Membangkitkan Pariwisata Indonesia Saat dan Setelah Pandemi

Mei 19, 2020 | Digital Marketing, Online to Offline Marketing

Entitas seperti hotel hingga cafe pada industri pariwisata di Indonesia terpukul oleh wabah pandemi Covid-19. Sebetulnya Anda tidak perlu khawatir, karena saat pandemi sekarang ini, industri pariwisata dapat melakukan inovasi untuk beradaptasi sehingga dapat membangkitkan industri pariwisata Indonesia kembali, terutama saat setelah pandemi berakhir.

Kita tidak perlu khawatir berlebihan tentang ketidakpastian masa wabah berakhir. Yang harus dilakukan oleh industri perhotelan dan kuliner adalah inovasi yang diadaptasikan dengan kondisi wabah virus corona. Dan ini memerlukan konsep baru untuk beradaptasi dalam new normal atau kenormalan baru.

Membangkitkan Pariwisata Indonesia Memerlukan Konsep Yang Baru

Dalam konteks masa pandemi yang belum pasti kapan akan berakhir, seluruh elemen wajib untuk beradaptasi dengan cepat. Untuk bisnis, kemampuan beradaptasi dengan cepat dapat menentukan kelangsungan bisnis. Penyesuaian harus dilakukan, dan ini mungkin juga akan membentuk konsep bisnis yang baru.

Misal, sebuah area wisata yang memiliki penginapan, cafe, restoran dan spot-spot out door lainnya hingga outbound. Kami melihat potensi bisnis yang dapat mereka lakukan. Semisal dengan membuat “PSBB Fun Camp” atau “PSBB HealhtyDay” dan segala macam namanya.

Intinya adalah, dengan situasi pandemi yang masih berlangsung, industri pariwisata dapat bergerak cepat merubah konsep bisnis mereka. Namun, pada prinsipnya .. untuk dapat mengatasi situasi yang tidak biasa diperlukan cara yang tidak biasa juga.

Semisal dalam contoh PSBB Vacation tersebut di atas, dalam paket tersebut dapat berisi:

  • Program kesehatan.
  • Gratis cek dan advice dengan dokter yang disediakan khusus, dan juga gratis melakukan rapid test.
  • Makanan dan minuman yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.
  • Rangkaian olah raga atau perilaku sehat untuk mencegah penularan virus.
  • Dan sebagainya.

Hotel juga dapat mengemas paket ini dengan penurunan biaya sewa kamar hotel, semisal dari Rp. 1 juta per malam, menjadi Rp. 99.000/malam, akan tetapi dalam bentuk paket di atas, paket “PSBB Vacation”.

Intinya, Anda harus membuat paket yang sesuai dengan situasi pandemi dan menawarkan solusi ke target market tertentu. Tentunya teta pada konsep bisnis hospitality yang menawarkan set pengalaman unik dan menyenangkan.

Apakah Ada Marketnya?

Ini merupakan pertanyaan yang agak klasik dan cukup abstrak. Jawabannya dapat kita teliti menggunakan alat monitoring dan analis trend di saluran digital. Kemudian data tersebut diadaptasikan ke wilayah pariwisata masing-masing (radius). Hanya dengan cara itu kita dapat mengetahui lebih jelas apakah ada marketnya atau tidak.

Namun, jika melihat kondisi sekarang ini, di seluruh dunia banyak sekali orang-orang yang sudah tidak sabar untuk tetap dirumah. Bahkan, meskipun PSBB belum ada pelonggaran .. mereka sudah melonggarkan sendiri seperti berjejal di pasar malam dan di mal yang baru kembali buka.

Hal tersebut memberikan kita sinyal, bahwa secara psikologis.. semakin banyak orang yang sudah tidak tahan dengan “kondisi peperangan” yang sedang dihadapi bersama.

Oleh karena itu, jika ada suatu tempat yang nyaman dimana orang dapat merasa aman dan mendapatkan nilai lebih untuk “lari” dari keterbatasan ruang gerak, tentu mereka akan mau membayar untuk mendapatkannya.

Digital Marketing Pilihan Paling Rasional untuk Memasarkan Kembali Bisnis Perhotelan

Bukan karena kami berbisnis digital marketing. Akan tetapi, pemasaran konvensional disaat pandemi seperti ini dapat efektif hanya jika berlaku eksklusif atau hanya sebagai titik temu untuk deal transaksi. Pemasaran konvensional yang dapat dilakukan hanya dengan mengerahkan account executive untuk sign deal, sebab jika presentasi maka akan sangat berisiko untuk saling menularkan wabah penyakit. Anda dapat mengadakan presentasi secara remote dengan para calon pengguna.

Digital marketing di lain sisi, memiliki peningkatan yang lebih dari sebelum masa pandemi COVID-19. Media sosial memiliki kekuatan penyebaran yang spektakuler jika dilakukan secara tepat. Demikian dengan ad placement pada saluran digital, lebih dapat di set sesuai dengan lokasi dan buyer persona.

Jika dilakukan secara tepat dan terarah, dengan set kreatif yang menarik dan memberikan virtual experience serta dapat meningkatkan keyakinan, maka Anda sudah berada pada jalur yang tepat.

Meskipun meleset, digital marketing dapat diukur dan dilacak dimana salahnya dan apa yang seharusnya dilakukan. Ini merupakan kelebihan utama dari digital marketing, dimana lebih dari 170 juta pengguna internet Indonesia telah hadir sekarang ini.

Jadi jelas, dengan potensi yang ada, dengan konsep yang tidak biasa dan cara pemasaran yang tidak biasa maka besar kemungkinannya kita untuk dapat membangkitkan pariwisata di Indonesia.

Kapan sebaiknya melakukan digital marketing tersebut?

Anda dapat lakukan sekarang juga setelah mendapatkan konsep baru untuk bisnis Anda. Pilihan lainnya adalah, Anda dapat lakukan ketika bisnis yang sama dengan Anda sudah banyak yang melakukannya.

Dalam masa pandemi sekarang ini, semua bisnis mengalami penurunan. Namun secara psikologi krisis, bisnis-bisnis yang melakukan downturn marketing akan mengalami pemulihan bisnis lebih mudah.

Ini artinya memang sudah saatnya sekarang untuk mengubah konsep bisnis dan menjalankan program digital marketing. Tentu ini merupakan pilihan logis satu-satunya dalam menghadapi kondisi pandemi yang sangat tidak biasa ini.

Hanya saja, selain konsep bisnis yang tepat, pemasaran digital juga harus dilakukan secara tepat. Tidak bisa sekedar hadir di media sosial dan beriklan. Hal tersebut dapat membuat anggaran Anda tersedot lebih banyak untuk pemasaran digital. Anda harus mempertimbangkan anggaran pemasaran digital juga dimasa pandemi ini, sama seperti kami di sini.

Besar harapan kita semua pandemi ini segera berakhir, namun kita semua belum tau kapan berakhir hingga vaksin dan obat untuk virus corona ditemukan.

Lantas, Set Strategi Digital Marketing seperti apa yang dapat dilakukan?

Ini merupakan salah satu bidang keahlian kami yang dapat membantu Anda dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Selain didukung oleh team tersertifikasi internasional dan berpengalaman, kami selalu menemui bahwa setiap bisnis adalah unik dan menuntut kemampuan kami untuk memahami bisnis Client dengan cepat dan tepat untuk mengantarkan solusi pemasaran digital.

Jika Anda merupakan Pemilik bisnis, C-Level, atau Manager di industri pariwisata, silahkan hubungi kami melalui formulir online di bawah ini.

Mari Diskusikan Bersama KiosMaya

9 + 5 =

Atau dengan menghubungi kami melalui WhatsApp (Call/Video conference). 

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Secara bisnis, memang jasa digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, jika tidak untuk apa? Ini sangat benar. Akan tetapi dengan persaingan bisnis yang hadir di saluran online, tantangan digital marketing semakin meningkat. Siapapun tidak bisa serta merta...

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Jasa SEO bergaransi memang cukup menarik bagi mereka yang awam terhadap digital marketing terutama SEO atau pemasaran organik. Jaminan muncuk di halaman pertama hasil pencarian tentu akan menarik minat banyak orang. Masalahnya, Google sendiri telah memberitahukan...

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Bisnis setelah pandemi terlihat akan rebounding dari momentum downturn kemarin. Karena kami sering melihat trend dan analytics dari metrik-metrik digital marketing, saat ini kami sedang melihat adanya momentum pasca downturn dan ada issue hangat di 2023. Seperti...

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Tahun 2022 ini merupakan momentum untuk data cnter di Indonesia. Untuk memaksimalkan upaya, digital marketing untuk data center sangat perlu dilakukan. Apa Pentingnya Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia? Data center di Indonesia terus bertumbuh pesat,...

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Setiap bisnis berbeda, demikian dengan biaya digital marketing yang dibutuhkan. Apa yang dapat kita jadikan dasar dalam penerapan anggaran digital marketing merupakan faktor terpenting untuk suksesnya upaya digital marketing perusahaan Anda. Dasar Penerapan Biaya...

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Banyak yang menanyakan apa kelebihan SEO jika dibandingkan dengan iklan berbayar dan pemasran melalui media sosial. Sebetulnya, masing-masing saluran pemasaran digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, demikian SEO (optimasi di mesin pencari). Dalam...

Pin It on Pinterest

Share This