Terutama di Indonesia, untuk awalnya, para manajer pemasaran sebaiknya mulai dapat membedakan mana konsultan digital marketing dan mana yang bukan. Ini dapat menghindari pemborosan anggaran. Mari pelajari cara memilih konsultan digital marketing yang tepat untuk dapat memberi dampak nyata pada Bisnis Anda.

Tren dan teknik pemasaran digital selalu berubah.

Apa yang berhasil untuk kampanye pemasaran tahun lalu mungkin tidak berfungsi hari ini. Apa yang dulunya praktik terbaik sekarang mungkin menjadi taktik yang ingin Anda hindari sedapat mungkin.

Tetap berada dalam lingkaran dunia pemasaran digital yang selalu berubah itu membutuhkan konsistensi. Menjaga perusahaan Anda tetap pada tren digital marketing dapa membuat frustrasi dan menghabiskan waktu.

Sebagai manajer pemasaran, tentu Anda tetap update dengan perkembangan pemasaran digital. Namun, Anda masih memiliki hal lain yang harus diurus. Oleh karena itu, kemungkinan masih ada beberapa area abu-abu pada hal seputar digital marketing. Lantas, Anda mulai berpikir untuk mencari konsultan pemasaran digital yang dapat menjadi mitra lebih dari sekedar hanya menjalankan kampanye digital Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa konsultan digital marketing berbeda dengan agensi periklanan ataupun creative agency. Dan Anda juga harus sadar, bahwa di luar sana banyak yang “menobatkan’ diri mereka sendiri sebagai “konsultan digital marketing” walau tanpa memiliki sertifikasi digital marketing yang diakui dunia. Mereka siap untuk memindahkan uang di kantong Anda untuk sekedar memberikan deliverability.

Cara Memilih Konsultan Digital Marketing

Pengalaman terhadap apa yang pernah dikerjakan oleh sebuah konsultan digital marketing sebetulnya bukan patokan mutlak dalam cara memilih konsultan digital marketing, sebab setiap bisnis unik dan akan berbeda cara pendekatannya dalam pemasaran digital.

Sebagai cara yang tepat dalam memilih konsultan digital marketing, anda harus mendapatkan presentasi strategi, taktik, pengukuran dan penyesuaian dari mereka dalam rangka mencapai tujuan bisnis Anda.

Sebagai perusahaan yang berkembang, Anda membutuhkan mitra konsultan digital marketing yang memahami seluk beluk digital marketing. Ini berarti Anda akan membutuhkan orang yang berdedikasi untuk mempertahankan strategi pemasaran Anda. Menyewa konsultan pemasaran digital mungkin merupakan pilihan paling ideal untuk bisnis Anda.

Tetapi bagaimana cara memilih konsultan digital marketing yang benar? Bagaimana cara memilih konsultan digital marketing yang cocok dengan perusahaan Anda?

Kami hadir di sini untuk mempermudah Anda dalam proses pengambilan keputusan.

Berikut cara memilih konsultan digital marketing yang dapat Anda andalkan

1. Memahami Bisnis Anda

Sebelum menyewa konsultan pemasaran digital, penting untuk memastikan bahwa mereka memahami strategi pemasaran digital. Selain itu, agar Anda tidal salah dalam memilih konsultan digital marketing, Anda harus pastikan bahwa mereka dapat memahami bisnis Anda dengan baik.

Sehebat apapun gelar kehormatan seorang digital marketer, namun jika tidak dapat memahami bisnis Anda dengan baik, maka akan percuma saja. Konsultan digital marketing memiliki sifat yang idealis, yakni bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemasaran digital perusahaan Anda sebelum memberikan dampak secara langsung ke bisnis.

Mungkin Anda akan menemui penyedia jasa pemasaran online yang bertipe “yes man”, namun itu dapat dipastikan bukan konsultan digital marketing. Agen periklanan dan agen kreatif akan bertindak sesuai dengan apa yang anda minta mereka kerjakan.Sedangkan konsultan digital marketing akan bekerja secara independen untuk memberikan saran dan strategi terbaik untuk Anda.

2. Memahami Strategi Digital Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dengan pemahaman yang baik terhadap bisnis Anda, konsultan digital marketing dapat secara cepat merumuskan strategi dan taktik yang akan digunakan. Anda akan mendapatkan saran awal dari konsultan digital marketing untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Dalam hal ini, tujuan digital marketing Anda harus jelas dan realistis. Apakah ingin lebih banyak lalu lintas ke situs web perusahaan? Perlu meningkatkan keterlibatan pelanggan? Atau Anda ingin langsung menghasilkan lebih banyak penjualan?.

Konsultan digital marketing tentu dapat mengakomodir apapun tujuan Anda dalam berdigital marketing, akan tetapi Anda harus siap penuhi syarat untuk dapat menjadi realistis.

Berhati-hatilah terhadap konsultan yang ingin bekerja untuk Anda walaupun mereka tidak memiliki strategi dan pengukuran.

3. Memahami Pola Perilaku Konsumen Online

Selain memahami berbagai cara komunikasi, pastikan kandidat konsultan digital marketing yang akan Anda pilih juga memahami bagaimana mengarahkan komunikasi tersebut agar dapat memberikan dampak pada tujuan bisnis Anda.

Perilaku konsumen online dengan pembeli offline sangat berbeda. Konsumen online akan mencari referensi dan rekomendasi sebelum membeli. Ini sama juga seperti cara memilih konsultan digital marketing, Anda mencari referensi dan rekomendasi juga bukan?.

Tanpa memahami siapa buyer persona Anda dan tanpa memahami pola perilaku target pemirsa, maka tidak akan dapat merumuskan strategi digital marketing yang efektif. Anda dapat melihat di situs web para konsultan digital marketing yang Anda temui secara online, apakah mereka memahami pola perilaku konsumen atau tidak.

Lihatlah artikel kepemimpinan pemikiran mereka. Jika Anda menemui situs konsultan digital marketing yang membuat pemahaman Anda lebih terang benderang, mungkin Anda dapat memasukkan mereka ke daftar konsultan yang akan Anda undang untuk presentasi ke kantor Anda.

4. Lihat Layanan Digital Marketing Apa Saja yang Mereka Tawarkan

Tidak semua perusahaan pemasaran digital menawarkan semua layanan pemasaran dalam satu atap.Karena itu, sebelum memilih konsultan, Anda harus pastikan konsultan pilihan Anda menawarkan layanan pemasaran digital yang tepat yang Anda butuhkan.

Ingat, pemasaran digital selalu berubah. pilihlah konsultan digital marketing yang setidaknya menawarkan layanan yang relevan untuk bisnis Anda seperti sebagai berikut:

  • Pembuatan konten (content marketing),
  • Optimisasi mesin pencari (SEO),
  • Pemasaran dan manajemen media sosial,
  • Pembuatan website yang memenuhi syarat,
  • Manajemen periklanan digital,
  • E-mail marketing.

Cara memilih konsultan digital marketing yang tepat, Anda harus memastikan bahwa layanan digital marketing yang Anda butuhkan tersedia untuk mendukung tujuan dan strategi pemasaran Anda secara keseluruhan.

5. Pengukuran

Ini merupakan salah satu pembeda yang jelas antara digital marketing consultant yang benar dengan yang hanya sekedar melabeli diri mereka sendiri. Mungkin Anda akan menemui “konsultan” dengan hasil kerja grafis dan sosial media yang terlihat sangat berkualitas. Akan tetapi, ternyata semua itu hanya masuk pada tahap Awareness saja. Dengan demikian Anda sebaiknya tidak berharap banyak pada penjualan.

Strategi digital marketing akan hasilkan 4 tahapan: awareness, interest, decision, dan call to action. 4 tahapan tersebut memiliki pengukuran kinerja (KPI) tersendiri.

Mertik pengukuran kinerja digital marketing tidak hanya sebatas pada jangkauan, keterlibatan dan jumlah kunjungan ke website saja, tapi harus sampai pada konversi. Dengan kemampuan melacak alur konversi, maka seorang konsultan digital marketing dapat menguatkan upaya dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Bahkan dalam pemasaran sosial media sekalipun, pengukuran harus melibatkan analisa di situs website dengan menggunakan Google Analytics. Demikian pengukuran kinerja periklanan dan e-mail marketing, selalu terhubung ke Google Analytics.

Pastikan konsultan digital marketing yang Anda pilih dapat menyajikan pengukuran yang mengarah pada konversi.

6. Realistis

Antara tujuan yang dicapai dengan lingkup kerja dan biaya harus seimbang. Dalam cara memilih konsultan digital marketing, Anda bisa menguji mereka dengan tawaran yang murah atau mahal sekalipun. Sepanjang itu realistis, maka Anda dapat ambil keputusan dalam memilih konsultan digital marketing.

Banyak yang ingin bekerja untuk Anda hanya sekedar untuk mendapatkan pemasukan. Mereka akan bersedia Anda bayar murah walau tidak masuk akal. Namun apa artinya jika dampak atau hasilnya terhadap bisnis Anda sangat minim? tentu ini artinya telah terjadi pemborosan pada anggaran pemasaran Anda.

Anda harus hati-hati terhadap jaminan yang bombastis, seperti jaminan pengunjung website, follower dan sebagainya. Hal-hal tersebut dapat dipalsukan. Agar Anda tidak kecewa, sebaiknya Anda juga harus realistis. Ingatlah, digital marketing tidak akan berdampak secara langsung, karena pola perilaku konsumen. Kecuali Anda bersedia mengeluarkan anggaran milyaran rupiah per hari dan memberikan promo yang fantastis seperti diskon besar.

Pernah salah satu client kami menunjukkan traffic puluhan ribu pengunjung ke websitenya, namun ketika melihat rasio pentalan yang tinggi, kami dapat memastikan bahwa pengunjung tersebut bukan real-human. Tentu client kami tersebut membayar dengan biaya yang sangat murah, akan tetapi pesaing bisnis client kami melakukan hal yang benar. Inilah pentingnya cara memilih konsultan digital marketing yang asli, bukan yang sintetis.

7. Track Record

Selain melihat sertifikasi profesional dalam bidang pemasaran digital, track record konsultan digital marketing juga perlu Anda periksa. Lihat atau tanyakan bisnis / brand / apa saja yang pernah mereka kerjakan. Cari testimonial terhadap pekerjaan mereka. Lantas, pertimbangkan apakah konsultan tersebut akan cocok dalam meng-handle digital marketing perusahaan Anda atau tidak.

Sebetulnya, native digital marketer atau full-stack digital marketer tidak akan masalah dengan apapun bisnis Anda. Baik bisnis Anda merupakan bisnis online, offline, B2B atau Retail, mereka dapat menemukan saluran dan pendekatan terbaik untuk memasarkan layanan atau produk Anda secara online.

Namun, perlu kami ingatkan sekali lagi, yang terpenting di sini adalah, Anda dapat memastikan bahwa kandidat konsultan digital marketing yang akan Anda pilih dapat menjelaskan strategi yang masuk akal dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Track record tidak selalu menjamin, bahkan agen periklanan yang berubah menjadi konsultan digital marketing yang memiliki banyak client perusahaan besar pun tidak dapat menjadi jaminan dalam cara memilih konsultan digital marketing yang tepat untuk Anda.

Konsultan Pemasaran Digital yang Dapat Anda Andalkan

Digital marketing dapat berdampak optimal jika dilakukan secara konsisten terus menerus selama kurang lebih 1.5 tahun hingga 2 tahun. 

strategi digital marketing kiosmaya

Ini karena pertimbangan skala jangkauan dengan anggaran yang Anda bersedia keluarkan.

Pesaing Anda, mungkin juga tidak konsisten, sebelum 2 tahun sudah hentikan program digital marketing dan kembali ke pemasaran tradisional.

Oleh karena itu, dengan konsistensi dan bertahan selama 2 tahun dalam menjalankan digital marketing, maka Anda dapat melihat manfaat dari pemasaran digital.

Percayalah, akan banyak pesaing Anda yang tidak sabar dalam menjalankan pemasaran digital secara benar selama 2 tahun. 

Namun, ini tidak berlaku jika tidak ada strategi dan pengukuran yang jelas. Ingatlah, pengukuran pada tiap-tiap bisnis dan tujuan dapat berbeda-beda. Hanya konsultan digital marketing yang tersertifikasi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jadi, jika Anda sudah merasa menjalankan digital marketing padahal hanya hadir di sosial media, saatnya sekarang, setidaknya Anda memiliki sebuah website landing page untuk menjaga pemirsa Anda agar tidak lari ke pesaing Anda.

Di KiosMaya, kami menawarkan tim pakar pemasaran digital. Dari desain web hingga pengoptimalan mesin pencari.  Anda dapat mengandalkan kami untuk mengantarkan produk atau bisnis Anda semakin dikenal luas pada pemirsa tertarget.

Kami terbiasa untuk mengintegrasikan seluruh saluran pemasaran digital untuk mendapatkan dan meningkatkan konversi serta retensi pemasaran digital yang kuat untuk para client.

Pin It on Pinterest

Share This