Bisnis hari ini ditengah situasi wabah COVID-19 semakin memberikan peluang bagi para pelaku bisnis rumahan. Mereka mengalami lonjakan permintaan. Akan tetapi, ditengah perjalanan sering kebingungan karena beberapa customer merasa sudah order di reply comment sosmed namun tidak terlayani.

Inilah mengapa pentingnya sebuah website untuk para pelaku bisnis rumahan.

Manajemen Online Bisnis Rumahan Sangat Penting

Memang, kebanyakan orang di Indonesia berada di media sosial setiap hari. Apalagi saat mereka sedang berada dalam karantina wilayah. Pemesanan melalui reply comment maupun inbox atau direct message (DM) sering memusingkan para pelaku bisnis rumahan dalam mengelola orderan.

Walaupun biasanya para pelanggan memesan melalui WhatsApp, akan tetapi pelanggan-pelanggan baru terkadang belum mau menyimpan nomor Anda. Ini artinya, mereka hanya akan mau melakukan komunikasi melalui media sosial, baik itu melalui reply comment maupun via inbox.

Jika frekuensi pertanyaan atau permintaan produk dalam jumlah puluhan per hari, maka ini belum jadi masalah. Namun, ketika permintaan tersebut menjadi ratusan kali per hari, maka tentu akan membuat pusing si pelaku bisnis itu sendiri. Pada akhirnya, cara ini akan membuat Anda stress dan mulai menurunkan kualitas dalam melayani para pelanggan.

Apalagi jika Anda memiliki banyak produk yang stok nya tidak selalu ada. Waktu dan tenaga Anda dapat habis dalam melayani pertanyaan untuk produk yang sudah tidak ada stoknya. Ketika pelanggan Anda banyak yang kecewa, lama kelamaan bisnis Anda menjadi sepi.

Oleh karena itu, manajemen online sangat penting untuk diketahui oleh para pelaku bisnis rumahan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan bisnisnya.

Manfaat Website untuk Bisnis Kecil Anda

Sebuah website dapat meringankan kepusingan Anda dalam mengelola bisnis Anda. Untuk pertanyaan para pelanggan, Anda dapat memberikan sebuah tombol CTA yang langsung terhubung ke WhatsApp Anda. Hal yang sama juga dapat Anda terapkan untuk melayani orderan para pelanggan.

Namun jika Anda memiliki puluhan bahkan ratusan jenis produk, sebaiknya Anda menggunakan website toko online agar dapat lebih efisien dan memudahkan para pelanggan untuk melakukan order.

Sebuah website toko online akan menampilkan daftar produk berikut keterangan dan ketersediaan stock. Ini sama seperti marketplace, bedanya adalah Anda tidak ada pesaing lagi ketika pengunjung masuk ke website Anda.

Bagi para pelanggan Anda, mereka akan merasakan kemudahan dalam bertransaksi dengan bisnis Anda. Ini jauh lebih baik ketimbang hanya menggunakan media sosial untuk jualan online.

Atau, Anda cukup menggunakan website landing page jika hanya memiliki produk kurang dari 10 jenis. Produk dapat anda listing juga dengan tombol Call To Action (CTA) di setiap produk yang langsung menghubungi Anda dengan pesan via WhatsApp yang sudah di tentukan sebelumnya.

Misalkan, para produk A, tombol klik untuk order dapat di isi dengan format “Hai, Saya mau beli produk A” pada tombol CTA tersebut. Ini dapat menghilangkan kebingungan antara Anda dan para pelanggan.

Biaya Pembuatan Website Toko Online

Untuk sebuah website toko online, biaya mulai dari Rp. 3.500.000,- per tahun atau sekitar Rp. 290.000 per bulan, namun Anda harus bayar tahunan. Biasanya website toko online ideal untuk Anda yang memiliki puluhan hingga ratusan jenis produk. Website toko online akan memudahkan Anda untuk update stock, membuat promo terbatas, membedakan harga retail dan grosir, dan sebagainya.

Sebuah website toko online harus memiliki modul pengiriman dan pembayaran. Artinya, para pelanggan dapat memilih jenis pengiriman dan mengetahui biaya pengiriman. Selain itu, modul pembayaran adalah untuk pilihan bank yang akan dipakai untuk pembayaran. Ini akan memudahkan Anda saat para pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran, sehingga Anda dapat meningkatkan kecepatan pelayanan dalam eksekusi sebuah order.

Bayangkan jika Anda harus menjawab “Berapa Biaya Kirim?” dan “Minta nomor rekeningnya ya”. Anda tentu dapat menyiapkan format jawaban, akan tetapi tetap saja menyita waktu dan tenaga. Dengan website toko online, semua itu ada dalam proses order.

Biaya Pembuatan Website Landing Page

Jika Anda baru memiliki kurang dari 10 produk, sebuah website landing page mungkin lebih cocok untuk Anda. Biayanya yang sangat murah, Rp. 850.000,- per tahun. Cukup murah bukan? akan tetapi Anda harus mendapatkan sebuah website dengan tampilan modern dan profesional, serta cepat untuk dibuka halaman websitenya.

Anda dapat melihat contoh website landing page pada video di bawah ini:

Selain lengkap dalam memberikan informasi, ada sebuah tombol CTA yang langsung menghubungi WhatsApp Anda dengan format teks yang telah ditentukan sebelumnya untuk setiap produk. Ini dapat mempermudah dan mempercepat transaksi online Anda.

Anda dapat melihat beberapa contoh website landing page yang baik, andata lain di website:

  • jualsabuncuci.com 
  • mesinpengeringpakaian.com
  • satetongtong.com
  • jualparfumlaundry.com 
  • dan sebagainya.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana membuat calon pelanggan percaya dengan bisnis Anda? Simak beberapa tips tambahan di bawah ini.

Meraih Kepercayaan Pemirsa Online

Ada banyak cara untuk mendapatkan pelanggan baru secara online bahkan untuk Anda yang berada di desa sekalipun. Namun sebelum mendapatkan pelanggan, Anda harus:

  • Memiliki website dan akun media sosial yang saling terhubung.
  • Kemudian, Anda daftarkan bisnis rumahan Anda ke Bisnis Lokal Google dan verifikasi bisnis Anda. Setelah bisnis Anda ter-verifikasi oleh Google, maka bisnis Anda akan muncul jika nama bisnis, alamat, atau nomor ponsel Anda dicari di Google.
  • Setelah itu, Anda dapat menampilkan peta lokasi alamat Anda di website landing page atau website toko online Anda.

Cara ini sangat efektif dalam meraih kepercayaan awal para calon pelanggan Anda. Sebab, mereka akan mencari nama bisnis, bahkan nomor telepon Anda di Google. Jika mereka tidak menemui hasil di Google Maps maka kemungkinan mereka sulit untuk mempercayai bisnis rumahan Anda.

Kesimpulan

Wabah pandemik COVID-19 memberikan peluang besar bagi para pelaku bisnis rumahan. Sayangnya, dengan meningkatnya pertanyaan dan permintaan produk via media sosial, dapat memusingkan Anda dan mengakibatkan kekecewaan pada para pelanggan.

Sebuah website dapat membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut. Anda dapat bekerja lebih efisien, seraya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan pada para pelanggan Anda.

Untuk dapat lebih dipercaya oleh calon pelanggan, Anda harus hadir di Lokal Bisnis Google. Dengan cara ini, para calon konsumen akan semakin yakin ketika melakukan sedikit penelitian mengenai bisnis Anda sebelum mereka mengambil keputusan membeli atau tidak.

Pin It on Pinterest

Share This