Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Nov 12, 2022 | Organic Marketing, SEO dan Optimasi Website

Jasa SEO bergaransi memang cukup menarik bagi mereka yang awam terhadap digital marketing terutama SEO atau pemasaran organik. Jaminan muncuk di halaman pertama hasil pencarian tentu akan menarik minat banyak orang.

Masalahnya, Google sendiri telah memberitahukan bahwa siapapun yang memberikan jasa SEO bergaransi merupakan SCAM atau penipuan.

Jasa SEO Bergaransi Adalah Salah Satu Bentuk Penipuan

Jasa SEO bergaransi adalah jasa SEO yang memberikan jaminan atau garansi bahwa website bisnis Anda dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Pertanyaannya adalah, siapa yang dapat menjamin bahwa kata kunci yang Anda pesan ke jasa SEO bergaransi tersebut akan muncul di halaman pertama Google ketika Google sendiri tidak pernah memberikan jaminan kecuali Anda pasang iklan penulusuran?

Google sendiri telah mengeluarkan publikasi seputar masalah ini. Jika Anda mau mencari di Google, juga sudah banyak yang membahas tentang jasa SEO yang memberikan garansi muncul di halaman pertama. Jadi tidak ada satu pihak pun yang dapat menjamin kata kunci yang Anda targetkan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Kenapa Jasa SEO Profesional tidak pernah berikan garansi?

Mengapa layanan SEO profesional tidak pernah berikan garansi? Ini karena siapapun tidak dapat mengontrol bagaimana Google memberi peringkat situs web. Saat Google membuat perubahan pada algoritma mereka, perusahaan SEO melakukan yang terbaik untuk memahami perubahan apa yang dibuat dan memodifikasi situs web Anda.

KiosMaya sendiri tidak menawarkan jasa SEO bergaransi. KiosMaya menawarkan jasa search engine marketing dimana SEO merupakan salah satu elemen pada layanan tersebut. Dampak positif pada bisnis merupakan hal yang lebih penting.

Bahaya dari Jasa SEO Bergaransi

Layanan SEO Bergaransi mungkin tampak seperti hal yang baik, dan dapat dimengerti jika Anda tergoda untuk bekerja dengan agensi SEO yang menawarkan jaminan.

Namun, memilih perusahaan SEO yang menawarkan layanan SEO bergaransi memiliki risiko yang signifikan. Sering kali mengarah pada hasil yang tidak memuaskan atau bahkan kerusakan besar pada peringkat dan bisnis Anda. Di bagian ini, kita akan membahas alasannya.

Mesin pencari memperingatkan terhadap Jasa SEO Bergaransi

Salah satu alasan paling kuat untuk menghindari penawaran SEO bergaransi adalah bahwa mesin pencari seperti Google secara eksplisit memperingatkan perusahaan untuk tidak bekerja dengan pihak yang menawarkannya.

Google juga mencatat bahwa “Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google” dan memperingatkan perusahaan untuk “berhati-hatilah terhadap layanan SEO yang mengklaim menjamin peringkat.”

Anda tidak dapat membuat jaminan tentang sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan

Agensi SEO tidak dapat secara langsung mengontrol peringkat mesin pencari. Membuat jaminan tentang sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan menimbulkan pertanyaan moral dan sering kali mengarah pada hasil yang tidak memuaskan.

Banyak faktor yang berbeda masuk ke peringkat mesin pencari. Google telah berikan petunjuk tentang apa yang dicari oleh algoritma peringkatnya..

Algoritma mesin pencari juga terus berubah, bahkan karyawan Google tidak tahu pasti bagaimana peringkat situs di masa depan.

Banyak faktor lain di luar kendali agensi SEO juga memengaruhi peringkat, seperti aktivitas SEO di situs web lain yang menargetkan kata kunci Anda dan reputasi keseluruhan perusahaan Anda. Jika reputasi perusahaan terpukul karena cacat pada produknya, misalnya, peringkatnya juga bisa menurun.

Itu tidak berarti bahwa agensi SEO tidak dapat memengaruhi peringkat. Beberapa profesional SEO lebih baik daripada yang lain. Namun, bahkan agensi SEO terbaik pun tidak dapat memanipulasi SERP sesuka hati, terutama dalam jangka waktu yang singkat.

Layanan SEO bergaransi biasanya melibatkan taktik Black-Hat

Secara historis, banyak perusahaan yang menawarkan jaminan peringkat di mesin pencari menggunakan taktik yang tidak diizinkan oleh Google. Teknik ini disebut taktik black-hat. Cara ini bertendensi mengelabui algoritma Google daripada memberi peringkat secara sah.

Contoh taktik black-hat termasuk membeli tautan dan menyembunyikan kata kunci di dalam konten menggunakan teks yang tidak terlihat.

Di masa lalu, taktik ini sering berhasil, setidaknya dalam jangka pendek. Anda dapat mencapai peringkat tinggi dengan cepat dengan “menipu” algoritma Google.

Saat ini, algoritma Google jauh lebih pintar. Jika Anda mencoba menggunakan taktik ini, kemungkinan besar Anda akan ketahuan, mengakibatkan hukuman dari Google yang dapat merusak peringkat Anda atau mencegah Anda muncul di hasil pencarian sama sekali.

Jika sebuah perusahaan menawarkan layanan SEO bergaransi, terutama jika mereka menjanjikan hasil yang cepat, mereka biasanya menggunakan taktik black-hat. Anda sebaiknya menghindari tawaran jasa SEO yang seperti itu.

SEO adalah strategi jangka panjang, dan Anda biasanya tidak dapat segera mencapai perubahan besar dalam peringkat. Perusahaan yang menawarkan jasa SEO bergaransi memiliki tendensi yang kuat dalam penggunaan taktik black-hat untuk memenuhi janji mereka.

Bahkan jika perusahaan SEO tersebut berhasil memenangkan peringkat Anda dengan cepat, Anda mungkin akan kehilangan mereka sama cepatnya ketika Google menemukan bagaimana website perusahaan Anda mencapai peringkat tersebut.

Kesimpulan

Beberapa perusahaan SEO yang Anda temui mungkin menawarkan jaminan SEO. Mereka mungkin menjanjikan Anda sejumlah peringkat halaman pertama atau uang Anda kembali, misalnya.

Pada awalnya, jaminan SEO mungkin tampak seperti alasan yang bagus untuk memilih perusahaan SEO. Namun, pada kenyataannya, jaminan adalah tanda bahwa Anda harus mencari layanan SEO di tempat lain.

Apa yang penting dalam hal SEO adalah kualitas. Mulai dari kualitas website hingga kualitas konten telah menjadi faktor yang peling penting dalam SEO. 

Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai pentingnya kualitas website dan konten dalam peringkat SEO. Pastikan website perusahaan Anda tetap aman atau tidak terkena penalty oleh Google. Berhati-hati dalam masalah ini dapat menghindari bisnis Anda dari kerugian yang sangat besar.

Jika Anda telah memahami manfaat SEO terutama belajar dari para pesaing bisnis Anda, hubungi kami untuk diskusikan rencana tersebut.

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Secara bisnis, memang jasa digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, jika tidak untuk apa? Ini sangat benar. Akan tetapi dengan persaingan bisnis yang hadir di saluran online, tantangan digital marketing semakin meningkat. Siapapun tidak bisa serta merta...

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Bisnis setelah pandemi terlihat akan rebounding dari momentum downturn kemarin. Karena kami sering melihat trend dan analytics dari metrik-metrik digital marketing, saat ini kami sedang melihat adanya momentum pasca downturn dan ada issue hangat di 2023. Seperti...

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Tahun 2022 ini merupakan momentum untuk data cnter di Indonesia. Untuk memaksimalkan upaya, digital marketing untuk data center sangat perlu dilakukan. Apa Pentingnya Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia? Data center di Indonesia terus bertumbuh pesat,...

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Setiap bisnis berbeda, demikian dengan biaya digital marketing yang dibutuhkan. Apa yang dapat kita jadikan dasar dalam penerapan anggaran digital marketing merupakan faktor terpenting untuk suksesnya upaya digital marketing perusahaan Anda. Dasar Penerapan Biaya...

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Banyak yang menanyakan apa kelebihan SEO jika dibandingkan dengan iklan berbayar dan pemasran melalui media sosial. Sebetulnya, masing-masing saluran pemasaran digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, demikian SEO (optimasi di mesin pencari). Dalam...

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Menampilkan bisnis Anda secara konsisten ke pemirsa tertarget merupakan inti dari digital marketing, dan inilah sebabnya kenapa digital marketing tetap harus memasang iklan seperti Goole Ads dan Facebook Ads. Pada awalnya, mungkin Anda belum percaya dengan pernyataan...

Pin It on Pinterest

Share This