustworthy yang disingkat menjadi EAT.

Banyak cara untuk meningkatkan rangking di Google, akan tetapi hindari konten yang kurang berkualitas lantas Anda berikan backlink sebanyak mungkin.

Hal tersebut tidak akan efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung website, malahan akan menyebabkan website Anda di suspend di hasil pencarian Google.

Hadirkan Bisnis Anda di Google Maps

Ini bukan perkara untuk pemasaran lokal saja. Berdasar pengalaman kami, profil bisnis di Google dapat mendatangkan pengunjung yang cukup banyak. Hanya saja, Anda harus mengoptimalkan profil bisnis Anda di Google.

Namun, hindari untuk menggunakan cara-cara yang tidak elegan. Seperti dengan menggunakan kata kunci sebagai nama bisnis Anda, ini sama sekali tidak perlu.

Apa yang perlu Anda lakukan adalah menautkan link website Anda dan terus menambah konten di website Anda.

Contoh pada kata kunci “catering bintaro” ini:

Profil Bisnis di Google

Google akan menampilkan profil bisnis Anda di hasil pencarian yang berupa alamat Anda dan peta lokasi Anda ketika kata kunci tersebut ada di website Anda.

Google akan menampilkan hasil pencarian lokal yang relevan dengan lokasi si pencari. Google bertujuan untuk menghubungkan antara bisnis dengan orang-orang di sekitarnya.Kata Kunci di Konten Website

Seperti terlihat pada screen shoot konten di atas, kata kunci “catering bintaro” justru adanya pada konten website jasa katering tersebut, bukan pada nama bisnis di profil bisnis Google.

Anda dapat melihat kinerja profil bisnis Anda di Google, berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda juga akan dapat terlihat.

Cari Peluang Melalui Search Console

Lihat halaman dengan performa terbaik. Temukan topik apa saja yang banyak mendatangkan pengunjung website. Kemudian Anda dapat lakukan pengembangan kata kunci dan analisa kata kunci tersebut.

Temukan kata kunci yang relevan dengan topik Anda dan banyak dicari orang. Pilih dari kata kunci yang meemiliki tingkat persaingan rendah agar website Anda cepat dapat masuk pada halaman pertama Google.

Buatlah konten artikel yang lengkap dengan gambar dan jika perlu dengan video. Ingat, Google akan melihat kualitas konten Anda dan membandingkannya dengan konten website lainnya.

Cara Meningkatkan Traffic Website Melalui Media Sosial

Anda dapat membuat akun profile dan menautkan link website Anda pada profil akun-akun media sosial Anda. Apa yang perlu Anda lakukan dalam pemasaran sosial media adalah tetap berinteraksi dengan pengguna lainnya. Jangan jadi akun monolog.

  • Bagikan halaman website Anda ke group Facebook yang relevan.
  • Buat konten grafis atau video untuk Instagram ketika Anda ingin membagikan konten website Anda.
  • Bagikan halaman website Anda ke Twitter dan jika relevan boleh juga dibagikan ke LinkedIn
  • Gunakan hashtag “#” pada setiap postingan Anda.
  • Analisa waktu yang tepat untuk membagikan konten ke media sosial.

Gunakan Google Analytics untuk memantau perkembangan traffic website Anda yang bersumber dari media sosial. Pantau juga analytics atau insight yang disediakan di masing-masing platform.

Penggunakan analytics dan insight dapat membantu Anda menemukan peluang-peluang yang akan anda terapkan sebagai cara meningkatkan traffic website menggunakan media sosial.

Kampanye via Email (Email Marketing Campaign)

Email campaign dapat juga kita gunakan sebagai cara meningkatkan traffic website Perusahaan anda, lebih tepatnya sebagai cara untuk mempertahankan jumlah pengunjung website.

Akan tetapi ini tidak bisa dengan cara mengirim sembarang email, karena sangat riskan. Jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan kampanye email, bisa jadi website Anda akan tergolong spam oleh banyak badan pemeringkat keamanan email.

Anda dapat membuat formulir berlangganan pada konten artikel di website Anda. Kemudian hubungkan website Anda dengan salah satu penyedia jasa layanan email marketing seperti Mailchimp, Aweber, dan sebagainya.

Setiap ada artikel yang baru Anda upload, sistem emai campaign tersebut akan mengirimkan ke orang-orang yang sudah berlangganan artikel via email.

Analisa topik apa saja yang mendatangkan banyak pengunjung ke website Anda dari kampanye email yang terkirim. Ketahui jam berapa saja yang bagus untuk kirim e-mail.

Salah satu cara yang ampuh mendapatkan langganan email adalah dengan membuat konten yang dapat di download dan memerlukan nama serta alamat email untuk dapat mendownload isi artikel tersebut. Ini sering kami terapkan pada pemasaran digital untuk Client-client B2B kami.

Kesimpulan

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang banyak mendapatkan pengunjung website. Contohnya: Netflix, dengan milyaran pengunjung setiap bulan dapat menghasilkan 198 juta dola per bulan. Akan tetapi perusahaan besar sudah tentu akan menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan bisnis mereka.

Bisnis di Indonesia, tidak hanya UKM bahkan bisnis besar pun masih banyak yang enggan menggunakan iklan berbayar. Meskipun begitu, solusinya tetap ada, yakni dengan menjalankan pemasaran organik di saluran digital.

Terutama bagi para pelaku bisnis UKM yang baru saja membuat website landing page atau website toko online di KiosMaya.Com. Pemasaran organik sangat diperlukan pada awal Anda menjalankan bisnis.

Ini bukan berarti Anda harus menjadi anti-iklan, tidak begitu maksudnya. Akan tetapi ini lebih mengarahkan Anda agar tidak terlalu bergantung dengan iklan dan lebih fokus pada peningkatan kualitas website Anda.

Tingkatkan jumlah konten dan kualitas website Anda agar semakin banyak kata kunci yang Anda peroleh untuk website Anda.

Semakin banyak kata kunci yang Anda peroleh maka semakin sering website Anda telrihat di hasil pencarian yang relevan. Ini meriupakan cara meningkatkan traffic website yang paling utama.

Media sosial juga dapa Anda manfaatkan untuk meningkatkan traffic website. Anda harus rutin membuat konten di website dan menyebarkannya di media sosial, baik di Facebook Group, di halaman perusahaan, atau di timeline. Gunakan hashtag agar postingan medsos Anda dapat lebih sering terlihat.

Demikian cara meningkatkan traffic website secara gratis, semoga dapat Anda terapkan dan menghasilkan kesuksesan besar bagi Bisnis Anda.

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Dominasi Brand SERP harus menjadi prioritas dalam aktivitas online branding bagi para praktisi atau para konsultan digital marketing. Ini karena dalam pencarian Google terkadang hasil penelusuran untuk Brand juga menampilkan hasil untuk "orang lain juga bertanya"...

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi website atau desain ulang situs web adalah proses terperinci untuk memperbarui situs Anda, yang mencakup pembaruan konten, penyegaran tata letak, dan peningkatan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Hampir setiap merek memiliki situs...

9 Plugin WordPress Yang Tidak Aman Untuk Anda Gunakan

9 Plugin WordPress Yang Tidak Aman Untuk Anda Gunakan

Baru-baru ini kami mendapatkan laporan bahwa ada sembilan plugin wordpress yang tidak aman untuk Anda gunakan. Anda harus meninjau ulang penggunaan plugin-plugin tersebut jika terpasang di website Anda atau lakukan update sesegera mungkin.Daftar Plugin Wordpress Yang...

Pin It on Pinterest

Share This