Apa yang menjadi perbedaan situs marketplace dengan website toko online memang sederhana, tetapi sangat bergantung pada siapa dan apa yang Anda jual. Situs Marketplace akan menyediakan jutaan pengunjung untuk Anda, tetapi Anda juga akan ‘bertarung’ dengan ribuan penjual.

Toko Online adalah cara untuk membedakan diri Anda, tetapi Anda harus berusaha keras untuk meningkatkan pengunjung website dalam rangka mendapatkan penjualan.

Artikel ini akan membantu untuk menyelami lebih dalam pro dan kontra mana yang sepadan dengan bisnis Anda.

Perbedaan Situs Marketplace dengan Toko Online

Sebelum berjualan online, tentu Anda akan berpikir apakah akan menggunakan marketplace saja atau juga menggunakan website toko online. Dalam hal ini, kami dapat menyarankan untuk memakai keduanya, karena website toko online sangat perlu untuk menjadi ‘jantung’ pemasaran digital Anda.

Mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Anda dapat pelajari pro dan kontra umum dari menjual produk Anda di situs marketplace atau melalui website toko online Anda sendiri.

Apa keuntungan berjualan di Marketplace?

Ada banyak keuntungan dalam hal menjual di marketplace online. Pelajari mengapa banyak bisnis rumahan yang menggunakan opsi ini.

Mudah untuk memulai bisnis online

Marketplace online dapat menyederhanakan bisnis online Anda, terutama untuk para OL shop baru. Infrastrukturnya sudah ada, sehingga menghemat waktu dan kerumitan yang terkait dengan cara membuat website toko online.

Situs marketplace tidak dimiliki oleh penjual individu mana pun, sehingga transaksi dan pembayaran ditangani oleh platform marketplace itu sendiri. Pengalaman penjual melibatkan beberapa langkah untuk menambah dan mengubah daftar produk.

Sudah ada banyak pengunjung yang melakukan pembelian di Marketplace

Marketplace adalah situs web yang sangat tepercaya. Orang merasa nyaman melakukan pembelian pada mereka dan terbiasa pergi ke sana daripada ke tempat baru untuk menemukan produk.

Karena mereka memiliki jutaan pembeli yang mencari produk seperti milik Anda, Anda tidak perlu banyak usaha untuk menampilkan produk Anda kepada calon pelanggan.

Apa kekurangan berjualan di marketplace?

Meskipun ini tampak seperti opsi yang mudah, ada beberapa kekurangan menggunakan situs marketplace untuk menjual produk Anda secara online.

Ada beberapa merek dan pedagang yang bersaing di situs yang sama

Meskipun produk Anda unik, ada banyak penawaran serupa di marketplace yang bersaing untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda. Di marketplace yang ramai, produk Anda mungkin belum tentu menonjol. Ini merupakan perbedaan situs marketplace dengan toko online yang paling mencolok.

Terlebih lagi, pesaing Anda mungkin menargetkan pembeli yang mengunjungi listingan Anda dan memasang iklan produk mereka di halaman Anda. Bergantung pada intensitas persaingan dalam kategori produk Anda, Anda mungkin tidak mendapatkan keterpaparan atau penjualan yang mudah yang dapat Anda capai.

Orang yang membeli produk Anda mungkin tidak pernah menyadari bahwa Anda ada

Banyak orang yang berbelanja di marketplace berasumsi bahwa mereka membeli dari marketplace itu (meskipun mereka membeli produk Anda). Pelanggan akan mengingat nama marketplace saat mereka membeli lagi – bukan merek Anda. Di sebagian besar marketplace, fokusnya bukan pada penjual, melainkan produknya.

Hanya ada sedikit, jika ada, penyesuaian yang ditawarkan untuk masing-masing merek. Ini membuatnya sangat sulit untuk membangun kesadaran dan pengakuan merek, dan pada akhirnya sulit untuk mebuat bisnis Anda menonjol.

Anda tidak dapat membuat daftar pelanggan untuk dipasarkan di masa mendatang

Karena website maketplace berfungsi sebagai pihak ketiga, mereka tidak mengizinkan penjual berkomunikasi dengan pembeli di luar situs marketplace. Ini berarti Anda tidak dapat mengirimkan promosi mendatang kepada pelanggan, pengumuman produk baru, atau hanya mengingatkan mereka bahwa produk Anda ada untuk mendorong penjualan di masa mendatang.

Kenyataannya adalah jauh lebih mudah (dan lebih murah) untuk mempertahankan pelanggan daripada mendapatkan pelanggan baru. Tanpa membangun daftar pelanggan, Anda hanya mengandalkan penjualan baru; Anda tidak dapat memanfaatkan pembeli sebelumnya.

Mengapa Anda harus menggunakan situs web Anda sendiri untuk berjualan secara online?

Ada banyak alasan untuk membuat website toko online sebagai sarana jualan Anda. Pelajari keuntungan utamanya.

Tetapkan dan pertahankan kendali penuh atas merek Anda

Saat Anda berjulan dengan website toko online Anda sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas tampilannya, apa yang perlu Anda tonjolkan, dan cara kerjanya. Tidak harus generik atau membosankan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan kepada dunia mengenai karakter merek Anda.

Anda bisa menciptakan pengalaman berbelanja yang Anda inginkan untuk pelanggan Anda. Seperti toko online KiosMaya, menawarkan fleksibilitas atas desain, templat siap pakai untuk dipilih, dan integrasi dengan sistem lain.

Anda dapat menargetkan ulang pembeli untuk menjadi pembeli berulang

Salah satu keuntungan terbesar dari mengelola toko dan situs web Anda sendiri adalah Anda mendapatkan akses langsung ke pelanggan Anda. Ini memungkinkan layanan pelanggan yang lebih baik dan pada akhirnya lebih banyak kemungkinan upsell.

Anda dapat menargetkan orang-orang yang mengunjungi situs Anda dengan iklan, memasarkan kepada mereka yang telah membeli dari Anda, dan tetap terhubung di masa mendatang. Pembuatan daftar email membantu Anda membangun kesadaran, menghasilkan pendapatan tetap, dan menjalankan promosi untuk “cuci gudang”.

Apa kekurangan berjualan dengan toko online Anda sendiri?

Ada beberapa masalah dalam membangun situs toko online Anda sendiri. Pelajari poin frustrasi paling umum yang dihadapi oleh penjual.

Membuat Toko Online bisa memakan waktu dan membutuhkan kemampuan teknis

Membuat toko online Anda sendiri bisa sesederhana atau serumit yang Anda inginkan. Dengan munculnya platform e-niaga dan alat lakukan sendiri, membuat situs menjadi aktif dan berjalan tidak pernah semudah sebelumnya. Namun, Anda mungkin masih mengalami masalah teknis atau setidaknya, kendala waktu.

Ada banyak langkah, termasuk memilih nama domain dan layanan hosting, menyiapkan produk, modul pengiriman, modul pembayaran otomatis menggunakan payment gateway atau secara manual, serta membuat konten untuk toko online Anda. Beberapa solusi merampingkan dan menangani proses ini untuk Anda, namun demikian, akan ada pekerjaan yang terlibat untuk menyiapkan dan memelihara website toko online Anda.

Anda harus rajin promosi

Setelah Anda meluncurkan situs web toko online Anda, pekerjaan Anda belum selesai. Anda perlu membawa orang ke sana. Pengunjung tidak akan secara ajaib berduyun-duyun ke situs Anda, atau bahkan langsung menemukannya. Ada upaya pemasaran yang dilakukan untuk menyiapkan kampanye yang tepat untuk menyebarkan informasi. Anda harus tahu, belajar, atau menggunakan jasa digital marketing.

Untuk menggali lebih dalam lagi mengenai hal ini, Anda dapat membaca artikel mengenai: Apa yang harus Anda lakukan setelah selesai membuat website?.

Setelah Anda membuat mereka mengunjungi situs Anda, Anda harus mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Anda harus mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang hebat, yang melibatkan pesan yang menarik, penempatan tombol, pengalaman seluler, dan banyak lagi.

Bagaimana memilih platform e-commerce yang tepat?

Tempat terbaik untuk jualan online akan berbeda dari pengecer ke pengecer lainnya, tergantung pada produk, kebutuhan, dan tujuan mereka. Setiap marketplace dan toko online memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri

Ada juga biaya yang terkait dengan keduanya. Marketplace dapat mengenakan berbagai macam biaya seperti mendaftarkan produk Anda dan mengambil persentase dari setiap penjualan. Banyak platform e-niaga yang membantu Anda membangun situs web mengenakan biaya hosting bulanan. Anda juga dapat membelanjakan banyak uang untuk masing-masing iklan, serta mengelola pengiriman e-niaga Anda.

Untuk mencapai jangkauan pelanggan dan pengenalan merek, banyak pedagang online menjual di marketplace dan situs web mereka sendiri. Beberapa memilih satu untuk memulai dan mengembangkan yang lain setelah mereka menjadi lebih mapan.

Terlepas dari platform e-niaga tempat Anda menjual, penting bagi mereka untuk diintegrasikan dengan teknologi lain yang Anda gunakan. Saat sistem terhubung, mereka dapat berbicara satu sama lain untuk visibilitas yang lebih baik dan lebih sedikit proses manual.

Kiosmaya memberikan solusi untuk berjualan online bagi para UMKM. Berikut cara kerja website toko online yang dapat kami buatkan untuk Anda:

  • Hanya perlu beberapa jam untuk membuat toko online Anda.
  • Menambah dan update produk semudah seperti di Marketplace.
  • Segera setelah pesanan dilakukan, sistem toko online secara otomatis mengirim e-mail ke Anda untuk segera melakukan pengiriman.
  • Anda mendapatkan visibilitas melalui Google Analytics yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam melakukan pemasaran digital.
Kesimpulan:

Sebetulnya, jika Anda memang mulai serius berjualan online, maka sebaiknya Anda menggunakan website toko online dan juga hadir di marketplace serta di media sosial. Ini akan memperluas jangkauan pemirsa online Anda. Dengan website toko online, Anda dapat mengubah pemirsa menjadi pembeli, baik dengan design, promo, dan sebagainya.

Perbandingan Jualan Online via Marketplace vs Toko Online

Anda memegang kendali penuh pada toko online Anda sendiri. Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak secara cepat, Anda dapat beriklan di Google Search.

Sebuah penelitian terhadap pemasaran online menemukan bahwa biaya mendapatkan pelanggan baru lebih besar 6x ketimbang memasarkan pada pelanggan yang sudah ada.

Oleh karena itu, ketimbang membandingkan perbedaan situs marketplace dengan website toko online untuk berjualan, sebaiknya Anda mulai sekarang juga untuk membuat website toko online sembari upload produk di marketplace online.

Pin It on Pinterest

Share This