Kelebihan SEO Dibanding Iklan Berbayar dan Media Sosial

Jul 27, 2022 | SEO dan Optimasi Website

Banyak yang menanyakan apa kelebihan SEO jika dibandingkan dengan iklan berbayar dan pemasran melalui media sosial. Sebetulnya, masing-masing saluran pemasaran digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, demikian SEO (optimasi di mesin pencari).

Dalam artikel ini kami akan jelaskan sedikit tentang kelebihan SEO sebagai saluran pemasaran digital untuk bisnis beserta alasan dan proof of concept atau pembuktiannya.

Kelebihan SEO Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi para pebisnis atau pemilik perusahaan, mengetahui kelebihan SEO dibanding pemasaran di saluran digital lainnya adalah hal penting. Ini dapat menentukan kesuksesan digital marketing bisnis Anda.

SEO merupakan cara untuk mengoptimalkan website agar mudah ditemukan oleh para pencari di mesin pencari.

Apa yang menjadi penting untuk Anda pahami dalam hal ini adalah perilaku konsumen online.

Seperti diri kita sendiri yang ketika ingin membeli sesuatu akan melakukan Googling terlebih dahulu. Dalam hal ini kualitas SEO website Anda akan sangat berperan untuk dapat banyak tampil pada para pencari.Corong Pemasaran Digital

Pada infografis di atas, dapat kita lihat bahwa SEO memainkan peranan penting dalam perjalanan pembelian konsumen online. Menurut beberapa penelitian terhadap pemasaran digital, minat tertinggi konsumen online justru berada pada mesin pencari.

Berikut kelebihan SEO yang perlu diketahui oleh para pebisnis agar terhindar dari rasa frustrasi dalam menjalankan upaya pemasaran digital.

Kelebihan SEO, Membuat Anda Tidak “Terjajah” Oleh Biaya Iklan

Jika popularitas website Anda di mesin pencari masih kurang, baik karena website masih baru atau karena tidak menjalankan upaya SEO, Anda memang bisa beriklan.

Akan tetapi perlu Anda ketahui, biaya iklan per klik atau per konversi juga mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Ini karena pada platform periklanan Anda juga menghadapi persaingan dengan para pemasang iklan lainnya.

SEO merupakan bagian dari pemasaran organik, yang artinya jika Anda lakukan maka Anda tidak perlu tergantung dengan iklan berbayar.

Sebagai contoh, sebuah keyword “Coaching dan Mentoring” (yang mana Client kami “The New You Institute” berada pada halaman pertama hasil pencarian tersebut dan menikmati sekurangnya 700 hingga 1000 klik per bulan). Ada 2000 kali pencarian per bulan, dengan biaya per klik Rp. 2000. 

Jika Anda menggunakan iklan berbayar maka Anda membutuhkan biaya Rp. 4 juta per bulan. Berapa biaya per tahun ? berapa biaya untuk 5 tahun ?

Apakah Anda ingin terbebas dari “penjajahan” iklan berbayar? atau Anda lebih percaya bahwa iklan berbayar lebih efektif ketimbang SEO? atau Anda tidak sabar dalam menjalankan SEO karena perlu berbulan-bulan bahkan tahunan untuk tampil di halaman pertama? kenapa dapat seperti itu?

Bisnis Anda Tampil Pada Orang Yang Sudah Siap Membeli

Mesin pencari merupakan saluran digital yang mana selalu digunakan oleh konsumen yang sudah siap membeli. Konsumen online menggunakan search engine dalam tahap evaluasi sebelum mengambil keputusan.

Banyak bisnis di Indonesia yang sudah menyadari bahwa user buying intent terbesar berada pada mesin pencari. Ini kenapa biaya iklan berbayar di mesin pencari selalu mengalami peningkatan dan semakin keras persaingannya.

SEO di lain sisi, juga tampil pada halaman pertama di hasil pencarian. Ada beberapa penelitian bahwa konversi lebih banyak terjadi bukan pada klik iklan di hasil pencarian.

Ini menunjukkan bahwa orang lebih percaya dengan hasil pencarian organik ketimbang iklan yang ditampilkan di hasil pencarian tersebut.

Bagaimana kalau bisnis saya tampil di halaman ke 2 atau ke 3 ? Ya boleh saja, akan tetapi berdasar penelitian oleh Google, orang lebih banyak melakukan kunjungan website pada hasil pencarian di halaman pertama. Anda dapat membuktikan pernyataan tersebut dengan melihat posisi iklan Anda di Google Search Console dan bandingkan jumlah klik yang didapat.

Beda dengan media sosial, yang merupakan tempat banyak pemirsa online berinteraksi akan tetapi tidak langsung membeli. Ini karena konsumen online berbeda dengan konsumen offline, mereka lebih “picky” dan lebih “kritis” dalam mengambil keputusan.

Meningkatkan Keyakinan Konsumen Online

Semakin sering website Anda terlihat oleh para konsumen online, maka semakin tinggi ingatan konsumen terhadap bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bersaing dengan banyak pebisnis lainnya.

Salah satu lelebihan SEO adalah dapat meningkatkan tingkat keyakinan konsumen online pada bisnis Anda.

Dengan konten yang selalu hadir dari waktu ke waktu, memberikan informasi dan edukasi, maka konsumen online akan mulai “terikat” dengan bisnis Anda.

Konsumen akan lebih mengenal dan memahami bisnis Anda melalui konten artikel yang Anda hadirkan dari waktu ke waktu. Pada akhirnya, ketika mereka akan mengambil keputusan maka bisnis Anda berada pada posisi tertinggi dalam daftar pilihan mereka.

Apa yang terjadi jika bisnis Anda tidak tampil di hasil pencarian halaman pertama? apakah orang akan mengetahui bisnis Anda? apakah orang akan yakin dengan bisnis Anda?

Anda selalu dapat beriklan untuk tampil di hasil pencarian halaman pertama pada kata kunci yang Anda pikir akan mendatangkan hasil dengan cepat. Akan tetapi Anda akan selalu membutuhkan biaya alias “terjajah” oleh iklan berbayar.

Apalagi terutama jika produk atau jasa Anda tergolong sesuatu yang high-end atau memerlukan penjelasan yang lebih dari iklan atau lebih dari satu halaman landing page.

Produk dan jasa B2B contohnya, proses pengambilan keputusan para calon pembeli atau pengguna jasa biasanya tidak instan. Mereka akan mempelajari terlebih dahulu, menggali lebih banyak sebelum ambil keputusan, dan ini mereka lakukan salah satunya dengan Googling.

Bagaimana jadinya jika pesaing bisnis Anda berhasil masuk di halaman pertama dan tetap beriklan di mesin pencari sedangkan Anda tidak ? Kira-kira siapa yang akan memenangkan kepercayaan konsumen?

Dapat Lebih Optimal Dalam Beriklan

Memang setiap bisnis sekarang ini mau tidak mau harus menggunakan promosi iklan berbayar baik di search engine, media sosial, dan platform lainnya.

Berdasarkan pengalaman kami, bisnis membutuhkan lebih dari iklan berbayar, mereka harus hadir juga di media sosial dan memperkaya konten website dengan informasi serta edukasi. Inilah yang disebut dengan digital marketing 360º (kami menyebutnya dengan Integrated Digital Marketing karena juga mencakup pada otomatisasi).

Perlu Anda ketahui bahwa SEO hari ini membutuhkan kualitas, baik kualitas konten, halaman dan kualitas website secara keseluruhan. Ini selaras dengan persyaratan periklanan di Google Search Engine. Semakin tinggi kualitas website Anda, maka semakin besar kemungkinan iklan Anda tampil di halaman pertama.

Tanpa meningkatkan kualitas website Anda dengan teknik SEO yang tepat, ada kemungkinan iklan Anda akan tampil di halaman ke 2 dan seterusnya. Anda dapat memperbesar biaya per klik atau biaya per konversi untuk memenangkan persaingan dalam bidding iklan, akan tetapi ini akan selalu menguras kocek Anda. Jika memang efektif hari ini, belum tentu kedepannya efektif, itu masalahnya.

Kekurangan SEO

Selain memiliki kelebihan, SEO juga memiliki kekurangan. Saat ini, semakin banyak pengusaha yang sadar akan pentingnya SEO, oleh karena itu persaingan pemasaran organik yang satu ini juga semakin tinggi. Otomatis, hal ini menuntut Anda untuk mengerahkan upaya SEO yang lebih dari para pesaing.

SEO tidak instan seperti iklan berbayar. Ketika Anda menjalankan SEO, Anda harus memahami bahwa ini memerlukan proses berbulan-bulan bahkan tahunan.

Akan tetapi, ketika website Anda sudah mendapatkan “kepercayaan” dari mesin pencari pada niche atau pada konteks bisnis Anda, maka ini dapat mempersingkat waktu indeksasi website Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Namun dibalik kekurangan tersebut terdapat potensi besar untuk bisnis Anda. Jika tidak Anda lakukan sekarang, maka ada kemungkinan Anda harus kerahkan upaya yang lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Sebagai contoh, beberapa Client kami baik yang sekedar menggunakan jasa pembuatan website maupun yang menggunakan jasa SEO KiosMaya selama lebih dari 1 tahun melaporkan bahwa mereka telah merasakan dampak positif dari masuknya website mereka pada puncak hasil pencarian di Google. Nilainya variatif, mulai dari ratusan juta hingga belasan milyar rupiah.

Oleh karena itu, SEO tidak cocok untuk mereka yang tidak mau memahami prosesnya atau mereka yang ingin instan seperti setelah membayar maka langsung dapat hasilnya, Padahal, iklan berbayar pun saat ini juga tidak bisa instan, Anda harus memiliki set yang tepat dari waktu ke waktu, platform akan mempelajari dulu dan berdasar pengalaman kami, iklan pun mulai mendatangkan konversi ketika sudah berjalan lebih dari 4 bulan.

Kesimpulan:

Bisnis hari ini harus dapat mencermati persaingan di saluran digital. Pemahaman mengenai apa yang dapat memberikan dampak pada bisnis Anda akan menjadi faktor penentu yang kuat untuk berhasil atau tidaknya rencana pemasaran digital Anda.

SEO memiliki kelebihan yang layak untuk Anda pertimbangkan sebagai salah satu upaya digital marketing perusahaan Anda.

Mungkin para pengusaha sudah banyak yang memahami pentingnya konsistensi dan kesabaran dalam menjalankan digital marketing untuk bisnis merkea. Maslaahnya adalah apakah Anda memiliki keyakinan terhadap hal tersebut? atau Anda masih mempercayai hal instan akan mendatangkan hasil yang besar dari tahun ke tahun. Sementara para pesaing Anda telah mendapatkan dampak positif dari SEO.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan SEO dalam digital marketing, semoga dapat menambah wawasan para praktisi dan para pengusha di Indonesia.

 

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Apakah Jasa Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Saja?

Secara bisnis, memang jasa digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan, jika tidak untuk apa? Ini sangat benar. Akan tetapi dengan persaingan bisnis yang hadir di saluran online, tantangan digital marketing semakin meningkat. Siapapun tidak bisa serta merta...

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Mau Jasa SEO Bergaransi? Sebaiknya Anda Berhati-hati

Jasa SEO bergaransi memang cukup menarik bagi mereka yang awam terhadap digital marketing terutama SEO atau pemasaran organik. Jaminan muncuk di halaman pertama hasil pencarian tentu akan menarik minat banyak orang. Masalahnya, Google sendiri telah memberitahukan...

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Cara Identifikasi Momentum Bisnis dari Tren Kata Kunci

Bisnis setelah pandemi terlihat akan rebounding dari momentum downturn kemarin. Karena kami sering melihat trend dan analytics dari metrik-metrik digital marketing, saat ini kami sedang melihat adanya momentum pasca downturn dan ada issue hangat di 2023. Seperti...

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia

Tahun 2022 ini merupakan momentum untuk data cnter di Indonesia. Untuk memaksimalkan upaya, digital marketing untuk data center sangat perlu dilakukan. Apa Pentingnya Digital Marketing untuk Data Center di Indonesia? Data center di Indonesia terus bertumbuh pesat,...

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Berapa Biaya Digital Marketing untuk Bisnis Retail dan B2B?

Setiap bisnis berbeda, demikian dengan biaya digital marketing yang dibutuhkan. Apa yang dapat kita jadikan dasar dalam penerapan anggaran digital marketing merupakan faktor terpenting untuk suksesnya upaya digital marketing perusahaan Anda. Dasar Penerapan Biaya...

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Kenapa Digital Marketing Harus Terus Pasang Iklan Berbayar?

Menampilkan bisnis Anda secara konsisten ke pemirsa tertarget merupakan inti dari digital marketing, dan inilah sebabnya kenapa digital marketing tetap harus memasang iklan seperti Goole Ads dan Facebook Ads. Pada awalnya, mungkin Anda belum percaya dengan pernyataan...

Pin It on Pinterest

Share This