Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Des 15, 2023 | SEO dan Optimasi Website

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam. Apakah untuk branding, peningkatan sales, atau malah sekadar untuk diakui Google Adsense..

Kenapa harus SEO? Padahal Google Ads bisa juga jadi pilihan untuk menempati halaman pertama dan rangking pertama Google. Betul memang Google Ads bisa membuat situs menempati rangking satu Google. Namun biayanya mahal. Beda kalau Anda menggunakan SEO. Biayanya lebih murah dan efeknya bisa jangka panjang. Apa cuma itu manfaatnya? Jelas tidak! Anda harus simak artikel ini sampai selesai untuk menemukannya.

Apa Saja Target Menggunakan SEO?

Pakai SEO tidak hanya sebatas formalitas saja. Karena pastinya memiliki target-target tertentu dengan menggunakan SEO. Berikut beberapa target menggunakan SEO secara umum:

1. Mudah ditemukan

Target menggunakan SEO yang pertama adalah situs mudah ditemukan di mesin pencarian. Perlu diketahui bahwa perilaku alami audiens ketika masuk ke mesin pencarian adalah membuka website yang berada di halaman pertama Google. Lebih mudah dan lebih cepat.

Maka jangan heran kalau website yang berada di page one akan lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan traffic. Karena audiens akan lebih mudah menemukan website tersebut daripada situs kompetitor lainnya. Efeknya beragam. Dari merek Anda yang semakin terkenal. Sampai penjualan pasif yang terus meningkat.

2. Website Menjadi Lebih Populer

Berada di halaman pertama dan dapat banyak traffic tentu saja memberikan keuntungan tersendiri. Apa keuntungannya? Yaitu kepopuleran website akan meningkat. Nama domain website akan lebih mudah diingat dan lebih populer. Bisa menjadi rujukan bagi siapapun yang ingin mendapatkan informasi spesifik sesuai yang mereka mau.

Sederhananya begini. Misal kesehatan jadi tema utama bagi website Anda. Untuk nangkring di rangking satu mesin pencari, Anda membuat berbagai macam konten bermanfaat terkait kesehatan. Memakai semua teknik SEO. Dan Pada akhirnya Google atau mesin pencari lain menempatkan situs Anda di halaman pertama.

Konten bermanfaat dipadu dengan kecepatan loading website dan desain yang memudahkan visitor. Membuat pengunjung akan selalu ingat pada web Anda tiap kali ingin mencari info tentang kesehatan. Alhasil, brand awareness website menjadi lebih besar dan populer daripada situs kompetitor.

3. Branding Bisnis

Bagi Anda yang menjalankan bisnis secara online, proses branding tidak hanya dilakukan secara offline. Tapi juga secara online. Salah satunya adalah dengan membangun kepopuleran situs toko online di Google. Agar audiens lebih mudah menemukan brand Anda saat mencari produk yang relevan.

Website yang berada di halaman pertama mesin pencarian mampu memberikan branding bisnis lebih maksimal daripada yang berada di halaman ke 4, 5, atau 10. Apa sebabnya? Karena lebih mudah ditemukan. Menjadikan situs mampu memperkuat dan mempertahankan brand sehingga mampu memberikan perspektif kepada audiens.

Merek yang mendarah daging dengan target pasar adalah impian semua pebisnis. Sayangnya perjalanan kearah sana sangat lama dan terjal. Tapi dengan SEO, biaya branding sedikit banyak bisa turun. Tetap lumayan meski penurunan biayanya tidak terlalu besar.

4. Menjaga Eksistensi Situs

Target menggunakan SEO selanjutnya yaitu menjaga eksistensi situs. Situs yang eksis lebih mudah menaikkan sales ketimbang yang tidak. Selain itu eksistensi situs juga bisa memperkuat brand awareness. Maka hal ini menjadi hal yang sangat penting.

Eksistensi situs ini punya pengaruh juga ke mesin pencari Google. Website yang aman dari spam, virus dan malware; mudah dirayapi dan memiliki konten yang bermanfaat. Tiga hal tersebut bisa memastikan website aman dari penalti atau de-index Google. Jadi siapapun tetap masih bisa mengakses situs 24/7.

5. Investasi Jangka Panjang

Menggunakan SEO memang tidak memberikan hasil secepat Google Ads. Tapi dengan SEO, Anda bisa mendapatkan hasil jangka panjang. Kenapa bisa seperti ini? Sederhana saja. Google Ads memang memberikan hasil instan. Namun saat asupan gizi dari Anda ke Google mengendor, maka hilang juga website Anda dari halaman pertama.

Ranking akan tetap aman selama dana masuk ke Google juga aman. Tapi lihat saja saat tidak ada biaya iklan, bersiaplah untuk mengalami penurunan ranking secara drastis. Ini berbeda dengan SEO. Memang hasilnya tidak langsung kelihatan. Tapi kalau sudah menempati halaman pertama, biasanya akan bertahan lebih lama. Bahkan ada yang hingga 20 tahun lamanya.

Untuk branding, ini bisa jadi langkah yang amat bagus. Meski masih meminta biaya secara berkala, namun tidak konstan dan besar seperti Google Ads. Situs bisa nangkring lama di halaman pertama. Bahkan dengan pemeliharaan SEO yang konstan, rangking situs bisa mencapai peringkat satu, Bisnis semakin terkenal, penjualan semakin maksimal.

6. Menjadi King Of The Market

Menjadi king of the market sebuah produk memang tidak mudah. Perlu waktu bertahun-tahun, karena banyak pesaing yang harus dikalahkan. Tapi itu dulu. Era digital seperti sekarang bisa memendekkan semua tahun-tahun itu. Bagaimana tidak? Sekarang branding bisa di website, media sosial dan lain sebagainya. Jadinya bisa lebih banyak lagi target market yang bisa dijangkau.

Lewat website, Anda bisa gunakan teknik SEO. Fokuskan untuk nangkring di ranking pertama mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. Setelah berhasil, popularitas website akan meningkat. Bukan cuma itu. Brand dan produk pun juga ikut terpapar secara luas. Jika Anda bisa terus bertahan di rangking satu, tidak butuh waktu lama menajdi king of the market.

7. Memperluas Target Market

Semakin banyak traffic website yang Anda dapatkan, maka semakin luas pula target market bisnis Anda. Dan itu berarti, semakin terbuka lebar kesempatan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis secara massif. Terutama untuk bisnis online dengan branding dan marketing lewat Google.

Tidak hanya target market di dalam negeri. Bahkan Anda juga bisa menyasar untuk target market luar negeri dan lokal kota tertentu. Berbagai kampanye iklan dan branding bisa dilakukan untuk calon konsumen yang tertarget. Menjadikan berbagai aktifitas promosi menjadi lebih efektif dan efisien. Karena dengan biaya yang minimal, Anda bisa memperluas target market yang maksimal.

8. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Konversi atau penjualan yang tinggi bisa didapat dari traffic yang tinggi. Ini menjadi target menggunakan SEO selanjutnya. Jadikan itu target kalau Anda memang lagi butuh peningkatan sales.Teknik SEO bertugas untuk menggiring pengunjung website berselancar di website Anda. Dalam prosesnya, mereka akan bergantti menjadi leads. Dan pada ujungnya akan melakukan pembelian produk atau jasa Anda.

Tidak hanya mengembangkan bisnis. Tapi juga keuntungan lain terkait bisnis. Seperti mendapatkan tambahan investor, mudah cari supplier, mudah cari agen, distributor, dan dropshipper. Kepopuleran situs akan membantu mengangkat bisnismu beberapa langkah lebih baik lagi.

Sejarah SEO

SEO mungkin baru booming 10 tahun terakhir ini. Tapi nyatanya, SEO sudah mulai ada sejak 26 Juli 1997. Diperkenalkan melalui spam message yang terposting di Usenet. Dulu mesin pencari masih kalah canggih dibandingkan sekarang. Sangat sederhana. Saking sederhananya sampai banyak yang mengakalinya untuk keuntungan mereka.

Penentuan ranking juga tidak serumit sekarang. Begitu kata pendiri Search Engine Land, Danny Sullivan. Hanya ada meta tag dan kode HTML yang ada pada website. Tentu ini jauh lebih sederhana daripada penentuan page one saat ini.

“Apa itu meta tag?

Meta tag adalah deskripsi singkat tentang isi dari suatu konten website yang terlihat pada halaman mesin pencarian. Agar bisa membantu SEO, Anda perlu untuk memasukkan kata kunci di meta tag.”

Saat itu, kebanyakan website tidak menggunakan kata kunci yang cocok dengan tema websitenya. Yang penting volume pencarian besar. Selesai. Akhirnya banyak pengunjung kecewa  karena merasa ditipu oleh pemilik website.

Lalu hadirlah Backrub untuk solusi atas masalah ini. Backrub merupakan mesin pencari generasi kedua dan dasar bagi banyak mesin pencari setelahnya. Teknologi di baliknya bernama pagerank, menggunakan perhitungan matematika yang rumit. Penemu perhitungan ini ialah sepasang sahabat bernama Larry Page dan Sergey Brin. Dua orang mahasiswa doktoral dari Stamford University. Setelah meraih banyak pengakuan serta modal dari Co-Founder Sun Andy Bechtolsheim, Backrub beralih rupa menjadi Google.

Meski teknologi pagerank pada Backrub adalah solusi, namun masih saja bisa diakali banyak webmaster. Oleh karena itu, setelah menjadi Google, tim riset mesin pencari ini terus mengembangkan algoritmanya. Keinginan para programmer menempatkan website di ranking satu dan usaha tim riset mesin pencari mengembangkan teknologinya. Interaksi ini yang melahirkan SEO.

Semakin maju algoritma mesin pencari, semakin relevan hasil yang muncul dari pencarian pengguna. Di samping itu juga taktik SEO semakin beragam dan canggih untuk bersaing membawa erbsite merebut posisi puncak.

Elemen yang Mendukung Suksesnya Target Menggunakan SEO

Ketahui dulu komponen apa saja yang akan memuluskan tercapainya tujuan menggunakan SEO. Ini informasi selengkapnya:

1. Menggunakan Kata Kunci yang Relevan

Coba Anda perhatikan bagaimana cara audiens mencari informasi di Google. Dengan cara mengetikkan kata kunci sesuai dengan pencarian. Inilah hal pertama yang harus Anda pahami. Yaitu menemukan kata kunci yang relevan dengan niche website. Tanpa kata kunci, website akan kesulitan bersaing di halaman mesin pencarian. Apalagi merebut ranking satu.

Kenapa bisa seperti itu? Hal ini terkait dengan kerja robot crawler milik mesin pencari. Kata kunci akan memudahkan perayap ini berkenalan dengan konten Anda. Sehingga bisa meng-index-nya dalam database mereka. Sehabis ter-index, maka tinggal elemen SEO lain yang bekerja memberi bukti pada mesin pencari bahwa konten Anda yang paling relevan untuk pengunjung yang men-search kata kunci tertentu..

Lalu bagaimana cara menemukan kata kunci yang relevan? Mudah saja. Sekarang sudah banyak tools SEO yang bisa membantu Anda mencarinya. Seperti Ahrefs, Semrush, Ubersuggets, dan lainnya. Gunakan mereka! Tool ini akan membantu menemukan kata kunci yang tinggi volume pencarian dan rendah persaingan.

2. Membuat Konten yang Informatif

Sudah dapat kata kuncinya? Oke, sekarang saatnya membuat artikel konten. Konten ini bisa berupa artikel penawaran, copywriting, atau hanya sebatas artikel informatif saja. Lalu selipkan kata kunci di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa tujuan audiens masuk dan membuka Google adalah untuk mencari informasi. Baik informasi berita, artikel, atau berbagai produk dan layanan yang ingin mereka beli. Maka dari itu, buatlah konten yang relevan dengan apa yang dibutuhkan audiens.

Misalkan Anda menjual baju import branded. Kata kunci yang sudah Anda temukan adalah “baju branded import”. Artikel seperti apa yang harus dibuat? Yaitu artikel yang menjelaskan berbagai informasi terkait baju import. Jangan lupa letakkan kata kunci di beberapa bagian artikel. Seperti judul, sub judul, seratus kata pertama dan terakhir. Selebihnya sebar di badan artikel.

Pastikan menulis dengan bahasa yang sopan dan menarik sesuai audiens. Kalau target audiens Anda remaja, maka pakai kata-kata khas remaja sekarang. Begitupun kalau targetnya pebisnis, kedepankan kata-kata yang sopan. Pemakaian gaya penulisan juga berpengaruh pada lama waktu pengunjung bertahan di website Anda.

Pakai kalimat yang efektif. Pendek tidak masalah. Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan kalimat copywriting agar pembaca mau membeli baju yang ditawarkan pada website tersebut.

3. Optimasi On Page

Apakah setelah membuat artikel selesai begitu saja? Tentu tidak. Karena artikel itu akan lanjut diposting di website lengkap dengan optimasi SEO on page. Tujuannya adalah artikel lebih SEO friendly dan mudah ditemukan oleh crawler mesin pencarian. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah menemukan artikel website Anda daripada website kompetitor.

Apa saja komponen SEO on page? Yaitu eksternal link, internal link, tag alt, meta deskripsi, heading, dan lain sebagainya. Bukan cuma lebih mudah untuk bot crawler merayapi. Namun juga memberi tanda pada algoritma kalau artikel Anda rapi, informatif dan kredibel.

Kredibilitas konten ini yang jadi nilai bagi mesin pencari Google era sekarang. Kredibel sama dengan relevan. Relevan sama dengan menempati halaman pertama dan mendatangkan banyak traffic. Yaitu traffic yang akan meningkatkan konversi dan penjualan. Website menjadi lebih fungsional sebagaimana tujuan pembuatan website itu sendiri.

4. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink adalah tautan dari domain website pihak ketiga dengan traffic dan ranking yang baik. Baik dulu ataupun sekarang, elemen yang satu ini masih menjadi pendorong kuar kinerja SEO. Apalagi jika backlink berasal dari website yang diakui Google. Dipadukan dengan konten yang berkualitas, bahkan bisa menggeser ranking satu yang memiliki ribuan backlink tidak berkualitas.

Jika ingin target menggunakan SEO tercapai dengan baik, maka jangan hanya buat konten berkualitas saja. Tapi juga harus menyertakan backlink yang berkualitas. Tidak hanya meningkatkan rangking. Backlink yang berkualitas juga akan menambah traffic dari pengunjung website yang memberikan tautan tersebut.

5. Kecepatan Website

Sebagus apapun artikel yang Anda buat, sebanyak apapun backlink berkualitas yang diterapkan, tapi jika kecepatan atau loading website kurang maksimal, tidak banyak audiens yang akan mengunjungi website tersebut. Kenapa? Karena sebagian besar audiens tidak mau menunggu loading yang terlalu lama.

Bahkan kabar buruknya lagi, audiens akan menandai website dengan loading yang lama. Dan tidak akan mau kembali lagi meski kecepatan loading telah Anda perbaiki. Audiens akan memberi cap pada website Anda sebagai website dengan loading yang lama.

Berapa lama loading website paling lama? Rata-rata audiens bisa menunggu loading website antara 3 sampai 5 detik. Lebih dari itu, mereka akan memilih keluar dan mencari situs lainnya. Tapi masih ada juga yang mau menunggu hingga 10 detik. Walaupun begitu, tetap saja angka 10 detik ini tidak bolah jadi acuan standar kecepatan loading website Anda. Beda cerita jika 10 detik itu Anda jadikan waktu maksimal website Anda memuat semua isi kontennya.

6. Mobile Friendly

Jangan lupa mendesain website mobile friendly. Tujuannya adalah meningkatkan pengalaman pengguna. Website Anda bisa dibuka pada semua jenis device. Mulai dari desktop atau komputer rumahan hingga device mobile seperti android, iPhone, dan lain sebagainya. Tampilan website lebih responsif untuk memberi kenyamanan lebih pada penggunaannya.

Perlu diketahui bahwa sebagian pengguna internet berselancar dengan menggunakan perangkat mobile. Semakin responsif website yang Anda desain terhadap perangkat mobile, maka semakin banyak pula traffic yang akan didapatkan. Dan itu berarti semakin tinggi pula ranking website di mesin pencarian.

Ketahui selengkapnya mengenai: Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Kesimpulan

SEO atau search engine optimization adalah cara meningkatkan traffic dengan menempatkan situs pada halaman pertama mesin pencarian. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari SEO. Mulai dari mudahnya audiens menemukan website Anda dibandingkan dengan website sejenis dari kompetitornya. Hingga peningkatan penjualan secara pasif dari website.

Ada beberapa komponen yang bisa mempengaruhi besar kecilnya keberhasilan SEO untuk mengantarkan website di halaman pertama mesin pencarian. Mulai dari mencari kata kunci hingga menggunakan backlink berkualitas. Semua itu dilakukan agar target menggunakan SEO bisa sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi, SEO tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan search organic traffic saja, SEO harus dapat memberikan dampak positif pada bisnis. Oleh karena itu, bisnis Anda memerlukan konten yang relevan, bukan konten palugada atau konten yang tidak relevan dan hanya menargetkan untuk mendapatkan traffic saja.

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya "struktur iklan yang efektif di era digital." Dalam konteks...

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bagi mereka yang mengerahkan upaya S.E.O untuk meningkatkan metrik organic click umumnya akan panik setelah melihat penurunan grafik di Google Search...

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Hadirnya internet telah memudahkan para trader dalam melakukan aktivitas usaha mereka. Memasarkan produk ke luar negeri sudah sejak lama dilakukan secara online. Artikel ini berikan penjelasan bagi mereka yang memiliki produk layak ekspor untuk memahami cara...

Bagaimana Cara UMKM Dapat Berhasil di Saluran Online?

Bagaimana Cara UMKM Dapat Berhasil di Saluran Online?

Banyak sekali jargon untuk UMKM, seperti "UMKM Go Digital" dan UMKM Naik Kelas, akan tetapi ternyata hanya sebatas jargon. Apa yang terjadi adalah semua masuk marketplace yang memancing persaingan tidak sehat untuk ekosistem perekonomian UMKM. Lantas, bagaimana cara...

Pin It on Pinterest

Share This