Situs web satu halaman sangat populer saat ini. Semakin banyak perusahaan memilih mereka daripada situs multi-halaman yang rumit untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Situs Web Satu Halaman: Apakah Bagus atau Buruk untuk SEO?

Tetapi apakah desain situs web Anda memengaruhi SEO Anda? Apakah situs web satu halaman dapat mengurangi peringkat di Google?.

Di bawah ini, kami telah mengeksplorasi beberapa pro dan kontra dari situs web satu halaman dan bagaimana format sederhana ini berpotensi memengaruhi SEO Anda.

Jika Anda tidak terbiasa dengan situs web satu halaman, ada banyak situs web yang akan menampilkannya.

Contoh Website Satu Halaman

Berikut ini beberapa contoh situs website satu halaman yang telah kami kerjakan:

contoh situs web satu halaman: satetongtong.com
contoh situs web satu halaman: byebokek.com

Beberapa kelebihan situs satu halaman

Situs Web Satu Halaman Biasanya Memberikan Pengalaman Seluler yang Lebih Baik

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar orang yang melakukan pencarian web melakukannya dari perangkat seluler. Ini merupakan salah satu keuntungan memiliki website landing page. Situs satu halaman biasanya lebih mudah dikonversi ke seluler, dan pengguna merasa mudah dalam melakukan navigasi.

Website landing page juga memuat lebih cepat daripada situs multi-halaman, yang merupakan bonus besar bagi sebagian besar pengguna yang tidak memiliki kesabaran untuk menunggu lebih dari beberapa detik untuk memuat sebuah situs.

Selain itu, beberapa orang merasa sulit untuk mengklik halaman tambahan atau tab pada perangkat kecil, seperti smartphone. Ini sebabnya mengapa situs halaman tunggal merupakan hal yang baik untuk bisnis Anda.

Situs Web Satu Halaman Memudahkan Dalam Penargetan Khusus

Situs web satu halaman sangat bagus bagi mereka yang ingin menargetkan audiens tertentu dan memberikan mereka jenis pengalaman pengguna tertentu. Sangat mudah untuk mengontrol perilaku mereka di situs Anda dan mengarahkan mereka ke arah tertentu jika Anda tidak perlu khawatir tentang mereka mengklik berbagai halaman.

Kami terbiasa untuk memberikan urutan secara vertikal dan horizontal untuk mengarahkan pengunjung website di landing page yang kami kerjakan untuk menghasilkan konversi. Kami menerapkan konsep inbound marketing pada seluruh client.

Dengan website landing pate, semua informasi yang Anda ingin para pengguna akses dapat disajikan kepada mereka di satu halaman, dalam urutan apa pun yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dalam istilah SEO, ini bisa menjadi penting jika hanya ada satu kata kunci atau serangkaian kata kunci yang Anda khawatirkan tentang penargetan.

Pastikan semua yang Anda tempatkan di situs Anda memiliki tujuan dan Anda telah memikirkan penempatannya. Hindarilah penempatan foto dan posting secara sembarangan yang dapat membingungkan audiens Anda.

Situs Web Landing Page Dapat Memberikan Otoritas Halaman yang Lebih Tinggi

Tautan adalah salah satu faktor terbesar yang menentukan seberapa baik peringkat situs web dan manfaat yang dimiliki oleh sebuah landing page. Perlu dipahami bahwa setiap tautan yang diperoleh akan mengarah ke URL utama sehingga selalu ada rasio 1: 1 dari tautan ke halaman.

Beberapa Kekurangan Situs Satu Halaman

Sayangnya, ada beberapa kelemahan SEO untuk situs halaman tunggal – peringkat kata kunci menjadi salah satunya. Situs satu halaman pada umumnya seharusnya dirancang di sekitar satu konsep utama, yang membatasi kemampuan Anda untuk menentukan peringkat untuk berbagai macam kata kunci.

Salah satu manfaat yang dimiliki situs multi-halaman adalah bahwa setiap halaman di situs web mereka adalah peluang baru untuk memposisikan (memberi peringkat) diri mereka sendiri untuk menargetkan audiens yang spesifik dengan tema halaman tersebut. Ini mungkin akhirnya menjadi faktor penentu bagi beberapa pemilik bisnis.

Jika Anda sangat bergantung pada Google untuk menemukan pelanggan baru, maka Anda mungkin lebih baik membuat situs multi-halaman yang memasukkan kata kunci yang berbeda ke dalam setiap halaman untuk menarik khalayak yang lebih luas.

Tetapi jika pencarian Google bukan prioritas utama untuk perusahaan Anda, kurangnya peringkat kata kunci tidak akan menimbulkan masalah.

Namun jasa website landing page yang kami berikan dapat memungkinkan Anda untuk terus menambah halaman, sehingga lambat laun website Anda dapat menjadi website multi-halaman.

Konten di Situs Halaman Tunggal Tidak Mendetail

Kelemahan lain untuk situs satu halaman adalah bahwa konten yang diterbitkan pada mereka umumnya tidak spesifik seperti apa yang dipublikasikan di situs multi-halaman. Anda tidak dapat menghabiskan halaman terpisah untuk setiap topik yang ingin Anda bahas; alih-alih, semua informasi Anda perlu disajikan pada satu halaman. Inilah mengapa organisasi dan tata letak adalah elemen kunci yang harus diperhatikan ketika mendesain halaman Anda.

Tetapi bahkan jika tata letak Anda luar biasa, pengunjung masih mungkin akhirnya kecewa dengan kurangnya konten yang relevan. Hampir tidak mungkin untuk menyajikan informasi yang sama pada satu halaman seperti pada banyak halaman. Ini menimbulkan masalah bagi pengunjung yang mencari konten yang relevan dan terperinci tentang topik tertentu.

Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menentukan bagian untuk konten di situs satu halaman Anda. Buat bagian baru untuk setiap topik baru seolah-olah itu adalah halaman terpisah. Untuk beberapa bisnis, ini akan cukup untuk memuaskan pelanggan mereka dan SEO mereka tidak akan menderita dengan tingkat bouncing yang tinggi.

Jasa website landing page KiosMaya menggunakan DIVI Visual Builder yang dapat memudahkan Anda dalam mengatur layout (tata letak) dan menyajikan informasi selengkap mungkin dalam satu halaman.

Ada Beberapa Keterbatasan Dalam Implementasi Strategi SEO

Ada beberapa strategi SEO dan praktik terbaik yang tidak akan bekerja pada satu halaman situs. Salah satu strategi seperti itu disebut “siloing.” Siloing adalah “praktik penataan situs web Anda menjadi bidang minat utama untuk tujuan menunjukkan otoritas di bidang ini.”

Secara sederhana, siloing adalah cara untuk mengatur situs web Anda ke dalam kategori dan subkategori untuk menampilkan konten Anda yang terbaik. Siloing sering juga disebut dengan “Struktur Website”.

Mereka yang unggul dalam siloing akan mengambil topik utama dan memecahnya menjadi begitu banyak subtopik sehingga mereka akhirnya membahas setiap subjek dengan sangat rinci, sehingga menjawab sebagian besar pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung mereka dan mengoptimalkan SEO mereka dengan peringkat yang baik pada banyak kata kunci dan subjek yang berbeda.

Ini tidak mungkin dilakukan dengan baik di situs satu halaman. Ini akan keluar berantakan jika Anda mencoba menjejalkan satu ton detail spesifik pada banyak topik yang berbeda semua ke dalam satu halaman. Desain multi-halaman adalah tata letak organisasi yang jauh lebih baik untuk siloing.

Dengan menggunakan jasa pembuatan website landing page KiosMaya, selain mendapatkan kelebihan, seluruh kelemahan dapat diatasi. Anda bebas memuat halaman sebanyak mungkin, dan juga membuat kategori pada blog artikel di website Anda.

Kesimpulan

Secara pribadi, saya akan mengatakan bahwa situs web satu halaman tidak sebaik SEO untuk situs web multi-halaman. Tetapi sekali lagi mereka yang tertarik pada situs web satu halaman mungkin tidak tertarik pada SEO.

Saat menentukan apakah situs Anda harus tunggal atau multi-halaman, Anda perlu mempertimbangkan tujuan untuk bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai dengan situs web Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan pelanggan dan audiens target Anda, dan memutuskan situs mana yang paling baik memberikan pengalaman web yang memuaskan bagi mereka.

Jasa Pembuatan Website Landing Page

KiosMaya menyediakan jasa pembuatan website terbaik dengan biaya yang tidak memberatkan Anda, hanya Rp. 850.000 per tahun. Ini merupakan situs web satu halaman, namun tetap dapat ditambahkan halaman lainnya sesuai kebutuhan Anda. Sehingga, baik untuk investasi awal maupun untuk branding di search engine dalam hal SEO, semua bisa Anda dapatkan.

Pin It on Pinterest

Share This