Dengan perkembangan teknologi modern dan dominasi Pemasaran Digital, bisnis melakukan semua yang mereka bisa untuk menyesuaikan kecepatan. Era transformasi digital yang terus berkembang menybabkan digital marketing menjadi sangat penting lebih dari sebelumnya.

Banyak bisnis yang mengubah rencana tindakan mereka menjadi digital, atau memperkuat strategi pemasaran yang ada dengan teknik periklanan digital. Pertanyaan yang mungkin muncul di sini adalah: Mengapa Pemasaran Digital menjadi semakin penting untuk bisnis Anda, dan apa saja manfaat Pemasaran Digital?.

Saya akan membedahnya untuk Anda dan mari kita mulai dengan beberapa pengaruh statistik Pemasaran Digital-

Kenapa Digital Marketing Menjadi Sangat Penting?

Selain sebagai bagian tak terpisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan, digital marketing menjadi sangat penting karena efisien dan lebih efektif.

  • 34% bisnis telah memiliki rencana pemasaran digital secara terintegrasi pada tahun 2020
  • 72% profesional pemasaran percaya bahwa pemasaran tradisional tidak lagi memadai dan Pemasaran Digital akan membuat pendapatan perusahaan mereka meningkat 30% pada akhir 2021.
  • Lebih dari 80% bisnis akan meningkatkan rencana pengeluaran pemasaran digital mereka yang mungkin melampaui anggaran TI.

Mengapa Pemasaran Digital penting untuk bisnis Anda

Anda perlu memasukkan Strategi Pemasaran Digital yang sesuai dalam modul bisnis Anda untuk menjadi bagian aktif dari pasar online yang sangat luas dan sama-sama menguntungkan.

Digial marketing tidak hanya berkembang dengan cepat di dunia pemasaran saat ini, digital marketing telah menjadi tuntutan kewajiban untuk semua bisnis. Kita semua dapat melihat pentingnya pemasaran digital saat pandemi bukan?. Namun, percayalah, setelah pandemi pun pemasaran digital akan lebih penting lagi bagi bisnis untuk dapat bersaing.

Salah satu manfaat Pemasaran Digital adalah pemasaran digital telah melampaui semua manuver pemasaran tradisional.

Kita semua sadar bahwa dunia sedang bergerak cepat dari cara tradisional ke cara digital. Orang-orang menyadari peran Pemasaran Digital dan lebih memilih untuk mengonsumsi konten digital, dan bisnis yang belum mengoptimalkan upaya pemasaran digital dalam sistem periklanan sangat perlu membiasakan diri segera.

Mode komunikasi dan pemasaran digital lebih mudah beradaptasi, lebih cepat, dapat diukur, dan terarah ke hasil. Manfaat.

Mari kita selidiki alasan mengapa pemasaran digital penting untuk bisnis Anda.

10 Alasan Kenapa Digital Marketing Menjadi Sangat Penting untuk Bisnis Hari Ini

Ada banyak alasan mengapa digital marketing menjadi sangat penting untuk bisnis Anda. Berikut kami sajikan 10 alasan terpenting.

1. Kesempatan yang sama untuk semua jenis bisnis

Digital marketing memberikan kesetaraan bagi perusahaan kecil, menengah dan besar dengan memberikan peluang yang sama untuk semua jenis bisnis. Ini tidak seperti skenario masa lalu ketika perusahaan multinasional dan bisnis besar saja yang dapat melakukan Pemasaran Digital. Sekarang, pemasaran digital benar-benar berikan peluang yang smaa. Memberi peluang bisnis kecil untuk bersaing dengan bisnis yang sudah mapan dan mulai mendisrupsi.

Usaha kecil menengah atau startup kini memiliki aset untuk melakukan proses penjualan dan pemasaran yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh perusahaan besar dengan mengetahui perbedaan antara penjualan dan pemasaran.

Sambil memikirkan pentingnya Pemasaran Media Digital, manfaat yang paling mencolok adalah kemampuannya untuk terlibat dengan banyak pelanggan tanpa menggunakan layanan pusat panggilan.

Bahkan konversi akhir atau penjualan yang terkait dengan digital marketing memiliki peringkatan lebih tinggi daripada mode pemasaran dan komunikasi lainnya.

2. Lebih hemat biaya daripada Pemasaran Tradisional

Bisnis kecil tanpa aset dan kapitalisasi menemukan saluran pemasaran yang unggul dan cerdas secara finansial dalam pemasaran digital. Sesuai Laporan Pengeluaran Pemasaran Digital Gartner:

“Hingga 40% responden mengakui mendapatkan penghematan yang cukup besar dengan menggunakan metode pemasaran digital untuk promosi produk dan layanan mereka.”

Laporan tersebut lebih lanjut menunjukkan bahwa 28% bisnis yang diteliti akan memindahkan alokasi anggaran iklan dari saluran pemasaran tradisional dan memasukkannya ke saluran pemasaran digital.

3. Menghasilkan Konversi

Bisnis mengukur pencapaian dari berapa jumlah pengunjung website yang dapat diubah menjadi prospek dan pelanggan. Jika tidak terjadi konversi, semua aktivitas Anda tidak akan berarti apa-apa dan semua upaya pemasaran Anda pada dasarnya akan sia-sia. Itulah alasan pengusaha merampingkan upaya periklanan digital mereka menuju Pengoptimalan Tingkat Konversi, ini prioritas utama mereka. Ini membutuhkan konsultan digital marketing yang berpengalaman dalam Growth hacking.

Dalam hal ini, KiosMaya telah menemukan pada beberapa Client yang mencapai pertumbuhan secara eksponensial. Namun, jujur saja, ada beberapa Client kami yang belum merasakan manfaat tersebut secara signifikan.

Digital marketing memerlukan konsistensi dan harus Anda lakukan secara terus menerus, ini tantangannya.

Ada beberapa alat dan prosedur yang dapat Anda gunakan untuk upaya periklanan digital Anda dalam mengoptimalkan konversi.

Berbagai aktivitas pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO), Pengoptimalan Media Sosial (SMO), dan pemasaran email juga akan membantu Anda dalam pemasaran digital.

Seperti yang diamati dari sebuah Laporan dari HubSpot, SEO, SMO, dan Pemasaran Email membuat komunikasi yang cepat dan aktif dengan pemirsa tertarget dan memastikan rasio konversi yang lebih tinggi.

4. Pemasaran Digital membantu Anda menghasilkan pendapatan yang lebih baik

Seiring dengan tingkat konversi yang lebih baik yang dihasilkan oleh strategi pemasaran digital yang sukses, Digital marketing juga dapat memberikan pendapatan yang besar.

“Google menegaskan hal ini dalam analisis dengan IPSOS Hong Kong, yang menegaskan adanya pertumbuhan pendapatan 2,8 kali lebih baik untuk bisnis yang menggunakan pemasaran digital.”

Dengan perolehan pendapatan yang lebih baik, bisnis kecil dan menengah yang menggunakan strategi periklanan digital akan memiliki peluang 3,3 kali lebih baik untuk mengoptimalkan bisnis mereka.

Salah satu manfaat Pemasaran Digital adalah membuka jalan menuju pasar secara tertarget, lebih besar dan lebih luas.

Kami menggambarkan digital marketing sebagai bahan bakar roket untuk pengembangan usaha skala kecil dan menengah.

5. Memfasilitasi interaksi dengan pemirsa secara tertarget

Salah satu alasan mengapa pemasaran online mengambil alih kendali atas saluran pemasaran konvensional adalah kapasitas metode periklanan digital untuk terlibat dengan pemirsa secara tertarget dan memastikan interaksi yang mengarah pada hasil.

Peran Pemasaran Digital adalah untuk memastikan keterlibatan yang diharapkan klien Anda saat menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda.

Bagaimana Anda mengelola keterlibatan seperti itu akan menunjukkan perbedaan antara pencapaian bisnis dan kekecewaan. Memfasilitasi klien Anda dengan keterlibatan yang baik dapat memberi Anda pengetahuan tentang apa yang dibutuhkan prospek Anda.

Data yang sangat diperlukan ini akan mengontrol Anda untuk membuat pengaturan yang benar untuk langkah selanjutnya, memberikan klien Anda pengalaman yang jauh lebih baik dan menumbuhkan asosiasi yang baik dengan mereka.

Hal tersebut akan memungkinkan Anda mengembangkan kepercayaan yang dibutuhkan dalam membangun basis pemirsa jika bisnis Anda ingin terus tumbuh.

6. Menjangkau pengguna smartphone

Tidak diragukan lagi, dengan ekspansi cepat ponsel pintar, pemasaran seluler adalah cara penyebaran data paling kontemporer yang juga merupakan saluran komunikasi dasar saat ini. Ponsel pintar telah menjadi bagian utama dari kehidupan kita bahwa 85+ persen orang dewasa bergantung pada perangkat seluler mereka dalam jarak jangkauan mereka.

Berdasarkan pengalaman kami hingga saat ini, kami menemukan bahwa 70% lalu lintas website di dominasi oleh pengguna seluler. Igen, Founder KiosMaya.Com

Merencanakan periklanan digital untuk menargetkan pengguna seluler merupakan pilihan terbaik saat ini. Demikian untuk optimasi website pada perangkat seluler, ini merupakan hal penting yang harus Anda upayakan. Usahkanlah agar website bisnis Anda selalu hadir di halaman pertama hasil pencarian Google baik di perangkat desktop, terlebih lagi perangkat seluler.

7. Sebagai sarana membangun reputasi merek

Digital marketing semakin menjadi penting karena kemampuannya menjangkau pemirsa secara luas dan ter-target. Ini juga memberi memkemungkinan untuk meningkatkan keterlihatan merek Anda. Sehingga, para pemirsa mungkin akan lebih tertarik untuk membeli apa yang Anda tawarkan. Menawarkan apa yang Anda jamin akan memungkinkan Anda untuk membangun hubungan yang unggul dengan mereka, yang pada akhirnya mempengaruhi mereka untuk menjadi pelanggan yang lebih berkelanjutan.

Pemasaran digital dapat menjangkau banyak pengguna internet secara ter-target dengan cepat.  

Saat ini, banyak orang yang mengeluhkan suatu produk atau layanan melalui review google maupun media sosial. Pemasaran digital dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut. Caranya, dengan menyediakan saluran-saluran komunikasi untuk pelanggan Anda

Sebaliknya, jika banyak review positif mengenai bisnis Anda, maka ini merupakan “keuntungan sosial” yang dapat meningkatkan bisnis dan memberikan efisiensi.

Pemasaran digital sangat perlu Anda pertimbangkan, sebelum seseorang terlanjur berikan komentar negatif dan menjadi viral tak terkendali.

8. Membantu bisnis mendapatkan kepercayaan

Pemasaran Digital lebih menekankan pada sinyal jejaring sosial berbasis web karena kolaborasi langsung dan lebih disesuaikan antara bisnis dan pelanggan mereka.

Menurut Nielsen Global Online Consumer Survey yang mencakup 25 ribu pembeli yang berasal lebih dari 50 negara:

“90 persen responden menyatakan bahwa mereka akan mempercayai informasi tentang merek, produk, atau layanan tertentu jika informasinya berasal dari orang yang mereka kenal.”

Pengaruh Pemasaran Digital melalui sinyal media sosial berbasis web, ulasan sosial, dan testimonial dari pelanggan asli yang telah melakukan pembelian dengan Anda merupakan faktor penting dalam pemasaran digital.

Semakin solid tanda-tanda sosial ini, semakin baik tingkat kepercayaan dan semakin tinggi potensi konversi pemirsa menjadi prospek dan pelanggan.

9. Mempengaruhi prospek mengambil keputusan

Pemasaran Digital memanfaatkan teknik-teknik yang mengarahkan individu untuk membuat langkah positif yang Anda harapkan. Dalam digital marketing, teknik ini memiliki nama “Inbound Marketing”. Pemasaran digital memungkinkan Anda menggunakan Calls to Action (CTA) yang menentukan apa yang harus pengunjung situs Anda lakukan selanjutnya.

Ada cara inovatif yang dapat Anda gunakan untuk memastikan konversi menggunakan Ajakan Bertindak (CTA):

  • Ajakan Bertindak memberi tahu pengunjung Anda apa yang dapat mereka lakukan saat mengunjungi situs Anda.
  • Mereka dapat mendaftar, mengunduh sesuatu, berlangganan atau membeli.
  • Inbound marketing memungkinkan Anda memilih dan menggunakan langkah-langkah tertentu yang akan memikat prospek dalam melakukan beberapa langkah hingga mengambil keputusan.
  • Formulir kokntak online, tombol beli atau hubungi via WhatsApp yang memiliki desain, teks, skema warna, dan sebagainya.

Proses pengambilan keputusan, terutama dalam B2B sangat panjang. Digital marketing dapat mempersingkat proses pengambilan keputusan tersebut. Demikian untuk bisnis retail, pemasaran digital dapat memperingkas proses pembelian, dalam hal ini tentu Anda harus menggunakan payment gateway sebagai cara untuk meningkatkan konversi secara online.

10. Memungkinkan Anda bersiap untuk era IoT

Di era digital ini, IoT atau Internet of Things dapat dipahami sebagai sistem biologis yang tak terelakkan dari perangkat yang saling berhubungan yang mencakup tablet, ponsel, ponsel pintar, peralatan, PC, dan sebagainya. Perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan Internet. Pemasaran Digital akan menyiapkan bisnis Anda menuju keberadaan lingkungan yang saling berhubungan yang akan menembus melalui setiap bagian kehidupan individu.

Keberlangsungan bisnis Anda juga akan bergantung pada kemampuan beradaptasi untuk matriks yang saling berhubungan ini.

Pemasaran digital memberikan kemampuan beradaptasi untuk IoT yang memastikan kelangsungan bisnis, dan karenanya memungkinkan Anda menikmati manfaat jangka panjang. Pemerintah Indonesia sudah mencanangkan Industri 4.0 untuk segera hadir, oleh karena itu segeralah memulai upaya pemasaran digital secara terintegrasi.

Sekarang, karena kami telah membahas alasan kenapa digital marketing menjadi sangat penting untuk bisnis Anda, bagaimana kalau kami berikan pratinjau singkat dari beberapa elemen utama Pemasaran Digital untuk membantu bisnis Anda dalam mengoptimalkan kehadiran di saluran online

Elemen Pemasaran Digital Utama penting untuk mengoptimalkan Bisnis Anda

  • Situs web dan konten SEO
  • Blog
  • Konten video online
  • Iklan bayar (Google Ads, Iklan di Media Sosial seperti FB, IG dan LinkedIn)
  • Pemasaran via e-mail (tapi bukan spamming ya)
  • Pemasaran media sosial (Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya.)

Selain elemen Pemasaran Digital tersebut, jenis teknik pemasaran digital baru seperti augmented reality, kecerdasan buatan terus berdatangan. Mari kita bahas beberapa tren pemasaran digital terbaru untuk memahami pentingnya pemasaran digital.

Tren Pemasaran Digital yang meningkatkan ROI Bisnis Elektronik

  • Penargetan pemirsa dalam iklan berbayar
  • Pemasaran Konten
  • Pemasaran Dalam Toko
  • Pemasaran Media Sosial
  • Pemasaran via Video
  • Pengoptimalan Situs
  • Strategi Keterlibatan Konsumen

Kesimpulan

Bisnis B2B dan B2C dapat secara efektif menggunakan beragam media pemasaran digital. Satu-satunya hal yang perlu mereka perhatikan adalah pengetahuan tentang tren pemasaran digital terbaru yang sesuai dengan jenis bisnis mereka.

Praktik Digital Marketing seperti SEO dalam digital marketing, iklan berbayar, Content Marketing, SEO untuk Toko Online, Social Media Marketing, dan lain sebagainya ternyata telah menjadi praktik rutin B2B dan B2C. Bagaimanapun, salah satu keuntungan utama melakukan periklanan digital adalah hasil yang dapat dilacak dan dipantau.

Berbeda dengan melakukan penelitian pelanggan yang mahal, digital marketing membantu Anda dengan mudah melihat tingkat reaksi klien, mengukur penyelesaian tujuan pemasaran Anda, dan karenanya memberdayakan Anda untuk merancang kampanye digital marketing berikutnya dengan lebih akurat.

Kita semua telah mengetahui bahwa Pemasaran Digital adalah sistem yang terus berkembang yang “memaksa” bisnis untuk mengikuti proses yang berubah dengan cepat. Pada 2021; beberapa tren pemasaran digital yang kami sebutkan di atas akan berdampak baik pada perolehan prospek, konversi, dan ROI Anda.

Pemahaman yang tepat dan keahlian tentang praktik pemasaran digital dan juga tren terkait akan memastikan pertumbuhan yang layak untuk bisnis Anda.

Inilah Mengapa Pemasaran Digital Menjadi Sangat Penting. Seberapa penting Pemasaran Digital bagi Anda? Silahkan hubungi kami melalui contact form di bawah ini.

Diskusikan Pemasaran Digital Anda

Pin It on Pinterest

Share This