Apa Hasil Dari Digital Marketing? Apa Selalu Tentang Cuan?

Agu 25, 2021 | Digital Marketing

Banyak bisnis sekarang mulai dari bisnis rumahan hingga korporasi yang berlomba dalam melakukan digital marketing. Tentu sebagian tidak akan merasakan hasil dari digital marketing yang mereka lakukan secara langsung. Apa sebabnya ? dan apakah yang mereka lakukan adalah hal yang sia-sia?

Dalam artikel KiosMaya kali ini kami akan jelaskan apa saja hasil dari digital marketing. Mari siapkan secangkir kopi atau teh dan cemilan secukupnya.

Pentingnya Memahami Hasil Dari Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi jangka panjang, seperti lari maraton dan tidak seperti lari sprint. Sekali lagi, bukan hanya Anda yang melakukan pemasaran digital sekarang ini. Kondisi online tidak seperti 20 tahun yang lalu, dimana kita memasang iklan baris dan banyak orang dari luar pulau yang menghubungi kita.

Saat ini, persaingan pemasaran digital semakin ketat. Tantangannya adalah bagaimana kita menargetkan pemirsa yang tepat dan membuat konten yang memuat informasi kita menjadi lebih menonjol dari yang lainnya.

Secara umum, banyak yang menganggap bahwa hasil dari digital marketing adalah peningkatan penjualan. Tapi tunggu dulu, mari kita pikirkan sekali lagi. Bagaimana cara meningkatkan penjualan secara online? Tentu sebagaian akan menjawab “Ya melalui digital marketing”, lantas tanyakan lagi ke diri Anda, kenapa Anda tidak mendapaktan hasil sesuai ekspektasi ?

Ya, ekspektasi tersebutlah yang menjadi masalah dan ini masalah umum yang sering kami temui dalam memberikan pemasaran digital. Dan ini kenapa KiosMaya terus menerus memberikan edukasi melalui artikel seperti ini.

Ekspektasi yang berlebihan dan menjaukan Anda dari realitas terhadap upaya pemasaran digital. Anda dapat menyangka telah melakukan pemasaran digital secara maksimal, baik dari sisi anggaran maupun upaya yang dilakukan.

Namun, Anda tidak perlu berputus-asa terhadap upaya dan pencapaian yang Anda dapatkan dari pemasaran digital. Semua itu tidak akan menjadi hal yang sia-sia jika Anda terus konsisten melakukannya, dan sebaliknya, jika Anda putus asa maka tentu semua menjadi sia-sia.

Beberapa Hasil Dari Digital Marketing

Sebetulnya, digital marketing bukanlah digital sales. Kesalahpahaman ini yang banyak menjadi penyebab mengapa bisnis menjadi “putus asa” dalam melakukan digital marketing. Terlebih lagi, kami sering juga kedatangan client yang bisnisnya sudah berada diujung tanduk baru kemudian ingin melakukan digital marketing dengan harapan bisa mendapatkan keajaiban.

Digital marketing memerlukan beberapa langkah dan tahapan untuk dapat menghasilkan penjualan atau pendapatan bagi bisnis. Dalam setiap langkah dan tahapan tersebut ada parameter yang dapat menentukan apakah kita sudah on-track atau masih jauh dari jalur kesuksesan digital marketing.

Oleh karena itu, marilah kita mengenali lebih banyak lagi hasil dari digital marketing.

Berikut beberapa hasil dari digital marketing:

  1. Banyaknya orang yang mengetahui bisnis Anda. Disini Anda harus menyadari lagi, bahwa pesaing bisnis Anda juga melakukan hal yang sama, jika Anda ‘menghilang’ maka pesaing Anda yang mendapatkan hasilnya.
    2. Banyak orang yang memahami bisnis Anda. Dengan website dan media sosial, semakin banyak calon pelanggan atau calon client Anda yang memahami bisnis Anda. Ini akan memberikan atribusi pada penjualan atau pendapatan.
    3. Bisnis Anda semakin populer. Jangkauan keberadaan bisnis dan layanan Anda tentu meningkat ketika Anda menjalankan set strategi pemasaran media sosial yang baik.
    4. Kepercayaan meningkat. Setiap transaksi dilandasi oleh kepercayaan masing-masing pihak terhadap satu sama lainnya. Dengan hadirnya website perusahaan Anda pada banyak kata pencarian yang strategis di mesin pencari maka ini dapat meningkatkan peluang mendapatkan transaksi.
    5. Proses closing deal menjadi semakin singkat. Ketika calon pengguna jasa layanan bisnis Anda telah memahami siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dan apa spesialisasi bisnis Anda dan dengan segala portfolio yang ada, maka proses closing deal dapat menjadi semakin ringkas.

Dari 5 point di atas, tentu sekarang Anda telah berpikir bahwa pemasaran digital memberikan atribusi atau dorongan terhadap penjualan atau pendapatan.

Lantas bagaimana cara mengetahui bahwa upaya digital marketing Anda telah berada di jalur yang benar atau tidak ? Inilah pentingnya pengukuran dalam digital marketing, agar Anda tidak lekas puas atau lekas berputus-asa.

Apa Saja Pengukuran Penting Dalam Pemasaran Digital?

Perlu Anda ketahui, bahwa pemasaran digital tidak hanya SEO, iklan Google, atau hanya di Media Sosial. Akan tetapi kesemuanya itu perlu Anda gabungkan dan cari saluran yang paling efektif dalam mendukung pemasaran digital Anda.

  1. Traffic Web. Lalu lintas pengunjung website perlu diperhatikan: dari mana sumber pengunjung, berapa rasio pantulan, halaman apa saja yang paling banyak dikunjungi.
  2. Kata Kunci. Perolehan kata kunci pada halaman pertama hasil pencarian Google sebagian dapat meningkatkan jumlah pengunjung website. Anda perlu menganalisa kata kunci yang mana yang banyak memberikan atribusi pada pendapatan bisnis Anda.
  3. Perilaku. Anda harus mengetahui halaman apa saja yang dikunjungi oleh pengunjung website sebelum mereka menghubungi Anda baik melalui telepon, whatsapp, email ataupun contact form.
  4. Re-call atau direct visit. Berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda secara langsung atau dengan mengetikkan nama website Anda di browser mereka. Ini berarti pengjunjung website tersebut telah mengingat bisnis Anda secara khusus.
  5. Penyebutan bisnis atau lifting. Anda dapat melihat ini melalui berapa banyak yang mencari nama bisnis atau merek Anda dan juga berapa banyak yang menyebut bisnis Anda di media sosial.

Setelah Anda memahami setidaknya 5 pengukuran ini, masih ada satu langkah lagi, yakni dengan memahami peta persaingan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan beberapa alat digital untuk melakukan hal tersebut.

Apa Langkah Selanjutnya?

Setelah Anda memahami bahwa upaya pemasaran digital Anda ternyata tidak sia-sia, maka perhatikan beberapa langkah selanjutnya: terus jalankan upaya digital marketing Anda.

Akan ada penyesuaian ketika Anda telah memahami pengukuran penting dalam pemasaran digital, seperti menambahkan konten artikel yang dapat membuat calon Client Anda menjadi semakin yakin terhadap produk, jasa atau layanan Anda.

Mungkin Anda ingin melakukan renovasi atau memperbarui tampilan website Anda agar lebih menarik dan memudahkan calon konsumen dalam mengambil tindakan yang Anda inginkan. Atau, bahkan Anda ingin membuat online shop untuk memperingkas proses transaksi Anda.

Secara jelas, jika Anda memiliki website sebagai ‘jantung’ dari pemasaran digital Anda, maka apa yang Anda anggap biaya pemasaran digital akan berubah menjadi investasi. Namun, ketika Anda hentikan semuanya maka pengeluaran Anda pada pemasaran digital akan menjadi biaya dan malah tidak menghasilkan sama sekali.

Demikian artikel singkat ini, semoga Anda tetap terus melakukan upaya pemasaran digital agar apa yang sudah Anda lakukan tidak menjadi sia-sia. Ingat, persaingan semakin ketat, pandemi membawa masyarakat lebih banyak mencari informasi dan bertransaksi dari internet. Tentu sebagai seorang entrepreneur Anda tidak akan melewatkan hal ini.

 

Tips Membuat Website Landing Page Sesuai Praktik Terbaik

Tips Membuat Website Landing Page Sesuai Praktik Terbaik

Website landing page akhir-akhir ini semakin banyak peminatnya. Maklum, tipikal bisnis online di Indonesia mereka banyak menemukan para "master" yang mengajarkan cara instan jualan banyak pakai website landing page. Namun, dalam membuat website landing page tidak bisa...

Manfaat SEO untuk Perusahaan di Era Digital Sekarang Ini

Manfaat SEO untuk Perusahaan di Era Digital Sekarang Ini

Di era digital semakin banyak perusahaan yang mendapat manfaat dari SEO atau Search Engine Optimization. Dalam artikel kali ini kami jelaskan beberapa manfaat SEO untuk bisnis, baik bisnis online maupun offline. SEO merupakan optimasi halaman website agar berkualitas...

Kenapa Bisnis Kuliner Online Harus Memiliki Website?

Kenapa Bisnis Kuliner Online Harus Memiliki Website?

Bisnis kuliner online seperti yang jualan makanan dan minuman di gofood dan grabfood perlu memiliki website. Terlalu banyak manfaat website untuk dapat Anda lewati begitu saja ketika Anda menjalankan bisnsi kuliner secara online.

Digital Marketing Untuk Produk Kosmetik Gimana Caranya ?

Digital Marketing Untuk Produk Kosmetik Gimana Caranya ?

Banyak yang sukses dengan produk kosmetik, namun tidak sedikit yang mengalami jalan ditempat. Kami melihat salah satu penyebabnya adalah pada cara digital marketing produk kosmetik yang kurang tepat. Cara Digital Marketing Untuk Produk Kosmetik Berdasarkan praktik...

Manfaat Website untuk Kantor Jasa Akuntan dan Perpajakan

Manfaat Website untuk Kantor Jasa Akuntan dan Perpajakan

Di era transformasi digital sekarang ini banyak sekali manfaat website untuk jasa profesional seperti Kantor Jasa Akuntan dan Perpajakan. Dalam artikel ini kami sadur beberapa manfaat adanya website bagi para penyedia jasa akuntansi dan pajak. Kenapa Kantor Jasa...

Pin It on Pinterest

Share This