Cara Membuat Konten Berkualitas

Cara Membuat Konten Berkualitas

Selain struktur website yang mengedepankan 4W + 1H (Who, What, Why, Where, How), website perusahaan modern juga memiliki Blog. Sehingga rumus struktur website masa kini adalah 4W+1H+B. Blog dapat meningkatkan kepercayaan calon client dan juga meningkatkan kinerja SEO wesbite. Melalui konten yang sesuai persyaratan SEO, mudah dipahami, dan memberikan manfaat maka halaman konten tersebut dapat terindeks di rangking 1 google. Lantas bagaimana cara membuat konten berkualitas untuk website perusahaan anda ?

Latar Belakang Pentingnya Membuat Konten Berkualitas

Struktur Website

Untuk perusahaan, kebanyakan calon pelanggan atau client akan melakukan penyidikan singkat terhadap kapabilitas perusahaan anda. Blog adalah sarana yang paling tepat untuk memberikan penjelasan kemampuan team anda dalam menangani beberapa masalah. Untuk perusahaan yang menjual produk, biasanya memang para calon pelanggan akan melihat portfolio atau contoh kerja perusahaan anda. Namun setelah melihat portfolio, mereka akan bertanya lagi mengenai bagaimana anda melakukan hal tersebut.

Intinya adalah para calon pelanggan akan melihat kredibilitas dan kualitas perusahaan anda melalui website anda. Ini merupakan salah satu peluang yang ada pada era digital saat ini. Oleh karena itu, sangat penting memahami cara membuat konten berkualitas pada website perusahaan anda.

Dari sisi Search Engine

Konten yang berkualitas memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Unik, artinya konten anda bukan merupakan hasil copas dari website lain. Ketimbang tulisan tersebut hasil copy paste lebih baik tidak perlu di tampilkan di website anda. Search engine men-eleminir seluruh duplikasi, dalam hal ini adalah plagiarism. Anda dapat selalu memeriksa tulisan yang akan di publish di web melalui tools pengecekan plagiarism.
  • Mengikuti syarat SEO, seperti:
    • Meta Title, singkat dan jelas serta tidak lebih dari 60 karakter, baiknya antara 50 hingga 60 karakter. Judul postingan ini merupakan hal pertama kali yang akan di baca oleh mesin pencari. Selanjutnya seperti deskripsi dan konten sebagai validasi. Semakin tinggi nilai validasinya, semakin tinggi hasilnya di search result. Untuk halaman website (selain posting blog), disarankan menempatkan nama usaha atau brand anda. Penerapan meta title harus berdasarkan analisa keyword baik kelayakannya maupun efektifitasnya.
    • Meta description, memberikan ringkasan isi konten dalam 160 karakter, dan baiknya antara 150 sampai 160 karakter.
    • Keyword density, atau jumlah pengulangan kata kunci. Idealnya adalah 0.5% hingga 2.5% dari keseluruhan konten. Hal ini dikarenakan sistem penalty google (Panda Algorithm) terhadap konten-konten yang memperbanyak jumlah keyword.
    • Slug, atau permalinks, struktur url halaman konten anda. Usahkana menggunakan slug yang dapat dibaca, misal: “http://domainanda.com/cara-membuat-konten-berkualitas“. Url seperti itu disebut juga friendly url.
    • Struktur konten, untuk memudahkan pembaca menangkap maksud dan tujuan konten. Struktur konten menggunakan kepala paragraf seperti Heading 1 (H1), H2, dan seterusnya. Heading memberikan judul per set paragraf  yang memberikan kemudahan untuk pemahaman isi tulisan pada set paragraf tersebut.
    • Internal linking, atau kaitan ke salah satu halaman website anda. Misal : blog post anda menjelaskan tentang cara menggoreng telur, dan perusahaan anda menjual telur goreng. Anda dapat memberikan link pada kalimat “tiada telur yang paling enak kecuali telur goreng brand kami” dan link pada kalimat tersebut di arahkan pada halaman produk atau jasa yang anda berikan. Disini kejelasan fungsi blogging dan konten berkualitas dapat mulai jelas terlihat.
    • External linking, jika diperlukan saja, misal untuk memberikan penjelasan lebih terhadap satu istilah yang digunakan. Untuk external linking, sifatnya harus selalu memiliki rel=”nofollow”, agar supaya search engine tidak perlu melakukan crawling ke link yang ada di halaman konten kita. Sehingga crawler search engine akan lebih cepat selesai dalam men-scan halaman website kita.
    • Grafis, dan juga info grafis yang dapat lebih memberikan kemudahan pemahaman bagi para pengunjung web. Grafis lebih mudah dimengerti ketimbang teks. Pertimbangkan juga besar file gambar tersebut, jangan terlalu besar. Semakin besar file gambar maka akan semakin lambat halaman konten di akses pengguna. Pertimbangan disini adalah page speedalternate tex untuk image agar ter-indeks di hasil pencarian gambar google search engine.
    • Info penulis, ini sangat penting untuk menguatkan pemahaman pada tingkat akhir. Terkadang, informasi penulis di blog web perusahaan anda dapat lebih meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan calon client sebelum menghubungi anda. Jika kita ingat pad posisi kita sebagai client yang mencari penyedia jasa, maka akan ada sedikit “kecanggungan” dalam ketidak tahuan siapa yang harus kita hubungi di perusahaan tersebut. Dari sisi optimasi search engine, info penulis yang dikaitkan ke beberap sosial media dapat memberikan tingkat kepercayaan authorship terhadap konten anda. Memang, menurut Matt Cutts (kepala tim web spam google) authorship sudah tidak dijadikan faktor lagi, akan tetapi kami masih melihat pengaruh authorship sehingga bisa saja kedepannya akan “dipakai” lagi pada algoritma mereka.
    • Jumlah kata, semakin banyak jumlah kata dalam konten anda maka semakin dirpioritaskan search engine (berdasar pengalaman kami dan beberapa riset yang dilakukan para peneliti). Setidaknya, minimal 500 kata, atau 1000 hingga 3000 kata.

Diatas merupakan sebagian dari teknik cara SEO yang efektif yang kami terapkan sehari-hari. Setiap blogger baiknya memahami dan membiasakan diri dalam membuat tulisan sesuai syarat tersebut diatas. Ini tidak akan sesulit daripada mendapatkan ide penulisan dan menterjemahkannya dari benak kita ke dalam tulisan yang memiliki persyaratan konten berkualitas.

Cara Membuat Konten Website Berkualitas

Selanjutnya, untuk mendapatkan ide apa yang akan di tulis, kami membiasakan untuk melahirkan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain di internet. Prinsipnya adalah, kebaikan akan melahirkan kebaikan, yang merupakan salah satu nilai yang dianut di KiosMaya.Com.

Dalam membuat konten yang berkualitas, diperlukan beberapa faktor :

  • Pemahaman bisnis perusahaan, seperti produk atau jasa, segmen, dan sebagainya.
  • Outside trend yang berlaku pada lingkungan bisnis tersebut, atau apa kira-kira yang banyak di bicarakan dan di cari.
  • Ide konten yang berkualitas
  • Teknik penulisan konten untuk berbagai aspek dan manfaat. Misal: untuk kebergunaan publik, memberikan “feed” ke search engine berupa peningkatan pengalaman para pengguna search engine,  mengajak pengunjung website untuk bertindak (baik untuk menghubungi perusahaan anda, atau langsung order).

Kemudian tulislah apa yang akan di tulis, dengan urutan langkah :

  • Judul tulisan
  • Deksripsi singkat tulisan
  • Paragraf pendahuluan, usahakan ada kata kunci yang ditargetkan pada paragraf pertama tersebut.
  • Heading 1 sampai 5, biasanya per heading maksimal 300 kata, sehingga jika anda memiliki 5 Heading maka konten anda berisi maksimal 1.500 kata.
  • Kembangkan tulisan dari Heading-heading tersebut.
  • Gunakan grafis dan bullet list jika ada penjabaran yang bisa di break down.
  • Gunakan gaya bahasa anda sendiri, dan baiknya jangan terlalu berlebihan dalam hal ini.
  • Buatlah grafis atau info grafis, baik mengenai statistik untuk mendukung tulisan anda, dan lainnya. Jangan menaruh gambar dari website orang lain tanpa menuliskan “image credit”. Lebih baik buat sendiri grafisnya, banyak yang menyediakan fasilitas pembuatan infografis secara freemium.

Setelah itu, sebarkan melalui sosial media seperti FB, Twitter, G+, LinkedIn, Pinterest, dan lainnya agar mendapatkan pengunjung dan sosial signal. Sosial signal merupakan salah satu faktor indexing google. Semakin tinggi interaksi dari media sosial yang ada link ke website anda, maka search engine akan semakin mengartikan halaman tersebut memiliki pengaruh viral. Untuk dapat dikatakan viral, ada attack rate yang diperhitungkan search engine, sehingga lebih sulit untuk ‘diakali’.

Konten berkualitas adalah konten yang bermanfaat dan mudah dibaca, bukan konten yang kontroversial. Disini kreatifitas kita dinilai oleh publik, dimana semakin bermanfaat semakin kreatif artinya, dan sebaliknya.

Untuk perusahaan yang memiliki team ahli, sebaiknya mulai dari sekarang mereka diajak untuk menuliskan pengalaman dan ide-ide pengembangan yang dapat dilakukan bagi banyak orang atau organisasi.

Setelah orang mulai berdatangan ke website perusahaan anda, usaha ini harus dilanjutkan terus menerus, agar semakin banyak pengunjung tetap dan bertambahnya pengjunung yang baru.

Agar anda dan perusahaan juga mendapatkan manfaat dari konten berkualitas tersebut, ada beberapa cara:

  • membuat news letter
  • memberikan white paper atau dokumen khusus
  • memberikan webinar gratis
  • memberikan penawaran khusus
  • memberikan t-shirt promosi gratis
  • dan sebagainya, sesuai ide dan kreatifitas masing-masing

Tujuannya agar mendapatkan orang-orang yang sesuai segment target, dan mulai untuk terus berinteraksi dengan mereka. Berikanlah pengalaman terbaik pada pengunjung website anda seinformatif mungkin dan dapat memberikan banyak manfaat. Sehingga tulisan anda yang berkualitas dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan dan diri anda sendiri.

Menulis konten berkualitas merupakan salah satu cara dalam strategi pemasaran online yang efektif. Namun perlu di kelola sebaik mungkin agar semakin meningkatkan brand perusahaan anda.

Untuk perusahaan yang ingin mengetahui cara ini lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui form dibawah ini. Terimakasih

 

SEO enthusiast, Trainer, Praktisi Pemasaran Online, Penulis buku “Strategi Sukses Jualan Online”, Gemstone Investor.

Leave a comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *