3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Mar 15, 2022 | Analytics, Content Marketing, Monitoring

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda.

Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa bisnis menggunakan jasa SEO seperti halnya dengan saluran pemasaran lainnya. Pengukuran kinerja yang dapat mengindikasikan sukses atau tidaknya upaya tersebut sangatlah penting.

Ini tidak seperti penelusuran berbayar di mana Anda dapat dengan mudah mengaitkan klik pada iklan ke kata kunci dan mengukur konversi terhadap investasi awal Anda untuk melihat apakah itu sepadan.

Saluran pemasaran lain sering kali memiliki metrik yang lebih mudah untuk menentukan kesuksesan, seperti tarif terbuka untuk email, jumlah total pelanggan podcast, atau keterlibatan sosial pada sebuah pos.

Ketika datang ke SEO, bisa ada berbagai tantangan.

Mencoba memprioritaskan masalah teknis dengan tim pengembangan Anda dan menghapus silo (pembatas/birokrasi) di organisasi Anda cukup sulit, tetapi mengukur ROI pemasaran konten bisa lebih sulit lagi.

ROI pemasaran konten adalah cara untuk mengukur berapa banyak pendapatan atau konversi yang dihasilkan konten Anda berdasarkan jumlah uang, waktu, atau sumber daya untuk itu.

Dalam artikel ini, kami akan mengidentifikasi metrik SEO terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur ROI pemasaran konten dan membuktikan nilai SEO bagi organisasi Anda.

bikin landing page

Apa Metrik SEO Terbaik Untuk Mengukur ROI Pemasaran Konten?

Metrik terbaik untuk digunakan saat mengukur pemasaran konten Anda untuk SEO atau organik juga merupakan metrik paling dasar yang digunakan pemasar untuk melaporkan kinerja konten yang Anda terbitkan:

  • Peningkatan konversi organik
  • Pertumbuhan kata kunci halaman 1
  • Rata-rata peringkat yang lebih baik
  • Volume pencarian halaman 1 meningkat.
  • Peningkatan lalu lintas dan klik organik.

Ingat, KPI atau sasaran untuk setiap tipe konten mungkin berbeda tergantung pada pemirsa, tujuan konten, atau format media.

Namun, metrik ini adalah yang terbaik untuk digunakan ketika mencoba membuktikan nilai bagaimana SEO membantu mendukung upaya pemasaran konten, bersama dengan mengukur ROI yang dihasilkan dari saluran organik.

Bagaimana Cara Menggunakan Metrik SEO Untuk Pelaporan ROI?

Membuat konten dapat menghabiskan banyak uang.

Ada banyak departemen dan sumber daya berbeda yang terlibat dalam memproduksi konten.

Untuk terus membuat konten berkualitas tinggi dan membuktikan kepada perusahaan Anda bahwa penting untuk mengoptimalkan konten di fase awal pengembangan, penting untuk menggunakan metrik SEO ini untuk menjelaskan secara lebih baik.

  • Langkah pertama untuk membuktikan ROI SEO pada pemasaran konten adalah dengan membandingkan kinerja konten pada awalnya sebelum melakukan pengoptimalan apa pun.
  • Jika konten sudah ada di situs web, Anda harus melacak kinerja halaman ini sebelum ada yang berubah.
  • Jika kontennya baru, pastikan untuk mengukur dan memantau halaman segera setelah dipublikasikan untuk menunjukkan kepada pembuat keputusan seberapa baik kinerjanya sejak awal.

Eksekutif mungkin tidak terlalu terlibat dalam proses menggunakan wawasan SEO saat mengembangkan konten, tetapi mereka peduli dengan berapa banyak pengguna yang dapat menemukan konten ini dan seberapa baik konversinya.

Jasa SEO Profesional

Cara Menggunakan Setiap Metrik SEO Dalam Pelaporan

 

1. Peningkatan Konversi Organik

Ini adalah cara sederhana namun sangat efektif untuk menunjukkan kepada tim seberapa baik kinerja konten.

Konversi mungkin terlihat berbeda untuk setiap jenis konten.

Anda dapat mengukur konversi berdasarkan total pelanggan buletin, total unduhan PDF, atau total klik pada tombol hubungi kami.

Tetapi angka-angka ini menceritakan kisah terbaik dalam hal keterlibatan pengguna dengan konten Anda dan apakah itu memotivasi mereka untuk mengambil tindakan atau tidak.

Sangat penting untuk memimpin dengan data konversi organik ketika berbicara dengan eksekutif karena mereka ingin dengan mudah memahami seberapa besar kontribusi keseluruhan investasi pemasaran konten terhadap laba perusahaan.

2. Pertumbuhan Kata Kunci di Halaman Pertama Hasil Pencarian Google

SEO adalah permainan jangka panjang jadi penting untuk menetapkan tujuan realistis seputar seberapa baik kinerja setiap halaman.

Melakukan penelitian kata kunci yang komprehensif adalah langkah kunci sebelum mengoptimalkan atau menulis konten.

Salah satu strategi pemasaran konten yang efektif adalah mereplikasi model hub and spoke menjadi lebih efektif pada sebuah topik.

Menampilkan pertumbuhan kata kunci Halaman 1 sangat penting untuk ROI pemasaran konten karena ini dapat membuktikan seberapa banyak halaman kita terlihat di SERP daripada sebelumnya.

Metrik Pertumbuhan Keyword Halaman 1

Dengan menampilkan pertumbuhan kata kunci di Halaman 1, Anda dapat membantu pembuat keputusan memahami mengapa kita perlu menginvestasikan lebih banyak waktu dan anggaran ke dalam tim SEO.

Metrik kunci lain yang harus disertakan adalah peningkatan keseluruhan dalam volume pencarian atau bagaimana peringkat situs web secara keseluruhan lebih baik untuk sekelompok kata kunci.

Pertumbuhan volume penelusuran, terutama di Halaman 1, dapat menjadi cara mudah bagi para pemimpin dalam organisasi untuk memahami dengan cepat berapa banyak orang yang mungkin mengeklik konten Anda dan seberapa mudah konten tersebut dapat ditemukan.

3. Peningkatan Lalu Lintas Dan Klik Organik

Metrik kunci lain untuk disertakan dalam pelaporan upaya pemasaran konten adalah berapa banyak lalu lintas situs web atau klik konten yang dihasilkan.

Ini adalah waktu yang tepat untuk membandingkan berapa banyak lalu lintas organik atau klik yang dihasilkan konten ini, atau persentase lalu lintas ke keseluruhan situs sebelum anda lakukan optimalisasi.

Penting untuk dicatat bahwa mungkin tidak selalu ada data konversi organik untuk mendukung bagaimana konten membantu situs.

Terkadang pengguna menyerap konten di situs dan kemudian kembali berminggu-minggu atau berbulan-bulan kemudian untuk mengonversi, yang membuatnya lebih sulit untuk menunjukkan hubungan langsung yang dimiliki SEO dalam mendorong konversi ini.

Dengan menunjukkan peningkatan lalu lintas atau klik, Anda masih dapat membuktikan kepada organisasi bahwa konten terlihat oleh sejumlah besar pengguna. Pada akhirnya kita dapat berharap bahawa upaya tersebut akan menghasilkan peningkatan konversi secara keseluruhan.

Kesimpulannya

Mengukur ROI pemasaran konten mungkin sulit karena ada banyak metrik berbeda yang Anda gunakan untuk menceritakan kisah seberapa sukses konten Anda.

Dengan menggunakan metrik yang diuraikan di atas, Anda dapat menunjukkan kepada eksekutif dengan lebih baik bagaimana SEO membantu membuat situs web, merek, produk, dan layanan Anda lebih terlihat.

Visibilitas yang ditingkatkan berarti lebih banyak lalu lintas, konversi, dan perolehan pendapatan.

Menyiapkan pelaporan untuk mengukur dampak konten Anda juga membantu mengidentifikasi kapan konten mungkin tidak berkinerja dengan baik. Manfaatnya adalah Anda dapat melakukan penyesuaian dan mengoptimalkan ulang konten sesuai kebutuhan untuk mendorong hasil yang lebih baik.

Tanpa pengukuran yang efektif, Anda akan mengalami kesulitan dalam meningkatkan upaya SEO Anda.

Kunci untuk menjadikan SEO sebagai strategi dasar yang tersebar luas di dalam organisasi Anda. Di mana setiap bisnis telah menyadari pentingnya hal itu, komunikasi dan pelaporan yang lebih efektif tentang efektifitas pemasaran konten menjadi sangat penting.

Semakin banyak Anda melakukan ini, semakin mudah di masa depan untuk mendapatkan lebih banyak anggaran dan sumber daya yang didedikasikan untuk SEO.

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Tak kenal maka tak sayang, no trust maka no deal, merupakan falsafah yang populer dalam bisnis. Branding bertujuan agar produk atau bisnis dikenal baik oleh para calon pembeli. Di era digital sekarang ini, Website dan S.E.O semakin menempati prioritas untuk mereka...

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Sepanjang tahun 2023 hingga tahun 2024 ini, ada beberapa pengalaman menarik yang semoga dapat menambah wawasan para praktisi digital marketing di Indonesia. Beberapa Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya Setelah beberapa tahun meneliti grafik di Google Search...

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya "struktur iklan yang efektif di era digital." Dalam konteks...

Pin It on Pinterest

Share This