Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Mar 31, 2024 | Digital Marketing, Onsite, Organic Marketing, Search Engine Marketing, Web Development

Sepanjang tahun 2023 hingga tahun 2024 ini, ada beberapa pengalaman menarik yang semoga dapat menambah wawasan para praktisi digital marketing di Indonesia.

Beberapa Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya

Setelah beberapa tahun meneliti grafik di Google Search Console (GSC) untuk beberapa bisnis dan perusahaan, kami menemukan bahwa setidaknya harus ada satu juta impresi organik (per tahun) untuk bisnis sebelum mendapatkan dampak positif dari digital marketing.

Hal ini kami temukan hampir di seluruh Client. Memang ada Client baru kami yang menggunakan jasa digital marketing untuk ekspor yang menunjukkan bukti yang berbeda. Eksportir Kayu Manis dan Biji Pinang ini belum mendapatkan satu juta impressi dari organic search, akan tetapi perusahaan tersebut telah mendapatkan satu prospek dari Uruguay.

Satu Juta Impresi Organik Per Tahun = Puluhan Prospek B2B Per Bulan?

Ada lagi, Client jasa digital marketing lite KiosMaya yang telah mempercayakan upaya digital marketing selama 2 tahun di KiosMaya, menemui hasil yang cukup menggembirakan. Antara lain:

  • Menerima belasan prospek per bulan dari web contact form (ke e-mail).
  • Hampir setiap hari menerima prospek melalui WhatsApp.
  • Ketika event pameran di JIEXPO kami boost melalui artikel SEO dan Media Sosial, perusahaan ini mendapatkan order produk mesin tekstil yang baru hadir di Indonesia.

Tentu ini bukan kebetulan atau sekedar keberuntungan semata. Proses pengambilan keputusan dan transaksi di pasar B2B tidak sesederhana B2C atau retail.

Perusahaan penjual mesin ini memiliki impresi lebih dari satu juta impresi organik per tahun. Apa artinya? bisnis mereka terlihat di para pencari produk melalui mesin penelusur Google.

Intinya, ketika bisnis dikenal, prospek datang. Ketika bisnis semakin dikenal, intensitas dan jumlah prospek yang berdatangan terus meningkat.

Baca Juga Mengenai: Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital Melalui SEO

Memasarkan Jasa Penyewaan ke Asia Tenggara

Contoh lainnya, sebuah bisnis penyewaan alat interpreter di Jakarta yang mendapatkan deal dari Malaysia. Ini bukan berarti tidak ada jasa penyewaan alat interpreter di Malaysia, akan tetapi lebih pada reasonable things.

Proses Terjadinya Deal

Ketika penyewa tersebut mencari di Google (.com.my) dengan kata kunci intent dan transactional mereka menemukan perusahaan penyewaan alat interpreter yang menggunakan jasa search engine marketing KiosMaya.

Landing Page Sebagai Lead Generator dan Terhubung ke Google Sheets

Ada lagi pengalaman menarik lainnya, di tahun 2024. Sebuah institusi pendidikan membuat landing page di KiosMaya, kemudian menginginkan pendaftaran yang masuk melalui website landing page tersebut otomatis mengisi tabel di Google Sheet.

KiosMaya berhasil mengintegrasikan sebuah bot yang dapat memenuhi keinginan Client tersebut. Hal ini memang mempermudah team marketing client dalam melakukan aktivitas funneling mereka, misal follow-up via WhatsApp, pendataan dan filter.

Jadi, landing page tersebut bukan hanya sekedar halaman pendaftaran yang “branded” dan menarik saja, akan tetapi memiliki sedikit fungsi CRM (Customer Relationship Management).

Ketahui lebih lanjut mengenai jasa landing page KiosMaya.

KiosMaya Menjadi Partner Kommo

Tak lama berselang, di LinkedIn kami menerima pesan yang mengajak menjadi mitra Kommo, sebuah aplikasi online untuk komunikasi (online chat), manajemen leads, dan funneling, seperti yang ada di pojok kanan bawah layar.

Saat ini, kami masih melakukan eksperimen untuk Kommo. Namun kami yakin bahwa alat ini akan semakin berguna untuk bisnis yang semakin matang digital.

Pemasaran Online to Offline sebuah Laundry di Bandung

Ini baru berjalan, cukup menarik. Client ini mendapatkan referensi dari salah satu client KiosMaya yang sudah merasakan dampak positif. Client menjelaskan target mereka, yakni untuk meningkatkan kapasitas cucian per hari.

KiosMaya telah memproduksi konten yang menarik untuk perkenalan layanan laundry tersebut dengan hasil:

  • 3 video 1 menit (landscape)
  • 15 video 15 detik (vertical)
  • 100 foto.

Hasil produksi tersebut cukup untuk membuat konten medsos dan periklanan selama tiga bulan.

Bagaimana Team KiosMaya Melakukannya? 

KiosMaya menggabungkan SEO, Google Ads, Creative Content, dan Meta Ads. Sederhanya seperti itu. Selain pemahaman bisnis, kegiatan ini melibatkan kemampuan:

  • Technical SEO.
  • Onsite dan Offsite Optimization.
  • Audience dan Keyword Targeting.
  • SEO writing.
  • Search Console dan GA4 Analytics, untuk memastikan kinerja.
  • Manajemen periklanan.
  • Pembuatan konten kreatif untuk sosmed dan iklan.

Search Engine Marketing

Teknik S.E.O yang kami gunakan selalu mengikuti arahan dari Google (Google for Developer) yang sering terdapat pemberitahuan untuk praktik terbaik S.E.O.

Saat ini, kami melihat semakin banyak praktisi yang berhasil mendatangkan pengunjung website dalam jumlah besar. Akan tetapi, tidak sedikit kami mengetahui “curhatan” para “pakar” di Indonesia yang mengalami masalah: Traffic tinggi, konversi minim, bahkan tidak ada konversi sama sekali.

Kami telah terbiasa menggunakan S.E.O untuk mendapatkan dampak, mulai dari bisnis kami sendiri di KiosMaya. Oleh karena itu, kami selalu mengamati ketika ada client S.E.O kami yang belum mendapatkan hasil atau konversi dari saluran online.

Demikian kami menemukan bahwa, mereka yang melakukan S.E.O secara serampangan, dan tidak konsisten, artinya hanya beberapa bulan saja, lebih sering menemui “zonk” atau tidak mendapatkan konversi.

Beberapa pakar dunia seperit Neil Patel, dan bahkan Think With Google sendiri juga telah melakukan penelitian. Bahwa S.E.O akan memberikan hasil setelah dijalankan kurang lebih selama satu setengah tahun. Tentunya ini jika dijalankan sesuai praktik terbaik.

Selain itu, konten dan penargetan iklan juga kami analisa untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Seperti frekuensi kata kunci di setiap target lokasi, dan sebagainya. Dengan cara ini, penargetan akan lebih presisi dan efisien.

No Blackhat!

KiosMaya tidak melakukan “blackhat”, karena hal tersebut adalah suatu hal yang sia-sia. Oleh karena itu, ketika ada Client international trading (chemical) dengan ratusan website dan mengusulkan untuk meningkatkan DA dengan backlink, maka tidak dapat kami setujui sepenuhnya. Apa lagi ketika ingin “menembakkan” konten duplikat, tentu kami tolak, karena tidak sesuai dengan praktik terbaik untuk Optimasi Mesin Pencari.

Praktik blackhat pada S.E.O hanya akan menyebabkan website semakin sulit terindeks, karena kualitas semakin dianggap rendah oleh mesin pencari. Ini akan merugikan perusahaan Anda.

Baca juga mengenai: Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Jangkauan di Media Sosial

Tak kenal maka tak beli, sepertinya telah menjadi pepatah bisnsi di jaman sekarang. Eksportir kayu manis, kami iklankan dengan FB dan IG untuk jangkauan. Dengan menjangkau orang secara tertarget untuk melihat bisnis Client, kami harapkan setidaknya sebagian pemirsa yang tertarik akan mengunjungi website Client.

Ekspor, tidak seperti retail yang orang beli bisa kita sodorkan chat Whatsapp atau beli di toko online kita. Bisnis ekspor secara online masih lebih banyak menggunakan e-mail dalam komunikasi mereka.

Kami menemukan bahwa negara-negara tertentu memiliki biaya per impresi dan biaya per klik yang jauh lebih murah dari Indonesia. Jika di Indonesia bisa terbebani ribuan rupiah, negara-negara lain tersebut hanya ratusan rupiah. Ini adalah peluang bagi para eksportir untuk memasarkan produknya di saluran digital.

Tambahan

Saat ini, KiosMaya juga terlibat secara intens dalam pengembangan sistem rantai digital untuk menyiapkan era industri 4.0 yang dapat terjadi di tahun 2029 mendatang.

Blockchain, emas, komunitas dan segala elemen dalam lingkungan bisnis akan membutuhkan orkestrasi agar berfungsi. KiosMaya akan mengambil peran sebagai edukator dan enabler yang bersinergi dengan fasilitator pada ekosistem ini.

Semoga pengalaman digital marketing kami ini dapat menambah wawasan dan inspirasi bagi para praktisi di Indonesia.

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Tak kenal maka tak sayang, no trust maka no deal, merupakan falsafah yang populer dalam bisnis. Branding bertujuan agar produk atau bisnis dikenal baik oleh para calon pembeli. Di era digital sekarang ini, Website dan S.E.O semakin menempati prioritas untuk mereka...

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya "struktur iklan yang efektif di era digital." Dalam konteks...

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bagi mereka yang mengerahkan upaya S.E.O untuk meningkatkan metrik organic click umumnya akan panik setelah melihat penurunan grafik di Google Search...

Pin It on Pinterest

Share This