Struktur Iklan yang Efektif di Era Digital Seperti Apa?

Okt 24, 2023 | Iklan Digital

Apakah Anda pernah merasa iklan online Anda terasa kacau dan tak teratur? Apakah pesan iklan Anda tercecer di mana-mana tanpa arah yang jelas? Jika ya, inilah saatnya untuk memahami betapa pentingnya “struktur iklan yang efektif di era digital.”

Dalam konteks periklanan online, “struktur iklan” merujuk pada cara iklan diatur dan dirancang berdasar target pemirsa. Ini sama seperti pondasi yang kokoh untuk rumah Anda, “tanpa dasar yang kuat, rumah Anda mungkin ambruk.” 

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui strategi iklan online dan memahami apa yang menjadi dasarnya, serta cara dan contoh penerapannya. 

 

Mengapa Struktur Iklan Penting?

Mari kita mulai dengan pertanyaan mendasar: mengapa struktur iklan itu penting?

Jawabannya sederhana: struktur iklan yang baik memastikan pesan Anda tersampaikan dengan jelas kepada pemirsa yang tepat.

Struktur iklan yang efektif merupakan salah satu kunci rahasia dalam dunia pemasaran online yang dipenuhi dengan persaingan sengit. 

Struktur iklan yang jelas dapat membantu menghindari kebingungan dalam komunikasi. Jika pesan tidak terstruktur dengan baik, orang yang melihat iklan atau pemirsa iklan Anda mungkin bingung, bahkan dapat kehilangan minat.

Dari sisi kreatif, baik secara visual maupun komunikasi, Anda boleh saja membuat pemirsa menjadi sangat bingung sepanjang tujuannya untuk mengajak mereka berpikir, sehingga iklan Anda lebih mendapat perhatian dan lebih diingat oleh para pemirsa. Untuk dapat melakukan ini, iklan Anda harus benar-benar kreatif dan mengadopsi nilai-nilai dalam kehidupan.

Manfaat Dari Struktur Iklan yang Jelas

Ketika iklan Anda dibangun dengan kuat, itu akan mengirimkan sinyal bahwa Anda serius dalam berbisnis. Nah, inilah beberapa hal hebat yang bisa Anda capai ketika Anda punya struktur iklan yang benar:

Maksimalkan Relevansi

Saat Anda merancang iklan dengan hati-hati, sesuai dengan tujuan kampanye dan apa yang audiens inginkan, maka Anda sedang membuat iklan yang relevan. Dan relevansi itu seperti “kunci peti emas” dalam dunia pemasaran online.

Meroketkan Tingkat Klik (CTR)

Ketika iklan Anda sesuai dengan apa yang dicari atau diinginkan audiens, itu akan menarik perhatian. Dengan CTR yang lebih tinggi, Anda akan merasa seperti pemenang yang besar di pertandingan iklan. CTR yang tinggi akan meningkatkan traffic pengunjung website secara signifikan.

Bikin Murah Biaya Per-Klik (CPC)

Google AdWords dan teman-temannya cenderung memberikan penghargaan kepada iklan yang relevan. Ini berarti, skor kualitas Anda naik, dan ini bisa menghemat uang! Bayangkan, Anda bisa membuat kampanye tanpa harus lebih menguras kantong.

Berpeluang Mendapatkan Lebih Banyak Konversi atau Hasil

Struktur iklan yang efektif juga bisa menjadi panduan bagi audiens. Mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Isi formulir? Membeli produk? Semua ini lebih mungkin terjadi jika Anda telah merancang iklan dengan sempurna.

Struktur Iklan yang Efektif

Sekarang, mari kita keluar dari gurun kata-kata dan mulai beraksi! Bagaimana kita bisa membuat struktur iklan yang bakal menghantarkan sukses pada kampanye pemasaran kita? Ini seperti membuat lasagna yang lezat, tapi dalam dunia pemasaran:

  • Judul yang Memukau: Judul adalah kunci! Buatlah judul yang tidak bisa mereka lewatkan, yang langsung menyala dan memancing perhatian.
  • Isi dengan Manisnya Konten: Jangan mengibuli audiens Anda. Ceritakan dengan jada komunikatif apa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka harus peduli.
  • Gambar yang Bikin Ngiler: Gambar adalah pemanis! Pastikan gambar yang Anda pilih sesuai dan menarik. Kita semua tahu gambar lebih dari seribu kata.
  • Ajakan yang Kuat: Jangan biarkan pemirsa iklan menjadi bingung. Beri tahu mereka langkah selanjutnya dengan tindakan panggilan yang jelas. “Beli Sekarang,” “Daftar Gratis,” atau “Ketahui Selengkapnya” – itu bisa jadi kunci pintu menuju konversi.

Ingat, ini adalah era uji coba dan kesalahan atau yang sering Anda dengar dengan istilah A/B Testing. Cobalah berbagai macam judul, teks, dan gambar. Kemudian, pantau kinerja iklan Anda dengan alat analitik. Ketika Anda tahu apa yang berhasil, Anda bisa mengoptimalisasi iklan Anda.

Strategi Iklan Online yang Terstruktur

Berdasar pola perilaku pemirsa online dalam mengambil keputusan, struktur iklan yang efektif pada periklanan online mencakup:

  • Attract: Menarik perhatian pemirsa. Dengan text atau bumber-video yang menarik, iklan Anda akan lebih mendapat perhatian.
  • Desire: Membuat pemirsa iklan menjadi lebih menginginkan, atau menjadi bagian. Pada tahap ini, iklan harus dapat menyentuh sisi perasaan pemirsa.
  • Convert: Mengajak pemirsa untuk mengambil keputusan dan tindakan.

Ketiga elemen tersebut “ADC” dapat di aplikasikan pada jenis iklan apa saja, baik iklan teks, display image, maupun iklan video atau TVC.

Contoh Penerapan Strategi Struktur Iklan Online

Untuk memudahkan pemahaman mengenai struktur iklan yang efektif, ada baiknya kami sajikan beberapa contoh penerapan struktur iklan yang efektif.

Iklan Teks

Iklan teks biasanya untuk periklanan di hasil pencarian Google. Alih-alih menjual “kecap nomor satu” yang sudah terlalu banyak memenuhi hasil pencarian, lebih baik sajikan kata-kata yang indah dan menghibur, agar iklan Anda menjadi unik, menonjol, “mengena”, dan menarik perhatian.

Misal, Anda menjual jasa penerjemah. Coba bandingkan kedua kalimat dari judul iklan ini:

  • Jasa Penerjemah Tersumpah, Termurah, dan Bergaransi.
  • Mau Bikin Kontrak Pakai Bahasa Asing? Hubungi Kami.

Point pertama, tentu sudah banyak digunakan oleh mereka yang “kebelet” mendapatkan order dengan segera. Sedangkan point kedua, dapat lebih menarik perhatian karena berbeda dan dapat lebih mengena karena lebih spesifik pada apa yang dipikirkan para pemirsa yang menggunakan sedang mencari “jasa penerjemah”.

Demikian implementasinya pada keterangan iklan teks. Jangan terlalu kaku, buatlah komunikatif, lebih santai atau tidak terlalu kaku. Dengan demikian, iklan tersebut dapat mengena di hati pemirsa. Iklan teks yang efektif, harus dapat bersahabat dengan para pemirsa, langsung ke pokok masalah dan solusi, dan harus unik.

Ingat, merangkai kata-kata memerlukan pengetahuan dan kemampuan literasi. Pelajari tentang literasi dari sekarang, atau hire agency berpengalaman yang ahli dalam literasi dan filosofi, kemungkinan Anda akan terkejut dengan kualitas yang mereka hasilkan.

Iklan Gambar

Ini biasanya untuk iklan display dan iklan di media sosial yang selain memerlukan kreativitas juga memerlukan strategi yang tepat. Jadi, tidak hanya soal grafis yang kreatif dan premium, akan tetapi konten dalam gambar tersebut juga harus memenuhi ketiga unsur “ADC” tersebut di atas. Atau, Anda juga dapat menerapkan ADC dalam konten yang terpisah dan sepanjang berjalan secara berurutan dalam kampanye online Anda.

Kecuali dalam hal branding, untuk sosialisasi brand dengan menjangkau pemirsa yang lebih luas secara tertarget, iklan bergambar memang bisa dalam bentuk yang unik, jika perlu hanya menampilkan satu titik saja! Penting sekali iklan bergambar harus menarik, tidak bisa biasa-biasa saja agar dapat menarik perhatian.

Sebagai contoh, perhatikan gambar di bawah ini:

Apa yang anda pikirkan tentang gambar ini

Untuk menjelaskan konten ribuan kata di artikel ini, sebetulnya cukup menggunakan satu grafis yang dapat menjelaskannya bukan? Ini dapat juga Anda terapkan pada iklan, jangan takut, harus berani dan yakin!.

Iklan Video

Video merupakan salah satu bentuk periklanan yang paling efektif. Baik untuk bisnis retail maupun B2B, iklan video tetap menjadi pilihan utama. Walaupun ongkos produksi dan distribusi dapat mencapai angka milyaran, hasil dari iklan video lebih kuat dari iklan teks dan gambar, terutama dalam konteks branding.

Masalahnya, belum banyak iklan video yang menerapkan strategi ADC sehingga iklan tersebut tenggelam dalam waktu yang cepat. Dengan menerapkan strategi ADC tersebut, iklan video Anda tidak hanya akan mendapatkan lebih banyak perhatian, akan tetapi konversi dan social value dalam konteks digital marketing, alias iklan Anda akan disebar oleh netizen tanpa Anda harus membayar uang sepeserpun.

Strategi ADC dapat Anda terapkan secara berurutan, misal stage Attract pada video bumper atau awal video iklan. Kemudian, sampaikan hal-hal yang semakin membuat pemirsa iklan menjadi tertarik. Ingat, pemirsa Anda merupakan Manusia yang bernafas, mungkin sibuk, dan sebagainya. Jadi, sajikan iklan yang benar-benar mengena dan mengarahkan pemirsa untuk mengambil tindakan atau menjadi bagian sebuah misi yang bernilai.

Sudah Siap untuk Terjun ke Belantara Online?

Jadi, sekarang Anda tahu, rahasia besar kesuksesan pemasaran online adalah struktur iklan yang memikat. Jangan takut untuk berani dan kreatif. Dan yang terpenting, jangan lupakan tujuan Anda: membuat dampak positif pada kampanye pemasaran Anda!

KiosMaya memiliki team periklanan yang lengkap, berpengalaman dalam membuat video iklan atau TVC yang diorkestrasi dengan skill-set digital marketing dan analytics yang kuat untuk menjamin iklan Anda berkualitas dan terdistribusikan dengan tepat agar mencapai tujuan bisnis dengan cepat.

Segera bergegas dan buatlah iklan yang akan mencuri perhatian audiens Anda. Hubungi KiosMaya untuk mendapatkan dukungan dari para ahli periklanan digital dan produksi konten untuk iklan.

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Kenapa Website dan S.E.O Semakin Dibutuhkan untuk Branding?

Tak kenal maka tak sayang, no trust maka no deal, merupakan falsafah yang populer dalam bisnis. Branding bertujuan agar produk atau bisnis dikenal baik oleh para calon pembeli. Di era digital sekarang ini, Website dan S.E.O semakin menempati prioritas untuk mereka...

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya 2023-2024

Sepanjang tahun 2023 hingga tahun 2024 ini, ada beberapa pengalaman menarik yang semoga dapat menambah wawasan para praktisi digital marketing di Indonesia. Beberapa Pengalaman Menarik Digital Marketing KiosMaya Setelah beberapa tahun meneliti grafik di Google Search...

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Apa Target Menggunakan SEO Untuk Organik Traffic Saja?

Mungkin Anda tidak jarang mendengar kata SEO. Kepanjangannya search engine optimization, merupakan cara untuk meledakkan traffic dengan menjadikan situs bisa nangkring di halaman dan rangking pertama mesin pencari. Target menggunakan SEO itu sendiri sangat beragam....

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Pilih WordPress atau Laravel untuk Website Perusahaan?

Wordpress dan Laravel merupakan platform yang berguna untuk membangun website. Saat ini, pengguna Laravel terus meningkat karena kemampuannya yang melebih Wordpress. Masalahnya, kurang tepatnya pemilihan platform website antara Wordpress atau Laravel dapat...

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Memahami Perubahan Pola Perilaku Konsumen di Era Digital

Di era transaksi online yang semakin berubah secara eksponensial ini, sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen yang terus mengalami perubahan. Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kaitannya dengan digital marketing dan tujuan dari memahami...

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search Organic Traffic Menurun? Tenang, Jangan Panik!

Search organic traffic merupakan pengunjung website yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Bagi mereka yang mengerahkan upaya S.E.O untuk meningkatkan metrik organic click umumnya akan panik setelah melihat penurunan grafik di Google Search...

Pin It on Pinterest

Share This