Digital Marketing Perusahaan B2B Harus Perkuat Konten

Jan 10, 2023 | Content Marketing

Pemasaran konten merupakan strategi digital marketing perusahaan B2B yang sudah teruji efektifitasnya. Pelajari apa saja elemen yang ada untuk menjalankan misi digital marketing di tahun 2023 ini, lengkap beserta tujuan dan perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Trend Digital Marketing Perusahaan B2B di Tahun 2023

Jawabannya masih sama saja seperti di tahun 2022, akan tetapi ada fenomena menarik di tahun 2023 ini, mulai dari konten SEO, media sosial, dan e-mail marketing. Hanya saja ada perkembangan yang menarik di tahun 2023 ini, yakni semakin banyak perusahaan menengah yang go publik.

Baik untuk perusahaan go publik maupun private company, perusahaan B2B yang menjalankan digital marketing lebih banyak menerima prospek dan “mendapat karpet merah” di setap pitching tender. Ini karena perusahaan pengguna jasa atau produk mereka telah mengenal perusahaan B2B tersebut melalui website dan artikel di dalamnya.

Team KiosMaya telah mengamati perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO (Initial Public Offering) atau perusahaan yang melantai di bursa salam tiga bulan terakhir, sejak November 2022, hingga Januari 2023.

Kami menemukan bahwa:

Perusahaan yang baru melantai di bursa, harga saham stabil meningkat ketika websitenya bagus dan kaya informasi. Sebaliknya, perusahaan yang website alakadar dan informasi lebih hanya berisi prospektus sahamnya cendrung turun setelah 3 hingga 6  bulan IPO.

Tentu kami tidak bisa menyebutkan nama-nama perusahaan go publik tersebut, namun Anda dapat mencari dan meneliti sendiri, terutama ketika Anda juga aktif pada investasi dan trading saham.

Oleh karena itu, perusahaan B2B harus menggencarkan kualitas website dan memperkaya informasi bermanfaat di website mereka. Ini sebaiknya dilakukan sebelum memulai aktivitas lainnya seperti aktivasi di media sosial dan email marketing.

Bagaimana Strategi Digital Marketing Perusahaan B2B?

Dalam konteks digital marketing perusahaan B2B, Content is still as a King.

Team digital marketing perusahaan Anda harus perkuat strategi content marketing, baik itu SEO content writing, Social Media Copy Writing, maupun E-mail copy Writing. Bahkan, Anda harus sesekali menerbitkan whitepaper atau sebuah insight yang berguna di Industri Anda, yang dapat menjadi pedoman para pelaku bisnis, terutama untuk buyer persona Anda.

Secara keseluruhan, strategi digital marketing untuk perusahaan B2B cukup sederhana, yakni:

  1. Mendapatkan keterlihatan atau impresi sebanyak mungkin. Semakin banyak yang melihat informasi perusahaan Anda, baik di search engine, social media, maupun di iklan digital, tentu akan semakin besar potensi penjualan Anda. Sebaliknya.
  2. Targetkan pemirsa dengan tepat, dan arahkan untuk mengunjungi webiste Anda. Ketika pemirsa yang tepat mengunjungi website Anda, potensi mereka menjadi pembeli akan lebih tinggi, ketimbang hanya melihat informasi bisnis Anda di sosial media. Ingat, Anda adalah perusahaan B2B yang mana proses transaksinya lebih panjang dari bisnis retail.
  3. Berikan solusi untuk permasalahan di Industri Anda. Cara ini bertujuan untuk merubah pengunjung website menjadi prospek, sebelum menjadi pelanggan.

Masing-masing bisnis dapat berbeda-beda cara implementasinya. Tiga strategi tersebut merupakan yang ;paling utama untuk Anda ketahui jika ingin menjalankan digital marketing untuk perusahaan B2B secara efekitf.

Catatan: Anda juga harus bersabar, pekerjaan digital marketing tidak bisa terlihat hasilnya dalam waktu satu atau dua bulan. Ini berdasar pengalaman kami, dan menurut penelitian oleh konsultan-konsultan digital marketing lainnya di seluruh dunia. Bahkan Google menyatakan bahwa digital marketing perlu minimal 1.5 tahun dijalankan untuk dapat melihat dampak pada pertumbuhan bisnis.

Apa Saja Elemen Digital Marketing Perusahaan B2B dan Berapa Biayanya?

Mungkin kebanyakan para praktisi di perusahaan telah mengetahui elemen apa saja yang diperlukan untuk melakukan digital marketing di perusahaan. Di bawah ini kami segarkan kembali ingatan Anda dan jelaskan tujuan serta biayanya.

SEO Content Marketing

Pemirsa perusahaan B2B yang paling strategis adalah para pimpinan perusahaan dan bagian pembelian. Mereka merupakan corporate shoppper yang banyak mencari di internet, dalam hal ini di search engine Google atau Bing. Sebelum menghubungi suatu perusahaan, biasanya calon client atau pembeli Anda akan meakukan penelitian alias Googling.

Perusahaan Anda harus muncul pada kata kunci atau keyphrase yang mereka gunakan. Anda dapat menyerahkan pada KiosMaya untuk jasa search engine marketing, karena untuk melakukan hal ini masih jarang tenaga profesional yang ahli di Indonesia, bahkan di Asia untuk industri tertentu seperti bidang Teknologi Informasi.

Saran kami, sebaiknya publikasikan minimal 1 postingan artikel setiap minggu. Dengan 4 artikel per bulan, selama setahun diharapkan Anda bisa mendapat pengunjung sekitar 2000 pengunjung setiap bulannya. Perlu Anda ketahui, biaya per pengunjung website di Indonesia dapat berkisar antara Rp. 3000 hingga Rp. 10.000 per pengunjung, tergantung tingkat persaingan keyword.

Biaya search engine marketing mulai dari Rp. 8 juta per bulan untuk perusahaan B2B. 

Penting untuk Anda ketahui:

Akan lebih baik dan lebih cepat lagi ketika seminggu ada empat artikel. Ingat, artikel ini bukan hanya sekedar penulisan biasa, akan tetapi perlu riset topik, pemahaman bisnis, dan pemahaman industri. Selain itu, setiap artikel akan di backup 6 artikel lainnya di domain yang lain untuk membentuk backlink berkualitas dan relevan.

Cara ini tidak bisa sembarangan, ketika Anda lakukan tanpa memahami praktik SEO terbaik dan peraturan dari search engine, maka website perusahaan Anda dapat menjadi tidak dapat ditemukan sama sekali di search engine.

Social Media Marketing

Biaya social media marketing untuk di FB dan IG mulai dari Rp. 1.5 juta per bulan, sedangkan jika tambah di Twitter dan Linkedin (tanpa boosting iklan) maka tambah Rp. 1 juta per bulan, dengan demikian total biaya sosial media perusahaan B2B sekitar Rp. 2.5 juta per bulan. Namun jika Anda ingin lebih cepat dikenal oleh calon pengguna jasa atau pembeli prodiuk maka sebaiknya beriklan di LinkedIn dengan anggaran minimal Rp. 2.5 juta per bulan.

Manajemen Website

Tujuannya untuk meningkatkan kinerja website Anda, sehingga mudah dan nyaman di akses oleh para pengunjung website. Tentu kita tidak senang dengan website yang loadingnya lama dan tampilan websitenya tidak proporsional. Manajemen website ini tidak termasuk biaya re-design website, namun untuk perbaikan kecil seperti ukuran huruf, ukuran gambar, update content di halaman-halaman penting, dapat menjadi bagian pekerjaan manajemen website.

Selain itu, manajemen website untuk perusahaan B2B akan melibatkan teknik untuk meningkatkan keamanan dari waktu ke waktu. Tentu Anda tidak ingin website corporate Anda tampil di search engine dengan bahasa yang tidak Anda kenali dan jadi ajang penjualan obat serta pakaian dalam bukan?.

Manajemen website juga akan memantau dan mengelola email server perusahaan Anda, dan memberikan dukungan kepada pengguna. Misal ada karyawan baru, maka mereka akan dapat bertanya tentang cara setting email, solusi dari masalah email, dan sebagainya.

Anda dapat meng-outsource pada kami dengan menggunakan jasa manajemen website mulai dari Rp. 7.5 juta per bulan.

Di KiosMaya, jasa manajemen website ini juga memantau seluruh aktivitas yang ada di Google Analytics dan melaporkannya setiap bulan.

Konten Tambahan yang Terbukti Ampuh Untuk Merubah Pengunjung Website Menjadi Pelanggan

Beberapa konten yang dapat menarik pengunjung website dan dapat mengkonversi mereka menjadi pelanggan diantaranya adalah:

  1. Video testimoni dari Client, terutama para C-Level. Ini sangat berpengaruh untuk meyakinkan perusahaan lainnya dalam menggunakan jasa Anda.
  2. Studi kasus terhadap proyek yang pernah Anda lakukan dapat meningkatkan keyakinan calon pelanggan perusahaan Anda.
  3. Insight dan hasil analisa yang Anda lakukan yang dapat menjawab pertanyaan pada orang-orang di Industri Anda.

Oleh karena itu, perlu juga Anda pertimbangkan kehadiran Anda di Youtube. Dengan memiliki corporate official channel di Youtube, maka Anda dapat lebih menghadirkan bisnis Anda secara live. Anda juga dapat memberikan pengalaman virtual dengan video content marketing.

Perbandingan dengan Solusi In-House

Jika mengalihdayakan ke KiosMaya, Anda perlu menganggarkan mulai dari Rp. 18 juta per bulan dan idealnya di Rp. 35 juta per bulan. Mungkin secara bisnis Anda akan berpikir lebih baik menyelenggarakan secara in-house. Akan tetapi, elemen pekerjaan digital marketing untuk perusahaan B2B seperti yang kami jelaskan di atas, setidaknya membutuhkan 3 orang yang ahli dan bepengalaman.

Berikut perincian biaya digital marketing in-house:

  • Designer grafis: Rp. 9 juta per bulan. Anda tidak bisa menggunakan designer grafis yang tidak mengenal branding dan persyaratan untuk periklanan online.
  • Copy writer: Rp. 5.5 juta per bulan.
  • SEO Content Writer: Rp. 15 juta per bulan. Ini mungkin yang pengalamannya 4 sampai 8 tahun.
  • Belum lagi untuk manajer yang mengawasi semuanya, dan untuk manjemen website.

Total biaya digital marketing in-house untuk perusahaan B2B sekitar Rp. 30 hingga 45 juta per bulan. Ini belum biaya iklan di Google dan Boost di FB dan IG.

agile marketing by mckinsey

agile marketing by mckinsey

Selain itu, biaya tersebut juga belum termasuk untuk membuat media yang perlu anda rawat setiap hari selama bertahun-tahun agar dapat Anda pergunakan sebagai backlink ke website utama Anda.

Ingat, persaingan di era digital terjadi sangat cepat, perkuat segera digital marketing Anda dengan content berkualitas, terstruktur, dan jelas kinerjanya bersama KiosMaya.Com.

Percayakan urusan digital marketing perusahaan Anda ke KiosMaya.Com. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Cara Membuat Website Landing Page Sesuai Praktik Terbaik

Cara Membuat Website Landing Page Sesuai Praktik Terbaik

Website landing page akhir-akhir ini semakin banyak peminatnya, demikian tentang cara bikin landing page juga semakin banyak dicari di Google. Maklum, tipikal bisnis online di Indonesia mereka banyak menemukan para "master" yang mengajarkan cara instan jualan banyak...

Berapa Biaya Pemasaran di Media Sosial untuk Bisnis?

Berapa Biaya Pemasaran di Media Sosial untuk Bisnis?

Beberapa tahun belakangan banyak perusahaan hadir di media sosial, yang semoga ini tidak hanya sekedar menjadi hype atau ikut-ikutan saja. Ada beberapa alasan bagi bisnis untuk hadir di media sosial, namun apa yang menjadi penting adalah menetapkan berapa biaya...

Siapkan IPO Perusahaan di Saluran Digital Dengan Cara Ini

Siapkan IPO Perusahaan di Saluran Digital Dengan Cara Ini

Saat perusahaan Anda berencana untuk go publc, Anda perlu siapkan IPO Perusahaan di saluran digital dengan cara yang benar, alias tidak asal jadi atau asal ada website dan sebagainya. Alasannya cukup sederhana, karena sangat penting untuk menjaga citra perusahaan dan...

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Secara bisnis, memang jasa digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, jika tidak untuk apa? Ini sangat benar. Akan tetapi dengan persaingan bisnis yang hadir di saluran online, tantangan digital marketing semakin meningkat. Siapapun tidak bisa serta merta...

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Jasa SEO bergaransi memang cukup menarik bagi mereka yang awam terhadap digital marketing terutama SEO atau pemasaran organik. Jaminan muncuk di halaman pertama hasil pencarian tentu akan menarik minat banyak orang. Masalahnya, Google sendiri telah memberitahukan...

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Bisnis setelah pandemi terlihat akan rebounding dari momentum downturn kemarin. Karena kami sering melihat trend dan analytics dari metrik-metrik digital marketing, saat ini kami sedang melihat adanya momentum pasca downturn dan ada issue hangat di 2023. Seperti...

Pin It on Pinterest

Share This