Siapkan IPO Perusahaan di Saluran Digital Dengan Cara Ini

Des 22, 2022 | Digital PR

Saat perusahaan Anda berencana untuk go publc, Anda perlu siapkan IPO Perusahaan di saluran digital dengan cara yang benar, alias tidak asal jadi atau asal ada website dan sebagainya. Alasannya cukup sederhana, karena sangat penting untuk menjaga citra perusahaan dan menjaga keyakinan para investor.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk siapkan IPO Perusahaan Anda di saluran digital. Artikel ini akan membahas langkah-lakah persiapan perusahaan dalam rencana IPO di saluran digital.

Siapkan IPO Perusahan Dengan Baik Untuk di Saluran Digital

Di era digital sekarang ini, investor saham tidak lagi hanya investor besar dan menengah saja, namun lebih banyak investor retail. Investor retail ini meramaikan jagat persahaman di saluran digital, seperti di StockBit chat dan Twitter. Mereka juga aktif menyebarkan hal terkait denga saham di status WhatsApp, Story Instagram dan sebagainya.

Transformasi digital juga telah mengubah perilaku di dunia saham. Berdasar beberapa survey, investor retail ini mayoritas dari angkatan Millennials yang berusia 35 hingga 45 tahun. Mereka lebih memilih menyimpan uang mereka dalam bentuk portfolio saham.

Menurut KSEI (Data Kustodian Sentral Efek Indonesia), jumlah investor saham di pasar modal Indonesia di tahun 2022 mencapai 9,54 juta orang. Jumlah tersebut naik 27.38% dari tahun sebelumnya. Ini berarti di tahun 2023 ada kemungkinan kenaikan jumlah investor saham di pasar modal Indonesia hingga 12 juta investor saham, dan sudah barang tentu mereka adalah investor saham dengan jumlah kecil atau yang sering disebut dengan investor ritel.

Banyak investor retail yang mengincar saham IPO karena mudah mendapat keuntungan dengan cepat. Akan tetapi sangatlah penting untuk memahami perilaku para investor ritel.

Untuk memahami cara siapkan IPO Perusahan dengan tepat di saluran digial, ada baiknya memahami perilaku para investor di era digital sekarang ini. Hal ini sangat penting karena dapat menentukan keberlangsungan pertumbuhan nilai saham Anda setelah mulai melantai di bursa.

Perilaku Investor Saham di Era Digital

Perilaku investor ritel selain membaca prospektus juga akan “menyelidiki” website Anda. Mereka akan gali informasi lebih banyak sebelum memutuskan saham IPO mana yang akan mereka pilih untuk beli sahamnya.

Biasanya, mereka menggunakan aplikasi saham seperti Bibit, Stockbit, dan Ajaib, di ponsel mereka. Ketika mereka mengunjungi website perusahaan yang sedang melakukan penawaran saham perdana, loading website yang tidak cepat dapat sebabkan mereka membatalkan niat dan beralih melihat saham IPO yang lain.

Atau, saat mereka sudah berhasil masuk ke website Anda lantas mereka melihat website Anda kurang menarik dan sulit navigasinya untuk mendapatkan informasi yang mereka cari. Memang pada umumnya semua website perusahaan go public memiliki menu “Hubungan Investor”.

Akan tetapi, menurut kami ini tidaklah cukup, karena investor saham dengan skala apapun ketika mengunjungi website Anda tujuannya adalah mencari “kisi-kisi” apakah bisnis perusahaan Anda memiliki prospek yang cerah atau datar saja seperti kebanyakan website-website perusahaan go publik sekarang ini.

Cara Mempersiapkan IPO Perusahaan di Saluran Digital

Berdasar perilaku para investor saham di era digital tersebut, kita dapat mengetahui apa saja yang perlu dilakukan perusahaan untuk siapkan IPO perusahaan di era digital.

Tngkatkan Kualitas Website Perusahaan

Untuk dapat meningkatkan website, ada beberapa point yang perlu Anda perhatikan:

  1. Tampilan Website. Anda hanya memiliki kesempatan dalam sekejap saja untuk dapat mempertahankan pengunjung website.Jika website perusahaan Anda kurang menarik atau biasa-biasa saja, atau sulit untuk menemukan informasi yang mereka cari untuk menilai prospek bisnis Anda, maka ini artinya Anda membutuhkan renovasi website. Anda dapat menggunakan jasa redesign website untuk meningkatkan kualitas design dan navigasi website Anda.
  2. Konten Website.Perusahaan dengan saham publik harus memahami dan menyediakan informasi apa yang paling dicari oleh para investor mereka. Selain itu, konten website harus dapat terus ditambah agar sering muncul di search engine.
  3. Ketertampilan di Search Engine.Selain itu, konten website harus dapat terus ditambah agar sering muncul di search engine. Misal “Prospek Saham PT. Anda, Tbk Terus Meningkat”, atau “PT. Anda, Tbk Mendapatkan Kontrak Penjualan Sebesar Sekian Rupiah”, dan issu-issue fundamental lainnya yang dapat meningkatkan minat investor. Anda dapat lakkan ini dengan menggunakan jasa search engine marketing professional untuk perusahaan go publik.

Selain dari tiga point di atas, sangat penting untuk memastikan website Anda dapat cepat terbuka, terutama ketika di akses melalui ponsel. Anda dapat mengukur kecepatan website Anda di GT Metrix, jika hasilnya di bawah C maka Anda perlu renovasi website dan meningkatkan hosting Anda.

Aktif di Media Sosial

Apa yang menjadi penting baik di search engine dan sosial media adalah memberikan manfaat. Perusahaan harus dapat memberikan manfaat ke para pemirsanya setiap hari, jika tidak perusahaan lain yang akan berikan manfaat dan pemirsa Anda beralih.

Agar dapat berkinerja dengan baik di media sosial, perusahaan juga harus sediakan konten yang menghibur. Salah satunya dengan menggunakan grafis yang berkualitas bagus, menarik, dan kosnsisten. Aktivasi di media sosial untuk perusahaan go publik akan berbeda dengan perusahaan non publik.

Sebagai perusahaan publik Anda harus dapat mengikat perhatian para investor saham. Dengan demikian, siapapun content strategist Anda, mereka harus dapat memahami perilaku para investor saham di saluran online.

Untuk dapat lakukan hal ini, Anda dapat hire designer grafis yang berkualitas dengan gaji mulai dari Rp. 9 juta per bulan, dan para social media strategist dengan gaji Rp. 8 sampai 9 juta per bulan.

Lakukan “boost” pada postingan Anda, baik itu di Instagram, Facebook, maupun di LinkedIn. Terutama untuk pencapaian yang baru Anda dapatkan. Ceritkan kerberhasilan perusahaan Anda kepada para investor di saluran online.

Jalankan Kampanye e-Mail

Cara ini untuk menjaga perhatian para investor yang sudah ada. Anda memerlukan investor jangka panjang selain investor ritel. Investor jangka panjang ini biasanya mereka tergolong orang-orang yang lebih serius dan lebih sering memerika e-mail mereka.

Berikan download gratis dan undangan event ke mereka selain memberikan informasi perusahaan terkini. Kampanye e-mail harus dilakukan dengan pendekatan personalisasi. Sapa para investor Anda via e-mail secara rutin, seminggu atau dua minggu sekali.

Gunakan perangkat analsis dan monitoring online.

Setelah website Anda tampil lebih “corporate look” dan lancar di akses, menjalankan SEO, aktif di media sosial dan menjalankan kampanye email, langkah penting selanjutnya adalah memantau seluruh aktivitas tersebut untuk dapat Anda nilai.

Data yang terlihat pada Google Analytics dapat membantu Anda dalam memustukan saluran mana yang lebih efektif untuk berbagai tujuan, seperti kunjungan website hingga pemesanan saham (ini memerlukan tracing code dari beberapa penyedia aplikasi saham dan masih jarang di Indonesia atau belum ada).

Kesimpulan

Pada intinya, untuk siapkan perusahaan IPO dengan baik dan benar di saluran digital adalah hal yang sangat penting karena dapat membentuk persepsi dan mempengaruhi tingkat keyakinan investor dalam segala skalanya.

Persiapkan segala sesuatunya untuk kebutuhan di saluran digital, mulai dari web assessment hinga memonitor traffic dan pembicaraan online, karena ini semua dapat menjadi tolak ukur kinerja komunikasi digital perusahaan go public.

Ketika Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar, Anda siap lepas landas dengan melantai di bursa. Selanjutnya ada dapat meningkatkan komunikasi publik melalui saluran digital untuk tetap terus meningkatkan investasi publik di perusahaan Anda.

Anda tidak perlu goreng-goreng saham lagi ketika bisnis Anda on-track, cukup komunikasikan ke publik dengan baik. Segvera hubungi team KiosMaya.Com sekarang juga.

Cara Membuat Website Landing Page Sesuai Praktik Terbaik

Cara Membuat Website Landing Page Sesuai Praktik Terbaik

Website landing page akhir-akhir ini semakin banyak peminatnya, demikian tentang cara bikin landing page juga semakin banyak dicari di Google. Maklum, tipikal bisnis online di Indonesia mereka banyak menemukan para "master" yang mengajarkan cara instan jualan banyak...

Digital Marketing Perusahaan B2B Harus Perkuat Konten

Digital Marketing Perusahaan B2B Harus Perkuat Konten

Pemasaran konten merupakan strategi digital marketing perusahaan B2B yang sudah teruji efektifitasnya. Pelajari apa saja elemen yang ada untuk menjalankan misi digital marketing di tahun 2023 ini, lengkap beserta tujuan dan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Trend...

Berapa Biaya Pemasaran di Media Sosial untuk Bisnis?

Berapa Biaya Pemasaran di Media Sosial untuk Bisnis?

Beberapa tahun belakangan banyak perusahaan hadir di media sosial, yang semoga ini tidak hanya sekedar menjadi hype atau ikut-ikutan saja. Ada beberapa alasan bagi bisnis untuk hadir di media sosial, namun apa yang menjadi penting adalah menetapkan berapa biaya...

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Secara bisnis, memang jasa digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, jika tidak untuk apa? Ini sangat benar. Akan tetapi dengan persaingan bisnis yang hadir di saluran online, tantangan digital marketing semakin meningkat. Siapapun tidak bisa serta merta...

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Jasa SEO bergaransi memang cukup menarik bagi mereka yang awam terhadap digital marketing terutama SEO atau pemasaran organik. Jaminan muncuk di halaman pertama hasil pencarian tentu akan menarik minat banyak orang. Masalahnya, Google sendiri telah memberitahukan...

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Bisnis setelah pandemi terlihat akan rebounding dari momentum downturn kemarin. Karena kami sering melihat trend dan analytics dari metrik-metrik digital marketing, saat ini kami sedang melihat adanya momentum pasca downturn dan ada issue hangat di 2023. Seperti...

Pin It on Pinterest

Share This