Saat ini, kita tengah menghadapi persaingan global dan perkembangan teknologi digital secara eksponensial. Hal ini menjadi dasar manajemen FIWA Bogor memandang bahwa digital marketing sangat penting. Transformasi digital memerlukan digital marketing selain dari infrastruktur.

Untuk infrastruktur yang diperlukan, FIWA Bogor telah memiliki cukup fasilitas. Mulai dari jaringan lokal, internet berkecepatan tinggi, hingga server dan hardware. Hanya saja, semua itu memang perlu di optimalkan kebergunaanya.

Program Pendidikan di FIWA Bogor

Dalam menghadapi kancah persaingan global, transformasi digital merupakan faktor utama penentu persaingan. Transformasi digital dapat mempermudah dan mempercepat banyak proses dalam kehidupan modern.

Sebagai pesantren yang bermanhaj salah, entrepreneurship merupakan program di pesantren FIWA – Fitrah Islamic World Academy. Pendidikan entrepreneurship saat ini memerlukan transformasi, harus dilengkapi dengan pengetahuan pemasaran digital.

Bidang pemasaran digital sendiri mencakup materi yang cukup banyak. Namun, hal ini dapat disesuaikan berdasar skala prioritas untuk tingkatan siswa yang ada di FIWA.

Seperti untuk penjualan produk, para siswa di pesantren FIWA dapat diajarkan untuk berjualan secara online dengan menggunakan strategi pemasaran digital yang efektif. ini dapat menguatkan program entrepreneurship pada setiap siswa. Sehingga, para siswa kedepannya dapat lebih siap dan menjadi pemimpin dalam bidang ekonomi selain dakwah.

Pemasaran digital juga dapat mendukung program dakwah di pesantren. Dengan set keahlian pemasaran digital yang diarahkan untuk memahami lingkungan atau karakteristik saluran digital maka distribusi digital dapat dilakukan secara strategis.

Dakwah Di Jalur Digital

Pesantren FIWA Bogor pada dasarnya merupakan sekolah yang mempelajari Islam. Salah satu tujuan pesantren internasional di Bogor ini adalah untuk mencetak ulama-ulama yang berkualitas.

Seperti dijelaskan di atas, digital marketing juga sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan dakwah. Baik dengan video, webinar, sound maupun melalui tulisan artikel dan media sosial. Ini akan membutuhkan set kreativitas yang dikombinasikan dengan pengetahuan digital untuk dapat optimal.

Pesantren FIWA memang sudah memiliki program creative design, broadcasting hingga pemrograman. Hal ini dapat mendukung dakwah para santri. Dengan penyiaran di jalur digital, penyebaran dakwah dapat dilakukan oleh para santri dan tentunya tetap dalam pengawasan para pembina.

Kreativitas dalam dakwah tidak hanya sebatas pada grafis yang menarik ataupun video saja. Tapi dapat berupa animasi yang lebih mengena pada Gen-Z. Tentu hal ini perlu diarahkan oleh para pengajar agar para santri dapat lebih mudah menentukan animasi tentang apa yang akan mereka produksi.

Kemudian, untuk penyebaran dapat didukung dengan content marketing dan social media marketing. Dengan content marketing, hasil produksi dakwah kreatif tersebut dapat terlihat pada orang-orang yang sedang mencari sesuatu di Google. Sedangkan dengan sosial media marketing, dakwah kreatif tersebut dapat menjadi viral dan populer.

Jadi, program digital marketing sangat penting untuk diterapkan di seluruh institusi pendidikan. Saat ini, digital marketing bukan hanya tuntutan bagi para lulusan bidang pemasaran saja, akan tetapi para C-Level juga harus mulai memahami digital marketing.

Digital Marketing Juga Penting untuk Para C-Level

Pasalnya, jika seorang C-Level tidak memahami konsep dan prinsip digital marketing, bisa saja biaya marketing yang dikeluarkan sangat jauh dari efektif dan akhirnya terjadi pemborosan biaya digital marketing yang sangat besar.

Digital marketing mencakup faktor yang sangat luas. Seperti digital branding, digital PR, digital communication, hingga otomatis marketing. Ini akan menjadi tantangan yang cukup serius jika para generasi penerus tidak dipersiapkan untuk menghadapi perkembangan jaman.

Demikian elemen yang ada pada digital marketing, sangat banyak. Pesantren FIWA dapat memulai pendidikan digital marketing untuk para santri dengan mengadaptasikan pada tingkatan yang ada. Misal untuk membuat sebuah website, yang kini dengan alat DevOps dapat lebih cepat, dari hitungan hari ke hitungan jam.

Jika para siswa di FIWA dapat membuat website saja, mereka dapat menjual jasa tersebut secara online dan mendapatkan penghasilan. Demikian untuk desain grafis dan sosial media, seperti produksi konten dan distribusi konten.

Dengan adanya program digital marketing di pesantren FIWA, diharapkan para santri dapat mengisi posisi C-Level atau membuat suatu bisnis startup yang sukses.

Langkah Transformasi Edukasi

Manajemen Pesantren FIWA Bogor memahami pentingnya transformasi digital. Oleh karena itu, transformasi edukasi sangat penting untuk dilakukan. 

Pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan strategi dan menyusun rancangan untuk mencapai suksesnya transformasi edukasi.

8 langkah kotter untuk transformasi edukasi
sukses transformasi edukasi

FIWA Islamic Boarding School harus dapat membuat set kebijakan untuk mendukung kesuksesan transformasi edukasi. Hal ini akan melibatkan tidak hanya pada siswa di FIWA Bogor, akan tetapi juga melibatkan para pengajar.

Dengan set kurikulum yang ada dan didukung dengan skill set update, para santri dan ustadz (guru) di FIWA dapat lebih optimal baik dalam melakukan dakwah maupun dalam hal entrepreneur.

Selanjutnya, FIWA Boarding School juga dapat mengadakan program lainnya yang sangat berguna pagi para santri. Seperti mobile programming dan manajemen infrastruktur cloud yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Sebab, tidak hanya di Indonesia saja yang mengalami kelangkaan tenaga ahli cloud, tapi secara global.

Harapannya adalah, jika program ini sukses maka dapat menjadi proyek percontohan secara nasional dalam menerapkan transformasi edukasi. 

Pin It on Pinterest

Share This