Perusahaan Tbk merupakan perusahaan yang selalu berhubungan dengan para investor. Banyak investor mencari informasi fundamental sebuah perusahaan sebelum mereka berinvestasi. Oleh karena itu, manajemen komunikasi digital untuk perusahaan Go Publik perlu diarahkan untuk meningkatkan sentimen positif terhadap para investor.

Sentimen negatif terhadap perusahaan go publik dapat menyebabkan turunnya minat para investor dalam membeli saham emiten. Sentimen menjadi dasar informasi yang dapat membentuk keputusan beli atau jual di bursa saham.

Tujuan Manajemen Komunikasi Digital untuk Perusahaan Go Publik

Perusahaan emiten harus mampu menjadi sumber informasi terpercaya di saluran online. Jangan sampai investor lebih percaya dengan informasi yang disebarkan oleh pihak lain, terlebih lagi oleh buzzer anonim di media sosial. Oleh karena itu, setiap perusahaan emiten harus segera menerapkan manajemen komunikasi digital yang efektif.

Tujuan perusahaan emiten hadir di saluran digital adalah agar dapat mengendalikan isu yang beredar seputar perusahaan mereka. 

Ranah digital memberikan peluang yang sangat besar bagi para emiten dalam menumbuhkan kepercayaan dan semangat berinvestasi. Namun sebaliknya, ranah digital dapat menjadi “bola liar” pada urusan investor relation Anda.

Jika perusahaan emiten tidak dapat mengendalikan issue yang beredar, ini dapat menyebabkan harga saham Anda terus menurun dalam waktu yang cukup panjang. Ini memang konsekuensi bisnis di era transformasi digital, yakni .. harus dapat hadir di ranah digital dengan baik.

Setelah Anda menyadari adanya faktor pelemahan harga saham yang disebabkan karena issue yang tidak dapat Anda tangani, maka Anda akan memahami pentingnya manajemen komunikasi digital untuk perusahaan Anda.

Dengan manajemen komunikasi digital yang baik, perusahaan emiten dapat mengoptimalkan sentimen positif dan meredam sentimen negatif.

Tips Manajemen Komunikasi Digital untuk Para Emiten

Untuk dapat efektif dalam berkomunikasi di saluran digital, berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Strategi komunikasi digital
  • Monitoring sentimen di seluruh saluran online
  • Melakukan advokasi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap sentimen negatif
  • Memperluas jangkauan pemirsa untuk sentimen positif.

Terlepas apapun jenis bisnis Anda, komunikasi digital yang baik sangat diperlukan baik melalui media sosial, search engine, maupun melalui liputan berita.

Berikut penjelasan 4 point di atas.

Strategi Komunikasi Digital

Ini memerlukan pemahaman karakteristik saluran digital. Perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan media sosial untuk mengendalikan sentimen publik. Ketika orang mendapatkan informasi awal melalui media sosial, walaupun itu sentimen positif, kemudian mereka mencari di Google search engine dan menemukan sentimen negatif, maka kepercayaan investor tentu akan berkurang.

Oleh karena itu, suatu set strategi harus direncanakan dengan baik. Untuk mengetahui informasi ini lebih lanjut, Anda dapat melihat teknik pemasaran digital untuk perusahaan migas yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Monitoring Sentimen 360

Anda harus mendengar “suara” yang beredar di saluran online untuk mengetahui tingkat kepercayaan investor. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan beberapa peralatan seperti Brand24, Talwalker, dan sebagainya.

Bahkan Anda juga dapat menggunakan alat buatan lokal seperti Drone Emprit yang sangat berguna untuk analisa pembicaraan di Twitter dan dapat di kustomisasi sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengetahui informasi fundamental apa saja yang dapat berpengaruh dapat membentuk persepsi dikalangan investor terhadap perusahaan Anda, maka Anda dapat lebih mudah untuk mengendalikan semua sentimen yang ada dan mengerahkan seluruh upaya secara optimal.

Monitoring sentimen dapat menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja manajemen komunikasi digital Anda. Anda dapat melihat tingkat penurunan sentimen negatif atau sebaliknya. Ini dapat menjadi indikator kinerja yang valid.

Advokasi Online

Tidak sedikit perusahaan emiten yang menjadi korban “persekusi” oleh buzzer di media sosial yang mulai melancarkan serangan untuk menimbulkan sentimen negatif. Demikian media online, begitu perusahaan Anda mengalami suatu hal yang diluar prediksi, bisa saja pemberitaan tersebut mempengaruhi pengambilan keputusan para investor.

Tim komunikasi digital harus dapat mengidentifikasi sumber sentimen negatif jika asalnya bukan dari kejadian yang dialami oleh perusahaan. Setelah itu, tim harus “meng-isolasi” para influencer tersebut agar isu negatif seperti fitnah atau hoax tidak semakin melebar.

Ini selain memerlukan peralatan online seperti di atas, juga memerlukan alat online untuk identifikasi influencer. Sebab, bisa saja “kabar burung” menyebar dengan sangat cepat, misal seperti budaya bisnis Anda yang kurang baik seperti seringnya ada masalah pembayaran pada para vendor. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi para investor untuk berpikir “Apakah perusahaan emiten tersebut memahami Good Corporate Governance?.”

Memperluas Sentimen Positif

Kegiatan operasional perusahaan apapun yang dapat diterima secara positif oleh semua kalangan (tidak hanya investor), dalam hal manajemen komunikasi digital yang efektif, maka harus diperluas penyebaran informasinya. Hal ini dapat sekaligus meredam gejolak sentimen negatif yang masih beredar di benak para investor.

Setiap bisnis dapat memiliki ceritanya masing-masing dan Anda bebas memilih jalan cerita Anda untuk disampaikan ke publik. Misal, seperti kegiatan amal atau santunan, ini sangat baik untuk diperluas penyebaran informasinya. Ingatlah, tidak semua investor saham Anda di-motivasi hanya karena alasan ekonomis.

Dengan memperluas sentimen positif kepada halayak luas, ini juga dapat mempengaruhi persepsi para jurnalis bursa saham. Ketika perusahaan Anda mengalami sebuah insiden, tentu para jurnalis tidak akan “membantai” perusahaan Anda dalam pemberitaan jika mereka sudah memiliki “hubungan perasaan positif yang mendalam” terhadap perusahaan Anda.

Studi Kasus

Baru-baru ini seperti dilansir di Tirto.id mengenai Putusnya Kerjasama Pepsi Co dan Indofood. Jika ditelusuri dari artikel tersebut, kita akan dapati betapa pentingnya memperkuat komunikasi digital untuk seluruh perusahaan, tidak hanya untuk perusahaan emiten saja.

Pepsi Co dikabarkan keluar dari pasar Indonesia. Ini bisa jadi buntut dari publikasi masalah penggunaan sawit oleh Pepsi Co dari perusahaan yang terkena pemberitaan tidak sedap di media digital. Dan ini berarti, tidak hanya perusahaan itu sendiri yang terkena dampak negatif dari publikasi tentang sawit tersebut, perusahaan pengguna juga dapat terkena imbasnya.

Padahal, bisa saja publikasi masalah praktik bisnis sawit PT Lonsum tersebut tidak akurat. Disini kita dapat perhatikan betapa pentingnya untuk memperkuat komunikasi digital bagi perusahaan. Pengaruhnya tidak hanya kepada investor, akan tetapi konsumen atau pelanggan juga dapat terpengaruh, jika mereka lebih percaya sumber informasi dari pihak selain perusahaan.

 

Kesimpulan:

Mungkin tanpa Anda sadari, selama ini ada beberapa pemberitaan yang muncul di media dan percakapan di media sosial yang mempengaruhi tingkat kepercayaan investor Anda. Dengan mengetahui darimana sentimen tersebut muncul, perusahaan dapat mulai melakukan serangkaian aksi untuk meredam atau memperkuat sentimen tersebut.

Di era digital sekarang ini, jika ada karyawan atau konsumen yang kecewa dengan perusahaan Anda maka mereka akan mulai berkeluh kesah di ruang terbuka seperti Twitter, Facebook, Instagram dan bahkan LinkedIn. Bahkan, ada saja pihak-pihak tertentu yang sengaja menyebarkan kabar bohong mengenai perusahaan Anda.

Manajemen komunikasi digital merupakan kebutuhan para emiten sekarang ini. Dengan set strategi dan orkestrasi teknik secara online, perusahaan akan lebih dapat mengendalikan sentimen yang terjadi dan terhindar dari issue negative yang berjalan viral seperti bola liar.

Setelah melakukan serangkaian aksi digital berdasar strategi yang kuat, perusahaan dapat melihat kinerja komunikasi digital melalui turunnya sentimen negatif dan naiknya sentimen positif. Dan pada akhirnya, hal ini selain dapat ikut menjaga harga saham Anda turun, juga dapat meningkatkan volume pembelian saham.

Ukurlah kinerja komunikasi digital Anda baik dengan alat monitoring maupun melalui Google Analytics.

KiosMaya Sebagai Mitra Komunikasi Digital Terpercaya

KiosMaya memang belum memiliki pengalaman dalam memberikan jasa seperti ini ke pihak mana pun, namun kami pernah beberapa kali berusaha melindungi client kami yang terkena efek “tahun politik”, termasuk dengan men-take down beberapa website hoax dan akun yang sangat populer keganasannya dalam mempersekusi kredibilitas individu dan organisasi.

Dengan memahami bisnis Anda dan mendapatkan informasi mengenai apa yang dapat meningkatkan kepercayaan investor dan sebaliknya, Kami dapat segera memulai menyusun strategi komunikasi digital terbaik untuk Anda dengan menyajikan rencana terstruktur untuk menghadapi “peperangan yang dilakukan oleh militer”.

Apakah itu memerlukan dominasi SEO di halaman pertama hasil pencarian, maupun dengan manajemen media sosial, KiosMaya selalu dapat Anda andalkan untuk urusan tersebut karena kami di dukung oleh belasan domain milik kami sendiri yang merupakan website SEO, dan kami mampu untuk mempengaruhi persepsi para jurnalis media secara “seamless” melalui titik sentuhan yang tidak mereka sadari secara langsung.

Kami dapat mengatasi serangan negative terhadap bisnis Anda secara online dan memperkuat citra perusahaan Anda. Ini artinya, KiosMaya dapat Anda andalkan sebagai mitra komunikasi digital secara profesional untuk menjaga bisnis Anda sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan para investor.

Hubungi Kami untuk Presentasi

12 + 3 =

Pin It on Pinterest

Share This