Dalam masa PSBB Transisi di Jakarta, Restoran atau Cafe boleh menerima pelanggan makan ditempat, akan tetapi, mereka wajib di data. Pertahankan pelayanan dan tingkatkan daya saing dengan Solusi Online untuk Restoran yang satu ini, yakni dengan menggunakan formulir online.

Formulir Online Sebagai Solusi Online untuk Restoran

Anda dapat saja berikan secarik kertas untuk diisi oleh para pelanggan restoran Anda, namun perhatikan pesaing Anda. Mungkin ada pesaing Anda atau restoran lain yang berada di lokasi yang sama (misal di Mall) yang tidak menyuruh pelanggan mengisi formulir ketika masuk ke restoran.

Ya, dapat saja mereka menggunakan website landingpage dengan formulir online untuk diisi oleh para calon pengunjung restoran / cafe mereka.

Website landingpage tidak hanya sebagai sarana branding bisnis kuliner Anda, akan tetapi dapat dimanfaatkan untuk online reservation. Prinsipnya, ini memakai online contact form dari DIVI Builder dan tidak bisa terlalu rumit seperti conditional contact form dengan redirect ke landing page tertentu.

Untuk sebuah restoran atau cafe, cukup membuat contact form dengan field sebagai berikut:

  1. Nama Customer
  2. Nomor Ponsel / WA
  3. Alamat tinggal
  4. Nomor KTP (6 digit pertama saja wajibnya)
  5. Tanggal dan Jam Kunjungan. Sekaligus, Anda dapat tambahkan Field Drop-down untuk berikan Promo ke para calon pengunjung misal:
  6. Pilih paket promo pesanan Anda (Tidak Wajib).
  7. Isi pesan tambahan (Tidak Wajib).

Jadi ada 5 point yang harus di isi, sedangkan point 6 dan 7 tidak wajib di isi.

Masukan dari online form tersebut akan diterima via e-mail Anda atau staff admin restoran 

Selain sebagai solusi online untuk restoran di masa PSBB Transisi di Jakarta, cara ini juga dapat meningkatkan atau menambah jumlah pengunjung ke restoran atau cafe Anda.

Selain Sebagai Solusi Online untuk Restoran, Apalagi Manfaat Contact Form?

Tentu Anda tidak akan mengeluarkan uang hanya untuk 1 solusi saja, yakni sebagai pendataan para pengunjung restoran.

Adapun manfaat selain dari sebagai solusi online untuk restoran yang menerima pengunjung dimasa pandemi, online contact form juga berguna untuk: 

Meningkatkan Pelayanan

Seperti dijelaskan di atas, online contact form dapat berguna sebagai Online Reservation yang sekaligus mendata pengunjung Anda sesuai persyaratan PSBB Transisi untuk Bisnis Restoran.

Menampung Keluhan Pelanggan

Era media sosial sekarang ini, jika ada pelanggan tidak puas maka kan muncul review negatif di media sosial maupun di situs-situs review serta di halaman Google Local Busines restoran Anda. Ini dapat dicegah dengan menampung keluhan pelanggan melalui sebuah contact form di website restoran Anda.

Membuka Peluang Kerjasama

Anda mungkin belum menggunakan peralatan canggih yang dapat mengetahui dimana cabang restoran Anda dapat ramai dibuka. Dengan sebuah contact form, Anda dapat menampung para peminat yang mau membuka cabang restoran di masing-masing kota di Indonesia.

Lebih Mudah Dihubungi

Banyak orang yang ingin mengetahui baik makanan atau paket menu yang sedang ada untuk sebuah acara atau apakah Anda melayani catering atau tidak. Dan masih banyak orang lain yang perlu menghubungi Anda namun mungkin kurang nyamna jika langsung menghubungi nomor telepon dan tidak sempat berkunjung ke lokasi restoran Anda.

Oleh karena itu, berikan fasilitas online contact form agar mereka tetap dapat menghubungi Anda. Selanjutnya, responlah semua email yang masuk dengan baik.

Online Delivery

Contact form ini juga dapat berguna sebagai media atau fasilitas online ordering bagi Anda yang memberikan layanan pengantaran pesanan. Pada masa pandemi ini, sebaiknya Anda juga melakukan online delivery disamping bersaing bebas dengan restoran lainnya di aplikasi GoFood atau GrabFood.

Dapat Diakses Menggunakan Ponsel dan Tablet

Selain calon pengunjung dapat mengisi sendiri, staff on-site Anda juga dapat membantu para pelanggan yang sudah terlanjur masuk dan duduk di restoran Anda. Anda tidak perlu menggunakan kertas dan pulpen seperti di warung-warung makan pinggir jalan. Cukup keluarkan ponsel atau tablet, dan data pengunjung tersebut melalui online contact form di website restoran Anda tersebut.

Tantangan Menggunakan Contact Form

Diluar sana, mungkin akan ada saja spammer atau orang yang iseng mengisi formulir online tersebut. Ini dapat dicegah dengan:

  1. Menggunakan Captcha atau pertanyaan untuk mencegah spammer
  2. Semakin banyak field yang harus mereka isi, semakin sedikit kemungkinan orang iseng mengisi fiormulir tersebut kecuali jika memang benar-benar niat, namun waktu dan koneksi yang mereka pakai dapat dilacak untuk penegakan hukum jika suatu saat Anda membutuhkannya.
  3. Berikan satu field box-check untuk pernyataan bahwa formulir sudah di isi dengan benar. Ini akan berguna juga suatu saat jika ada masalah hukum jika data yang di isi tidak akurat. Selain itu, orang yang iseng akan mengingkari dirinya sendiri jika mencentang kotak tersebut.
  4. Anda harus rekap seluruh data kedalam spread-sheet untuk merapihkan Administrasi. Ini sama saja ketika Anda ingin merekap data dari formulir kertas, bedanya Anda hanya perlu copy paste data tersebut saja, lebih cepat dan lebih ringkas.
  5. Hosting tidak stabil, website sulit di akses, pada akhirnya Anda harus menggunakan kertas lagi. Ini dapat Anda hindari jika menggunakan jasa website landing page KiosMaya yang didukung dengan hosting yang stabil dengan jaminan ketersediaan 99.99%.

Semua tantangan tersebut ada solusinya, bersama KiosMaya Anda tidak perlu khawatir terhadap masalah tersebut diatas.

Contoh Contact Form untuk Restoran

Untuk membuat contact form, Anda harus memiliki website. KiosMaya menawarkan khusus untuk Anda yang belum memiliki website, agar sekalian dapat di iklankan di Google Search dengan jarak radius 10 Km dari lokasi Anda. Kami harap dengan cara ini restoran Anda semakin banyak dapat pelanggan.

Ini merupakan contoh online contact form untuk restoran Anda:

Contoh Formulir Online Data Pelanggan Restoran

Konfirmasi

3 + 14 =

Nah, Jika Anda ingin membuat website landing page yang sekaligus ada contact form, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp.

Kami hanya memerlukan waktu 1 – 2 hari untuk membuat website dari nol hingga jadi dan ada contact formnya, sepanjang keterangan bisnis, foto menu dan keterangan, serta informasi contact dapat kami terima sebelumnya.

Bikin Website + Contact Form Untuk Restoran/Cafe

Silahkan klik tombol WhatsApp dibawah ini jika Anda ingin segera membuat website landing page untuk memenuhi syarat prokes PSBB Transisi.

Pin It on Pinterest

Share This