Memasarkan Produk ke Luar Negeri dengan Digital Marketing

Okt 15, 2023 | Umum

Hadirnya internet telah memudahkan para trader dalam melakukan aktivitas usaha mereka. Memasarkan produk ke luar negeri sudah sejak lama dilakukan secara online. Artikel ini berikan penjelasan bagi mereka yang memiliki produk layak ekspor untuk memahami cara memasarkan produknya ke mancanegara dengan teknik digital marketing secara umum.

Strategi Digital Marketing untuk Memasarkan Produk ke Luar Negeri

Strategi digital marketing untuk eksportir akan melibatkan serangkaian peralatan online. Pemasaran ekspor dengan digital marketing memerlukan serangkaian proses dan peralatan analytics. Mulai dari melakukan analisa pasar, negara mana yang prospektif, dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam memasarkan produk ke luar negeri melalui internet.

Penelitian Pasar yang Mendalam

Sebelum Anda mulai, lakukan penelitian pasar yang komprehensif. Pahami pasar target Anda dengan baik. Ini menarik dan pekerjaan yang menyenangkan. Anda dapat menggunakan menggunakan alat analisa kata kunci. Bisa pakai SEMRush ataupun Google Ads Keyword Planner.

Masukan kata kunci produk Anda, dan mulai lah ubah target negara dan bahasa. Salin seluruh data, mulai bandingkan. Apa yang perlu Anda perhatikan adalah: Frekuensi Pencarian per Bulan dan Biaya per Klik. Relevansi hal ini ada pada kelayakan dan anggaran untuk melakukan digital marketing, terutama untuk biaya periklanan.

Analisa Kelayakan Kata Kunci untuk Peluang Ekspor

Setelah menentukan negara atau wilayah target Anda. Pertimbangkan ukuran pasar, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas politik negara tersebut.

Ingat: Tidak semua kata kunci dan iklan akan berfungsi dengan baik di semua negara. Anda perlu menyesuaikan kata kunci dan pesan iklan Anda dengan preferensi bahasa dan budaya di negara target Anda. Ini dapat meningkatkan tingkat konversi iklan Anda.

Anda dapat mempelajari cara Analisa Peluang Pasar Melalui Marketplace dan Analytics yang tentunya sangat menarik jika menyukai bidang pekerjaan ini.

Pahami Bahasa dan Budaya Lokal

Bahasa adalah kunci komunikasi. Pastikan situs web Anda, iklan, dan konten disesuaikan dengan bahasa lokal. Selain itu, pertimbangkan preferensi budaya dalam desain, warna, dan pesan yang Anda tampilkan. Ini akan membantu produk Anda lebih mudah diterima oleh pasar asing. Sesuaikan elemen-elemen ini agar sesuai dengan norma budaya dan etika setempat.

Pastikan untuk menghindari penggunaan simbol atau ikonografi yang mungkin dianggap ofensif atau kontroversial dalam budaya setempat. Apa yang memiliki makna positif di satu budaya mungkin memiliki makna negatif di budaya lain.

Sebelum meluncurkan kampanye besar, uji pasar produk dan pesan Anda di pasar target. Dapatkan umpan balik dari audiens lokal atau mitra bisnis setempat. Ini membantu Anda memastikan bahwa produk dan pesan Anda sesuai dengan preferensi lokal.

Optimalkan SEO Internasional

Optimalkan situs web Anda untuk SEO internasional. Identifikasi kata kunci yang relevan dengan pasar target Anda dan gunakan kata kunci ini dalam konten situs web Anda. Gunakan hreflang tags untuk menunjukkan bahasa yang ditargetkan untuk setiap halaman. Lokalisasi konten Anda untuk memastikan relevansi dengan budaya setempat.

Pastikan URL Anda memiliki struktur yang sesuai dengan SEO internasional. Ini termasuk menggunakan subdomain atau subfolder berdasarkan bahasa atau wilayah yang ditargetkan. Contoh: basenglish.com/id/ untuk versi dalam bahasa Indonesia.

Sama seperti periklanan di search engine, Anda perlu menganalisa kelayakan kata kunci yang paling strategis. Selain memperhatikan frekuensi pencarian per bulan dan tingkat persaingan, Anda juga perlu melihat beberapa periode tren kata kunci. Ini akan berguna untuk suatu produk yang sifatnya seasonal atau eventual seperti masker COVID-19.

Bangun backlink dari situs web asal negara target Anda. Ini membantu meningkatkan otoritas situs web Anda dalam mesin pencari lokal. Gunakan Google Search Console untuk melacak kinerja situs web Anda di berbagai negara. Anda dapat menyesuaikan pengaturan geografis dan memantau indeksasi dan kinerja halaman Anda.

Pastikan situs web Anda responsif dan ramah seluler. Pastikan bahwa situs web Anda memuat dengan cepat di berbagai lokasi geografis. Kecepatan situs web adalah faktor penting dalam peringkat mesin pencari.

S.E.O merupakan investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. Kami telah banyak menyaksikan mereka yang konsisten dengan S.E.O terus berkembang bisnisnya. Masalahnya, untuk konsisten memerlukan keyakinan bukan? kami tidak dapat membuat Anda percaya akan hal ini, waktu yang akan menjelaskannya ke Anda jika seperti itu.

Pemasaran Konten Berkualitas

Pemasaran konten berkualitas adalah salah satu elemen kunci dalam strategi digital marketing yang sukses. Ini membantu Anda membangun otoritas dalam industri Anda, menarik perhatian pelanggan potensial, dan memperkuat hubungan dengan audiens Anda.

Mulailah dengan menentukan tujuan konten Anda. Apakah Anda ingin mendidik, menghibur, atau menginspirasi audiens Anda? Jelasnya tujuan akan membantu Anda merancang konten yang sesuai.

Kenali audiens target Anda dengan baik. Pahami siapa mereka, apa yang mereka cari, dan masalah apa yang ingin mereka selesaikan. Hindari konten yang bersifat dangkal atau hanya berorientasi pada promosi produk. Sampaikan nilai dari bisnis atau produk Anda, misal: tepercaya, andal, menyelesaikan masalah, belum ada di tempat lain, dan sebagainya.

Konten tidak hanya terbatas pada artikel SEO. Cobalah berbagai format; video, infografik, panduan, dan podcast. Beberapa audiens lebih suka konsumsi konten dalam format tertentu. Tetap konsisten dalam penjadwalan posting konten Anda. Ini membantu membangun ekspektasi di kalangan audiens Anda dan menjaga mereka terlibat.

Setelah Anda membuat konten berkualitas, pastikan untuk mempromosikannya. Bagikan konten Anda di media sosial, melalui email, dan manfaatkan iklan online jika diperlukan.

Selain memerlukan konten berkualitas dan distribusi yang terseleksi, konsistensi merupakan hal terpenting. Konten Anda absen? maka konten dari para pengusaha lainnya yang terbit dan mendapat perhatian calon pembeli potensial di luar negeri.

Gunakan Iklan Online

Iklan online, seperti Google Ads, adalah cara cepat untuk menjangkau pasar asing. Buat iklan yang ditargetkan pada kata kunci dan wilayah tertentu. Perhatikan biaya per klik (CPC) yang mungkin berbeda di setiap negara. Allokasikan anggaran iklan Anda secara bijak berdasarkan analisis biaya.

Pasar dan biaya per klik dapat berubah seiring waktu. Terus uji iklan dan strategi baru, dan selalu pelajari dari hasil kampanye Anda. Fleksibilitas dan adaptasi adalah kunci untuk sukses dalam memasarkan produk ke luar negeri secara online.

Budget Anda harus memadai untuk mengatasi biaya iklan di negara-negara target Anda. Jika Anda menemukan bahwa biaya per klik di suatu negara terlalu tinggi dan tidak menguntungkan, Anda dapat memutuskan untuk menyesuaikan strategi Anda.

Terkadang, suatu kata kunci menjadi sangat mahal ketika terlalu banyak orang yang menargetkan kata kunci tersebut. Maka dari itu, dalam digital marketing tidak bisa hanya mengandalkan iklan online, ini persaingan yang terlalu melibatkan biaya. Anda juga harus menjalankan optimasi di mesin pencari atau S.E.O, agar dapat menurunkan biaya periklanan online.

Strategi Email Marketing yang Terseleksi

Pemasaran melalui e-mail dalam konteks ekspor dan impor merupakan salah satu cara yang paling efekit. Kenapa? karena kebanyakan buyer setiap hari kerja menggunakan e-mail sebagai alat komunikasi bisnis mereka. Agar tidak menjadi spammy buatlah terlebih dahulu daftar prospek, minimal dengan nama dan alamat e-mail mereka.

Gunakan peralatan pengiriman e-mail yang dapat menyertakan opt-out atau memberikan peluang untuk berhenti dikirimi e-mail. Dengan demikian, mail server atau domain Anda dapat tercegah dari laporan spam.

Jika website Anda menggunakan KiosMaya, kami memiliki server yang sudah orkestrasikan IP untuk kebutuhan e-mail marketing. Pengiriman e-mail pun menjadi lancar dengan rasio masuk ke folder ‘junk’ sangat minim.

Untuk dapat menerapkan strategi email marketing secara optimal, Anda membutuhkan server e-mail dengan teknologi yang mendukung untuk kebutuhan pengiriman e-mail dalam jumlah banyak setiap harinya. Memang lebih mahal dari hosting dengan embel-embel serba unlimited, namun Anda akan tercegah dari banyak masalah yang tidak perlu Anda alami. Sehingga, Anda dapat terus fokus dengan usaha Anda.

Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Media sosial adalah alat yang kuat dalam digital marketing. Buat dan kelola akun media sosial yang ditargetkan pada pasar asing. Bagikan konten yang relevan dan berinteraksi secara aktif dengan audiens Anda. Perhatikan preferensi media sosial yang berbeda di setiap negara dan sesuaikan strategi Anda.

Anda harus memahami langkah-langkah yang di ambil oleh pemirsa agar tidak terjebak pada mind-set “social media is all we need for digital marketing” seperti sebagaimana banyak yang terjadi di Indonesia. Apa yang harus Anda lakukan adalah menyediakan visual yang menarik dengan tujuan yang terarah untuk mengunjungi website Anda sebagai penyedia informasi yang lebih lengkap, ataupun menghubungi whatsApp Anda.

Evaluasi dan Analisis Berkelanjutan

Setelah kampanye Anda berjalan, terus pantau dan evaluasi hasilnya. Perhatikan metrik seperti tingkat konversi, dan biaya per klik. KPI untuk konversi adalah berapa banyak prospek yang Anda dapatkan, berapa yang berkualitas, dan berapa yang menjadi pelanggan.

Gunakan alat analitik web untuk melacak kinerja konten Anda. Perhatikan metrik seperti jumlah pengunjung, tingkat konversi, dan berapa lama pengunjung tinggal di situs web Anda.

Berdasarkan hasil analisis, terus perbaiki dan optimalisasi strategi pemasaran konten Anda. Cobalah hal-hal baru dan pelajari dari kesalahan serta keberhasilan Anda.

Bermitra dengan Ahli Pemasaran Digital

Jika memungkinkan, bermitra dengan ahli lokal atau agen pemasaran yang memahami pasar dan budaya negara target Anda. Mereka dapat memberikan wawasan berharga dan membantu Anda merancang strategi yang lebih efektif.

Menggunakan penyedia jasa pemasaran digital yang berpengalaman dapat menuntun jalan menuju tujuan bisnis Anda dengan benar.

KiosMaya juga dapat mempelajari siapa pesaing Anda di pasar target Anda. Apa yang mereka tawarkan dan bagaimana mereka memasarkan produk mereka. Kami akan terus memperjuangkan kepentingan Client dalam pemasaran digital hingga titik darah penghabisan, istilahnya seperti itu.

KiosMaya menyediakan sleuruh kebutuhan digital marketing bagi para eksportir untuk memasarkan produk ke luar negeri. Mulai dari pembuatan website yang berkualitas, produksi konten, distribusi konten, hingga analytics dan penyesuaiannya.

Tips Pemasaran Online Untuk Hotel Yang Baru Jadi

Tips Pemasaran Online Untuk Hotel Yang Baru Jadi

Pada umumnya, mereka yang berhasil membangun sebuah penginapan sudah memiliki "jaminan" untuk mengisi omset penjualan kamar. Masalahnya, pembatalan juga dapat terjadi, musim berganti, dan hal-hal dinamis sering terjadi. Oleh karena itu, sejak awal semestinya para...

Optimasi Iklan Online Menghemat Biaya Secara Signifikan

Optimasi Iklan Online Menghemat Biaya Secara Signifikan

Beriklan secara online kini telah menjadi kebutuhan bisnis. Mereka tentu juga pernah atau masih alami biaya iklan yang membengkak karena kurang efektif. Efisiensi dan akurasi telah menjadi prinsip transformasi digital. Untuk itu, kami akan berikan informasi untuk...

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Tak kenal maka tak sayang, no trust maka no deal, merupakan falsafah yang populer dalam bisnis. Branding bertujuan agar produk atau bisnis dikenal baik oleh para calon pembeli. Di era digital sekarang ini, Website dan S.E.O semakin menempati prioritas untuk mereka...

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Sepanjang tahun 2023 hingga tahun 2024 ini, ada beberapa pengalaman menarik yang semoga dapat menambah wawasan para praktisi digital marketing di Indonesia. Beberapa Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya Setelah beberapa tahun meneliti grafik di Google Search...

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Pin It on Pinterest

Share This