Bagi Anda para perusahaan pemegang Brand seperti Unilever, ataupun sebagai distributor tunggal dari beberapa vendor, perusahan yang memiliki banyak cabang gudang, Anda tetap harus melakukan transformasi digital. Ini memerlukan cara jualan online untuk perusahaan menengah dan besar yang dapat mengakomodir banyak brand dan vendor.

Biasanya, dalam suatu perusahaan besar ada bagian masing-masing untuk setiap brand atau vendor. Demikian untuk para sales. Kini sudah saatnya Anda menggunakan cara jualan online untuk perusahaan Anda yang lebih cepat menjangkau konsumen dan mempermudah transaksi.

Cara Jualan Online untuk Perusahaan Menengah dan Besar

Gunakan toko online. As simple as that. Gunakan toko online .. ya Anda telah mendengar itu sebagai hal yang “murahan” ketika pemikiran Anda telah mengalami kemunduran dari teknologi digital yang Anda pikir sudah paling wah dalam hal tersebut.

Seperti Matahari Mall, mereka menggunakan cara jualan online dengan konsep multi vendor. Ini artinya anda dapat membagi penjuialan pada sales yang memegang masing-masing brand. Bahkan, Anda dapat membiarkan vendor Anda untuk mengupload produk dan Anda mendapatkan komisi sekian persen sesuai kesepakatan.

Setiap Bisnis harus Menjadi Perusahaan IT di Era Digital

Mungkin, Anda berpendapat “Bisnis saya bukan bisnis IT, saya jualan barang-barang nyata lho mas”. Iya, saya mengerti, akan tetapi jika Anda mau teliti lebih lanjut, diluar sana sudah banyak yang menyatakan bahwa “setiap bisnis harus menjadi perusahaan IT” jika ingin menjadi pemimpin pasar.

Anda dapat lihat Gojek telah mendisrupsi pasar Blue Bird yang konvensional.

Ini merupakan bukti nyata, kenapa perusahaan Anda harus menjadi perusahaan IT untuk dapat menjadi pemimpin pasar.

Salah satu cara jualan online untuk perusahaan Anda adalah pakai toko online dengan konsep multi vendor atau multi brand. Ini berlaku jika Anda:

  1. ada banyak cabang dan gudang
  2. ada banyak vendor atau brand
  3. ada sekurangnya ribuan produk.

Konsep Toko Online Multi Vendor

Toko Online dengan Konsep Multi Vendor dapat memungkinkan vendor atau masing-masing divisi brand di perusahaan Anda untuk berjualan online. Demikian untuk biaya pengiriman, toko online multi vendor harus dapat menyesuaikna biaya kirim sesuai kota asal dimana barang tersebut dikirim. Sebab, bisa saja, vendor atau cabang gudang Anda berada di beberapa tempat.

Jika Anda merupakan importir ataupun distributor, Anda dapat menggunakan Toko Online Multi Vendor. Ini merupakan cara jualan online untuk perusahaan Anda yang paling tepat. Biasanya ini seperti sebuah marketplace mini, exclusive untuk produk-produk dengan kategori yang mirip saja.

Semisal Anda adalah distributor moving goods dengan gudang yang banyak tersebar di Indonesia. Toko Online multi vendor ini dapat Anda gunakan untuk berjualan online, baik untuk grosir maupun retail.

Keuntungan Menggunakan Toko Online Multi Vendor

Berikut beberapa keuntungan bagi perusahaan besar dan menengah dalam menggunakan Toko Online Multi Vendor.

  • Mempermudah pembeli melakukan transaksi baik untuk Grosiran dan memungkin untuk penjualan secara retail.
  • Mempermudah karyawan dalam memantau stok di setiap cabang.
  • Menghilangkan ketergantungan sales yang manja suka menuntut ini itu karena sekarang sudah dikerjakan sebagian secara online, Anda hanya perlu admin sales.
  • Menghemat biaya operasional secara signifikan, anda tidak perlu lagi sales door to door yang menuntut biaya transportasi.
  • Semakin fleksibel dalam penetapan atau perubahan harga.
  • Dapat menjangkau ratusan juta pengguna internet di Indonesia dengan biaya yang jauh lebih murah.
  • Mempermudah dan mempercepat proses pembukuan (laporan keuangan).
  • Mudah dikembangkan atau ditambah fungsinya.

Apa artinya untuk bisnis Anda?. Dengan memberikan fasilitas pembelian online, ini artinya Anda memberikan kemudahan bagi para pelanggan Anda. Dengan toko online multi vendor, transaksi dapat dilakukan lebih cepat. Akhir-akhir ini, waktu merupakan “barang yang sangat berharga”.

Toko Online Multi Vendor ini dapat memberikan keunggulan daya saing untuk bisnis Anda.

Masih banyak keuntungan lainnya dalam menggunakan toko online multi vendor untuk “menghabiskan” stok di gudang-gudang Anda yang tersebar di banyak kota di Indonesia.

Tantangan Yang Ada

Berikut beberapa tantangan dalam menghadirkan serta menggunakan toko online multi vendor sebagai cara jualan online untuk perusahaan Anda.

  1. Biaya instalasi toko online multi vendor mencapai ratusan juta.
  2. Harus ada maintenance setiap bulan untuk memastikan kelancaran website toko online multi vendor tersebut.
  3. Memerlukan training penggunaan untuk back-office.

Ya, selain finansial harus siap, Anda juga harus sediakan waktu bagi karyawan admin setiap brand atau cabang untuk mengikuti training penggunaan secara online. Meskipun begitu, karyawan Anda tersebut akan selalu di support oleh team maintenance website.

Berapa Biaya Pembuatan Toko Online Multi Vendor?

Toko Online Multi Vendor memerlukan platform yang efisien agar dapat diandalkan untuk beban kerja tinggi. Anda harus gunakan infrastruktur hosting yang stabil dan biasanya ini menggunakan dedicated yang biayanya mulai dari Rp. 5 juta per bulan.

Untuk infrakstrutur dan instalasi awal, sekurangnya membutuhkan biaya mulai Rp. 250 juta. Sedangkan untuk maintenance memerlukan biaya sekurangnya Rp. 3.5 juta untuk per cabang atau brand, biasanya ada biaya minimal untuk ini sekitar Rp. 5 juta per bulan.

Tentu biaya tersebut di atas diluar biaya pemasaran online.yang memang harus Anda anggarkan. Anda dapat mengalokasikan biaya gaji karyawan sales dan marketing untuk biaya pemasaran digital.

Fleksibilitas yang Ditawarkan

Pada sistem multi vendor, Anda dapat ajak rekanan bisnis yang sudah ada kerjasama untuk berjualan online di toko online perusahaan Anda (atau menggunakan nama yang lain jika Anda khawatir akan mengganggu brand Anda sendiri).

Para pengguna atau pelanggan juga dapat lakukan akses melalui aplikasi Android atau iOS (Native Mobile App) disamping menggunakan desktop. Dengan cara ini, Anda dapat lebih memudahkan para pelanggan yang tadinya order melalui purchase order, kini cukup order dari perangkat ponsel mereka saja.

Sebetulnya, toko online multi vendor ini jika diakses versi websitenya juga akan beradaptasi dengan ukuran layar perangkat pengakses.

Untuk promosi, Anda dapat membuat harga khusus dengan rentang waktu tertentu atau minimum quantity tertentu. Ini sangat bagus untuk obral persediaan yang nilai usianya sudah lama. Ini dapat menurunkan tingkat kerugian yang disebabkan oleh persediaan yang rusak.

Modul lainnya banyak tersedia seperti modul untuk akuntansi, modul untuk menambah fungsi toko online menjadi point of sales, dan sebagainya.

Pembayaran juga dapat di set otomatis dengan menggunakan jasa pihak ketiga (payment gateway).

Pemasaran Digital

Baik untuk SEO, Google Analytics, hingga penggunaan alat-alat pemasaran digital lainnya dapat diimplementasikan dan di integrasikan. Terutama jika Anda melakukan pemasaran melalui search engine (Search Engine Marketing), Anda dapat melacak jalur transaksi pada Google Analytics. Ini akan berguna untuk menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan online Anda.

Contohnya Seperti Apa?

Anda dapat lihat contoh website toko online multi vendor dari perusahaan importir dan distributor mesin industri yang telah selesai kami buatkan.

Contoh Website Toko Online Multi Vendor Jika Anda ingin melihat contoh website toko online multi vendor lebih banyak lagi, Anda dapat mengunjungi website:

Pesan dari KiosMaya untuk Para Pemilik Perusahaan

Dahulu, sikat toilet tidak ada gagangnya. Kemudian mulai ada yang ber-inovasi dengan memberikan gagang pada sikat toilet. Lama kelamaan, sikat toilet tanpa gagang mulai hilang dari pasaran. Demikian bisnis Anda, juga harus ber-inovasi jika tidak ingin bernasib sama dengan sikat toilet tanpa gagang.

Pandemi masih berlangsung, kami yakin sebagai entrepreneur atau pemilik perusahaan, Anda akan mencari solusi dan menjadikan masa sulit ini sebagai momentum untuk ber-inovasi.

Silahkan hubungi kami atau minta staff Anda untuk mengisi formulir online di bawah ini.

Kami Berminat Untuk Menggunakan Jasa Toko Online Multi Vendor KiosMaya

Centang untuk Validasi Formulir

14 + 9 =

Pin It on Pinterest

Share This