10 Tips Cara SEO Paling Penting Yang Harus Diketahui

10 Tips Cara SEO Paling Penting Yang Harus Diketahui

Banyak yang telah berubah dalam dunia SEO. Seperti algoritma mesin pencari Google yang semakin hari semakin canggih untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian di search engine mereka. Namun, prinsip-prinsip dasar tertentu dalam cara SEO tetap tidak berubah.

Misalnya, menargetkan kata kunci dengan menggunakan backlink saja untuk meningkatkan peringkat organik yang sudah tidak berpengaruh lagi, akan tetapi kata kunci masih merupakan hal penting dalam cara penerapan SEO.

Para pemasar di Internet, baik B2B maupun B2C, mereka lebih mengarah pada mesin pencari, karena memberikan peluang konversi lebih tinggi sekitar 8.5 kali ketimbang saluran lain di internet.

Seorang pakar SEO mengungkapkan bahwa setidaknya ada 200 faktor yang harus dipenuhi untuk optimasi website. Diantara daftar tersebut, kami coba pilih dan rangkum dalam 10 faktor saja.

10 Cara SEO Terpenting yang Wajib Diketahui

Jika anda fokus pada teknik ini saja, anda lebih berpeluang untuk mendapatkan lalu lintas organik lebih banyak untuk blog atau website perusahaan anda dan meningkatkan peringkat pencarian website, tanpa risiko diblokir dari Google. Mari ikuti tips cara seo yang baik dan benar dibawah ini sesuai pengalaman kami.

1. Tingkatkan Kecepatan Akses Website Anda

Kecepatan akses website merupakan faktor utama dalam cara SEO terbaik. Saat ini, pengguna ponsel cerdas memiliki kekhawatiran tersendiri terhadap batere mereka. Otomatis, jika mereka mengalami loading terlalu lama ke website anda maka mereka tinggalkan.

Page speed merupakan faktor penting baik untuk mesin pencari seperti Google maupun untuk para pengunjung website. Berdasarkan riset dari eConsultancy, 40% dari pengguna itnernet akan mengacuhkan website yang dibuka lebih dari 3 detik dan 80% dari mereka tidak akan kembali mengunjungi website tersebut. Tentu ini sangat ekstrim, dan di Indonesia kondisinya masih berbeda dimana akses internet tidak secepat di Amerika Serikat atau di Eropa. Oleh karena itu, usahakan website anda dapat dibuka dalam waktu kurang dari 10 detik. Hal ini sesuai dengan anjuran dari google.

Google memasukan kecepatan akses website sebagai salah satu dari sekian faktor penting dalam peringkat hasil pencarian. Berdasrkan studi internal di Google, jika
website lambat dibuka maka pengunjung tidak akan lama berada diwebsite tersebut.

Menurut eConsultancy, kecepatan akses website dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pengalaman pengguna. Berikut hasil studinya :

meningkatkan kecepatan akses web sebagai salah satu cara seo

Singkirkan elemen yang kurang penting yang dapat memperlambat akses ke situs Anda. Jika anda menggunakan WordPress, pertimbangkan menonaktifkan plugin yang dipasang namun tidak diperlukan.

2. Petakan Struktur Website Anda

Web Silo, atau struktur website merupakan hal penting dalam cara SEO yang baik. Hal ini akan memudahkan mesin pencari Google untuk memahami link di website anda. Untuk dapat membuat sebuah website yang terstruktur, perencanaan sebelum mebuat website harus dilakukan. Sehingga pembuatan website tersebut memiliki dasar yang jelas dan selalu selaras dengan persyaratan search engine.

struktur website sebagai cara seo untuk memudahkan search engine

Pada contoh diatas, link dibawah deskripsi meta merupakan site link. Hal ini meningkatkan kualitas hasil pencarian melalui peningkatan pengalaman pengguna dalam mencari di Google.  Anda dapat langsung loncat ke kategori tertentu dari website tersebut.

Inti dari web silo sebagai cara SEO yang lebih memudahkan mesin pencari untuk mengindeks website anda adalah melalui pengkategorian. Misal website anda tentang usaha percetakan, anda dapat mengkategorikan layanan percetakan seperti offset printing dan digital printing. Kemudian di dalam offset printing ada sub kategori lainnya atau bisa juga langsung pada masing-masing jenis layanan offset printing.

Dari penerapan cara SEO tersebut diatas, anda seperti memberitahu mesin pencari google bahwa “hai ini website saya tentang percetakan, ini kategori utamanya”. Web Silo ini akan tercermin pada peta situs yang akan anda submit di Google Webmaster.

Termasuk dalam website terstruktur adalah pengunaan friendly url. Pastikan url anda dapat terbaca dengan jelas dan sesuai dengan isi konten, deskripsi serta judul halaman website anda.

3. Tujukan Penerapan SEO untuk Pengguna

Jika anda melakukan penerapan cara SEO untuk mesin pencari, kerugiannya akan terlihat pada jumlah page views per visitor di website anda. Ini dikarenakan apa yang anda tulis di website dapat menjadi tidak menarik, dan sulit untuk dipahami oleh pengguna. Konten yang baik adalah memiliki informasi yang enak dibaca dan mudah dipahami banyak orang.

Prinsip dalam menerapkan cara SEO adalah dengan memberikan manfaat atau kebergunaan bagi pengunjung website anda. Dari hal tersebut maka jumlah pengunjung yang kembali lagi ke website anda akan meningkat. Kepercayaan pengunjung terhadap isi website merupakan hal terpenting dalam meningkatkan jumlah pengunjung.

Sebaliknya, jika website anda terlalu aneh untuk dibaca, untuk dipahami, dan tidak terstruktur, maka jumlah pengunjung ke website anda akan berkurang secara perlahan. Karena, prinsip dalam meningkatkan pengunjung website adalah mencari sebanyaknya pengunjung tetap, bukan sekedar mencari pengunjung sebanyak-banyaknya.

Katakanlah, anda sanggup membayar milyaran rupiah untuk beriklan di Facebook atau bahkan di media televisi. Namun cara transaksi, cara menghubungi anda, atau jika anda pabrik jamu, pengunjung sulit untuk melihat produk ini untuk sakit apa kenapa bisa sembuhkan penyakit dan sebagainya, maka semakin banyak orang yang pernah mengunjung website anda tidak akan kembali ke website anda.

Google sangat tegas dalam mengecualikan sebuah website yang dimaksudkan untuk menipu atau memliki sumber pengunjung dari cara-cara mengelabui orang. Misal, website anda tentang jualan pulsa online, lantas anda membuat back link diwebsite lain dengan anchor text “uang gratis” yang tidak ada hubungannya dengan isi konten diwebsite anda, maka ini dapat terkena penalty oleh google.

4. Buatlah Konten Unik dan Berkualitas

Salah satu “musuh” utama dalam penerapan SEO adalah hal-hal duplikat. Terkadang hal ini sulit dihindari jika tidak ada perencanaan dalam membuat website.  Hindari penggunaan Judul Meta dan Deskripsi Meta yang sama. Konten yang unik disini bukan berarti berisi hal-hal aneh atau kontroversial. Konten yang unik adalah isi konten yang tidak sama dengan konten lainnya baik di website anda dan di website manapun.

Jika anda bergerak di bidang teknologi, tidak ada salahnya para staf teknis senior anda memberikan tips teknologi sesuai dengan pengalamannya. Hal ini justru dapat meningkatkan konversi website anda, lebih berpeluang untuk mendapatkan client. Konversi website, terutama untuk bidang jasa keahlian, para calon pelanggan akan melakukan assessment pendahuluan mengenai tingkat keahlian perusahaan anda.

Dari sisi search engine, perayapan mesin pencari Google dapat mengenali konten duplikat diwebsite anda. Dan hal ini dapat mengakibatkan prioritas hasil pencarian untuk website anda akan menurun. Google telah merangkum praktik terbaik untuk menangani konten duplikat yang dapat segera anda terapkan di website anda.

5. Gunakan Alat Webmaster Google

Ini merupakan hal penting sebagai dasar penerapan SEO. Menerapkan SEO pada sebuah website tanpa masuk ke search console google ibarat terjun payung tanpa parasut, anda dapat meluncur cepat namun fatal akibatnya. Dengan menggunakan alat webmaster google, anda memiliki wawasan terhadap apa yang sudah anda lakukan dan apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas website anda.

google webmaster untuk petunjuk cara seo

Banyak yang dapat digali melalui google webmaster tools. Anda dapat melihat halaman website yang mana yang paling banyak di kunjungi. Selain itu, anda dapat menilai efektifitas kata kunci yang anda targetkan. Misal kata kunci anda adalah : Restoran Sunda di Jakarta, jika impression tinggi namun jumlah click sedikit, atau rasio CTR dibawah 10%, ini artinya anda harus memperbaiki judul meta, deskripsi dan konten. Buatlah semenarik mungkin, perhatikan hasil pencarian google untuk website yang lain.

6. Gunakan Desain Web Yang Bagus

Web design terbaik yang dimaksudkan bukan hanya dalam hal grafis, tapi juga tidak memberatkan website anda untuk di buka. Banyak pemilik usaha yang terjebak dengan design website yang bagus akan tetapi hal tersebut mengurangi kinerja site speed. Anda harus mengkaji ulang grafis mana saja yang dapat di kompres atau dikecilkan ukurannya dengan menggunakan alat tes kecepatan website dari Google.

petunjuk dari site speed google

Selain dapat meningkatkan performa kecepatan akses web anda, teknik ini juga dapat mengurangi penggunaan server dan bandwidth.

Banyak para pengelola hosting mengatakan bahwa site speed tidak terlalu berpengaruh. Namun pada kenyataannya, kami melihat fenomena popularitas suatu website berita yang semakin “terlempar” jauh pada hasil pencarian google karena terlalu banyak iklan dan grafis yang dimuat di tiap halamannya.

Desain Website Mobile Friendly

desain website responsive merupakan salah satu cara seo terpentingDesain website anda harus memiliki kemampuan responsive, artinya dapat secara otomatis merubah ukuran elemen-elemen di website pada beberapa perangkat.

Terutama untuk toko online, hal ini sangat penting. Beberapa penelitian menyatakan bahwa penempatan tombol “call-to-action” seperti “beli” atau “order” yang tidak tampil dengan baik di perangkat mobile dapat menyebabkan keengganan orang untuk membeli produk di website atau di marketplace.

Di Indonesia pun pengguna internet melalui smartphone semakin banyak, dengan 300 juta perangkat smartphone yang berhasil di jual di Indonesia, tentunya faktor mobile friendly web design tidak dapat dianggap sebagai hal sepele.

Hasil pencarian di google untuk desktop dan mobile juga berbeda. Hal ini dapat anda coba pada notebook dan di smartphone anda. Jika suatu website tidak mobile friendly maka akan diurutkan setelah website lainnya yang mobile friendly.

Di dalam google webmaster, anda dapat lihat bahwa google membedakan crawler untuk dekstop dan smartphone, juga untuk perangkat lainnya. Anda dapat menguji coba penampilan website anda disini dan melalui alat google untuk mobile friendly test.

7. Daftarkan Website Anda Pada Bisnis Lokal Google

Jika disetujui, maka pada kata pencarian tertentu website anda akan muncul di google maps yang ditampilkan paling atas setalah para pengiklan tentunya.

hasil pencarian kata kunci menampilkan google maps

Misal perusahaan anda bergerak dibidang kuliner, dengan penerapan praktik terbaik SEO, bisa saja pada hasil “restoran padang” maka anda berada di google maps pada hasil pencarian google tersebut. Nomor telepon anda pun akan tampil. Hal ini sangat berguna untuk pengusaha restoran yang ingin meningkatkan penjualan melalui pesan antar makanan, dan juga untuk usaha lainnya tentunya.

Mesin pencari google menyesuaikan hasil pencarian dengan lokasi dimana anda berada. Hal ini mereka lakukan karena semakin banyaknya pengguna mobile yang merasa hasil pencarian di google kurang akurat beberapa tahun yang lalu.

8. Libatkan Aktifitas di Sosial Media

Pastikan tiap halaman website anda memiliki sarana untuk penyebaran ke sosial media. Contoh ini dapat anda lihat pada bagian paling bawah di halaman ini. Sinyal dari sosial media merupakan salah satu faktor dalam penentuan peringkat di search engine Google. Jika halaman website anda banyak memiliki asal pengunjung dari google dari waktu ke waktu, maka google akan semakin mempertimbangkan validitas dan popularitas website atau konten anda.

Setelah anda selesai mengerjakan website anda, buatlah konten-konten berkualitas. Kemudian anda dapat menyebarkan ke berbagai sosial media. Sembari menarik pengunjng ke website anda, cara SEO seperti ini juga dapat meningkatkan sinyal sosial pada algoritma mesin pencari.

Sumber pengunjung dan backlink dari sosial media merupakan cara SEO paling aman dan disetujui oleh persyaratan yang ditetapkan para mesin pencari.

9. Tingkatkan Domain Authority Website Anda

Pagerank sudah beberapa tahun tidak dipakai google dalam pengurutan indeks hasil pencarian. Meskipun begitu, domain authority, page authority dan trust flow banyak para pakar SEO mempercayai bahwa hal tersebut yang dipakai google untuk menggantikan sistem pagerank. Dalam kesempatan ini, kami akan jelaskan sebatas domain authority, karena setidaknya hal tersebut yang terlebih dahulu perlu dilakukan.

Sebelum meningkatkan domain authority, anda harus mengetahui sudah di tingkat berapa domain authority anda. Anda dapat mengetahui domain authority (DA) website anda disini. Setelah mengetahui domain authority website anda, anda dapat meningkatkan DA website anda setelah mempraktikan setidaknya 8 cara SEO di atas.

Buatlah fanpage facebook untuk perusahaan atau brand produk anda. Misal: https://facebook.com/pempekpalembang dan juga akun twitter yang selaras dengan nama usaha atau brand anda. Pada masing-masing sosial media tersebut buatlah link ke website anda pada bagian about atau tentang anda.

Anda juga dapat meningkatkan domain authority dengan membuat internal linking. Internal linking adalah sebuah link di halaman website anda yang mengarahkan ke halaman lain. Misal diwebsite ini, materi pelatihan google SEO akan dijelaskan lebih lanjut pada acara pelatihan toko online yang akan diselenggarakan secara rutin. Ini hanya sebagai contoh praktik internal linking.

10. Berhati-hatilah dalam membuat backlink

SEO semakin berubah, tidak seperti 2 tahun yang lalu, apalagi seperti 10 tahun yang lalu. Dimana penyebaran backlink sebanyak-banyaknya dapat “menggoreng cepat” website anda masuk ke halaman pertama pencarian Google.

Sekarang ini, jika google berhasil mempelajari bahwa backlink anda banyak bersumber dari website yang tidak ada hubungannya dengan isi konten anda, maka website anda dapat terkena manual action alias penalty. Disni kami perlu ingatkan, sebelum anda menggunakan jasa SEO, tanyakan dulu apakah mereka memerlukan akses ke google webmaster atau tidak dan langkah-langkah apa yang akan mereka lakukan. Banyak jasa SEO yang menawarkan murah, cepat dan lebih hebatnya lagi memberikan garansi. Tidak ada yang dapat menggaransi website anda akan ada dihalaman pertama google selain pemilik mesin pencari itu sendiri. Indikasi dari praktik jasa seo seperti itu adalah melakukan “penggorengan” sinyal ke crawler google dengan menyebar backlink sebanyak-banyaknya. Memang awalnya bisa naik cepat, namun setelah itu website anda tidak akan ditemukan lagi di google.

Backlink berkualitas adalah backlink dari sosial media, selain itu juga dari website-website yang memiliki authority tinggi seperti wordpress, blogspot, forum-forum terkenal, dan sebagainya. Namun, dalam menempatkan backlink haruslah cari kesesuaian baik konten di blog atau di forum tersebut.

Misal, anda menjual pakaian wanita. Maka carilah forum-forum yang membahas tentang fashion dan mode, dan buatlah akun di forum tersebut dengan memberikan url website anda pada profile maupun pada post signature. Dan anda harus aktif terlibat di forum tersebut, sembari juga dapat mempromosikan website anda tentunya.

Teknik backlink cukup banyak pembahasannya, termasuk dalam membuat anchor text. Hindari penggunaan anchor link yang hanya sebtatas satu dua kata, gunakan longtail keyword untuk efektifitas backlink ke website anda.

Kesimpulan:

Seperti kata pepatah, “banyak cara menuju roma” demikian dalam optimasi website, “banyak cara SEO yang harus dilakukan”. Dari 200 faktor pemeringkat di Google, 10 tips cara SEO tersebut diatas diharapkan dapat membawa website anda muncul di halaman pencarian google.

Selain kata kunci, anda juga harus menganalisa kata kunci tersebut efektif atau tidak dalam menarik pengunjung ke website anda. Karena ada beberapa kata kunci yang jarang di cari orang, misal untuk kata kunci: website bola, pada kenyataanya saat ini di Indonesia mungkin semakin sedikit orang yang mencari di google “website bola” dan mungkin lebih banyak orang mencari “hasil pertanding A lawan B” atau “jadwal pertandingan bola”.

Perubahan dalam penerapan SEO selalu terjadi secara berkala, tidak ada seorang pakar SEO pun yang mengetahui kapannya. Oleh karena itu, anda harus selalu mengikuti perkembangan perubahan algoritma mesin pencari dan isu-isu lainnya. Jika anda terlambat, maka banyak yang harus dilakukan di website anda.

Gunakan Google Webmaster Tools agar anda memiliki wawasan terhadap kinerja penerapan SEO anda dan mendapatkan dasar untuk menentukan langkah berikutnya. Biasanya penerapan SEO akan memperlihatkan hasilnya dalam waktu 2 sampai 3 bulan. Oleh karena itu, hindari tergesa-gesa dalam pencapaian di halaman pertama hasil pencarian Google.

KiosMaya selalu menghadirkan artikel seputar SEO secara berkala, ikuti terus perkembangan SEO disini. Sebab mungkin ada penjelasan yang terlewatkan pada cara SEO di halaman ini.

SEO enthusiast, Trainer, Praktisi Pemasaran Online, Penulis buku “Strategi Sukses Jualan Online”, Gemstone Investor.

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *