Banyak bisnis yang terpukul sebagai dampak virus corona. Bisnis harus segera mengatasi dampak dari virus corona yang salah satunya dengan pemasaran digital yang tepat.

Seperti yang kita ketahui, beberapa sektor seperti pariwisata mengalami penurunan drastis. Bahkan, beberapa sektor terkait pariwisata seperti penerbangan dan perhotelan mulai merumahkan para karyawan.

Di sinilah peranan pemasaran digital yang mumpuni sangat dibutuhkan untuk mengatasi dampak virus corona terhadap bisnis.

Semua Bisnis Terkena Dampak Virus Corona

Virus Corona atau COVID-19, memberikan dampak pada seluruh sektor bisnis. Dimana orang diberikan pilihan terbaik untuk tidak sering keluar rumah.

Sebagai contoh, penjualan di mall akan semakin menurun seiring dengan berkurangnya minat orang untuk pergi belanja ke Mall. Dengan demikian, bisnis semakin dituntut untuk mengalihkan cara pemasaran dan penjualan dari offline ke online jika ingin bertahan.

Pemasaran digital dapat menahan penurunan dalam bisnis di tengah situasi virus corona sekarang ini.

Namun, tidak semua bisnis mengalami dampak yang negative karena adanya virus corona. Sebagai contoh, produsen masker dan obat-obatan telah mengalami peningkatan drastis dalam penjualan.

Virus Corona yang sudah menyebar secara global dan mematikan ini membuat orang lebih banyak berdiam diri di rumah. Beberapa waktu yang lalu, Twitter menganjurkan karyawannya untuk bekerja dari rumah untuk sementara waktu.

Ini artinya, beberapa bisnis seperti online shopping dan jasa pengiriman akan menjadi pilihan utama pada saat ini. Dan dari situasi ini, berarti ada beberapa hal yang dapat diarahkan untuk mengatasi penurunan bisnis dari dampak virus corona.

Bagaimana Pemasaran Digital Dapat Menghambat Dampak Bisnis Akibat Wabah Virus Corona?

Tentu pemasaran digital membutuhkan strategi yang tepat untuk segala situasi. Bahkan bagi bisnis dengan produk seperti masker dan obat-obatan yang laku keras, pemasaran digital tetap harus memiliki strategi yang tepat.

Untuk bisnis lainnya, pemasaran digital dapat diarahkan untuk home delivery atau memberikan layanan pengantaran ke rumah. Ini karena saat epidemi wabah virus corona terjadi, tentu akan lebih banyak orang berada di rumah.

Oleh karena itu, seperti bisnis retail di pusat perbelanjaan, kini sudah saatnya untuk segera memiliki website untuk berjualan online. Jika sudah memiliki website, saatnya sekarang untuk lebih terlibat pada:

  • Optimasi mesin pencari (SEO)
  • Social media distribution (FB dan IG Ads)
  • Beriklan di Google
  • Beriklan di media-media lokal.

Ini karena untuk sementara waktu Anda tidak dapat terlalu banyak mengharapkan konversi dari pengunjung mall.

Baca juga mengenai: Bagaimana Pengelola Mall Dapat Meningkatkan Pendapatan

Cara tersebut dapat berlaku untuk semua bisnis, baik retail maupun jasa, Dan inilah yang selalu kami lakukan untuk para Client.

Perlu diingat, kita berkompetisi pada promosi digital, tidak hanya kita sendiri yang melakukan hal ini, banyak yang melakukannya. Hanya konsistensi yang akan dapat memenangkan persaingan dan memberikan hasil yang baik pada pemasaran digital.

“Don’t be one night stand digital branding”

Apa yang dapat kami bantu untuk Anda?

KiosMaya dapat membuatkan website landing page secara cepat untuk kebutuhan promosi dan konversi bisnis Anda. Selanjutnya, kami dapat mendistribusikan informasi mengenai keberadaan website dan promosi di situs Anda tersebut baik di media sosial maupun di mesin pencari.

Namun, ini harus dilakukan dari waktu ke waktu. Ini karena pemirsa online tidak langsung membeli setelah melihat informasi. Ketika kebutuhan untuk membeli produk yang Anda tawarkan, Anda harus tetap hadir agar mendapatkan penjualan.

Sebagai perkiraan, biaya yang dibutuhkan untuk pemasaran digital setiap bulannya adalah mulai dari Rp. 5 juta per bulan, dan sebaiknya anggarkan 2.5% dari total target penjualan atau total omset tahun sebelumnya untuk digital marketing.

Selain itu, kami dapat membantu Anda untuk dapat bekerja dari rumah. Ini mengunakan aplikasi nextcloud yang berjalan di server Cloud VPS kami. Anda dapat berkolaborasi online dengan rekan kantor, membahas file langsung pada file tersebut, melakukan video conference, chatting dan sebagainya.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Pin It on Pinterest

Share This