Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital Melalui SEO

Apr 30, 2023 | SEO dan Optimasi Website

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis di era digital yang semakin umum digunakan oleh banyak perusahaan.

SEO sendiri memiliki tujuan untuk mendapatkan pemirsa yang relevan melalui mesin pencari seperti Google dan Bing. Bukan hanya sekedar mendapatkan pengunjung website sebanyak mungkin.

Saluran digital telah penuh sesak dengan persaingan usaha. Lambat laun, tanpa SEO maka sebuah bisnis akan mengalami degradasi pada pertumbuhan usaha mereka.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan bisnis di era digital dengan menerapkan SEO?

SEO Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Kita tentu mengetahui bahwa relasi bisnis atau para pelanggan produk Anda telah menggunakan internet setiap hari. Dalam menggunakan internet, mereka sering melibatkan mesin pencari ketika ingin mencari informasi, baik itu tentang pengetahuan, harga, barang atau produk dan sebagainya.

Di KiosMaya sendiri, beberapa Client kami telah merasakan dampak dari SEO pada bisnis mereka. Dampak tersebut mulai dari berkurangnya biaya sales canvas hingga penambahan karyawan secara konsisten.

Tentu kunjungan website mereka meningkat. Akan tetapi, SEO sebagai bagian dari jasa digital marketing harus memiliki dampak pada bisnis.

Berikut beberapa cara mengembangkan bisnis melalui upaya optimasi website di mesin pencari.

Siapkan Semua yang Diperlukan

Sebagai tahap awal, perusahaan Anda perlu mempersiapkan apa yang diperlukan untuk menjalankan upaya SEO agar dapat efektif berikan dampak pada bisnis.

Persiapan ini termasuk website yang memenuhi syarat, perencanaan dengan analisa awal, hingga hadir di beberapa saluran online termasuk media sosial. Ya, hadir di media sosial termasuk sebagai salah satu cara meningkatkan upaya SEO.

Terapkan Pola Pikir “SEO-First”

Baik untuk website, konten, produk, pemasaran, komunikasi digital, dan sebagainya, seluruh orang yang terlibat di perusahaan harus menerapkan pola pikir SEO-First agar dapat efektif dalam mengembangkan usaha melalui upaya SEO.

Dalam penerapannya, ini dapat berupa mengajak seluruh karyawan untuk mulai menulis tentang bidangnya masing-masing. Tentu, bidang yang berkaitan dengan bisnis Anda, karena mereka bekerja di perusahaan Anda.

Setelah itu, team SEO Anda dapat mulai mempublikasikan tulisan mereka di website perusahaan Anda (corporate blog) dengan menerapkan kaidah SEO.

Sebagai contoh, misal bisnis Anda bergerak dalam bidang kesehatan atau Rumah Sakit. Anda dapat mewajibkan para dokter untuk menulis paling kurang sebulan sekali untuk memberikan edukasi publik.

Oleh karena itu, pola pikir SEO-First bukan hanya sebagai cara mengembangkan bisnis saja, akan tetapi juga memberikan manfaat ke semua pihak. 

Maka, kekuatan pada nilai bisnis Anda dapat mulai terbentuk. 

Ubah Website Anda Menjadi Lebih Cepat dan Dengan Desain yang Responsive

Ini merupakan salah satu syarat utama dalam menjalankan SEO. Website yang cepat dan memiliki tata letak yang rapih dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Ini merupakan persyaratan SEO yang tidak dapat Anda lewatkan. Melewatkan persyaratan teknis ini dapat menghambat kinerja SEO untuk website perusahaan Anda.

Miliki Langkah yang Jelas untuk Apa yang Akan Anda Lakukan

Perlu Anda pahami bahwa SEO memerlukan waktu paling cepat 4 hingga 6 bulan untuk memberikan dampak pada bisnis. SEO seperti lari marathon ketimbang sprint. Oleh karena itu, Anda memerlukan langkah yang jelas dalam menerapkan SEO untuk mendapatkan dampak pada bisnis Anda.

Masalahnya, ketika upaya SEO yang Anda lakukan tidak sesuai praktik terbaik, Anda akan memerlukan waktu lebih lama lagi. Misal, dengan mempekerjakan penulis SEO yang kurang memahami teknik onsite-SEO.

Selain itu, analisa kata kunci juga perlu Anda lakukan untuk mendapatkan fokus pada upaya yang akan Anda kerahkan secara simultan dan kosisten.

Membuat Profil Bisnis di Google

Profil bisnis di Google dapat meningkatkan kepercayaan mesin pencari terhadap bisnis dan website Anda. Selain itu, dengan memiliki profil bisnis di Google Anda dapat berinteraksi dengan calon pengguna produk atau jasa Anda, seperti:

  • Mendapatkan petunjuk menuju alamat bisnis atau kantor Anda.
  • Menghubungi melalui telepon yang tertera pada profil bisnis.
  • Mengunjungi website yang tertera pada profil bisnis Anda di Google.
  • Mendapatkan review (positif ataupun negative).

Dalam hal review, ini memang harus terkelola dengan baik, serta memerlukan penyelarasan pada penyelenggaraan bisnis Anda.

Mengingat banyaknya manfaat profil bisnis di Google, maka proses ini sebaiknya tidak Anda lewatkan. Konversi atau hasil dari digital marketing sering melalui saluran ini.

Dengan demikian, hadir di Google Business Profile merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis Anda yang perlu Anda implementasikan segera mungkin.

Terapkan Konsep Inbound Pada Seluruh Konten Website

Perilaku konsumen online dalam mengambil keputusan telah membentuk sebuah pola. Dari mengetahui, mereka akan menggali informasi lebih sebelum mengambil keputusan beli atau tidak.

Sebetulnya tidak hanya pada konten saja, konsep inbound marketing harus Anda implementasikan pada seluruh upaya digital marketing Anda.

Dalam hal SEO, konsep inbound akan menentukan ada atau tidaknya dampak pada bisnis Anda. Ini karena konsep inbound akan mengarahkan pemirsa tidak hanya sekedar memahami bisnis atau penawaran Anda saja, akan tetapi juga meyakinkan pemirsa untuk mengambil tindakan.

Tanpa tindakan, tentu upaya SEO Anda tidak dapat berikan atribusi pada pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, konsep inbound perlu Anda terapkan di seluruh konten website (juga konten di saluran lainnya, seperti media sosial).

Jadi, artikel SEO di website Anda bukan hanya sekedar “penggembira” saja, alias bukan hanya untuk mendatangkan pengunjung website saja. Akan tetapi, konten SEO Anda harus memiliki daya untuk mengubah pengunjung website menjadi pelanggan.

Ukur, Analisa, dan Tingkatkan

Ini bukan langkah terakhir, tapi langkah rutin yang perlu Anda lakukan. Pengukuran kinerja SEO dapat Anda lakukan dengan menganalisa data baik di Google Search Console maupun di Google Analytics (GA4). Selain itu, Anda dapat juga menggunakan alat-alat seperti SEMRush, Ahrefs, dan sebagainya.

Kenali kata kunci yang berpeluang untuk meningkatkan visibilitas dan kunjungan organik dari mesin pencari, serta kata kunci yang mendatangkan konversi atau tindakan ke bisnis Anda.

Pelajari para pesaing Anda dan temukan kesenjangan yang ada, baik itu backlink, kata kunci, dan sebagainya. Mulailah untuk mengerahkan upaya dalam rangka mengungguli bisnis Anda dari para pesaing di pencarian online.

Kesimpulan

Di era digital yang semakin maju ini, memiliki keberadaan online yang kuat sangat penting bagi bisnis. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online adalah dengan mengoptimalkan mesin pencari atau SEO.

Memiliki arahan pada tindakan merupakan salah satu faktor penentu pada efektivitas SEO untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda dapat menerapkan SEO secara in-house atau menggunakan jasa SEO melalui penyedia yang kredibel. Namun, anda harus berhati-hati terhadap penawaran jasa SEO murah dan bergaransi, karena tidak ada satupun yang dapat berikan garansi pada kenyataannya.

Paling tidak, dengan menerapkan upaya SEO, bisnis Anda dapat semakin terlihat oleh banyak pemirsa online yang merupakan calon pengguna atau pelanggan Anda.

Semakin banyak yang mengenal bisnis Anda maka peluang mencetak pendapatan akan semakin besar. Pada akhirnya, dengan cara SEO yang tepat untuk mendapatkan dampak positif pada bisnis, Anda dapat meningkatkan pertumbuhan usaha dari waktu ke waktu.

Jika hal ini masuk akal untuk diterapkan pada bisnis Anda, silahkan hubungi kami untuk mendiskusikan rencana Anda dan mulailah berinvestasi pada sesuatu yang bernilai di era digital.

Tips Pemasaran Online Untuk Hotel Yang Baru Jadi

Tips Pemasaran Online Untuk Hotel Yang Baru Jadi

Pada umumnya, mereka yang berhasil membangun sebuah penginapan sudah memiliki "jaminan" untuk mengisi omset penjualan kamar. Masalahnya, pembatalan juga dapat terjadi, musim berganti, dan hal-hal dinamis sering terjadi. Oleh karena itu, sejak awal semestinya para...

Optimasi Iklan Online Menghemat Biaya Secara Signifikan

Optimasi Iklan Online Menghemat Biaya Secara Signifikan

Beriklan secara online kini telah menjadi kebutuhan bisnis. Mereka tentu juga pernah atau masih alami biaya iklan yang membengkak karena kurang efektif. Efisiensi dan akurasi telah menjadi prinsip transformasi digital. Untuk itu, kami akan berikan informasi untuk...

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Tak kenal maka tak sayang, no trust maka no deal, merupakan falsafah yang populer dalam bisnis. Branding bertujuan agar produk atau bisnis dikenal baik oleh para calon pembeli. Di era digital sekarang ini, Website dan S.E.O semakin menempati prioritas untuk mereka...

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Sepanjang tahun 2023 hingga tahun 2024 ini, ada beberapa pengalaman menarik yang semoga dapat menambah wawasan para praktisi digital marketing di Indonesia. Beberapa Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya Setelah beberapa tahun meneliti grafik di Google Search...

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Pin It on Pinterest

Share This