Kenapa Keterkiriman Email Sangat Penting Bagi Perusahaan?

Okt 14, 2021 | Email

Keterkiriman email adalah email yang terkirim sukses masuk ke folder inbox oleh penerima, bukan ke folder Spam atau folder Junk. Perusahaan sangat membutuhkan kelancaran dalam komunikasi via email, baik untuk internal, ke client, maupun ke pihak lainnya. 

Kegagalan pengiriman adalah ketika email Anda tidak masuk ke kotak masuk kolega bisnis Anda. Cukup sederhana, bukan? Namun, proses di balik memastikan keterkiriman bisa jadi rumit.

Mengapa keterkiriman email penting?

Apakah Anda bisnis yang sering mengirim email? Apakah Anda ingin email Anda masuk ke kotak masuk, bukan folder spam? Jika ya, maka Anda harus peduli dengan tingkat keterkiriman e-mail.

Pelanggan Anda perlu melihat email transaksional dan pemasaran penting bisnis Anda di kotak masuk mereka, bukan folder spam.

Jika Anda masih belum sepenuhnya mengetahui mengapa kesuksesan pengiriman email itu penting, bayangkan ini.

Kenapa bisnis harus gunakan mail server kiosmaya

Misal, Anda sedang berlomba memberikan penawaran terbaik kepada sebuah entitas yang ditunggu dalam batas waktu tertentu. Lantas, email yang Anda kirim tersebut tidak masuk ke folder Inbox mereka, sementara email para pesaing Anda masuk ke Inbox mereka. Otomatis, sebaik apapun penawaran yang Anda berikan akan menjadi sia-sia, pun Anda dapat jelaskan.. tetap saja kesan yang didapat adalah tidak profesional dan ini akan menurunkan kepercayaan para Client.

Contoh lainnya, Anda melakukan email pemasaran dengan diskon yang terkirim ke folder spam pelanggan Anda. Sekali lagi,  Anda dapat kehilangan sebagian besar pendapatan baru. Ini juga sama menjengkelkannya bagi pelanggan yang mungkin ingin mendapatkan diskon tersebut.

Anda dapat dengan mudah menghindari masalah keterkiriman email jika Anda mempertimbangkan pengiriman email Anda dengan cermat.

Kenapa bisnis apapun terutama jasa profesional dan eksportir, harus hindari penggunaan email gratisan?

Bagi anda para pekerja perkantoran, mengirim email ke Client yang sudah anda kenal sebelumnya tentu tidak jadi masalah jika menggunakan email gratisan seperti Gmail, Hotmail, Yahoo, MSN dan dari Provider Internet anda. 

Akan tetapi bagi Anda yang ingin menggali potensi pemasaran untuk bisnis tentu akan berbeda. Setiap prospek yang akan anda kirimi e-mail perkenalan tentu banyak juga menerima e-mail dari pihak lain, dan tentu jika anda menggunakan nama domain sendiri maka penerima email akan cendrung berpikir bahwa si pengirim email tersebut dari badan atau organisasi yang kredibel.

Anda dapat bedakan sendiri dalam menerima email:

“Surat Perkenalan PT. XYZ Jasa Door to Door” dan alamat pengirim pakai akun gratisan dengan alamat pengirim pakai nama domain ptxyz.com. Anda akan lebih yakin untuk mengambil tindakan pada email yang anda terima dari pengirim dengan nama domain sendiri bukan? 

Apalagi jika isi email tersebut ada alamat kantor di kawasan perkantoran elit, akan tetapi pakai email gratisan, tentu anda akan berpikir ulang apa ya ini bukan penipuan? kenapa sewa kantor mahal sanggup tapi kirim email masih pakai email gratisan? 

Itulah pentingnya bagi bisnis untuk memiliki website dengan nama domain sendiri yang didukung dengan teknologi pengiriman email yang aman dan andal.

Kesuksesan pengiriman email juga penting bagi bisnis eCommerce

Bisnis, terutama di eCommerce, biasanya mengirim dua jenis email ke pelanggan mereka.

Jenis pertama adalah email pemasaran. Mereka dikirim ke pelanggan yang telah memilih untuk menerima email dari merek tersebut. Ini dapat mencakup semuanya, mulai dari email diskon, buletin mingguan, atau kampanye Liburan.

Jenis kedua adalah email transaksional, yang diterima pelanggan setelah mereka melakukan tindakan di situs web atau aplikasi, termasuk konfirmasi pendaftaran, reset kata sandi, atau tanda terima pembelian.

Apa perbedaan antara pengiriman email dan keterkiriman email?

Pengiriman email adalah apakah ISP audiens Anda (mis. Gmail) menerima email Anda atau tidak. Keterkiriman ada pada email yang masuk ke kotak masuk.

Ada kata kunci lain yang perlu dipertimbangkan: terkirim vs keterkiriman. Email terkirim berarti bahwa server penerima telah menerima email Anda dan penerima dapat melihatnya.

Tetapi email yang terkirim berarti masih diproses atau telah ditempatkan dalam antrian karena berbagai alasan (misalnya, kotak masuk penerima mungkin penuh, atau alamat email mungkin salah).

Pada akhirnya lebih baik untuk mengukur keberhasilan pengiriman email Anda dalam hal keterkiriman. Keterkiriman menunjukkan apakah jenis email yang Anda kirimkan cukup baik untuk masuk ke kotak masuk pelanggan Anda, dan praktik pengiriman Anda pada akhirnya dapat memengaruhi hal ini.

Tingkat keterkiriman mungkin berada pada faktor lain di luar faktor Anda, seperti penyedia jasa layanan email pilihan Anda dan rasio pentalan dan pemblokiran. Maka selalu lakukan uji tuntas dalam memilih ESP Anda. Perhatikan jaminan tingkat keterkiriman yang mereka tawarkan.

Berapa tingkat keterkiriman email yang ideal?

Sulit untuk menentukan tingkat keterkiriman email yang baik. Statistik pengiriman email secara global menunjukkan bahwa “hanya 79% email komersial yang masuk ke kotak masuk.” Sisanya adalah “ke folder spam atau hilang—kemungkinan besar diblokir antar penyedia layanan email.”

Ada 3 hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk menjustifikasi tingkat kesuksesan pengiriman email:

  • Anda harus memperhatikan memastikan tingkat keterkiriman email tidak kurang dari 95%. Lebih bagus lagi jika dapat lebih tinggi dari itu.
  • Sedangkat Tingkat bouncing atau email yang terpental, yang dikategorikan ke dalam bouncing keras dan bouncing lunak, tidak boleh lebih tinggi dari 3%.
  • Dalam hal tingkat SPAM, tidak boleh melebihi 0,08%.

Masalah keterkiriman email umumnya terjadi jika ada yang salah dengan salah satu atau semua elemen berikut:

  • Konten email.
  • Otentikasi (Konfigurasi Domain/IP) Alamat email,
  • Domain,
  • dan reputasi IP.

Cara meningkatkan keterkiriman email

Ada beberapa praktik dan tips terbaik yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan reputasi dan kemampuan pengiriman email perusahaan Anda. Ada 34 faktor yang dapat memengaruhi kemampuan pengiriman Anda, namun dalam artikel ini kami sajikan yang terpenting saja.

Alamat Pengirim Email

  • Hindari menggunakan email gratisan, atau yang tanpa menggunakan teknologi pengiriman email secara khusus.
  • Gunakan alamat email dengan domain website Anda. Anda kemudian dapat mengatur DKIM & SPF, yang akan memungkinkan otentikasi email oleh server penerima.
  • Pastikan situs web Anda aktif dan berjalan. Mengirim email dari alamat yang ditautkan ke situs web yang tidak aktif atau kosong akan membuat ISP curiga.

Daftar Kontak

  • Jangan membeli, meminjam, atau menyalin daftar kontak pihak ketiga mana pun. Jenis daftar ini tidak hanya biasanya berisi banyak jebakan spam dan alamat email berkualitas buruk, tetapi juga melanggar kebijakan KiosMaya. Perangkap spam adalah alamat email yang tidak digunakan untuk komunikasi dan tidak boleh menerima email; jika memang menerima email, maka ISP akan menganggap pengirimnya sebagai spammer.
  • Kembangkan daftar kontak berkualitas baik dengan mengumpulkan alamat email melalui opt-in dari situs web Anda. Proses double opt-in (pendaftaran + pengiriman email konfirmasi) disarankan untuk menghilangkan alamat email yang salah ketik atau palsu.
  • Perbarui dan bersihkan daftar kontak Anda secara teratur. Pantau hasil pengiriman email Anda, dan hapus penerima yang diblokir, terpental keras, diblokir, spam, berhenti berlangganan, dan tidak menarik. Fokus pada orang-orang yang paling tertarik dengan email pemasaran Anda.

Isi Email

  • Jangan gunakan SEMUA KATA Kapital di baris subjek atau pada isi email Anda.
  • Hindari penggunaan kata-kata bertipe spam (‘Gratis’, ‘Penjualan’, ‘Uang Tunai’, ‘Penawaran Terbatas’, dan sejenisnya).
  • Pertahankan baris subjek Anda antara 35 hingga 50 karakter. Semakin panjang baris subjek Anda, semakin besar kemungkinannya akan ditandai sebagai spam.
  • Konten email harus relevan. Jika Anda mengirim konten yang tidak relevan, pelanggan Anda mungkin menandai Anda sebagai spammer.

Kesimpulan

Komunikasi bisnis sering terjadi melalui email, seperti pengiriman file penawaran, dokumen dan sebagainya. Memang, Anda dapat mengirim via WhatsApp akan tetapi ini bukanlah pilihan yang bijak karena akan memenuhi ponsel Anda.

Keterkiriman email sangat penting untuk mendukung komunikasi bisnis yang lancar. Jika keterkiriman email sering bermasalah, maka komunikasi bisnis Anda menjadi terhambat, tidak efektif, dan bahkan dapat menggagalkan suatu deal.

Keterkiriman bisa menjadi hal yang rumit. Namun dengan menggunakan jasa website corporate, jasa website toko online, ataupun jasa website landing page Kiosmaya, Anda dapat terbebas dari kerumitan tersebut.

KiosMaya menggunakan mail server dengan teknologi orkestrasi IP yang dapat menjamin keterkiriman email Anda diatas 95% dan sudah memenuhi standard keamanan ISO 27001. Hubungi team kami untuk memulai komunikasi bisnis yang lebih baik di era digital.

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Dominasi Brand SERP harus menjadi prioritas dalam aktivitas online branding bagi para praktisi atau para konsultan digital marketing. Ini karena dalam pencarian Google terkadang hasil penelusuran untuk Brand juga menampilkan hasil untuk "orang lain juga bertanya"...

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi website atau desain ulang situs web adalah proses terperinci untuk memperbarui situs Anda, yang mencakup pembaruan konten, penyegaran tata letak, dan peningkatan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Hampir setiap merek memiliki situs...

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Pengunjung website merupakan awal mula kesuksesan bisnis, oleh karena itu kita harus memahami cara meningkatkan traffic website tanpa perlu membayar sepeserpun untuk iklan. Ahrefs, sebuah situs alat SEO menginformasikan bahwa 91% konten yang ada di website tidak...

Pin It on Pinterest

Share This