Bagaimana Cara Update SSL Let’s Encrypt di Direct Admin?

Apr 12, 2021 | Keamanan Website

Client landingpage, website corporate, dan website toko online KiosMaya harus mengupdate sertifikat SSL secara berkala (6 bulan sekali) .Cara update SSL di Direct Admin cukup mudah, simak caranya berikut ini.

Cara Update SSL Let’s Encrypt

Jika website Anda menemui warning seperti ini, jangan panik! ini artinya website harus update sertifikat lets encrypt SSL.

Sebagai penyedia jasa website, Kiosmaya memberikan fasilitas SSL gratis. Dengan SSL ini, website akan lebih aman karena koneksi di enkripsi. Hanya saja, setiap 6 bulan sekali sertifikat SSL dari Let’s Encrypt ini harus Anda update. Caranya mudah, ikuti langkah di bawah ini.

Masuk ke Direct Admin dan Klik “SSL Certificates”

Klik “Free & automatic certificate from Let’s Encrypt” dan Klik “Save”

Maka website Anda sudah dapat di akses lagi dengan https tanpa muncul peringatan seperti di atas.

Mudah bukan? nah .. sekarang apa sih manfaat SSL ?

Manfaat SSL untuk Website Anda

Jika Anda memiliki situs web pada tahun 2021, Anda memerlukan SSL. Sesederhana itu. Sertifikat SSL bukan lagi barang mewah; ini adalah kebutuhan saat ini.

Berikut manfaat SSL untuk website Anda:

1. Melindungi Data

Fungsi inti dari sertifikat SSL adalah untuk melindungi komunikasi server-klien. Saat memasang SSL, setiap bit informasi dienkripsi. Dalam istilah umum, data terkunci dan hanya dapat dibuka oleh penerima (browser atau server) karena tidak ada orang lain yang dapat memiliki kunci untuk membukanya.

Saat menangani data sensitif seperti ID, kata sandi, nomor kartu kredit, dan sebagainya., SSL membantu melindungi dari upaya peretasan dan skimmer yang nakal. Oleh karena itu sangat penting menggunakan SSL dan update SSL secara berkala.

2. SSL Menegaskan Identitas Anda

Salah satu fungsi utama dari sertifikat SSL adalah memberikan otentikasi ke situs web. Verifikasi identitas adalah salah satu aspek terpenting sejauh menyangkut keamanan web.

Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa internet semakin menipu. Ada beberapa kasus di mana orang kehilangan ribuan dolar di situs web palsu. Di sinilah sertifikat SSL berperan.

Saat Anda ingin memasang sertifikat SSL, Anda harus melalui proses validasi yang ditetapkan oleh pihak ketiga independen yang disebut Otoritas Sertifikat (CA). Bergantung pada jenis sertifikat, CA memverifikasi identitas Anda dan organisasi Anda.

Setelah Anda membuktikan identitas Anda, situs web Anda mendapatkan indikator kepercayaan yang menjamin integritas Anda. Saat pengguna melihatnya, mereka tahu dengan siapa mereka berbicara.

Anggap ini sebagai akun Twitter terverifikasi. Satu-satunya perbedaan di sini adalah Anda diminta untuk memverifikasi identitas Anda untuk situs web, bukan akun Twitter. Verifikasi semacam itu memastikan bahwa tidak ada penipu yang membuat situs web palsu yang berpura-pura menjadi milik Anda.

Dalam istilah teknis, ini disebut Phishing. Dengan demikian, SSL membantu pengguna mengemudi ke situs web Anda yang sebenarnya, menyelamatkan pengguna dari penipuan, dan meningkatkan reputasi website Anda.

Ini artinya. SSL akan meningkatkan kepercayan pada semua pihak. Dalam hal SEO, SSL merupakan syarat utama untuk kelayakan sebuah sebuah website dalam menjalan pemasaran digital.

3. Mendapatkan Peringkat yang Lebih Baik di Google Search

Pada tahun 2014, Google membuat perubahan pada algoritmanya untuk memberikan keunggulan pada situs web yang mendukung HTTPS. Hal tersebut telah dibuktikan dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli SEO di seluruh dunia.

Salah satu studi yang dilakukan oleh Brian Dean, pendiri Backlinko.com menunjukkan korelasi yang kuat antara HTTPS dan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.

Siapa yang tidak ingin berada di halaman pertama Google, bukan?

Inilah mengapa kami menegaskan lagi kepada pengguna jasa SEO dan jasa digital marketing agar berhati-hati dalam memilih penyedia jasa tersebut. Terkadang, ada saja penyedia jasa SEO dan penyedia jasa digital marketing yang website mereka tidak menggunakan SSL atau tidak strict to https, dari hal tersebut sebetulnya dapat kita ambil kesimpulan bahwa penyedia jasa tersebut tidak memahami apa yang mereka lakukan.

4. SSL Membantu Anda Memenuhi Persyaratan PCI / DSS

Jika Anda menerima pembayaran online, Anda harus mengetahui satu atau dua hal tentang persyaratan PCI / DSS. Untuk menerima pembayaran online, situs web Anda harus sesuai dengan PCI. Memiliki sertifikat SSL yang dipasang adalah salah satu dari 12 persyaratan utama yang ditetapkan oleh industri kartu pembayaran (PCI).

Oleh karena itu, SSL sangat penting — baik Anda menginginkannya atau tidak.

5. SSL Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Selain enkripsi dan otentikasi, sertifikat SSL sangat penting dari sudut pandang kepercayaan pelanggan. Tanda-tanda yang mudah diidentifikasi memberi tahu pengguna bahwa data yang mereka kirim akan diamankan. Dan jika Anda memasang OV atau EV SSL, mereka dapat melihat detail organisasi Anda.

Setelah mereka mengetahui bahwa Anda adalah entitas yang sah, mereka kemungkinan besar akan berbisnis dengan Anda atau bahkan mengunjungi kembali situs Anda.

Demikian tutorial cara update SSL dan sedikit penjelasan mengenai manfaat SSL untuk website Anda, semoga bermanfaat.

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya "struktur iklan yang efektif di era digital." Dalam konteks...

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bagi mereka yang mengerahkan upaya S.E.O untuk meningkatkan metrik organic click umumnya akan panik setelah melihat penurunan grafik di Google Search...

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Hadirnya internet telah memudahkan para trader dalam melakukan aktivitas usaha mereka. Memasarkan produk ke luar negeri sudah sejak lama dilakukan secara online. Artikel ini berikan penjelasan bagi mereka yang memiliki produk layak ekspor untuk memahami cara...

Pin It on Pinterest

Share This