Cara Pasang Iklan di Google Penelusuran

Agu 12, 2021 | Iklan Digital, Search Engine Marketing

Sebetulnya cara pasang iklan di Google cukup mudah, terutama untuk iklan di hasil penelusuran (search engine). Bisnis atau produk Anda dapat tampil saat orang melakukan pencarian yang relevan dengan bisnis atau produk Anda.

Oleh karena itu, dalam tutorial kali ini kami akan menjelaskan cara memasang iklan di Google dari cara yang paling mudah, yakni memasang iklan pada hasil penelusuran atau lebih dikenal dengan Ïklan Penelusuran.

Video Tutorial Cara Pasang Iklan di Google

Yang tidak kalah pentingnya adalah tentang cara analisa keyword. Ini dapat menentukan iklan Anda akan efektif atau tidak. Dan penargetan kata kunci memang harus kita analisa dari waktu ke waktu, karena bisa saja sekarang efektif kemudian sudah tidak efektif lagi. Hal ini disebabkan karena pasar terus berubah atau bersifat dinamis.

Penargetan Iklan Google

Semua iklan digital merupakan iklan yang dapat menargetkan pemirsa. Dalam periklanan Google, penargetan ada berbagai macam:

  • Target secara geografis dan demografis
  • Target jenis pemirsa
  • Target keyword

Ada point yang sering terlewatkan untuk Anda yang baru memasang iklan di Google, yakni pada penargetan wilayah.

Ada 3 pilihan penargetan wilayah:

  1. Orang yang sering berada dilokasi
  2. Orang yang sedang mencari untuk lokasi target (artinya orangnya tidak ada di lokasi target)
  3. Keduanya. Ini yang disarankan Google.

Akan tetapi untuk efektivitas periklanan, lebih baik kita pilih iklan kita tampil hanya ke orang-orang yang berada di lokasi target.

Penargetan Demografi

Kita dapat memilih pemirsa dengan gender tertentu, usia tertentu dan penghasilan tertentu. Tergantung pada bisnis atau produk yang kita akan iklankan. Misal untuk penjualan rumah dan kendaraan , bisa saja yang berusia 18 tahun memberikan saran ke orang tua mereka dan kemudian membeli rumah dan kendaraan tersebut.

Namun ada banyak kasus kami tidak menyertakan usia 18 – 24 tahun untuk client kami yang mayoritas Business to Business (B2B Company). Karena target audience untuk pasar vertikal tersebut terletak pada decision maker atau para pengambil keputusan seperti purchasing manager dan para C-Level yang mayoritas usianya diatas 24 tahun.

Penargetan secara demografi pada periklanan Google juga menyediakan rentang pendapatan rumah tangga. Dalam hal ini, kami menggunakan kebijakan bidding baik meningkatkan atau menurunkan bidding iklan pada rentang pendapatan tertentu, tergantung segmen pasar.

Penargetan Pemirsa

Pada periklanan google, kita dapat menargetkan pemirsa – setidaknya – dalam 2 hal:

  1. In-Market Audience, yang merupakan “ready to buy” audience menurut data dari Google. Pemirsa “in-market” ini terdeteksi secara intensive googling tentang ketertarikan mereka terhadap kategori peminatan. Jika Anda mencari leads atau sales, cukup gunakan pemirsa in-market.
  2. Affinity Audience, merupakan pemirsa yang sekedar menunjukkan ketertarikan.  Jika Anda sedang melakukan brand awareness, gunakan affinity audience saja.
Kesimpulan:

Dalam melakukan kampanye iklan digital di Google, yang termudah adalah iklan penelusuran. Anda tidak perlu design dan membuat conten tmultimedia, cukup masukan link website Anda saja. Ikuti langkah-langkah di atas.

Periklanan digital didukung dengan teknologi pembelajaran mesin (machine learning), baik iklan Google maupun Facebook memerlukan waktu 7 hari untuk mencocokan konten dan tujuan iklan ke pemirsa yang relevan dan potensial.

Beriklanlah dengan budget Rp. 15.000 per hari saja selama masa 7 hari tersebut. Jika ada hasilnya maka Anda hanya perlu meningkatkan anggaran. Namun, jika sebaliknya, maka Anda harus meneliti seluruh iklan Anda, baik materi maupun penargetan. Sabar dan jangan terburu-buru, dalam masa “pembelajaran” selaam 7 hari itu harap tidak mengubah setting target dan materi iklan.

Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat untuk para pelaku usaha, profesional, dan para praktisi di dunia digital agency.

 

Tips Pemasaran Online Untuk Hotel Yang Baru Jadi

Tips Pemasaran Online Untuk Hotel Yang Baru Jadi

Pada umumnya, mereka yang berhasil membangun sebuah penginapan sudah memiliki "jaminan" untuk mengisi omset penjualan kamar. Masalahnya, pembatalan juga dapat terjadi, musim berganti, dan hal-hal dinamis sering terjadi. Oleh karena itu, sejak awal semestinya para...

Optimasi Iklan Online Menghemat Biaya Secara Signifikan

Optimasi Iklan Online Menghemat Biaya Secara Signifikan

Beriklan secara online kini telah menjadi kebutuhan bisnis. Mereka tentu juga pernah atau masih alami biaya iklan yang membengkak karena kurang efektif. Efisiensi dan akurasi telah menjadi prinsip transformasi digital. Untuk itu, kami akan berikan informasi untuk...

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Tak kenal maka tak sayang, no trust maka no deal, merupakan falsafah yang populer dalam bisnis. Branding bertujuan agar produk atau bisnis dikenal baik oleh para calon pembeli. Di era digital sekarang ini, Website dan S.E.O semakin menempati prioritas untuk mereka...

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Sepanjang tahun 2023 hingga tahun 2024 ini, ada beberapa pengalaman menarik yang semoga dapat menambah wawasan para praktisi digital marketing di Indonesia. Beberapa Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya Setelah beberapa tahun meneliti grafik di Google Search...

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Pin It on Pinterest

Share This