Berdasar survey beberapa waktu yang lalu oleh sebuah organisasi, transaksi online di Indonesia kebanyakan datang dari WhatsApp. Oleh karena itu sebuah Website UMKM penting untuk memiliki tombol Call-to-Action yang mempermudah calon pembeli menghubungi Anda.

Kebutuhan Akan Sebuah Website UMKM Semakin Meningkat, Lebih Dari Sebelumnya

Situasi pandemik virus corona membawa semua orang harus lebih banyak berada di dalam rumah sementara waktu. Entah hingga kapan wabah penyakit ini dapat selesai atau antivirus ditemukan. Yang jelas, selain semakin banyaknya orang yang bekerja dari rumah, juga semakin banyak orang yang melakukan pembelian secara online sebagai dampak dari wabah COVID-19 ini.

Sementara itu, banyak para pelaku UKM yang mulai menyadari pentingnya untuk hadir di jalur digital.

Biasanya, para pelaku UMKM melakukan promosi dagangan melalui sosial media, atau melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Akan tetapi, seperti dijelaskan di atas, berdasar penelitian sebelumnya, bahwa konversi atau transaksi penjualan lebih banyak terjadi melalui WhatsApp.

Tentu di Tokopedia maupun di Shopee para pebisnis UKM tidak dapat menempatkan tombol Klik untuk Order via Whatsapp. Oleh karena itu, sebuah website UMKM dapat mengatasi hal tersebut, dan inilah mengapa semakin tinggi permintaan terhadap jasa pembuatan website landing page untuk para pebisnis UKM.

Lantas, mengapa tombol Call-to-Action menjadi begitu penting pada sebuah website UKM?

Apa itu Tombol Call-to-Action?

Tombol Call-to-Action merupakan sebuah tombol pada sebuah website yang berisi kalimat untuk mengajak pemirsa pada suatu tindakan tertentu dan memiliki link ke luar website seperti mengirim pesan via WhatsApp dengan format teks pesan awal yang dapat ditentukan.

Kenapa Tombol CTA Begitu Penting untuk Ada pada Sebuah Website UMKM?

Jika dibandingkan dengan promosi di Instagram atau di sosial media lainnya yang hanya menampilkan nomor telepon, tombol Call-to-Action (Tombol CTA) sangat memudahkan calon pembeli yang sudah tertarik dengan produk dalam menghubungi Anda. Mereka tidak harus simpan nomor Anda terlebih dahulu, cukup klik Tombol CTA tersebut maka otomatis sudah mengirim pesan via WhatsApp teks.

Untuk memudahkan, berikut kami berikan contoh perbandingan dalam jualan online antara menggunakan Tombol CTA dan tanpa menggunakan tombol CTA.

CONTOH TANPA TOMBOL CTA

Jika Anda berminat, silahkan hubungi segera via WhatsApp ke nomor:

08123456789

CONTOH DENGAN TOMBOL CTA

[Gambar Produk]

Anda dapat melihat, pada kolom merah di atas akan membuat orang yang tertarik dengan produk Anda harus menyimpan nomor Anda terlebih dahulu sebelum dapat menghubungi Anda via WhatsApp. Ini akan memberi kemungkinan kaburnya orang yang sudah tertarik dengan produk Anda, kecuali produk Anda benar-benar dibutuhkan karena harganya murah, misal Anda menjual masker Sensi dengan harga normal Rp. 19.000 per box.

Sebaliknya, dengan tombol CTA “Order via WhatsApp” maka orang yang tertarik dengan produk atau jasa Anda akan lebih mudah untuk langsung menghubungi Anda, hanya melalui satu tindakan klik. Tentu ini dapat mendukung upaya Anda dalam meningkatkan konversi penjualan.

Hambatan Pelaku UMKM Dalam Memiliki Sebuah Website

Yang paling utama adalah biaya pembuatan website. Kemudian, setelah banyak hadir jasa pembuatan website UMKM dengan harga murah yang kemudian tidak dapat berfungsi untuk konversi dan sulit untuk di update merupakan hambatan yang cukup membuat para pelaku UMKM menjadi trauma dalam menggunakan website untuk keperluan bisnis mereka.

Saat ini, cukup dengan Rp. 850,000 per tahun, sebuah bisnis UKM sudah dapat memiliki website yang memuat produk dan Tombol CTA “Order via WhatsApp”.

Lihat contoh salah satu website landing page yang dapat memudahkan calon pembeli dalam menghubungi Anda:

Seperti terlihat di atas, dengan tampilan website yang modern dan design yang dapat menyesuaikan ukuran secara rapih di ponsel, serta adanya tombol CTA Order via Whatsapp, tentu akan sangat memudahkan Anda dalam mendapatkan order melalui online.

Oleh karena itu, kini sudah tidak menjadi hambatan lagi dalam menggunakan sebuah website untuk UMKM. Karena dengan biaya yang cukup murah, para pelaku bisnis UMKM bisa mendapatkan sebuah website yang dapat mendukung kemudahan dalam berinteraksi dengan para calon pembeli.

Stop Buang Waktu Anda

Melakukan promosi di sosial media tanpa sebuah website dapat menjadi pemborosan waktu, uang dan tenaga.

Setelah Anda bersusah payah promo setiap hari melalui sosmed, karena ada pihak lain yang lebih mudah dihubungi maka pihak tersebut yang kemungkinan besar mendapatkan penjualan. Yah, memang rezeki sudah diatur akan tetapi usaha Anda juga dinilai bukan?

Oleh karena itu, stop buang waktu lebih banyak lagi, segera gunakan website landing page yang dapat memudahkan para calon pembeli untuk menghubungi Anda.

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk memulai era penjualan online yang lebih efektif dari sebelumnya dengan sebuah website UMKM yang modern, mobile responsive design, dapat memuat Tombol CTA order via WhatsApp. Hanya Rp. 850.000,- per tahun.

Pin It on Pinterest

Share This