Juaanl menggunakan toko online adalah seni merubah pengunjung website menjadi pelanggan. Jika Anda mau bikin toko online maka harus persiapkan beberapa hal penting yang akan menentukan masa depan bisnis online Anda.

Sebagai digital marketing consultant, kami telah mengikuti beberapa perkembangan bisnis. Katakanlah, Bhineka.Com, JakartaNotebook.Com, dan sebagainya. Dan kami tetap perhatikan perkembangan e-commerce sampai sekarang, terutama para Client yang bikin toko online di KiosMaya.Com

Bikin Toko Online Perlu Beberapa Hal Ini

Sebelum beralih dari jualan secara tradisional menggunakan toko offline, ada baiknya untuk miliki sedikit wawasan mengenai online preneur. Hal ini sangat penting agar Anda tidak terjebak dengan ekspektasi sebelum memiliki pengalaman sebelumnya.

Mindset online-preneur

Kita dapat melihat GoJek dan Tokopedia yang pada tahun awal berdirinya, bahkan hingga beberapa tahun masih mengalami kerugian besar. Mereka tetap bertahan, konsisten melakukan imporivsasi dan inovasi. Ini yang disebut sebagai “Digital Maturity” atau Keyakinan dalam Hal Digital. Ini memang memerlukan pengetahuan dan wawasan.

Secara singkat, perilaku konsumen telah bergeser dari belanja langsung ke toko di mall ke belanja online. Itu merupakan fakta yang tidak dapat kita pungkiri. Sedangkan dalam berjualan online, kita memiliki tantangan tersendiri yakni persaingan. Anda tidak sendirian, ada banyak pesaing lain diluar sana. Akan tetapi konsistensi seperti yang kita lihat pada kasis GoJek dan Tokopedia dapat memberikan kita wawasan bahwa tidak semua bisnis dapat bertahan, ini juga akan tergantung dengan keyakinan digital.

Tentu Anda sudah memiliki rencana, apa saja yang akan Anda jual di toko online itu nantinya. Akan tetapi ada beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan secara matang.

Berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum bikin toko online.

Matangkan Tujuan

Pertama tetapkan tujuan Anda sebelum bikin toko online. Karena, untuk membuat toko online diperlukan biaya. Ini bukan hanya sekedar seberapa mahal atau murahnya, tapi terkait dengan operasional seterusnya seperti apa. Oleh karena itu, tetapkan tujuan Anda dalam rencana bikin toko online tersebut.

Misal, tujuan saya bikin toko online adalah untuk mendapakan penjualan Rp. 100 milyar per tahun. Agar dapat realistis, perhatikan platform toko online apa yang akan digunakan dan berapa biaya pemasaran digital yang diperlukan.

Siapa yang akan mengoperasikan toko online, Anda sendiri? rekrut karyawa? atau ousource ke KiosMaya? ini juga perlu Anda perjelas.

Tentang Bisnis Anda

Jabarkan tentang bisnis Anda, cukup dengan 300 kata sampai 700 kata, jika lebih dari itu malah lebih bagus lagi. Halaman tentang bisnis Anda merupakan salah satu bentuk tranparansi secara online, baik kepada audiens atau pengunjung website, maupun ke calon investor Anda.

Apa yang dapat menarik perhatian pemirsa?

Selain foto, keterangan produk, dan lay out halaman produk, Anda juga harus dapat menampilkan hal-hal yang dapat menarik perhatian pemirsa. Tujuannya adalah agar mereka mau mengambil tindakan selanjutnya sebelum membuat keputusan beli atau tidak.

Anda dapat memberikan promo-promo di header (bagian website paling atas), atau penjelasan bahwa barang yang anda jual adalah asli. Bahkan, jika Anda memang yakin produk yang Anda jual adalah produk terbaik dengan harga terbaik, munculkan itu besar-besar di website Anda.

Tips:Jika Anda membuat promo, gunakan batas waktu, dan jelaskan kapan berakhirnya promo tersebut. Ini sangat penting, selain untuk mendorong konversi, juga membina kepercayaan ke pengunjung dan pelanggan toko online Anda.

Apa yang membuat bisnis Anda berbeda?

Percayalah, diluar sana banyak bisnis menawarkan produk yang mirip atau bahkan sama persis. Sayangnya, kebanyakan konsumen akan membandingkan harga termurah jika menemukan produk yang sejenis. Oleh karena itu, jelaskan apa yang dapat membuat bisnis Anda berbeda, misal dengan memberikan layanan purna jual atau sebagainya.

Tips:Jika produk Anda memang banyak pesaing, buatlah gambar produk yang berbeda, unik, dan lebih “nge-branding” ke bisnis Anda. Ini tidak hanya dapat mempengaruhi calon konsumen untuk memilih beli dimana, akan tetapi juga menjadi cara meningkatkan popularitas SEO Toko Tonline Anda. Google sangat suka dengan konten yang unik.

Jelaskan keuntungan untuk konsumen

Sebagai pebisnis, kita menjual untuk memberikan manfaat kepada banyak orang dengan pertukaran barang dan uang. Oleh karena itu, penetapan tujuan bikin toko online sangatlah penting. Anda tidak bisa jadi unicorn dalam semalam. Konsumen online merupakan tipe konsumen yang kritis, membandingkan produk dan harga sebelum membeli.

Jelaskan keuntungan apa saja untuk konsumen Anda jika beli sama Anda. Misal, mendapatkan point reward, atau berikan potongan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Dalam hal ini, Anda juga dapat tampilkan pengalaman positif pelanggan atau testimoni.

Anda juga dapat jelaskan betapa mudahnya belanja di toko online Anda, tidak perlu download aplikasi, tidak perlu melakukan pendaftaran, dan sebagainya. Berikanlah kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan kebutuhan mereka.

Kenapa orang harus beli di toko online Anda?

Ini tidak kalah pentingnya. Apa alasan orang harus beli di toko online Anda? dan apa akibatnya jika tidak beli di toko online Anda?. Intinya adalah, Anda harus dapat meyakinkan pengunjung website toko online Anda bahwa bisnis Anda dapat dipercaya dan diandalkan.

Anda harus siapkan alasan yang masuk akal untuk para pengunjung website, kenapa mereka harus beli di toko online Anda. Ini bisa seperti kemudahan, kenyamanan, keamanan dan efisiensi. Umumnya, calon konsumen harus Anda yakinkan, oleh karena itu persiapkan hal tersebut.

Kesimpulan:

Setelah memahami apa yang perlu Anda siapkan sebelum bikin toko online, maka segeralah untuk melengkapi persiapan tersebut. Anda dapat ketik di note pad atau MS. Word. Setelah itu, siapkan gambar-gambar dan foto-foto berukuran 500px x 500 px, lengkap dengan logo atau branding bisnis Anda.

Baru kemudian pikirkan cara untuk meramaikan toko online, baik dengan menggunakan teknik SEO maupun dengan beriklan di Google.

Setelah toko online Anda mendapatkan beberapa pelanggan, mulailah untuk mengintegrasikan mailchimp sebagai sarana pemasaran via e-mail untuk pelanggan yang sudah ada. Ingatlah, biaya yang dibutuhkan untuk pelanggan baru 6x lipat lebih besar dari mendapatkan penjualan dari pelanggan yang sudah ada.

Tanpa toko online, Anda tidak memiliki basis data pelanggan, oleh karena itu sekarang ini makin banyak pedagang di marketplace yang mulai beralih menggunakan toko online.

Anda dapat melihat jasa pembuatan website toko online KiosMaya untuk mengetahui hal itu lebih lanjut.

 

 

 

 

Pin It on Pinterest

Share This