Songket Minang, Warisan Budaya Yang Semakin Berharga

Jun 5, 2021 | Umum

Keindahan dan kualitas Songket Minang asli sudah diakui sejak lama (dari perang dunia pertama di Eropa), yang dimulai dari Songket Silungkang, Sumatera Barat. Tahun 2021 dengan era digital dimana penetrasi internet di Indonesia hampir mencakup seluruh penduduk, membawa fenomena pemasaran kain songket ke seluruh dunia.

Sebut saja – Etsy.com – yang merupakan situs marketplace untuk barang kerajinan dan seni, tidak hanya Songket Minang saja, akan tetapi Songket Bali yang digunakan untuk bantal cushion, Songket Palembang yang digunakan untuk dekorasi interior yang mewah, hingga songket Sumbawa. Semua ada di Etsy.Com

Fenomena yang baru kami temui ini sehubungan dengan salah satu client Kiosmaya yang merupakan designer dan produsen Songket Minang asli di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Perkembangan Songket Minang di Era Digital

Secara pemasaran, penyebaran informasi tentu meningkat. Buktinya, Songket tidak hanya dijual di marketplace lokal saja, akan tetapi sudah mendunia seperti di etsy.com

harga songket minang asli di etsy

Secara harga, penjual di marketplace lokal cenderung bersaing harga. Padahal, sebenarnya ada fakta menarik bahwa produksi Songket Minang tidak bisa massal seperti produksi kain tenun lainnya.

Sedangkan di marketplace global seperti etsy, Songket Minang dijual dengan harga yang lebih layak. Jika di pasaran lokal Songket Minang Asli dijual sekitar Rp. 1.5 juta hingga 3.5 juta. Di Etsy, Songket Minang Asli dijual dibilangan 5 juta hingga puluhan juta rupiah.

Dengan keindahan seperti foto di atas, tentu nilai produk songket minang sangatlah berharga. Apalagi karena produksi membutuhkan waktu sekitar 2 bulan hingga 3 bulan untuk menyelesaikan 1 songket, sudah barang tentu harga songket akan terus menanjak.

Sayangnya, produsen Songket Minang asli mungkin kurang berkembang, bahkan bisa saja semakin menurun baik jumlah pengrajin tenun songket atau produsen, maupun jumlah produksi produk jadi songket.

Pengrajin Songket Tetap Harus Lakukan Inovasi

Era digital memberikan kesempatan dan tantangan yang harus dapat diadaptasi pada seluruh bisnis. Transformasi digital merupakan salah satu syarat mutlak untuk tetap dapat mempertahankan bisnis.

Songket yang semula untuk pakaian, lama kelamaan telah berkembang hingga menjadi tas exclusive. Mungkin, jika songket minang asli “disentuh” oleh designer etnik kelas dunia seperti Ibu Anne Avantie, bisa saja nilainya melejit hingga ratusan juta rupiah.

Dalam hal inovasi, pengrajin songket di Bali tampaknya sudah melakukan hal tersebut. Mereka membuat bantal songket yang sangat mendukung kesan ethnic vintage pada sebuah set interior.

Songket Palembang juga sudah ada yang jadikan sebagai taplak meja exclusive, yang memiliki nilai seni tinggi atau sebuah state of the art.

Beruntungnya, client kami yang merupakan produsen songket Silungkang, Pandai Sikek, dan Halaban, telah memulai debutnya di era digital bersama KiosMaya. Kedepannya Client kami setuju untuk memproduksi produk songket yang inovatif untuk memperluas pasar.

Penjual Songket Minang Masih Minim Beriklan

Saat kami melakukan analisa pesaing untuk Client kami tersebut, kami menemukan bahwa hanya ada satu penjual yang beriklan di kata kuncing “songket” (broad match keyword). Hal ini tervalidasi oleh minimnya biaya bid per klik di Google Ads untuk keyword-keyword songket. Tentu ini merupakan keuntungan Client kami yang iklannya sudah berjalan di Google.

Peran KiosMaya Dalam Era Transformasi Digital

Kami menyadari betul bahwa UKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Transformasi digital pada client KiosMaya, kami lakukan mulai dengan analisa bisnis, produk, saluran digital, dan pesaing.

Website yang memenuhi syarat dan kualitas merupakan hal utama yang dapat dilakukan oleh para pebisnis UKM yang ingin meakukan transformasi digital. Jika Anda sudah ada website, maka kecepatan website Anda dan responsive desgin, serta syarat-syarat lainnya harus dipastikan telah terpenuhi.

KiosMaya membantu Client dalam merenovasi websitenya agar:

  1. Aman, menggunakan SSL, dan strict to https untuk SEO
  2. Design simple, bersih, rapih dan elegan,
  3. Kecepatan load website sekitar 3 detik baik di ponsel maupun di desktop.
  4. Konten berurutan menyesuaikan alur pengguna.
  5. Intergrasi analytics, tag manager dan facebook pixels
  6. Integrasi payment gateway (khusus bagi yang ingin menggunakan website toko online).
  7. Menerapkan SEO untuk halaman depan, kategori dan produk, sesuai analisa kata kunci dan praktik SEO terbaik.
  8. Mudah digunakan oleh Client atau staffnya.

Kemudian kami bantu Client tersebut dalam melakukan kampanye awareness di jaringan Google seperti search, display dan youtube. Pekerjaan ini kami mulai dari 1 Juni 2021 kemarin dan saat ini sudah selesai, tinggal periklanan google saja hingga akhir bulan. Seluruh kinerja terpantau di Google Analytics, baik untuk enhanced e-commerce maupun CTA tracking (klik tombol WA).

Semoga dengan biaya yang ramah kantong UKM, upaya tersebut dapat perlihatkan dampak positif dalam meningkatkan bisnis songket Client.

Nah, jika perusahaan atau bisnis Anda ingin melakukan transformasi digital, jangan ragu untuk menghubungi KiosMaya.Com untuk mendapatkan saran terbaik.

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya "struktur iklan yang efektif di era digital." Dalam konteks...

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bagi mereka yang mengerahkan upaya S.E.O untuk meningkatkan metrik organic click umumnya akan panik setelah melihat penurunan grafik di Google Search...

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Hadirnya internet telah memudahkan para trader dalam melakukan aktivitas usaha mereka. Memasarkan produk ke luar negeri sudah sejak lama dilakukan secara online. Artikel ini berikan penjelasan bagi mereka yang memiliki produk layak ekspor untuk memahami cara...

Pin It on Pinterest

Share This