Keahlian SEO Specialist Yang Paling Mendasar dan Gajinya

Feb 22, 2022 | Search Engine Marketing

Ketika semakin banyak bisnis yang sudah ‘on-board’ pada saluran digital, persaingan terjadi dan keahlian SEO Specialist semakin banyak yang cari.

SEO Specialist adalah keahlian khusus terkait optimasi website di mesin pencari. Ini tidak hanya melakukan analisa keyword dan implementasi onsite SEO dan offsite SEO saja, akan tetapi lebih luas dari itu.

Keahlian SEO Specialist Yang Paling Mendasar

Sebagai spesialis SEO, Anda akan mengidentifikasi strategi, teknik, dan taktik untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dan mendapatkan penempatan peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Jika Anda merupakan SEO Specialist, Anda dapat loncat ke informasi gaji.

Kemudian, keahlian SEO Specialist juga harus dapat menghasilkan lebih banyak prospek untuk bisnis. Anda bertanggung jawab dalam membuka peluang baru untuk mendorong pertumbuhan dan keuntungan bisnis yang Anda wakili. 

1. Memahami Algoritma Mesin Pencari

Mesin pencari juga berbisnis, kita semua tidak dapat menjad naif dengan mengatakan “I can beat SEO” atau memberikan “Garansi SEO”, siapa Anda? apakah Anda yang membuat mesin pencari?.

Oleh karena itu, salah satu keahlian SEO Specialist yang paling utama adalah memahami algoritma mesin pencari dimana kualitas website, halaman dan konten semakin menjadi penting.

Baca Juga Mengenai: Algoritma Google Terbaru E-A-T

Seorang SEO Specialist juga harus cepat beradaptasi pada perubahan algoritma mesin pencari. Jadi, SEO Specialist harus berfokus pada kualitas, bukan hanya backlink-backlink saja.

2. Mampu Melakukan Audit Website

Audit website akan berkaitan dengan pengalaman pengguna atau UX. Kecepatan website dan keamanan website telah menjadi hal penting dalam SEO.

Oleh karena itu, seorang SEO Specialist idealnya sebaiknya memulai karisnya sebagai front-end developer. Anda tidak dapat menjadi seorang SEO Specialist ketika tidak mengerti teknis website.

Setidaknya, dasar pembuatan website, infrastruktur hosting dan server, keamanan dan struktur website harus anda kuasai terlebih dahulu.

3. Mampu Melakukan Audit SEO

Audit SEO merupakan bagian terpenting dari pekerjaan ini. Audit SEO akan menghasilkan informasi mengenai kinerja SEO saat ini dan apa saja yang harus diperbaiki atau ditingkatkan.

Banyak alat untuk dapat melakukan Audit SEO, salah satunya SEMRush yang juga mampu menghasilkan laporan analisa persaingan dan peluang. Namun hal ini dapat kita lakukan secara “manual” dengan menggunakan Google Analytics.

SEO Specialist Harus Ahli Analisa Persaingan SEO

Seorang SEO Specialist harus dapat menemukan halaman konten yang paling berharga untuk dapat terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

4. Membuat Strategi dan Perencanaan SEO

Sebagai seorang SEO Specialist, Anda tidak dapat berjalan di kegelapan. Anda harus dapat merumuskan strategi yang akan Anda jalankan untuk SEO Website suatu perusahaan atau bisnis.

Mulai dari pemahaman bisnis, mengetahui buyer persona akan apa yang mereka cari di mesin pencari, hingga pada analisa dan monitoring untuk menyesuaikan strategi selanjutnya harus Anda lakukan.

Pengelolaan konten seperti jadwal konten, target kata kunci, backlink yang diperoleh dan posisi di hasil pencarian dapat membantu Anda dalam banyak hal.

5. Dapat Mencari Kata Kunci Yang Strategis

Kata kunci yang relevan sangat penting dalam cara penerapan SEO. Anda harus sanggup memperoleh peringkat pertama pada beberapa jenis kata kunci, seperti:

  • Branded Keyword. Kata kunci sesuai nama bisnis, nama perusahaan, atau nama merek Anda.
  • Informational Keyword. Kata kunci yang bersifat memberikan informasi, contohnya halaman yang sedang Anda baca ini.
  • Educational Keyword. Kata kunci yang bersifat memberikan edukasi, seperti “cara membuat website” atau “cara bikin kue” ketika perusahaan Anda bekerja merupakan produsen tepung terigu
  • Commerce Keyword. Kata kunci yang mengarah pada perdagangan, misal “harga tepung terigu” untuk di halaman posting artikel.
  • Transactional Keyword. Kata kunci yang “menjual”, misal “jual tepung terigu” untuk di halaman produk online.

Untuk mendapatkan kata kunci yang strategis, Anda harus melakukan analisa pada keyword planner dan memilih beberapa keyword serta mengelompokkannya kedalam strategi SEO Anda.

6. Mampu Mengimplementasikan SEO

Selain menerapkan meta pada halaman statis, keahlian SEO Specialist lainnya seperti membuat konten artikel yang relevan dan sesuai tujuan perusahaan merupakan suatu keharusan.

Saat ini, kontne yang fresh, original dan bermanfaat menjadi faktor penting dalam SEO. Banyak website branded yang kami perhatikan belum membuat konten yang berkualitas.

Oleh karena itu keahlian SEO Specialist sangat dibutuhkan dalam membuat konten yang berkualitas dan ini dapat menurunkan biaya iklan berbayar untuk branding di search engine. Ini merupakan salah satu manfaat SEO untuk bisnis.

Berdasar pengamatan kami sejak tahun 2020 hingga sekarang ini, brand-brand besar di Indonesia menghabiskan anggaran iklan untuk branded keyword mereka sendiri sebesar ratusan juta rupiah per bulan.

Panjang konten juga menjadi penting, ada kesalah pamahaman diluar sana bahwa konten yang singkat dapat cepat jadi juara SEO. Memang tidak menutup kemungkinan, namun untuk konten singkat yang dapat jadi juara SEO tetap harus fresh, unik dan original, selain itu juga harus sudah mendapatkan authoritative dan trust dari mesin pencari.

Saat ini semakin banyak konten yang hadir setiap hari, terlalu naif ketika kita sebagai brand besar menanggap konten dengan kualitas apapun dapat kita sajikan dan jadi juara di hasil pencarian Google.

7. Keahlian Membuat Halaman Website Diperlukan

Seperti keahlian dalam menggunakan visual builder, CSS, dan sebagainya dapat mendukung pekerjaan dalam membuat luxury SEO Content. Tujuannya, agar konten yang Anda buat dapat meningkatkan pengalaman positive para pemirsa dan juga meningkatkan kualitas konten.

Sebagai contoh, halaman ini merupakan long-form content, akan tetapi dengan menggunakan modul accordion maka seakan-akan konten ini cukup ringkas dan navigasinya mudah.

Kata lainnya, kemampuan membuat website merupakan dasar dari SEO yang bersifat teknis. Seperti kecepatan website yang semakin penting dalam SEO, optimasi gambar, penggunaan cache dan CDN, serta sebagainya merupakan salah satu keahlian SEO Specialist yang harus Anda kuasai.

Demikian untuk membuat tag do follow dan no follow merupakan hal penting dalam teknis SEO. Ini akan menjadi hal yang Anda lakukan dari hari ke hari.

Hal Lainnya Yang Penting Untuk Seorang SEO Specialist

Hal penting lainnya untuk seorang SEO Specialist:

  • Sering membaca artikel SEO baik di website maupun mengikuti para ahli SEO di media sosial.
  • Memahami proses digital marketing secara keseluruhan, mulai dari awareness hingga konversi.
  • Mengikuti pendidikan pelatihan dan ujian sertifikasi, baik dari Google maupun dari SEMRush. Ini mumpung masih gratis lho.
  • Menguasai bahasa Inggris, TOEFL dan IELTS agar bisa mendapatkan gaji yang lebih layak.

Gaji SEO Specialist

Berdasarkan hasil penelusuran dengan kata kunci “Gaji SEO Specialist” kita akan menemukan rata-rata Gaji SEO Specialist di Indonesia sekitar Rp. 5.000.000 dengan kisaran antara Rp. 3.500.000 hingga Rp. 15.000.000,- per bulan.

Akan tetapi ketika kita mencari “SEO Specialist Salary” maka akan jauh berbeda seperti bumi dan langit, air dan minyak goreng. Anda akan menemukan hasil pencarian gaji SEO Specialist sekitar Rp. 500 juta per tahun hingga Rp. 1 milyar per tahun, atau sekitar Rp. 50 juta per bulan hingga 100 juta per bulan.

inilah mengapa seorang SEO Specialist juga harus dapat berbahasa Inggris dengan lancar, baik written maupun vocab.

Lantas berapa layaknya gaji SEO Specialist di Indonesia?

Jawabnya tergantung pada kontribusinya. Misal, jika sebuah perusahaan mengeluarkan biaya iklan per bulan Rp. 50 juta, lantas dengan SEO mereka berhasil menghemat 50% nya, maka setidaknya gaji SEO Specialist antara Rp. 10 juta hingga 25 juta per bulan.

Namun pengukuran gaji SEO Specialist tidak hanya dari penghematan saja, Anda juga dapat pertimbangkan bahwa seorang ahli SEO setidaknya mereka dapat membuka jasa freelance.

Dari pembuatan artikel SEO saja mereka dapat hasilkan sekurangnya Rp. 250.000 per hari x 20 hari hingga Rp. 1 juta per hari x 20 hari. Ini baru penulisan artikel saja, belum jasa Audit SEO, jasa penyusunan strategi dan perencanaan SEO, jasa optimasi website dan sebagainya.

SEO Merupakan Strategi Digital Marketing Jangka Panjang

Anda bersaing dalam hal ini, semua bisnis hadir di saluran digital dan berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian Google.

Jika salah satu halaman website Anda masuk di posisi paling atas pada suatu hasil pencarian di Google – berdasarkan pengamanat kami – Anda akan mendapatkan 50% dari total frekuensi pencarian per bulan.

Misal, untuk keyword “kecap manis” ada 200.000 kali pencarian, maka Anda akan mendapatkan search oganic traffic sebanyak 100.000 pengunjung.

Sekali lagi, ini hanya berdasarkan pengamatan singkat kami saja.

Menurut Google, 80% orang klik website yang masuk pada urutan kelima teratas di hasil pencarian Google.

SEO harus Anda upayakan dari waktu ke waktu. Bisa saja saat ini Anda juara dalam kata kunci tertentu, akan tetapi orang lain atau bisnis lainnya juga akan berusaha untuk berada pada posisi teratas di kata kunci tersebut. Oleh karena itu, untuk stay on top, perlakukan SEO sebagai strategi jangka panjang.

Siapa yang sanggup bertahan dalam konsistensi upaya SEO maka dia yang menang.

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

Template Design Website Terbaru dari DIVI Elegant Themes

DIVI Builder merupakan alat pembangunan website dari Elegant Themes yang selalu menghadirkan layout pack atau template design website terbaru yang sangat menarik untuk digunakan di website berbasis CMS Wordpress (self-hosted). Walaupun template, layout pack dari DIVI...

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Komponen Dasar Strategi SEO Yang Kuat

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 43% orang menghadapi reaksi balik dalam bisnis mereka. Dan sisanya adalah orang-orang yang telah mempelajari dasar-dasar aura yang terus bergerak. Ketika seluruh dunia tertidur selama pandemi, teknologi dan internet...

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

3 Metrik SEO Untuk Mengukur Kinerja Content Marketing Anda

Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa konten Anda berhasil? Anda harus memasukkan 3 metrik SEO ini ke dalam pelaporan Anda. Membuktikan ROI untuk SEO tidaklah mudah. Pelajari Metrik SEO Terbaik dan Cara Menggunakannya pada setiap laporan SEO. Ini adalah salah satu...

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Brand SERP Harus Dominasi “Orang Juga Bertanya” di Google

Dominasi Brand SERP harus menjadi prioritas dalam aktivitas online branding bagi para praktisi atau para konsultan digital marketing. Ini karena dalam pencarian Google terkadang hasil penelusuran untuk Brand juga menampilkan hasil untuk "orang lain juga bertanya"...

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi Website atau Redesign Website, Apa Manfaatnya?

Renovasi website atau desain ulang situs web adalah proses terperinci untuk memperbarui situs Anda, yang mencakup pembaruan konten, penyegaran tata letak, dan peningkatan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Hampir setiap merek memiliki situs...

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Cara Meningkatkan Traffic Website Tanpa Perlu Bayar Iklan

Pengunjung website merupakan awal mula kesuksesan bisnis, oleh karena itu kita harus memahami cara meningkatkan traffic website tanpa perlu membayar sepeserpun untuk iklan. Ahrefs, sebuah situs alat SEO menginformasikan bahwa 91% konten yang ada di website tidak...

Pin It on Pinterest

Share This