Analisa Peluang Pasar Melalui Marketplace dan Analytics

Sep 6, 2021 | Analytics

Baik untuk brand atau untuk bisnis sendiri, kita selalu membutuhkan pertimbangan kelayakan pasar sebelum melakukan pemasaran. Analisa peluang pasar di era digital semakin memudahkan para praktisi dan entrepreneur.

Jika dulu kita harus melakukan survey, sekarang kita cukup menggunakan marketplace, keyword planner dan Google Trend. Cara ini dapat Anda lakukan terhadap produk umum yang sudah banyak dipasaran, dan untuk mendobrak pasar.

Dalam tutorial kali ini kami akan jelaskan cara menganalisa peluang pasar menggunakan marketplace dan beberapa alat analytics dari Google.

Video Tutorial Cara Analisa Peluang Pasar

Video tutorial ini berdurasi 6 menit yang menjelaskan cara melakukan analisa peluang pasar sebagai dasar pertimbangan Anda dalam membuat keputusan. Dalam tutorial ini, juga sekaligus menjelaskan cara memperkirakan anggaran pemasaran digital yang diperlukan untuk memasarkan produk Anda.

Notes: Anda dapat aktifkan picture in picture sembari membaca langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah

  1. Cari nama produk Anda di marketplace
  2. Lihat berapa banyak penjualan yang terjadi, apakah ratusan, ribuan, puluhan ribu dan seterusnya.
  3. Kemudian validasi volume penjualan tersebut dengan frekuensi pencarian di Google.
  4. Jika jumlah tidak jauh berbeda maka dapat kita anggap valid, namun jika jauh berbeda ini tentu akan menimbulkan ketidakpastian.
  5. Lihat biaya rata-rata per klik yang dibutuhkan untuk memperkirakan berapa anggaran ideal untuk memasarkan produk tersebut.
  6. Persempit pemasaran dengan fokus pada wilayah tertentu dengan menggunakan Google Trend.

Selain berguna sebagai awal pemasaran produk, cara ini juga dapat berguna jika Anda mengalami penjualan yang stagnan dan cendrung menurun.

Periksa dengan cara ini untuk menemukan:

  • apakah produk Anda sudah berada di titik jenuh dan harus diperbarui?
  • apakah pendekatan dan strategi pemasaran digital Anda harus disesuaikan?
  • apakah biaya pemasaran digital Anda tidak sesuai?

Dan masih banyak temuan lainnya yang akan And adapatkan dengan menggunakan cara menganalisa peluang pasar tersebut.

Oleh karena itu, mulai lah untuk mengambil keputusan berdasar data. Miliki visibilitas untuk menghindari fenomena blind-marketing karena terlalu banyak yang akan Anda pertaruhkan jika Anda tidak mengambil keputusan berdasar kondisi yang akurat. 

Langkah Selanjutnya

Anda tetap harus mendapatkan analisa yang akurat terhadap kinerja digital marketing berdasar analisa awal tersebut. Digital marketing bukan seperti sprint-test akan tetapi seperti lari maraton. Anda harus membangun upaya dalam pemasaran digital agar brand dan produk Anda selalu menjadi prioritas dalam benak para pemirsa.

Langkah terpenting selanjutnya adalah dengan memonitor Google Analytics dan melakukan re-marketing. Tujuannya agar Anda tidak buta dalam menilai dan meningkatkan efisiensi.

Semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat untuk para praktisi dan siapapun yang melakukan bisnis halal di saluran online.

Terimakasih telah menyempatkan waktu Anda untuk membaca dan menyaksikan video tutorial ini, harap sebarkan jika informasi ini bermanfaat.

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Dominasi Brand SERP harus menjadi prioritas dalam aktivitas online branding bagi para praktisi atau para konsultan digital marketing. Ini karena dalam pencarian Google terkadang hasil penelusuran untuk Brand juga menampilkan hasil untuk "orang lain juga bertanya"...

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi website atau desain ulang situs web adalah proses terperinci untuk memperbarui situs Anda, yang mencakup pembaruan konten, penyegaran tata letak, dan peningkatan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Hampir setiap merek memiliki situs...

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Pengunjung website merupakan awal mula kesuksesan bisnis, oleh karena itu kita harus memahami cara meningkatkan traffic website tanpa perlu membayar sepeserpun untuk iklan. Ahrefs, sebuah situs alat SEO menginformasikan bahwa 91% konten yang ada di website tidak...

Pin It on Pinterest

Share This