Untuk setiap bisnis startup, mencoba untuk ditemukan di dunia yang sangat kompetitif bukanlah tugas yang mudah.Pada awal debut bisnis startup, kemungkinan orang-orang belum mengetahui keberadaan bisnis Anda. Selain itu, bisnis startup belum memiliki tim besar yang semuanya berspesialisasi dalam bidang yang berbeda untuk membantu pertumbuhan bisnis. Pelajari mengapa pemasaran inbound sangat penting untuk setiap bisnis startup.

Pemasaran Inbound Sangat Penting untuk Setiap Startup

Kita semua mengetahui taktik yang telah digunakan di masa lalu, terutama ketika mulai dari awal. Sebelumnya, taktik yang banyak dilakukan adalah berinvestasi dalam iklan, membeli daftar email dan banyak lagi metode kuno. Itu semua bersifat sementara dan hanya berfokus pada jangka pendek.

Ambil gambaran sebuah biaya sewa – ketika Anda berhenti membayar sewa untuk ruang iklan, Anda tidak lagi memiliki akses ke “real estate” SERP. Sekarang, metode-metode ini tidak efektif. Para startup yang menggunakan metode-metode itu tidak akan benar-benar berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis.

Ini bukan hanya karena mahal bagi startup baru Anda untuk terlibat, tetapi juga calon pelanggan lebih terbiasa mengabaikan iklan.

Namun, alternatif metode usang ini adalah Anda dan bisnis startup Anda dapat membuat konten pemasaran yang disukai audiens target Anda, menemukan manfaat dan membawanya ke situs Anda secara alami. Itulah keindahan pemasaran inbound.

Anda tidak perlu berjuang untuk mendapatkan perhatian pelanggan potensial Anda – mereka cari konten yang relevan dan Anda menyediakannya. Inilah mengapa pemasaran masuk sangat penting untuk startup.

Mengapa pengusaha menghindari pemasaran secara terintegrasi?

Sebagai seorang wirausahawan yang ingin menciptakan percikan, sudah ada ratusan tugas yang perlu Anda perhatikan. Itulah sebabnya mengapa pemasaran inbound seringkali menjadi renungan. Perhatian Anda akan pada pengembangan produk Anda, sisi keuangan hal-hal, logistik dan banyak lagi.

Pemasaran digital secara terintegrasi pada beberapa pengusaha dipandang sebagai pengeluaran yang tidak sesuai anggaran. Kebanyakan pengusaha percaya beranggapan akan siap untuk memasarkan begitu produk atau layanan mereka siap. Masalahnya, seringkali mereka merasa sudah terlambat begitu menyadari pentingnya pemasaran inbound.

Mengapa Pemasaran Inbound adalah Suatu Kebutuhan?

Ruang digital berkembang, seperti halnya perilaku manusia. Di situlah langkah pemasaran masuk dan unggul. Ini tergantung pada metode yang digunakan dalam pemasaran jenis ini karena Anda selalu beradaptasi dengan bagaimana perilaku konsumen.

Saat ini, Anda harus mulai dengan mengembangkan kerangka pemasaran untuk produk dan layanan Anda dan ini dilakukan dengan membuat konten yang menarik yang membuat pengguna Anda selalu terlibat dan mendapat informasi setiap saat.

Pemasaran inbound dapat berjalan untuk skala bisnis apapun. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pengaruh jangka panjang. Untuk membuktikannya, salah satu pendiri HubSpot, Dharmesh Shah, investor utama di lebih dari 50 startup. Ketika salah satu pendiri HubSpot dan team pemasaran inbound sangat asyik dalam startup dan berinvestasi di dalamnya untuk sukses, jelas bahwa itu adalah teknik yang dapat bekerja jika dilakukan dengan benar.

“Ketika bisnis startup Anda mulai membangun produk, Anda juga harus mulai membangun pemirsa untuk produk itu. Pemasaran inbound dapat membuat bisnis startup Anda tumbuh. ”- Dharmesh Shah.

Itulah pentingnya pemasaran inbound untuk startup dan pertumbuhan untuk bisnis secara umum. Teknik ini membantu startup untuk menarik pengunjung yang tertarik ke situs web mereka. Ini membantu untuk menangkap prospek dari saluran digital. Kemudian prospek ditutup menjadi pelanggan yang bahagia. Akhirnya, para pelanggan itu berubah menjadi promotor yang akan membantu startup Anda tumbuh dengan menyebarkan berita melalui testimonial mereka.

Bagaimana mengetahui siapa target pemirsa Anda?

Anda membuat profil pembeli. Ini adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda berdasarkan penelitian pasar dan data nyata tentang pelanggan Anda yang sudah ada. Ini memberikan struktur dan wawasan yang luar biasa untuk bisnis startup Anda.

Profil yang terperinci akan membantu Anda menentukan di mana Anda harus memfokuskan sumber daya digital marketing.

Melalui cara ini, bisnis startup Anda dapat menarik pengunjung yang paling berharga. Dengan memiliki target pemirsa yang tepat, Anda mendapatkan prospek dan pelanggan yang dapat lebih berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis.

Pentingnya Konten yang Bermanfaat dan Informatif

Pemasaran masuk menggunakan konten sebagai pusatnya untuk semua upaya pemasaran Anda karena itu semua tentang membuat konten berkualitas untuk calon pelanggan Anda. Untuk wirausahawan dan bisnis pemula yang mencari pertumbuhan, sangat penting untuk secara konstan dan konsisten mempublikasikan konten. Tidak hanya itu, tetapi juga sama pentingnya untuk mengukur apa yang berhasil, apa yang tidak dan kemudian belajar dari keduanya. Ini kemudian dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan konten jauh lebih baik di masa depan.

Jenis konten untuk bisnis startup yang akan dibuat untuk menarik pelanggan termasuk blog, infografis, video, presentasi, eBook, studi kasus, webinar, dan apa pun yang informatif dan bermanfaat. Semakin sering konten diproduksi, semakin banyak prospek yang tetap terlibat dengan bisnis Anda. Hal ini dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Namun, satu-satunya cara agar target pemirsa tetap mendapatkan informasi dan terlibat adalah dengan membuat konten yang menarik. Pada suatu waktu, kurang dari 5% pengunjung situs web akan dapat memutuskan apakah mereka ingin membeli sesuatu. Lebih dari 95% masih dalam mode penelitian.

Itulah perbedaan antara mengapa pemasaran inbound sangat penting dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Pemasaran inbound memastikan Anda memiliki target pemirsa yang relevan. Dengan membuat konten yang disesuaikan dengan profil pembeli dan memberikan solusi, bisnis startup dapat menonjol sebagai pemimpin industri dengan terus memberikan nilai setiap saat.

Metodologi Pemasaran Inbound untuk Pertumbuhan Bisnis Startup

Metodologi inbound adalah pendekatan pemasaran yang berfokus dalam menarik pelanggan melalui konten dan interaksi yang relevan dan bermanfaat. Semua konten yang Anda buat harus mengemukakan tantangan yang dihadapi oleh target pemirsa Anda dan memberikan mereka solusi.

Ketika Anda melihat gambaran yang lebih besar, konten ini memandu konsumen melalui perjalanan menjadi sadar akan bisnis Anda, hingga mengevaluasi dan membeli produk atau layanan Anda. Metodologi ini berfokus pada menarik prospek dan menutupnya menjadi pelanggan.

Kemudian dengan menyenangkan mereka maka Anda dapat mengubahnya menjadi promotor. Testimoni konsumen dapat membantu menyebarkan berita positif dan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan calon konsumen.

Semakin banyak orang mengunjungi situs web bisnis startup Anda, semakin baik Anda berkembang.

Pada tahap menarik perhatian, semuanya berfokus pada aspek yang membantu menarik jenis pemirsa yang tepat sehingga fokusnya terletak pada pengoptimalan situs web, blogging secara teratur, mengutamakan akun media sosial dan SEO.

Pada tahap konversi, fokus harus diberikan pada formulir, ajakan bertindak, dan laman landas. Alasan di balik ini adalah Anda perlu mengubah pengunjung menjadi prospek. Anda dapat mengumpulkan informasi mereka melalui formulir, misalnya. Namun, cara untuk melakukannya adalah dengan menunjukkan bahwa Anda memiliki solusi untuk tantangan yang mereka hadapi.

Halaman landas juga merupakan bagian penting dari pemasaran inbound karena mengarahkan mereka menuju konversi. Sementara halaman landas membantu penyampaian informasi, juga harus menyediakan formulir kontak. CTA (Call-to-Action). Tujuannya adalah untuk membujuk pemirsa Anda dalam mengambil tindakan dengan mengklik tombol untuk menghubungi Anda.

Setelah pemirsa baru tertarik dan pengunjung yang tepat menjadi calon pelanggan, Anda dapat mengubahnya menjadi pelanggan. Pada titik ini, konsumen mempertimbangkan pilihan mereka dan memutuskan pembelian. Oleh karena itu, tujuannya di sini adalah membuat mereka memvisualisasikan menggunakan produk atau layanan Anda sehingga mereka tidak merasa perlu pergi ke tempat lain.

Setelah pembelian dilakukan, ini bukan akhir dari perjalanan. Kesenangan adalah tentang memberikan nilai pada tahap pasca konversi. Tujuannya di sini adalah untuk terus memberikan konten yang luar biasa kepada pengguna yang membuat interaksi mereka dengan bisnis startup Anda semakin intensive. Harapannya adalah agar mereka mau memberi tahu orang lain dan koneksi tentang pengalaman mereka dengan Anda.

SEO untuk Startup

Optimisasi mesin pencari adalah komponen penting dari pemasaran inbound. Tujuannya adalah untuk mendatangkan lebih banyak pemirsa.Perusahaan startup perlu mengambil keuntungan dari mesin pencari, terutama karena 93 persen dari semua pengalaman online dimulai dengan mesin pencari. Konten dan situs web Anda perlu dioptimalkan untuk mesin pencari seperti Google dan Bing.

Namun, teknik SEO yang paling efektif adalah pembuatan konten. Sekali lagi, semuanya tergantung pada seberapa banyak konten berkualitas diproduksi dan dipromosikan. Semakin banyak ini dilakukan, semakin bisnis startup Anda dapat berada pada peringkat atas di hasil pencarian.

Tidak perlu ada strategi SEO yang rumit untuk mencapai hasil-hasil itu. Fokusnya harus pada pembuatan konten berkualitas yang menekankan frasa dan kata kunci dari industri Anda yang paling relevan. Jadi, ketika Anda membuat konten, sampaikan tantangan yang dihadapi pemirsa Anda, dan berikan solusi untuk memberikan nilai pada bisnis Anda.

Media Sosial untuk Startup

Media sosial adalah saluran berharga lainnya yang digunakan dalam pemasaran inbound untuk startup. Ini adalah cara sempurna untuk menjangkau konsumen yang mungkin sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda dan mungkin cocok – atau bahkan platform untuk promosi dan meningkatkan kesadaran merek. Media sosial juga bagus untuk menyenangkan pelanggan yang ada dan mengubahnya menjadi promotor.

Melalui saluran seperti Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn, Anda dapat mempromosikan konten untuk menjangkau pemirsa baru. Pertahankan konten yang kuat dan promosikan konten tersebut dengan iklan berbayar. Tanggapi pertanyaan pengunjung, komentar, dan umpan balik. Ini dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan follower dan juga dapat membantu mendapatkan wawasan penting tentang kebutuhan dan motivasi mereka.

Namun, jangan membuat kesalahan dengan mencoba berada di mana-mana sekaligus terutama karena ada banyak tugas lain yang harus difokuskan. Sebaliknya, hanya fokus pada saluran di mana sebagian besar pembeli Anda menghabiskan waktu mereka dan di mana Anda dapat membuat dampak terbesar. Ini dilakukan melalui penelitian sambil menargetkan upaya media sosial Anda untuk dapat menghemat waktu, uang, dan memaksimalkan konversi.

Email dalam Pemasaran Inbound untuk Startup

Pemasaran melalui email adalah metode lain yang sangat populer. Cara ini dapat dimanfaatkan oleh para startup. Ini adalah cara termudah untuk tetap terhubung dan menjaga prospek dan pelanggan, agar mereka selalu mendapatkan informasi.

Biasanya, kami menggunakan pemasaran e-mail selain untuk tetap menjaga hubungan dengan pelanggan, juga untuk follow up ulang para calon pelanggan yang sudah mengirimkan peminatan namun belum merealisasikan pembelian. Untuk itu, penilaian prospek merupakan hal penting. Tanpa penilaian prospek,, program digital marketing tidak dapat berkembang dengan baik.

Sekali lagi, pemasaran via e-mail dapat membantu startup meningkatkan prospek sementara juga memelihara prospek. Ini juga cara lain yang bermanfaat untuk menjaga minat mereka karena Anda juga dapat memberikan konten yang berharga melalui email.

Seperti Domino Pizza, mereka melakukan pemasaran via e-mail untuk penawaran khusus. Tentu hal tersebut sangat menyenangkan para pelanggan. Sayangnya, e-mail mereka masuk ke junk mail. Inilah pentingnya infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung strategi pemasaran digital Anda berjalan dengan baik. Oleh karena itu, KiosMaya selalu menggunakan teknologi untuk memastikan e-mail yang digunakan dapat diterima tanpa masuk ke junk mail.

Peran KiosMaya untuk Perusahaan Startup

Pada akhirnya, pemasaran inbound membantu membawa lebih banyak konsumen. Ini dapat dicapai melalui konten yang relevan dan bermanfaat. Pemasaran inbound dapat menghemat banyak waktu dan kerumitan untuk menemukan dan menargetkan iklan. Melalui konten, pemasaran media sosial, SEO, dan teknik lainnya, pemasaran ini sangat cocok untuk bisnis startup.

 KiosMaya membantu startup dan bisnis yang mapan dengan pemasaran inbound untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Kami menggunakan konten, media sosial, SEO dan pemasaran email serta data, optimisasi tingkat konversi, dan optimisasi produk untuk menumbuhkan bisnis.

Pin It on Pinterest

Share This