Bisnis laundry merupakan bisnis yang menggiurkan karena selalu dibutuhkan, namun persaingan juga semakin ketat. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pemasaran online, namun bagaimana cara melakukan pemasaran online untuk bisnis laundry?.

Sebelum kita lanjutkan bahasan ini, perlu kita ketahui terlebih dahulu. Walaupun pemasaran bisnis laundry dapat dilakukan secara online namun eksekusinya tetap secara offline. Artinya, ini merupakan Online to Offline Marketing. Ini penting untuk dipahami, dan berbeda strategi dengan Offline to Online Marketing dimana kita membawa orang-orang ke jalur online.

Sedangkan memasarkan laundry pada saluran online, pada akhirnya bertujuan untuk membawa seluruh pihak terlibat pada aktivitas offline. Dan pemasaran online untuk bisnis laundry harus dapat dilakukan secara tepat.

Bagaimana Cara Melakukan Pemasaran Online untuk Bisnis Laundry?

Mungkin selama ini banyak pemilik laundry yang berpikir, “Ah, bisnis laundry saya masih bagus kok .. buat apa melakukan pemasaran online?” atau ada juga yang berpendapat “Ah pemasaran online tidak seberapa hasilnya”. Mungkin pada awalnya seperti itu, namun pada masa pandemi COVID-19 ini Anda benar-benar harus berpikir ulang tentang persepsi tersebut.

Selain itu, jika persaingan semakin ketat, walaupun service Anda bagus, namun akan ada pihak lain yang mulai “menggerogoti” pangsa pasar Anda.

Atau, Anda merupakan pemilik franchise laundry ternama dan ingin meningkatkan penghasilan para agen-agen franchise Anda?

Berikut tips cara melakukan pemasaran online untuk bisnis laundry, baik untuk laundry kiloan, laundry tas, sepatu dan lain-lain.

Mulailah Dengan Website

Sebagai cara pemasaran online berdasar praktik terbaik, website merupakan jantung dari pemasaran digital. Dengan sebuah website, Anda akan banyak mendapatkan manfaat seperti menjelaskan bisnis dan layanan, lokasi, cara order jemput cuci pakaian, dan sebagainya.

Pada website, Anda dapat menempatkan tombol Call-To-Action seperti tombol klik untuk jemput cucian via WhatsApp. Ini akan memudahkan siapapun di dekat lokasi laundry Anda untuk segera mulai menggunakan jasa laundry Anda bukan?

Anda dapat bayangkan kepusingan melayani order via Instagram atau DM Facebook, dan mungkin saja Anda dapat melewati beberapa permintaan pick up. Kekecewaan calon pelanggan dapat lebih terhindar jika Anda menggunakan website. Cukup sertakan link website Anda di seluruh Bio akun sosmed Anda.

Website Anda juga dapat berguna sebagai saluran untuk feedback para pelanggan. Misal untuk keluhan, lebih baik Anda sediakan di website dengan sebuah online contact form. Misal ada pelanggan yang kurang puas dengan wangi pakaian, maka Anda dapat menyesuaikan parfum atau pewangi pakaian yang lebih berkualitas untuk pelanggan laundry Anda.

Selain itu, cara melakukan pemasaran online bisnis laundry lebih lanjut, sebuah website dapat Anda install dengan Google Analytics. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan saluran digital mana saja yang banyak memberikan kontribusi, tulisan artikel apa saja yang banyak mengarahkan orang masuk ke website Anda melalui search engine dan sebagainya.

Dengan website dan analytics, Anda dapat mengukur upaya pemasaran online laundry Anda secara tepat. Dengan demikian, ini akan memudahkan Anda dalam mengatur strategi, taktik, dan mengelola sumber daya.

Pada akhirnya, Website Laundry Anda dapat dikenal banyak orang di sekitar Anda. Dan ini artinya, Anda telah melakukan branding. Jika branding Anda sukses, maka kepercayaan akan meningkat pada bisnis laundry Anda, mau berapa banyak pun pesaing di sekitar Anda.

Hadirkan Bisnis Laundry Anda di Peta Google

Ini merupakan cara melakukan pemasaran online untuk bisnis lokal. Dikenal juga dengan “Google Local Business”. Anda dapat mendaftarkan alamat bisnis Anda dengan masuk ke akun google Anda dan pilih “Google My Business” dan mulailah menambahkan pin lokasi tempat bisnis Anda. Isi form dengan lengkap dan jangan lupa sertakan alamat website Anda.

Setelah menerima verifikasi, maka bisnis Anda sudah hadir di peta google. Dan ketika orang-orang disekitar Anda mencari “jasa laundry terdekat” maka mereka akan melihat peta lokasi bisnis laundry Anda, website dan nomor telepon.

Lanjutkan Dengan Keajaiban Sosial Media

Anda dapat mulai memperkenalkan bisnis laundry Anda ke netizen di Instagram, Facebook dan Twitter. Jika Anda memiliki franchise atau jaringan laundry dengan banyak cabang, Anda dapat juga hadir di Youtube untuk mengaktifkan netizen.

Mulailah dengan hal-hal sederhana, perkenalan bisnis. Sampaikan juga ke pemirsa tentang lokasi bisnis Anda, apa yang dapt menjadi alasan mereka mencuci pakaian dengan laundry Anda dan sebagainya.

Anda juga dapat memposting testimoni atau pengalaman positif pelanggan laundry Anda.

Update dan Tambahkan Konten di Website

Ini tidak kalah pentingnya. Setelah memiliki website, Anda juga harus mengupdate dan menambah konten secara berkala. Harus konsisten, agar Anda dapat memenangi persaingan di search engine.

Konten di website juga akan sangat bermanfaat ketika Anda mengiklankan bisnis Anda di Google. Isi konten Anda akan terus terangkat seiring banyaknya impresi (tayangan) dan klik pada hasil pencarian di Google. Ini merupakan algoritma popularitas hasil pencarian di Google, selain kualitas di website Anda. Oleh karena itu, konten di website sangatlah penting.

Anda dapat menambahkan konten yang bermanfaat, misal cara membuat lemari pakaian tetap bersih dan lainnya. Dan Anda juga dapat memposting keseruan pengalaman pelanggan, misal saat Anda jemput dan antar pakaian ke pelanggan. Mungkin banyak pelanggan yang bersedia foto mereka ditampilkan di website Anda. Hanya saja, Anda harus meminta izin para pelanggan, sebab ada yang bersedia ada juga yang tidak bersedia.

Berinvestasi dengan Iklan Digital

Ini cukup penting, secara Anda harus menargetkan orang-orang di radius beberapa kilometer saja dari lokasi laundry Anda. Beriklan pada jalur digital, jika Anda memiliki website maka ini tidak sekedar menjadi biaya yang menguap begitu saja. Seluruh traffic dan peningkatan indeks hasil pencarian di search engine merupakan manfaat dari beriklan di saluran digital. Dan hal itu akan memberikan nilai tambah pada website Anda. Sehingga, biaya iklan berubah menjadi investasi.

Dalam beriklan di saluran digital, Anda dapat menargetkan orang-orang berusia tertentu dan dengan kriteria tertentu sesuai buyer persona target market Anda. Dan yang lebih penting lagi adalah, iklan digital dapat ditargetkan untuk orang-orang yang berada di radius beberapa kilo meter dari lokasi laundry Anda.

Iklan digital dapat berupa iklan di google ataupun iklan di FB dan Instagram. Dengan menargetkan orang di radius beberapa kilo meter dari bisnis laundry Anda, ini artinya Anda menghemat biaya iklan. Dengan biaya Rp. 1 juta per bulan sudah cukup untuk biaya iklan tersebut.

Biasanya iklan di Google, cukup 4 bulan saja memasang iklan, setelah ramai dan banyak pelanggan lagi maka Anda dapat mengalokasikan biaya iklan google tersebut dengan biaya iklan di FB dan Instagram, untuk membina kesetiaan pelanggan.

Gerak Cepat, “Jemput Bola”

Ini merupakan tindak lanjut untuk menyelaraskan pengembalian investasi online Anda. Semakin cepat Anda menjemput orderan pick-up laundry, semakin tinggi rasio pengembalian investasi online Anda. Dan sebaliknya, jika semakin lambat menjemput orderan, tentu ini dapat berpengaruh ke seluruh usaha pemasaran online bisnis laundry Anda.

Lakukan Monitoring dan Analisis

Selalu pantau komentar dan tanggapan di seluruh akun media sosial Anda. Terkadang, ada saja pesaing yang memberikan review negatif. Anda harus dapat cepat dan bijak dalam menanggapi semua keluhan maupun apresiasi. Terutama pada peta Google.

Analisa semua upaya pemasaran online bisnis laundry Anda. Temukan saluran digital dan konten yang paling memberikan kontribusi pada bisnis Anda. Ini akan menghemat sumberdaya bisnis Anda.

Kesimpulan

Bisnis laundry selalu dibutuhkan, baik pada masa pandemi dengan karantina wilayah maupun tidak. Hanya saja, pesaing terus bermunculan. Anda harus melakukan terobosan untuk memperkuat posisi, apalagi jika Anda merupakan pemilik laundry dengan puluhan cabang yang tersebar.

Website merupakan hal wajib dalam cara melakukan pemasaran online untuk bisnis apapun termasuk bisnis laundry. Kemudian daftarkan bisnis Anda di peta google, hadir di media sosial dan berikan link website Anda pada seluruh akun tersebut.

Beriklan adalah investasi jika Anda memiliki website. Segala peningkatan website di search engine merupakan manfaat dari beriklan, dan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang pada bisnis Anda.

Anda dapat membuat website dengan biaya yang sangat murah bersama kami. KiosMaya selalu hadir untuk memberikan solusi bagi bisnis UKM di seluruh Indonesia.

Pin It on Pinterest

Share This