Seluruh bisnis harus hadir pada saluran digital, baik untuk bisnis offline maupun online. Ratusan juta mata penduduk di Indonesia telah bergeser dari melihat layar TV ke layar gadget. Namun, untuk dapat meningkatkan bisnis melalui pemasaran digital harus memiliki tahapan proses yang benar. Berikut kami sajikan alur proses digital marketing yang sukses untuk bisnis Anda.

Antara bisnis online dan offline, proses digital marketing tidak terlalu berbeda.  Bedanya, bisnis offline memiliki tujuan untuk membawa orang untuk datang berkunjung ke lokasi. Dan perlu diketahui bahwa Google menyaring hasil pencarian juga berdasar lokasi si pencari dan lokasi bisnis Anda.

Masalahnya, jika digital marketing tanpa strategi maka Anda tidak dapat mengetahui efektivitas kinerja dari setiap detik dan rupiah yang Anda keluarkan.

Alur Proses Digital Marketing Step-by-Step

Untuk dapat sukses dalam melakukan pemasaran digital, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara konsumen online mengambil keputusan. Penjualan tidak langsung terjadi saat website Anda sudah aktif atau saat Anda beriklan, akan tetapi konsumen online memiliki cara pengambilan keputusan yang lebih kritis.

Misal, Anda jual kecap nomor 1 di marketplace, lantas Anda iklankan produk tersebut di marketplace terkait. Kemudian banyak dari yang melihat produk tersebut lantas tertarik membeli, dan mereka mulai mencari perbandingan di Google. Apa yang terjadi jika produk atau bisnis Anda tidak hadir di hasil pencarian Google?

Mungkin bagi Anda yang sudah terbiasa berjualan di marketplace untuk mendukung atau mempertahankan omset bisnis Anda di era persaingan digital, hal ini akan berbeda dengan pendekatan digital marketing yang Anda lakukan.

Namun, alur proses digital marketing ini telah terbukti berdasar pengalaman kami dalam memberikan jasa ke client. Dan jika Anda cari pada website luar, alur proses yang sama seperti ini juga akan ditemui.

Alur Proses Digital Marketing yang Sukses

Penjelasan:

  1. Website yang memenuhi syarat, menarik, biaya murah untuk awal, bisa serta mudah dikembangkan sendiri atau dengan bantuan penyedia jasa website landing page seperti KiosMaya (sembari promo ya .. ), cepat di akses, dan aman akan menjadi modal awal kesuksesan Anda dalam melakukan digital marketing.
  2. Setelah memiliki website, daftarkan bisnis Anda di Google Local Business (Bisnis Lokal Google), dan kaitkan link website di profile google local business Anda tersebut.
  3. Kemudian, tambahkan konten atau isi website. Misal, dengan artikel yang menarik dan bermanfaat, dan di optimasi untuk memudahkan mesin pencari menemukan halaman website Anda.
  4. Setelah itu, sebarkan konten di website Anda ke media sosial mainstream seperti: FB, IG, Twitter, Pinterest, Mix, LinkedIn.
  5. Untuk memperluas jangkauan distribusi konten website Anda, pasang iklan berbayar di media sosial dan search engine. 

Agar digital marketing dapat sukses memberikan dampak pada bisnis Anda, 5 langkah tersebut sudah merupakan “pakem” dalam konteks pemasaran secara online. Dengan banyaknya orang yang mengetahui bisnis Anda, maka semakin banyak yang akan mencoba untuk menghubungi atau bahkan datang ke tempat Anda.

Hanya saja, 2 tahun belakangan sepertinya banyak yang terkena “Social Media Hype” hingga “Vlog Hype”. Padahal, untuk mengukur efektivitas kinerja digital marketing tidak bisa hanya dengan insight dari platform media sosial.

Manfaat Website untuk Bisnis

Seperti kita ketahui, bisnis saat ini harus hadir di dunia digital. Saat ini, website sudah bukan berfungsi hanya sebagai alat pencitraan bisnis saja. Dengan memasang Google Analytics pada sebuah website, kita dapat mengetahui efektivitas kinerja digital marketing kita.

Berikut beberapa manfaat website untuk bisnis Anda:

  1. Ya, memang lebih kredibel jika memiliki website dan berkomunikasi dengan partner bisnis melalui email dari domain sendiri. Tapi ini hanya fungsi standard dari sebuah website.
  2. Website bermanfaat sebagai sarana penyampaian informasi bisnis ke publik.
  3. Dapat menampung prospek atau order secara online.
  4. Dapat digunakan sebagai alat pemasaran digital melalui konten yang dapat meningkatkan keyakinan calon pelanggan.
  5. Analytics website dapat berguna untuk memberikan pengukuran kinerja pemasaran digital.

Seperti terlihat pada diagram alur proses digital marketing di atas, website sebagai “jantung” yang menjadi pangkalan operasional digital marketing.

Kenapa Website Menjadi Begitu Penting untuk Bisnis?

Website yang terhubung dengan Google Local Business, akan lebih di prioritaskan untuk pencarian bisnis lokal, misal: Cafe di Jakarta Selatan, maka website Cafe Anda muncul baik di Google Maps, maupun hasil pencarian.

Website yang terhubung dengan media sosial juga akan memberikan peningkatan popularitas bisnis Anda. Anda menyebarkan konten di media sosial, lantas pemirsa yang tertarik dapat menggali informasi lebih dengan tautan ke website Anda. Ini dapat mencegah calon pembeli dari media sosial untuk mencari di search engine.

Ketika orang sudah mulai mengingat website Anda secara khusus, dan mulai yakin dengan bisnis Anda mereka lihar secara konsisten, maka mereka akan mulai menghubungi, menempatkan order, atau mengunjungi lokasi offline Anda.

Dengan semakin banyaknya pengunjung langsung (direct traffic) ke website Anda, maka semakin banyak orang yang mengingat bisnis Anda secara khusus. Hal ini dapat menjadi indikator kesuksesan program digital marketing. Untuk mendapatkan direct traffic, pada awalnya Anda harus memperluas jangkauan informasi mengenai keberadaan bisnis Anda sembari memberikan link ke website Anda.

Untuk mempersingkat waktu, Anda dapat beriklan di media sosial dan search engine dalam memperluas jangkauan pemirsa secara tertarget. Berdasar pengalaman kami, untuk Rp. 100.000,- dapat menjangkau sekitar 5000 hingga 6000 pemirsa online. Namun ini masih terlalu mentah jika kita ambil sebagai pengukuran efektivitas kinerja digital marketing.

Dengan memiliki website, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda dan darimana asalnya. Misal setelah beriklan di FB sebesar Rp. 100.000,- lantas ada 100 orang yang mengunjungi website, dan kemudian ada 1 orang yang membeli dan menghasilkan penjualan sebesar Rp. 1 juta. Maka ini dapat dijadikan sebagai pengukuran sukses tidaknya digital marketing Anda.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara Anda mengukur efektivitas kinerja digital marketing jika tidak memiliki website?

Kesimpulan:

Website merupakan fondasi dasar dari digital marketing. Selain memberikan daya saing lebih, sebuah website juga dapat menjadi alat pemasaran digital Anda yang juga harus digabung dengan media sosial, google local business, dan iklan untuk memperluas jangkauan.

Tanpa website, aktivitas digital marketing Anda akan sangat sulit diukur efektivitasnya. Ya, jika Anda sedang beruntung, Anda dapat katakan “Digital Marketing Bagus” namun ketika Anda sedang kurang beruntung, tahukah Anda penyebabnya? Jika Anda tidak tahu penyebabnya, bagaimana Anda dapat memperbaiki proses digital marketing Anda?

Oleh karena itu, segeralah miliki website, KiosMaya menyediakan jasa pembuatan website landing page dengan biaya yang sangat murah, yakni Rp. 850.000 per tahun. Selanjutnya Anda dapat mulai menambah konten atau langsung beriklan di media sosial dan search engine, seperti yang dilakukan salah satu client kami: Produsen parfum laundry di Yogyakarta.

Ingatlah, bahkan jika Anda menjalankan bisnis offline, atau bagi Anda yang berjualan melalui marketplace, website merupakan kebutuhan dasar dalam proses digital marketing yang sukses.

Pin It on Pinterest

Share This