Jika selama ini Anda sudah berjualan online di medsos dan marketplace, mungkin saatnya sekarang pelajari cara jualan online dengan menggunakan sebuah website landing page. Tujuannya adalah agar mendapatkan konversi dari orang yang mencari produk atau jasa Anda di mesin pencari, terutama Google.

Cara Jualan Online Yang Efektif

Mungkin ini beberapa masalah yang Anda hadapi dalam berjualan online selama ini:

  • berjualan via medsos tidak ada hasil,
  • menggunakan influencer yang hasilnya ada ketika di endorse saja,
  • jualan online di marketplace yang tiba-tiba drop ketika ada pesaing yang harganya lebih murah,
  • pasang iklan di Facebook dan Instagram namun hasilnya tidak sesuai harapan.
  • dan segudang permasalahan lainnya.

Ada satu saluran yang Anda lewatkan dalam hal ini. Bahwa search engine atau mesin pencari merupakan salah satu saluran pemasaran digital dan bahkan yang paling efektif dalam mendatangkan konversi atau hasil.

Mari kita bayangkan jika kita sendiri akan melakukan pembelian secara online. Pertama kita melihat informasi di medsos, kemudian kita mencari perbandingan harga dan para pemasok yang kredibel di marketplace. Setelah itu apa? apakah kita akan langsung membeli? tentu tidak ..

Kita akan melakukan riset secara singkat melalui Google. Baik untuk cari produk sejenis, spesifikasi, dan sebagainya. Jika bisnis Anda tidak hadir di hasil pencarian Google maka sia-sia usaha promosi Anda di medsos dan marketplace.

Oleh karena itu, menggunakan website landing page merupakan cara jualan online untuk melengkapi usaha pemasaran online Anda. Dengan sebuah website sederhana namun menarik dan tampil keren, bisnis Anda dapat hadir di hasil pencarian Google dan menarik perhatian para pemirsa. Kemudian, Anda dapat mengarahkan pengunjung website untuk melakukan tindakan membeli, baik melalui WhatsApp, Telepon, maupun via Marketplace.

Anda dapat lihat salah satu contoh website landing page yang kami buat. Di website tersebut ada link untuk ke marketplace selain beli via WhatsApp maupun beli di website itu sendiri. Kebetulan website landing page tersebut kemudian kami modifikasi (atas permintaan client) untuk sekaligus menjadi sebuah website toko online.

Story Telling Penting Untuk Tingkatkan Perhatian Pemirsa Online

Story telling tidak hanya dilakukan di media sosial saja, akan tetapi di website juga harus dilakukan (kalau di marketplace, tidak dapat lakukan story telling). Story telling ini seperti menceritakan bagaimana asiknya menggunakan produk atau jasa Anda. Contoh sukses dan keberhasilan sangat perlu disajikan untuk meningkatkan kepercayaan para calon konsumen online.

Buatlah artikel yang bermanaat untuk banyak orang di website landing page Anda dengan bumbu cerita yang menarik. Arahkan agar pemirsa tidak bosan, lengkapi dengan foto, gambar, dan bahkan video. Setelah itu, ajak para pemirsa untuk mengambil tindakan sekarang juga.

Dengan cara jualan online seperti itu, maka Anda dapat diingat oleh lebih banyak orang. Story telling Anda akan menginspirasi mereka, dan otomatis ingatan mereka untuk suatu produk atau jasa akan selalu terarah ke bisnis Anda. Ini yang dinamakan sebagai Brand Recall dalam dunia Online Branding. Selanjutnya Anda akan mendapatkan direct visit ke website Anda dan cepat atau lambat pengunjung website Anda akan semakin meningkat.

Sebar Konten Anda ke berbagai Media Sosial

Ini merupakan salah cara jualan online di media sosial melalui sebuah website landing page. Anda cukup mengerjakan konten di website, dan ketika sudah dipublikasikan maka Anda dapat sebar melalui tombol Social Media Share. Jika Anda membuat website landing page di KiosMaya.Com tombol Social Share tersebut tersedia di website Anda.

Di Facebook, konten tersebut dapat Anda sebarkan di timeline akun Anda, atau di Group dan di Halaman Facebook Anda. Demikian di LinkedIn, dapat Anda sebar di timeline akun LinkedIn Anda atau pada Group dan Halaman Perusahaan.

Orang-orang yang melihat postingan di media sosial tersebut jika tertarik tentu akan meng-klik gambar atau link ke postingan artikel Anda di website. Ini artinya Anda mendatangkan pengunjung website melalui media sosial.

Ukur Kinerja Pemasaran Online Anda

Ini yang sering dilewatkan oleh para bisnis pemula di saluran online. Anda harus mengukur kinerja pemasaran digital Anda. Jika Anda berjualan online menggunakan website, Anda dapat selalu mengukur kinerja pemasaran online Anda melalui Google Analytics.

Kiosmaya selalu menyediakan Link untuk melihat Google Analytics untuk seluruh Client pembuatan website.

Jika pengunjung website meningkat maka ada kemungkinan penjualan Anda meningkat, dan begitupun sebaliknya. Untuk mengatasi penurunan jumlah pengunjung website, Anda dapat terus menambahkan konten postingan secara berkala. Akan tetapi postingan artikel atau story telling tersebut harus original dari hasil pemikiran Anda sendiri.

Tanpa pengukuran, Anda akan menjalankan pemasaran digital layaknya seperti kuda yang di tutup matanya.

Temukan Cara Jualan Online yang Lebih Ringkas

Ada segudang peralatan online diluar sana. Jika Anda memang aktif berjualan online di Facebook, sebaiknya Anda mulai menggunakan alat jualan online yang dapat memudahkan operasional Anda. Dengan alat tersebut Anda dapat menghemat waktu dalam melayani pertanyaan yang sama. Aplikasi tersebut memiliki fitur SmartChat yang dapat otomatis menjawab beberapa pertanyaan yang sama berdasar dari pengalaman Anda menjawab via FB Messenger.

Mulailah Beriklan di Hasil Pencarian Google

Untuk dapat tampil di halaman pertama hasil pencarian Google, Anda memerlukan keahlian mengoptimasi halaman dan postingan Artikel Anda. Meskipun Anda sudah ahli dalam SEO (Search Engine Optimization) tetap saja akan memerlukan waktu berbulan-bulan untuk dapat tampil di hasil pencarian halaman pertama Google. Ingat, persaingan keyword juga ada dalam hal ini, diluar sana sudah banyak yang hadir di hasil pencarian Google.

Untuk dapat mempersingkat waktu, Anda dapat pasang iklan di Google agar bisnis Anda dapat tampil di halaman pertama hasil pencarian Google. Selain itu, berdasar pengalaman kami, cara ini juga efektif untuk meningkatkan kinerja SEO Website. Oleh karena itu, mulailah untuk menganggarkan biaya pemasangan iklan di Google, Rp. 900.000 per bulan merupakan nilai yang ideal untuk bisnis UKM.

Segera Lakukan Cara Jualan Online di Atas

Walaupun pandemi berakhir dan PSBB sudah tidak ada lagi, pemasaran online tetap akan menjadi hal penting dalam bisnis. Bahkan sebelum ada pandemi, pemasaran online merupakan salah satu cara bisnis dalam mengatasi persaingan. Perilaku konsumen sudah berubah drastis, semakin sering belanja online.

Baik hadir di marketplace maupun di media sosial, Anda dapat lengkapi cara jualan online dengan menghadirkan sebuah website landing page untuk menjangkau para pencari online. Sebetulnya, konsumen yang menggunakan google dalam mencari produk ataupun jasa merupakan pemirsa yang lebih potensial dan lebih siap untuk membeli.

Jalankan cara-cara jualan online dengan landing page di atas agar bisnis Anda dapat terus berkembang. Semakin cepat, semakin baik.

Pin It on Pinterest

Share This