Manfaat Google Bisnisku Untuk Bisnis Offline dan Online

Jun 19, 2022 | Digital Marketing, Organic Marketing

Banyak sekali manfaat Google Bisnisku atau Google Business Profile bagi bisnis di era digital sekarang ini. Setiap orang selalu melakukan pencarian di Google. Ada 160 juta pengguna mesin pencari di Indonesia, dan Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini bukan?.

Catatan: Di Tahun 2022 ini Google bisnisku telah berganti nama menjadi Profil Bisnis Google.

Apa yang dimaksud Google Bisnisku ?

Google Bisnisku adalah daftar bisnis gratis dari Google. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan detail dan foto bisnis Anda, termasuk lokasi, layanan, dan produk Anda.

Ketika kita mencari suatu jasa atau produk, mesin pencari Google juga menampilkan Google Maps yang berisi bisnis-bisnis yang terdaftar pada Google Bisnisku.

Contoh Listing Google Bisnisku

Contoh Listing Google Bisnisku

Google Bisnisku memberi Anda kemampuan untuk mencantumkan lokasi bisnis Anda di Google Maps dan hasil pencarian lokal. Anda dapat menampilkan informasi penting tentang bisnis Anda, termasuk waktu buka/tutup, detail kontak, atau tautan ke situs web Anda.

Apa Manfaat Google Bisnisku?

Baik untuk mendapatkan pengunjung ke toko Anda atau pengunjung ke website bisnis Anda, Google adalah perujuk pencarian utama. Profil Bisnis Google membantu memastikan bahwa orang-orang menemukan bisnis Anda saat mencari produk dan layanan seperti milik Anda di area lokal mereka.

Cantuman Google Bisnisku menunjukkan kepada pencari tempat dan cara mengunjungi bisnis Anda.

Profil Bisnis Google juga meningkatkan SEO lokal Anda. Secara khusus, cantuman untuk bisnis lokal lebih mungkin muncul saat orang menelusuri bisnis terdekat menggunakan Google Maps.

Bangun kepercayaan publik terhadap bisnis Anda melalui ulasan di Google

Ulasan adalah elemen kunci dari bukti sosial, dan cara yang berarti untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis.

Gabungan peringkat bintang dan ruang untuk ulasan terperinci Google memungkinkan pelanggan berbagi informasi sebanyak atau sesedikit mungkin tentang pengalaman mereka dengan bisnis Anda sesuka mereka. Semua itu membantu calon pelanggan di masa depan memutuskan bisnis mana yang akan dikunjungi dan produk yang akan dibeli.

Mungkin menakutkan untuk memikirkan ulasan yang masuk di platform publik seperti itu, terutama karena Anda tidak dapat memilih ulasan Google Bisnisku mana yang akan dibagikan.

Tapi jangan panik: Google menemukan bahwa kombinasi ulasan positif dan negatif lebih dapat dipercaya daripada yang hanya berisi ulasan positif dengan rating tinggi saja.

Apakah Google My Business gratis?

Ya betul sekali. Google My Business atau Google Business Profile hingga saat ini masih gratis.

Bagaimana Cara Membuat Google Business Profile?

Ikuti langkah-langkah di bawah ini secara berurutan untuk mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku.

Langkah 1: Masuk ke Pengelola Profil Bisnis Google

Jika Anda sudah masuk ke akun Google, Anda otomatis masuk ke Pengelola Profil Bisnis Google. Jika tidak, masukkan detail login akun Google Anda yang biasa atau buat akun Google baru.

Langkah 2: Tambahkan bisnis Anda

Masukkan nama bisnis Anda. Jika tidak muncul di menu tarik-turun, klik Tambahkan bisnis Anda ke Google. Kemudian pilih kategori yang sesuai untuk bisnis Anda dan klik Next.

Langkah 3: Masukkan lokasi Anda

  • Jika Anda memiliki lokasi fisik yang dapat dikunjungi pelanggan, pilih Ya. Kemudian tambahkan alamat bisnis Anda.
  • Anda mungkin juga diminta untuk menempatkan penanda lokasi pada peta. Jika bisnis Anda tidak memiliki lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan tetapi menawarkan layanan atau pengiriman langsung, Anda dapat mencantumkan area layanan Anda. Kemudian klik Berikutnya.
  • Jika Anda tidak memasukkan alamat fisik, Google akan meminta Anda untuk menentukan wilayah tempat Anda tinggal. Pilih dari menu tarik-turun dan klik Berikutnya.

Langkah 4: Isi informasi kontak Anda

Masukkan nomor telepon bisnis dan alamat situs web Anda agar pelanggan dapat menghubungi Anda. Jika Anda memilih untuk tidak dihubungi melalui telepon, Anda tidak perlu memasukkan nomor telepon.

Jika info Anda sudah lengkap, klik Next.

Langkah 5: Verifikasi bisnis Anda

Masukkan alamat fisik asli Anda, bukan kotak pos. Informasi ini hanya digunakan untuk memverifikasi bisnis Anda dan tidak ditampilkan di Profil Bisnis Google Anda atau dibagikan kepada publik.

Masukkan alamat Anda dan klik Berikutnya. Anda akan ditawari opsi yang berlaku untuk memverifikasi akun Anda. Bisnis fisik perlu mendapatkan kartu pos melalui surat untuk memverifikasi lokasi mereka. Bisnis area layanan dapat diverifikasi melalui alamat email.

Google akan mengirim suart berisi kode melalui pos ke lokasi Anda. Ini biasanya memakan waktu 3 sampai 5 hari.

Setelah Anda menerima kode lima digit, masukkan di layar berikutnya (atau buka https://business.google.com/) dan klik Verifikasi atau Verifikasi bisnis.

Anda akan mendapatkan layar konfirmasi yang menunjukkan bahwa Anda telah diverifikasi. Di layar itu, klik Berikutnya.

Langkah 6: Sesuaikan profil Anda

Masukkan jam buka, preferensi pengiriman pesan, deskripsi bisnis, dan foto Anda.

Saat Anda siap, klik Lanjutkan. Anda akan menemukan diri Anda di dasbor Business Profile Manager.

Dari sini, Anda dapat mengelola profil bisnis, melihat wawasan, mengelola ulasan dan pesan, serta membuat iklan Google.

Bagaimana Cara Optimasi Profil Bisnis Anda di Google?

Google menentukan peringkat pencarian lokal berdasarkan tiga faktor:

  • Relevansi: Seberapa cocok cantuman Google Bisnisku milik Anda dengan penelusuran.
  • Jarak: Seberapa jauh lokasi Anda dari lokasi para pencari.
  • Keunggulan: Seberapa terkenal bisnis Anda (berdasarkan faktor seperti tautan, jumlah ulasan, skor ulasan, dan SEO)

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan skor Anda untuk ketiga faktor tersebut.

Lengkapi semua elemen profil Anda

Pelanggan 2,7 kali lebih mungkin menganggap bisnis Anda memiliki reputasi baik jika Anda memiliki Profil Bisnis Google yang lengkap. Mereka juga 70% lebih mungkin untuk benar-benar mengunjungi lokasi Anda.

Google secara khusus mengatakan bahwa “bisnis dengan informasi yang lengkap dan akurat lebih mudah untuk dicocokkan dengan pencarian yang tepat.”

Untuk ini, relevansi dapat bersumber dari konten website bisnis Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyertakan alamat website Anda pada profil bisnis Anda di Google.

Jika Anda belum mempunyai website, kunjungi halaman jasa pembuatan website KiosMaya untuk segera mendapatkannya.

Ini meningkatkan skor Anda untuk relevansi. Kuncinya di sini adalah memberi tahu pengunjung Google “apa yang Anda lakukan, di mana Anda berada, dan kapan mereka dapat berkunjung.”

Jika jam kerja Anda berubah di sekitar hari libur atau musim, pastikan untuk selalu memperbaruinya.

Verifikasi lokasi Anda

Lokasi bisnis yang terverifikasi “lebih cenderung ditampilkan di hasil penelusuran lokal di seluruh produk Google, seperti Maps dan Penelusuran”. Menyertakan lokasi yang diverifikasi juga membantu meningkatkan skor Anda untuk faktor peringkat jarak.

Jika Anda melewatkan verifikasi lokasi pada langkah pembuatan akun di atas, minta kartu pos verifikasi Anda sekarang di https://business.google.com/.

Tambahkan gambar dan video nyata dari bisnis Anda

Profil Bisnis Google Anda menyertakan logo dan foto sampul. Gunakan gambar yang konsisten dengan yang ada di profil sosial Anda untuk memudahkan orang mengenali merek Anda.

Tapi jangan berhenti di situ. Tambahkan gambar dan video untuk menampilkan lokasi, lingkungan kerja, dan tim Anda.

Jika Anda menjalankan restoran, posting gambar makanan, menu, dan ruang makan Anda. Pastikan mereka terlihat menggugah selera, profesional, dan tidak beresolusi rendah. Menurut Google, bisnis dengan foto menerima lebih banyak permintaan petunjuk arah dan lebih banyak klik melalui situs web mereka.

Cara menambahkan atau mengedit foto ke profil Anda di Google:

  • Dari dasbor, klik Foto di menu sebelah kiri.
  • Mulailah dengan menambahkan logo dan foto sampul Anda. Anda dapat mengunggah gambar, memilih salah satu dari album Profil Bisnis, atau memilih foto yang menandai bisnis Anda.
  • Untuk menambahkan lebih banyak foto, klik Di Tempat Kerja atau Tim di menu atas halaman foto.
  • Untuk menambahkan video, klik tab Video di bagian atas halaman foto.

Sertakan kata kunci di profil Anda tapi jangan berlebihan.

Menggunakan kata kunci yang tepat akan meningkatkan relevansi. Tidak yakin harus mulai dari mana? Coba Google Trends atau Perencana Kata Kunci.

Google Analytics dan alat pemantauan sosial juga dapat membantu Anda menemukan istilah yang digunakan orang untuk menelusuri bisnis Anda. Gabungkan mereka secara alami ke dalam deskripsi bisnis Anda. Jangan memasukkan kata kunci atau menggunakan kata kunci yang tidak relevan – ini sebenarnya dapat merusak peringkat pencarian Anda.

Berikan respon terhadap ulasan dan pertanyaan

Orang-orang mempercayai orang lain lebih dari mereka mempercayai bisnis. Ulasan yang baik dapat menjadi faktor penentu yang memberi tip kepada calon pelanggan yang menguntungkan Anda. Ulasan juga meningkatkan peringkat Google Anda.

Waktu terbaik untuk meminta ulasan adalah setelah memberikan pengalaman pengguna yang baik. Untuk mempermudah, Google menyediakan link langsung untuk meminta pelanggan meninjau bisnis Anda.

Untuk membagikan tautan permintaan ulasan Anda:

  1. Dari dasbor, gulir ke bawah ke tombol yang bertuliskan Bagikan formulir ulasan.
  2. Salin dan tempel tautan ke dalam pesan ke pelanggan, atau ke penjawab otomatis dan tanda terima online Anda.

Anda tidak dapat menonaktifkan ulasan untuk halaman Google Bisnisku. Dan Anda tidak tertarik untuk melakukannya, karena ulasan menunjukkan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda sah.

Namun, Anda dapat menandai dan melaporkan ulasan yang tidak pantas.

Selain itu, Anda dapat berikan ulasan, baik positif maupun negatif. Menurut survei oleh Google dan Ipsos Connect, bisnis yang menanggapi ulasan dianggap 1,7 kali lebih tepercaya daripada yang tidak.

Tanggapi secara profesional dalam suara merek Anda. Jika menanggapi ulasan negatif, jujurlah dan tawarkan permintaan maaf jika diperlukan.

Untuk melihat dan menanggapi ulasan, klik tab Ulasan di menu sebelah kiri Pengelola Profil Bisnis Anda.

Selalu perbarui informasi bisnis Anda

Pastikan untuk mengedit profil bisnis Anda jika Anda mengubah jam operasional, informasi kontak, dll. Tidak ada yang lebih mengganggu pelanggan selain muncul dalam jam operasional hanya untuk mengetahui Anda tutup.

Jika Anda memiliki jam khusus untuk liburan atau bahkan hanya sekali, pastikan jam tersebut terlihat di Profil Bisnis Google Anda.

Anda juga dapat membuat postingan Google Bisnisku untuk berbagi pembaruan, berita produk, penawaran, dan acara. Ini merupakan salah satu manfaat Google Bisnisku untuk bisnis Anda.

Untuk mengedit informasi bisnis Anda:

Anda dapat kembali ke dasbor untuk melakukan pengeditan kapan saja di business.google.com. Anda juga dapat mengedit informasi bisnis Anda langsung dari penelusuran Google atau Maps. Cukup cari nama bisnis Anda di salah satu alat ini untuk mengakses panel pengeditan.

Untuk membuat dan membagikan postingan Google Bisnisku:

  1. Dari dasbor, klik Postingan di menu sebelah kiri.
  2. Klik Buat postingan.
  3. Pilih jenis postingan yang ingin Anda buat: update COVID-19, penawaran, informasi terbaru tentang bisnis Anda, acara, atau produk. Setiap jenis posting memiliki informasi yang berbeda untuk diselesaikan.

Tambahkan fitur dan atribut khusus

Fitur khusus tersedia untuk akun bisnis Google, tergantung pada kategori yang Anda pilih.

Berikut adalah ikhtisar fitur khusus kategori yang tersedia:

  • Hotel dapat menampilkan peringkat kelas, praktik keberlanjutan, sorotan, waktu check-in dan out, dan fasilitas.
  • Restoran dan bar dapat mengunggah menu, foto hidangan, dan hidangan populer.
  • Bisnis berorientasi layanan dapat menampilkan daftar layanan.
  • Bisnis juga memiliki akses ke berbagai jenis tombol berdasarkan kategorinya, seperti pemesanan janji temu, reservasi, dan pesanan.

Jika menurut Anda bisnis Anda memenuhi syarat untuk salah satu fitur ini, tetapi Anda tidak melihatnya, Anda mungkin telah memilih kategori yang salah. Anda dapat memilih hingga 10 kategori untuk bisnis Anda.

Anda juga dapat menambahkan atribut faktual ke profil Anda untuk membagikan lebih banyak info yang mungkin penting bagi pelanggan Anda. Jika Anda menjalankan toko atau restoran, Anda mungkin ingin memberitahukan bahwa toko tersebut dapat diakses kursi roda atau menawarkan Wi-Fi gratis atau tempat duduk di luar ruangan.

Cara menambahkan atau mengedit atribut:

  1. Dari dasbor, klik Info.
  2. Di bawah Dari bisnis, klik Tambahkan atribut. Atau, jika Anda telah menambahkan atribut dan ingin menambahkan atribut lainnya, klik pensil di samping Dari bisnis.
  3. Gulir semua opsi yang tersedia untuk bisnis Anda, periksa atribut yang berlaku, dan klik Terapkan.

Tambahkan produk Anda

Jika Anda menjual produk, pastikan untuk menambahkan inventaris terbaru ke Profil Bisnis Anda. Selain muncul di profil Anda sendiri, produk Anda juga bisa muncul di Google Shopping.

Untuk menambahkan produk ke Profil Bisnis Anda secara manual:

Dari dasbor, klik Produk di menu sebelah kiri, lalu klik Mulai untuk menambahkan produk pertama Anda

Manfaatkan alat pemasaran gratis Google

Google menawarkan akses bisnis ke kit pemasaran gratis dengan stiker, pos sosial, dan poster yang dapat dicetak. Anda bahkan dapat membuat video khusus. (Tautan hanya akan berfungsi setelah Anda menyiapkan Profil Bisnis Anda.)

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Dominasi Brand SERP harus menjadi prioritas dalam aktivitas online branding bagi para praktisi atau para konsultan digital marketing. Ini karena dalam pencarian Google terkadang hasil penelusuran untuk Brand juga menampilkan hasil untuk "orang lain juga bertanya"...

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi website atau desain ulang situs web adalah proses terperinci untuk memperbarui situs Anda, yang mencakup pembaruan konten, penyegaran tata letak, dan peningkatan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Hampir setiap merek memiliki situs...

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Pengunjung website merupakan awal mula kesuksesan bisnis, oleh karena itu kita harus memahami cara meningkatkan traffic website tanpa perlu membayar sepeserpun untuk iklan. Ahrefs, sebuah situs alat SEO menginformasikan bahwa 91% konten yang ada di website tidak...

Pin It on Pinterest

Share This