Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Jul 15, 2022 | Digital Marketing, Iklan Digital

Menampilkan bisnis Anda secara konsisten ke pemirsa tertarget merupakan inti dari digital marketing, dan inilah sebabnya kenapa digital marketing tetap harus memasang iklan seperti Goole Ads dan Facebook Ads.

Pada awalnya, mungkin Anda belum percaya dengan pernyataan tersebut di atas. Akan tetapi apakah Anda mengetahui kondisi persaingan di era digital? Apakah Anda tetap mamantau dan mengendalikannya untuk bisnis Anda? dan Bagaimana jika memang benar ada pesaing bisnis Anda yang sedang gencar penetrasi market di saluran digital?

Pertanyaan tersebut merupakan masalah umum yang sering kami temui saat menerima Client-client baru di KiosMaya.

Berangkat dari pengalaman tersebut, kami menemukan korelasi atau hubungan serta alasan kenapa digital marketing harus terus menerus pasang iklan berbayar.

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan?

Teknologi yang banyak digunakan orang dan bisnis terus berkembang secara eksponensial. Demikian algoritmas seperti di mesin pencari, periklanan dan media sosial.Inilah transformasi digital, dimana era yang sedang berjalan pada bisnis sekarang ini.

Transformasi digital bertujuan untuk memudahkan, mempercepat, dan mempermurah, bukan untuk menambah susah.

Digital marketing sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari transfromasi digital secara keseluruhan.

Tentu banyak bisnis yang sudah melihat keadaan ini, dan ini menjadi salah satu faktor meningkatknya persaingan bisnis di era digital yang melibatkan saluran online untuk sarana promosi, sosialisasi dan edukasi.

Tetap terhubunga ke pelanggan dan pemirsa potensial merupakan tujuan utama dari digital marketing yang cara pencapaiannya menggunakan beberapa teknik yang merupakan bagian dari strategi digital marketing.

Untuk dapat lebih memahami kenapa digital marketing tetap harus menggunakan iklan berbayar, ada baiknya untuk memahami pola perilaku konsumen online.

Pola Perilaku Konsumen Online

Orang yang melihat iklan kita hari ini belum tentu langsung ambil keputusan untuk bertransaksi dengan kita. Bissa saja beberapa bulan kemudian mereka baru ada kebutuhan akan produk atau jasa yang kita promosikan di saluran online. Ini sama dengan diri kita sendiri kebanyakan bukan ?

Yang Sukses dan Tidak Sukses di Digital Marketing

Jika orang yang melihat iklan kita beberapa bulan kemudian baru ada kebutuhan dan mereka melihat iklan para pesaing Anda, maka ada kemungkinan Anda akan kehilangan potensi penjualan tersebut.

Kerugian atas potensi kehilangan konversi secara online secara otomatis menurunkan kualitas kinerja digital marketing. Oleh karena itu, konsistensi dalam menayangkan promosi Anda ke pemirsa secara tertarget merupakan salah satu hal yang harus dilakukan.

Ada Masalah Lain, Biaya Iklan

Ini masalah umum bagi para pebisnis yang baru mulai menjalankan promosi melalu saluran digital. kami memahami betul hal ini di KiosMaya.

Perlu kami sampaikan beberapa hal yang kami temui dalam menjalankan digital marketing untuk kami sendiri maupun untuk Client, bahwa::

  • Platform periklanan (Google Ads, Facebook Ads, dll) akan mempelajari iklan Anda untuk mulai mencari pemirsa yang tepat selama 7 hari pertama.
  • Awal beriklan, sering yang mengalami tidak mendapat hasil yang memuaskan. Ada beberapa artikel di luar yang kami temui bahwa hal ini juga terjadi di negara lain dan mereka menerapkan minimal 4 bulan beriklan baru dapat menghasilkan.
  • Beberapa Client (dan KiosMaya sendiri) setelah lebih 6 – 12 bulan beriklan baru mendapat hasil dan bahkan kami sering jedakan iklannya karena antrian pekerjaan sudah cukup menumpuk.
  • Client kami yang beriklan lebih dari 12 bulan (Google Ads dan FB Ads) mendapat pesanan berpotensi senilai milyaran rupiah.

Digital marketing bukanlah perjudian yang untung-untungan, akan tetapi ada hal-hal yang dapat kita pelajari dan temukan hubungannya untuk tarik sebagai kesimpulan.

Keyakinan, Kesabaran, Fokus dan Konsisten

Merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan digital marketing. Keberhasilan yang dimaksud adalah keberhasilan yang lebih panjang masanya, bukan hanya hype sesaat setahun dua tahun.

Kami memperhatikan para Client yang sukses dalam digital marketing adalah mereka yang memiliki 4 faktor tersebut:

  1. Mereka yakin dengan kondisi di era digital, digital marketing merupakan salah satu alat yang berguna untuk bisnis yang mereka jalankan.
  2. Mereka tidak tergesa-gesa dalam menjalankan digital marketing. Artnya mereka tidak terburu-buru mengejar ROI atau ROAS tepatnya.
  3. Karena yakin, mereka fokus dalam menjalankan digital marketing dan terus mempelajari aktivitas tersebut.
  4. Setelah menemui suatu jawaban atas tantangan digital marketing, mereka konsisten menjalankannya bersama kami, misal dengan SEO, Social Merdia Marketng dan Iklan Berbayar di platform Google, sertan email marketing.

Cara tersebut membawa bisnis mereka terus di depan mata para pemirsa potensial. Sementara pesaing mereka ada yang sedang berkurang aktivitas digital marketingnya, maka Client kami mengambil alih para pemirsa potensial di industri tersebut.

Mesin Pencari, Video, dan Media Sosial

210 juta pengguna internet kebanyakan menggunakan platform tersebut. 160 juta pengguna platform Google, ratusan juta pengguna social media, diantara mereka terdapat pemirsa potensial.

Platform iklan digital memungkinkan bisnis untuk menargetkan pemirsa dan mengukur biaya iklan terhadap hasil konversi (ROAS) dari aktivitas iklan tersebut.

Kami menemui bahwa buying intent terbesar di saluran online adalah di mesin pencari. Dengan orang mencari menggunakan kata kunci yang mereka ketik sendiri.

Akan tetapi, biaya per konversi tentu dikenakan oleh platform periklanan manapun. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengenal beberapa cara mengoptimalisasi biaya periklanan dan cara organik seperti SEO.

Baca juga mengenai: Manfaat SEO untuk Bisnis di Era Digital

Pentingnya Menggunakan Konsultan Digital Marketing

Bersama pihak yang berpengalaman dalam menentukan dan menerapkan strategi digital marketing yang kuat, bisnis Anda dapat terlindungi dari pemborosan.

Sebuah konsultan digital marketing dapat cepat memahami kebutuhan bisnis Anda dalam digital marketing yang harus dibangun secara terstruktur, tidak asal-asalan atau untung-untungan atau coba-coba.

Program digitital marketing Anda akan terarah dan serba beralasan. Transparansi merupakan bagian penting dalam komunikasi yang sukses antara Konsultan Digital Marketing dengan Clientnya.

Pengalaman konsultan digital marketing dapat memberikan efisiensi pada bisnis Anda. Anda tidak perlu membayar tenaga ahli puluhan ribu dolar. Bisnis Anda bisa mendapatkan akses keahlian digital marketing diatas rata-rata dengan biaya yang lebih murah.

Kami juga menemui bahwa rata-rata Client KiosMaya lama kelamaan menjadi paham landscape digital marketing dan kondisinya dari waktu ke waktu. Biasanya, setelah mereka ramai order mereka akan lebih lama dalam merespon WhatsApp kami.

Kesimpulan

Bisnis di era digital dimana persaingan semakin ketat menuntut bsinis harus melakuakan digital marketing. Digital marketing itu sendiri merupakan kegiatan untuk mengarahkan informasi ke pemirsa yang tepat.

Persaingan juga terjadi dalam periklanan seperti di biaya per klik Google Ads dan Facebook Ads. Pada awalnya, ini seperti menguras sumber daya Anda untuk hasil yang tidak sepadan.

Pahami apa penyebabnya dan kenapa ada yang sukses menjalankan digital marketing dan kenapa ada yang tidak sukses. Ini akan menjawab kenapa digital marketing harus tetap beriklan secara terus menerus.

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Setiap bisnis berbeda, demikian dengan biaya digital marketing yang dibutuhkan. Apa yang dapat kita jadikan dasar dalam penerapan anggaran digital marketing merupakan faktor terpenting untuk suksesnya upaya digital marketing perusahaan Anda. Dasar Penerapan Biaya...

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Banyak yang menanyakan apa kelebihan SEO jika dibandingkan dengan iklan berbayar dan pemasran melalui media sosial. Sebetulnya, masing-masing saluran pemasaran digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, demikian SEO (optimasi di mesin pencari). Dalam...

Manfaat Google Bisnisku Untuk Bisnis Offline dan Online

Manfaat Google Bisnisku Untuk Bisnis Offline dan Online

Banyak sekali manfaat Google Bisnisku atau Google Business Profile bagi bisnis di era digital sekarang ini. Setiap orang selalu melakukan pencarian di Google. Ada 160 juta pengguna mesin pencari di Indonesia, dan Anda tidak ingin melewatkan kesempatan ini bukan?....

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Pin It on Pinterest

Share This