Perencanaan dan penganggaran adalah bagian penting dari cara membentuk strategi pemasaran digital yang efektif. Dan untuk tim pemasaran digital, menciptakan strategi dan perencanaan anggaran akan menjadi sedikit lebih menantang karena semua bagian akan bergerak. Dengan strategi-strategi ini, sebagian besar tim kepemimpinan menghabiskan banyak waktu untuk menganalisis masalah seperti investasi modal, alokasi sumber daya, dan persaingan.

Pendekatan Strategis Untuk Menciptakan Strategi Pemasaran Digital Yang Kuat Dan Efektif

Perencanaan yang tepat akan memberikan perbedaan antara anggaran yang terbuang atau kegiatan yang tidak tepat dengan keuntungan investasi yang tinggi. Merencanakan strategi pemasaran digital untuk dikembangkan oleh tim dan perencanaan anggaran sangat penting untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan catatan untuk membantu Anda merencanakan dan membentuk strategi pemasaran digital.

Bagaimana cara mengumpulkan dan menggunakan data dalam strategi pengembangan daya saing?

Dari data kata kunci dan jangkauan audiens hingga demografi dan psikografis ada begitu banyak data yang tersedia tentang pelanggan, dan persaingan. Bagian terpenting adalah memastikan Anda bisa memahami siapa pelanggan Anda dan di mana menemukannya. Memahami hal ini memberi Anda wawasan paling akurat tentang jangkauan dan potensi keadaan.

Setelah itu, Anda dapat memulai merumuskan strategi pemasaran digital yang terbaik untuk segment dan lingkup bisnis Anda.

Jika perusahaan Anda menjual perhiasan wanita kelas atas, menargetkan wanita di atas usia 30 tahun dengan penghasilan di atas enam angka akan sangat mudah dikelola dengan iklan Facebook. Di sana, Anda juga dapat meningkatkan minat, merek dan mengenali pesaing yang paling relevan. Selain pendekatan ini, Anda juga dapat menargetkan blog mode dengan iklan bergambar atau influencer untuk menghasilkan lebih banyak visibilitas dan kesadaran merek.

Jenis data apa yang dapat dikumpulkan dari pengunjung atau pelanggan yang sudah ada?

Anda dapat menemukan wawasan yang signifikan melalui data perilaku pelanggan. Dengan data tersebut, Anda dapat memahami perjalanan pelanggan di situs Anda dan mengidentifikasi cara untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan atau pengguna.

Alat seperti Google Analytics dapat mengidentifikasi interaksi pelanggan pada halaman situs sehingga Anda dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan pelanggan. Atau Anda dapat menggunakan alat seperti Mix Panel untuk mencari tahu di mana orang-orang akan melakukan pembelian. Melakukan cara ini akan memperkuat tingkat konversi, yang kemudian menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Setelah Anda mengetahui bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan halaman-halaman di situs Anda, Anda akan benar-benar dapat meningkatkan prospek, panggilan untuk melakukan tindakan, dan melakukan pembelian. 

visualisasi alur konversi di web

Ini akan membuat pengalaman di situs Anda menyenangkan, sederhana dan mudah, yang jelas situs anda akan mengarah pada lebih banyak pendapatan.

Identifikasi investasi dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan apa yang Anda butuhkan.

Apa yang biasanya kita temukan adalah saat perusahaan mulai berpikir tentang berinvestasi dalam strategi pemasaran digital tetapi tidak menyadari semua bagian tambahan yang diperlukan dalam investasi.

Kita perlu membuat anggaran biaya seperti untuk memenuhi persyaratan SEO dan desain serta sumber untuk pemasaran konten. Untuk mendapatkan investasi, Anda dapat meneliti sumber daya online untuk gaji pemasaran digital agar mendapatkan anggaran dasar per posisi.Investasi Anda juga harus dinamis dan naik atau turun berdasarkan keberhasilan kegiatan yang relatif.

Apakah Anda rajin menguji dan mengulangi peluang yang ada?

Saat anda ingin mendorong ide-ide baru, ada kemungkinan Anda kehilangan pandangan tentang indikator kinerja utama (KPI). Buat dorongan untuk menindaklanjuti dan bersiaplah untuk menguji dan beralih melalui banyak ide. Namun, jangan menunggu terlalu lama untuk membuat keputusan karena itu bisa menghabiskan banyak pengeluaran dan sedikit pemasukan.

Memiliki rencana tentang cara menguji kegiatan pemasaran digital akan membantu Anda menganalisis data secara efisien, memutuskan apakah tes yang dilakukan berhasil, dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jika Anda sudah berhasil menemukan set KPI yang paling efektif, maka Anda dapat scale-up terhadap strategi pemasaran digital tersebut.

Pikirkan tentang bagaimana merencanakan strategi konten Anda.

Konten harus dibuat dan dikeluarkan secara efisien di semua saluran. Anda tidak lagi dapat menganggap segalanya sebagai bagian konten yang berbeda. Memiliki strategi pemasaran konten menyeluruh adalah suatu keharusan. Jadi, apa artinya itu? Konten Anda dapat dibagikan melalui posting blog, mempertimbangkan SEO dari sudut pandang penargetan kata kunci, dan dapat memanfaatkan email untuk mendorong retensi atau kemungkinan pelanggan kembali ke saluran.

Semua itu harus lakukan secara bersamaan, yang akan memungkinkan pemasaran konten menjadi bagian besar dari strategi pemasaran digital Anda. Ini akan membantu semua saluran pemasaran, menciptakan fondasi yang kuat untuk semuanya, dan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak perubahan.

Apa strategi omnichannel Anda?

Jika Anda benar-benar efektif dalam membuat konten, Anda akan dapat memberikan pengalaman pemasaran omnichannel yang mulus untuk pelanggan Anda. Ketika pelanggan pindah dari situs Anda, melihat email, menemukan Anda melalui penargetan ulang, atau bahkan meninggalkan desktop dan kembali melalui ponsel.

Kuncinya adalah pelanggan dapat memiliki perasaan yang menyatu terhadap sebuah pesan yang konsisten, dan setiap bagian dari materi pemasaran ada keunggulan masing-masing.

Contoh pengecer online; Jika Anda menempatkan item di keranjang belanja online dan diingatkan ada di sana melalui penargetan ulang dan pengingat email, akan lebih memungkinkan untuk mendapatkan pembelian.

Semua ini menjadi peraturan dan standar baru untuk menangkap dan mempertahankan pelanggan. Strategi pemasaran digital terbaik bukanlah sekelompok kegiatan yang hanya dilakukan satu kali. Idenya adalah untuk mendapatkan pelanggan secara cepat dan meningkatkan pertumbuhan bisnis (Growth Hacking).

Tentu, itu mungkin akan memberi Anda kemenangan dengan cepat tetapi mereka tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Strategi pemasaran digital Anda harus didorong oleh pendekatan konten menyeluruh dan pengalaman omnichannel yang bagus.

Pada akhirnya, Anda dapat menghasilkan pengalaman pengguna dan perjalanan pelanggan secara sederhana dan tanpa kesulitan.

Untuk menyelesaikan ini tidak mudah, tetapi jika Anda menetapkan tujuan, merencanakan ke depan, dan mengerjakannya secara efisien, strategi pemasaran digital Anda akan lebih kuat dan efektif.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatan konsultasi strategi digital marketing untuk bisnis Anda.

11 + 12 =

Pin It on Pinterest

Share This