Jasa SEO, Bagaimana Cara Memilih dan Mengestimasi Biaya?

Apr 10, 2021 | Optimasi Website, Umum

Saat ini Jasa SEO semakin meningkat frekuensi pencarian di Google. Beberapa brand memutuskan untuk melakukan branding di search engine. Kami melakukan sedikit pengecekan mengenai JASA SEO di Indonesia, terutama dari mereka yang memasang iklan di Google maupun yang berhasil masuk di halaman pertama google.

Kami menemui, banyak proses yang tidak sinkron dan berurutan pada penyedia jasa SEO di Indonesia. Bagusnya, sekarang sudah aware mengenai konten artikel sebagai salah satu elemen SEO secara onsite.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi para penyedia dan pengguna Jasa SEO agar dapat terbentuk suatu set atau standard baik layanan maupun biaya yang lebih adil dan realistis.

Pilih Jasa SEO atau Pasang Iklan di Google?

Apa yang dimaksud dengan jasa SEO adalah jasa content marketing sebetulnya dalam era digital marketing sekarang ini. Hanya saja, jika kita bicara Jasa SEO maka ini artinya penerapan seluruh website bukan satu halaman saja.  Anda dapat berhemat untuk optimasi satu halaman saja, akan tetapi ini memerlukan persiapan di seluruh struktur website.

Untuk Anda yang belum memahami apa itu jasa seo, Anda harus pahami bahwa setiap keputusan pembelian orang akan googling terlebih dahulu. Ini berlaku baik pada bisnis retail maupun B2B, Untuk itulah banyak bisnis yang mendambakan untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian google.

Bahkan, saat ini untuk iklan di pencarian Google, banyak bisnis yang berebut untuk mendapatkan tampilan di halaman pertama Google, terutama paling atas.

Sekarang, mari kita coba pahami antara beriklan di Google dengan mengoptimasi website Anda.

Beriklan di Google

KiosMaya lebih melayani UMKM, terkadang kami kedapatan pertanyaan dari calon Client Tukang AC. Mereka memiliki budget antara Rp. 200.000,- sampai 500.000,- per bulan. Dan mereka menanyakan  “Apakah kami dapat tampil di halaman pertama Google paling atas?”. Ini merupakan pertanyaan yang bagus, akan tetapi tidak realistis ketika kami cek persaingan untuk kata kunci seputar “Service AC” sangat tinggi, membutuhkan biaya sekitar Rp. 4.000 per klik dengan pencarian bulanan untuk wilayah Jakarta sekitar 9.900 kali pencarian per bulan.

jasa seo atau pasang iklan di google?

Dapat kita lihat dari grafik keyword analytics di atas bahwa biaya per klik untuk service AC sekitar Rp. 7.500,- per klik (biaya rata-rata). Ini artinya iklan Anda akan tampil di halaman pertama google paling atas, atau paling bawah.

Ini artinya, untuk dapat “menguasai lapangan” bisnis service AC di Jakarta harus mengeluarkan biaya Rp. 7.500 x 9.900 per bulan, atau Rp. 74.250.000,- per bulan. Tidak perlu kita hitung berapa per tahunnya, masalahnya layak dan realistikah biaya tersebut untuk tukang AC? dan apakah ada dampak pada bisnis mereka?

Kedua pertanyaan tersebut diatas belum ada yang dapat memastikan, sedangkan efisiensi merupakan salah satu syarat bisnis hari ini.

Bandingkan dengan melakukan optimasi halaman website Anda.

Optimasi website atau SEO dapat membuat website Anda tampil di halaman pertama google. Namun, ini memerlukan serangkaian upaya yang harus dilakukan dengan benar. SEO memerlukan proses yang berurutan, mulai dari analisa kelayakan kata kunci, hingga kecepatan website dan pengalaman pengguna.

Banyak jasa SEO yang menawaran biaya mulai dari Rp. 500.000,- per bulan hingga Rp. 2 juta per bulan dengan kontrak minimal 12 bulan. Entah apa yang mendasari mereka menetapkan biaya tersebut. Ini yang harus Anda kritisi ketika akan menggunakan Jasa SEO.

Apakah ada Jasa SEO yang dapat menjamin website bisnis Anda tampil di halaman pertama Google? Harusnya tidak ada. Karena penyedia jasa tersebut bukanlah pemilik atau perusahaan pembuat search engine. Nah, Anda harus berhati-hati jika ada penyedia jasa yang memberikan jaminan konyol seperti itu.

Dalam hal ini saya setuju dengan sebagian isi artikel dari redcomm yang menyarankan para calon pengguna layanan SEO untuk berhati-hati.

Sebagai pebisnis, Anda harus berhati-hati dengan keinginan dan ketamakan Anda sendiri. Anda ingin website tampil di halaman pertama Google dengan biaya semurah mungkin, lantas yang Anda dapatkan adalah Zonk. Bisa saja Anda berhasil berada di halaman pertama Google, akan tetapi tidak ada satu orang pun yang mencari kata kunci tersebut.

Intinya, Anda harus dapat realistis, mulai dari memahami kata kunci yang Anda atau penyedia Jasa SEO sarankan. Jangan sampai Anda dapat biaya jasa SEO Rp. 500.000 per bulan, tapi kata kunci tersebut tidak ada yang mencari.

Anda dapat melakukan optimasi website sendiri dengan mempelajari cara penerapan SEO terbaik dari Google Academy dan SEMRush Academy.

Cara Estimasi Biaya Jasa SEO

Untuk dapat realistis, sebagai pengguna Jasa, Anda juga harus dapat mengestimasi berapa biaya jasa SEO yang caranya cukup mudah.

  1. Masuk ke Google Ads dan buka “Keyword Planner”
  2. Masukkan 3 sampai 7 kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.
  3. Tentukan wilayah dimana kata kunci tersebut akan dicari, misal Indonesia atau Jakarta.
  4. Sort hasilnya berdasarkan “Average Monthly Search”
  5. Buat tabel di spread sheet untuk biaya iklan minimum di halaman pertama dan biaya iklam maksimum di halaman pertama.
  6. Buat kolom di samping, dengan formula biaya rata-rata iklan di halaman pertama X frekuensi pencarian.

Lihat contoh untuk keyword “kecap bango”:

Dapat kita lihat di atas, bahwa “kecap bango” dengan related keyword dan keyword competition yang ada dapat menghasilkan traffic 113.700 pengunjung website per bulan. Untuk branding, impresi memang lebih dihitung, dan impresi biasanya 10x lipat hingga 20x lipat dari website visit.

Sedangkan untuk estimasi jasa SEO, tentu harus dapat lebih bersaing dari biaya pasang iklan di Google. Ini artinya, baik pengguna maupun penyedia jasa SEO dapat bersama-sama menerapkan biaya dengan sistem persentase dari biaya tersebut di atas.

Tips untuk Perusahaan Kecap Bango

Maaf, ini agak keluar dari topik pembahasan tapi ini sangat menggangu saya sebagai praktisi.

Biaya tersebut diatas dapat minimalisir, yakni dengan tidak perlu memasang iklan  pada keyword yang mana sudah masuk di halaman pertama google dan paling atas. Ini buang-buang uang namanya!.

Sedangkan untuk “kecap asin” yang banyak memiliki pencarian di Google tidak dipasang iklan dan website tidak muncul di halaman pertama. Ini namanya sia-sia saja, apapun alasannya, baik Anda beralasan hanya membranding “kecap bango” atau alasan lainnya yang tentu tidak berdasar dengan kondisi branding digital secara update.

Demikian bisnis Anda, dengan omset milyaran bahkan ratusan milyar per bulan, seharusnya dapat memahami bahwa Jasa SEO sangat diperlukan.

Pahami Hubungan SEO dan Iklan di Google

Memahami hubungan SEO dan iklan di Google dapat menyelamatkan banyak uang perusahaan Anda. Sebagai contoh kasus Kecap Bango diatas, perusahaan dapat menyelamatkan uang sebesar Rp. 277.477.200 setiap bulan atau sekitar Rp. 3.3 milyar untuk online branding. Produsen kecap bango dapat menggunakan penghematan tersebut untuk mulai branding di “Kecap Inggris”, “Kecap Ikan”, dan “Kecap Asin”.

Secara teknis, Iklan di Google dapat mengangkat popularitas indeksasi website Anda. Setiap klik yang berasal dari iklan terhitung dalam algoritma indeksasi Google. Masalahnya, website Anda memang harus relevan dengan kata kunci dan kualitas website Anda juga harus bagus, tidak acak-acakan, dan tidak terlalu lama untuk dibuka.

Banyak digital agency yang dapat membuat website yang menarik secara visual, akan tetapi secara teknis bahkan mereka melupakan SSL atau https dan terkadang mereka pakai https tapi tidak mereka strict. Oleh karena itu, pemahaman SEO baik secara onsite dan offsite harus dapat Anda pahami terlebih dahulu agar biaya yang Anda keluarkan dapat semakin murah dan tidak sia-sia.

Apa Saja Manfaat Jasa SEO?

Untuk sebuah brand, SEO dapat menjadi sarana online branding. Pengguna Google di Indonesia mencapai lebih dari 180 juta pengguna. Mari kita tanyakan, kenapa 180 juta orang di Indonesia menggunakan google. Tentu mereka sedang mencari sesuatu bukan? dengan demikian maka SEO selain dapat menempatkan bisnis atau brand Anda terlihat dan diingat oleh 180 juta pengguna internet di Indonesia, juga dapat menghasilkan penjualan.

Terutama jika bisnis Anda memiliki sarana konversi online, baik itu website perusahaan dengan form contact maupun website toko online dengan tombol beli. Jika produk atau layanan yang Anda tawarkan berhasil masuk di halaman pertama google, dan apalagi di urutan paling atas, maka website Anda akan kebanjiran traffic pengunjung website. Dan jika kita bicara konversi online atau hasil secara online, maka kita sedang bicarakan sebuah kelipatan ribuan traffic.

Semakin banyak keyword strategis dan keyword transaksional yang website bisnis Anda miliki, maka bisnis Anda semakin terkenal dan diingat. Harapannya adalah bisnis Anda menjadi pilihan utama para pengguna ditengah persaingan yang Anda hadapi.

Manfaat Jasa SEO lainnya adalah, ketika Anda tidak memiliki expert dalam bidang tersebut, Anda dapat menghemat biaya dalam merekrut tenaga kerja ahli SEO. Perlu Anda ketahui, bahwa biaya standard expert dengan pengalaman 10 tahun memiliki rate minimal hampir Rp. 40 juta per bulan (berdasar informasi dari Inkindo, mengenai pedoman standar minmal biaya personil)

tabel biaya tenaga ahli

Perlu Anda ketahui, KiosMaya memiliki tim ahli SEO yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, dengan menggunakan jasa SEO, perusahaan Anda setidaknya dapat menghemat antara 30 sampai 40% dibandingkan dengan mempekerjakan karyawan ahli SEO.

Content Masih Menjadi Faktor Utama Keberhasilan SEO

Kebanyakan upaya SEO sekarang ini dilakukan dengan membuat content artikel. Anda harus pertimbangkan bahwa upaya SEO tidak boleh terlalu berlebihan, misal memperkaya satu halaman dengan keyword-keyword, ini sudah teknik jadul dan bisa terkena algoritma google yang menempatkan website Anda terpental di halaman paling buncit.

Selain itu, sebuah konten harus enak dibaca, mudah untuk orang pahami. Anda tidak bisa membuat konten yang berputar-putar untuk memenuhi kata kunci yang Anda targetkan. Menulislah secara biasa, kemudian rapihkan untuk memenuhi keyword density. ini yang kami lakukan untuk seluruh client content marketing KiosMaya.

Kami sendiri lebih suka membaca konten yang straight-to-the-point. Biasanya, konten yang berputar-putar tersebut (dan bahkan sering tidak berhubungan dengan judul artikelnya) adalah hasil para penulis konten dengan biaya murah. Wajar saja jika biaya murah hasilnya seperti itu. Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat sebuah konten artikel di luar negeri, biaya minimalnya sekitar USD 500 atau  sekitar Rp. 6.500.000,-. Akan tetapi konten tersebut memenuhi syarat dan kualitas dari sebuah content marketing atau SEO content.

Cara Mendapatkan Jasa SEO yang Tepat untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Sekarang, bagaimana caranya mendapatkan jasa SEO yang bukan “kaleng-kaleng”? jangan sampai anggaran bisnis Anda tersedot percuma oleh upaya yang sia-sia seperti yang kami jelaskan di atas. Misal, untuk keyword yang sudah masuk di di halaman pertama dan urutan paling atas, Anda tidak perlu memasang iklan di Google atau melakukan upaya SEO lagi untuk keyword tersebut, kecuali monitoring saja.

Jadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa SEO, antara lain.

  1. Periksa kualitas website penyedia jasa SEO tersebut. Jangan sampai Anda menghampiri “jasa digital marketing” atau “jasa SEO number one” akan tetapi alamat website mereka tidak menggunakan SSL (https) atau tidak strict to https (bisa akses versi http dan https, ini akan membingungkan google crawler dan sebabkan sinyal duplicate content)
  2. Periksa website penyedia Jasa SEO tersebut. Jangan terpaku di satu halaman saja, akan tetapi cek beberapa halaman lainnya, apakah judul website mereka masuk di halaman pertama google atau tidak.
  3. Hindari janji-janji yang bombastis seperti jaminan sekian bulan akan berada di peringkat satu google. SEO cukup dinamis, diluar sana banyak yang mengupayakan hal yang sama, jadi akan ada pesaing-pesaing baru di search engine.
  4. Tanyakan prosedur atau cara mereka dalam melakukan SEO. Ini harus berurutan mulai dari analisa keyword, website audit, web revamp, analisa kompetitor, analisa backlink, dan seterusnya.
  5. Kinerja SEO. Ini tidak hanya pada tampil di halaman pertama google saja, akan tetapi apakah kata kunci tersebut banyak yang mencari? berapa banyak yang mencari? dan berapa banyak yang mendatangkan pengunjung ke website Anda? hingga pada berapa banyak yang membeli dari Anda. Demikian untuk kualitas halaman, perhatikan berapa lama orang di halaman tersebut, dan berapa persen tingkat bounce rate atau rasio pentalannya.

Banyak website penyedia jasa SEO di Indonesia yang menampilkan portfolio atau hasil pekerjaan mereka, Anda harus cek keyword yang mereka nyatakan di halaman pertama Google. Ingat, SEO adalah hal yang dinamis, bulan ini atgau tahun ini bisa saja Anda berada di halaman pertama Google dan periode berikutnya terlempat ke halaman 2 bahkan halaman 10.

Kesimpulan:

Tampil pada halaman pertama google sudah menjadi incaran banyak bisnis seperti yang Anda lakukan. Bahkan dalam beriklan di Google search, semakin banyak yang berlomba agar dapat tampil di urutan paling atas halaman pertama hasil pencarian untuk keyword yang mereka pilih.

Anda dapat menghemat pengeluaran biaya iklan di Google dengan menggunakan jasa SEO. Namun, jasa SEO bukan seperti one night stand branding, ini harus Anda lakukan secara konsisten (minimal 1.5 tahun, berdasar pengalaman kami).

Tanpa melakukan upaya SEO maka ini artinya bisnis Anda memiliki ketergantungan dalam mengeluarkan biaya iklan di Google. Dengan mengoptimalkan website Anda di hasil pencarian, maka Anda dapat berlepas dari kebutuhan biaya iklan di Google.

Berhati-hatilah, terutama dengan jasa SEO murah dan dengan janji bombastis, jangan sampai website Anda melakukan “black hat SEO” yang dapat menyebabkan website Anda tidak tampil lagi di search engine dan tidak bisa memasang iklan karena sudah masuk black-list di Google. Biasanya jasa seperti itu akan melakukan upaya SEO secara serampangan, menggunakan jasa backlink dan jasa artikel murah meriah. Hasilnya, pada bulan pertama website Anda berhasil masuk ke halaman pertama Google, bulan selanjutnya website Anda masuk penjara google alias google sandbox.

Salah memilih jasa SEO dapat membahayakan keberlangsungan hidup website Anda di mesin pencari Google atau juga bisa menyebabkan pemborosan anggaran perusahaan. Untuk itu, pahami cara estimasi biaya jasa SEO agar Anda dapat berlaku adil dan terhindar dari dampak buruk ketamakan Anda sendiri.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat banyak bagi para pengguna jasa SEO dan para penyedia jasa SEO. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Digital Marketing Untuk Produk Kosmetik Gimana Caranya ?

Digital Marketing Untuk Produk Kosmetik Gimana Caranya ?

Banyak yang sukses dengan produk kosmetik, namun tidak sedikit yang mengalami jalan ditempat. Kami melihat salah satu penyebabnya adalah pada cara digital marketing produk kosmetik yang kurang tepat. Cara Digital Marketing Untuk Produk Kosmetik Berdasarkan praktik...

Manfaat Website untuk Kantor Jasa Akuntan dan Perpajakan

Manfaat Website untuk Kantor Jasa Akuntan dan Perpajakan

Di era transformasi digital sekarang ini banyak sekali manfaat website untuk jasa profesional seperti Kantor Jasa Akuntan dan Perpajakan. Dalam artikel ini kami sadur beberapa manfaat adanya website bagi para penyedia jasa akuntansi dan pajak. Kenapa Kantor Jasa...

Pengenalan DIVI Builder Bagian I

Pengenalan DIVI Builder Bagian I

Tutorial video kali ini akan menjelaskan komponen penting dari DIVI Builder. Pengenalan DIVI Builder ini hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit. Terutama untuk para client KiosMaya, untuk awal harus memahami komponen utama yang dijelaskan pada video tutorial...

Analisa Peluang Pasar Melalui Marketplace dan Analytics

Analisa Peluang Pasar Melalui Marketplace dan Analytics

Baik untuk brand atau untuk bisnis sendiri, kita selalu membutuhkan pertimbangan kelayakan pasar sebelum melakukan pemasaran. Analisa peluang pasar di era digital semakin memudahkan para praktisi dan entrepreneur. Jika dulu kita harus melakukan survey, sekarang kita...

Pin It on Pinterest

Share This